-->

Cara mengatasi Load Driver Saat Menginstal Windows

Mungkin sebagian orang pernah mengalami hal yang seperti ini saat melakukan instalasi windows, dimana pada saat melakukan install ulang windows kemudian muncul peringatan seperti ini yang bertuliskan “A required CD/DVD drive device driver is missing. Mungkin lebih jelasnya seperti gambar berikut ini.



Awalnya pasti kita panik, stress, atau dan bingung apa yang harus dilakukan, karena kabanyakan orang hanya menginstal berdasrkan kebiasaan saja tapi tidak begitu memahami langkah demi langkahnya. berdasarkan hal tersebut mungkin kita akan membawanya ke service center karena dengan di tangani oleh para ahlinya di jamin laptop/Pc kita akan kembali Normal.

Akan tetapi tahukan kalian bila kita membawanya ke tempat service tentunya akan ada biaya yang harus di keluarkan, dan pastinya biayanyapun akan lebih mahal di banding kita menginstallnya sendiri tergantung dari windows yang akan kita gunakan.

dari permasalah tersebut tentunya kita baru menyadari betapa mahalnya sebuah ilmu pengetahuan. berdasarkan pengalaman yang saya alamai untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa langkah langkah, mudah2an bisa bekerja pada laptop atau PC anda juga.

Apa Penyebab (load driver a required cd/dvd drive device driver is missing) atau perangkat drive CD / DVD yang diperlukan hilang ?


Penyebab utamanya yaitu karena USB drive tidak dikenali oleh Windows PE (Windows Preinstallation Environment). Windows PE dibangun di atas kernel Windows 7 dan digunakan untuk menyiapkan komputer untuk instalasi Windows. Jadi jika USB drive tidak dikenali oleh Windows PE, Anda mungkin mengalami masalah ini dan tidak bisa menginstal sistem.

Alasan USB Tidak terbaca :

1. USB Rusak
Apabila Port USB anda mengalami kerusakan, jelas Flasdisk yang anda gunakna tidak akan terdeteksi Oleh komputer. Soluinya silahkan pindahkan ke colokan USB lainnya atau jika ada steker USB drive dan hubungkan kembali Cabut steker USB drive dan pasang kembali ke komputer, maka masalahnya harus diatasi. Anda mungkin tidak percaya, tapi ini adalah solusi termudah dan paling berguna untuk memperbaiki masalah.

2. Windows Bootable Rusak/Terkena Virus
Meskipun Kelihtannya tidak ada masalah, namun ketika bootable yang anda gunakan tidak terdeteksi, bisa jadi Bootable windows tersebut mengalami kerusakan, solusinya yaitu dengan membuat bootable baru

Baca juga : Cara membuat Bootable windows dengan Mudah 

3. Mengubah Pengaturan USB di BIOS

Pengaturan USB yang salah di BIOS juga dapat menyebabkan masalah. Media instalasi Windows 7 tidak memiliki dukungan asli untuk USB3.0. Jadi jika BIOS Anda memiliki pengaturan untuk dukungan USB3.0 saat start up, matikan ke  AUTO atau DISABLE .

Cara mengatasi Load Driver Saat Menginstal Windows


Berikut langkah-langkah untuk mengatasi Load Driver Saat Menginstal Windows (Khususnya windows 7)

1. Masuk ke setting Bios dengan menekan tombol F1, F2, F10, tombol Delete (del) atau tombol Escape   (Esc). Sesuaikan dengan merk laptop atau motherboard dari PC tersebut.
2. Klik Pilih Menu Advanced lagu USB Cnfiguration dan Pilih USB 2.0 Atau Di Enable kan
3. Untuk komputer keluaran sekarang silahkan masuk ke menu boot lalu Disabledkan USB 3.0 agar support USB 2.0 
4. Silahkan Tekan CTRL+ALT+Delete Untuk mereboot Laptop anda dan lihatlah hasilnya pasti komputer anda bisa kembali di isntall ulang windows.
      
Sekian artikel saya kali kali ini menegai Cara mengatasi Load Driver Saat Menginstal Windows semoga bermanfaat dan bisa membantu anda memecahkan masalah yang sama seperti yang saya alami ini, Terima kasihh....
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih