-->

Cara Menggunakan Operasi Find dan Replace pada Ms Word 2013

Dalam bab ini, kita akan membahas operasi Find and Replace di Word 2013. Sewaktu mengerjakan pengeditan dokumen, Anda sering menemukan situasi ketika Anda ingin mencari kata tertentu dalam dokumen Anda dan berkali-kali Anda akan bersedia untuk mengganti ini. kata dengan kata lain di beberapa atau semua tempat di seluruh dokumen. Di sini, kita akan mengerti bagaimana menemukan kata atau frasa dalam sebuah dokumen kata dan bagaimana mengganti kata yang ada dengan kata lain dengan menggunakan langkah-langkah sederhana.

Cara Menggunakan Operasi Find dan Replace pada Ms Word 2013


Perintah Find

Perintah Find memungkinkan Anda untuk menemukan teks tertentu dalam dokumen Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menemukan dokumen kata di layar berikut :

Langkah 1 - Mari kita bekerja pada contoh teks yang tersedia dalam dokumen Word di bawah ini. 



Langkah 2 - Klik Menu Home Lalu Pilih grup Editing pada tab Beranda, atau tekan Ctrl + F untuk meluncurkan panel Navigasi - Sebagai jaln pintasnya



Langkah 3 - Masukkan kata yang ingin Anda cari di kotak Pencarian, segera setelah Anda selesai mengetik, Word mencari teks yang Anda masukkan dan menampilkan hasilnya di panel navigasi dan menyoroti kata dalam dokumen seperti pada tangkapan layar berikut :



Langkah 4 - Anda bisa klik tombol clear (X) untuk menghapus hasil pencarian dan melakukan pencarian lain.

Langkah 5 - Anda dapat menggunakan opsi lebih lanjut saat mencari kata. Klik tombol pilihan untuk menampilkan menu pilihan dan kemudian klik Opsi pilihan; ini akan menampilkan daftar pilihan. Anda bisa memilih opsi seperti match case untuk melakukan pencarian case-sensitive.



Langkah 6 - Akhirnya, jika Anda selesai dengan operasi Pencarian, Anda bisa mengklik tombol tutup (X) untuk menutup Navigation Pane.


Operasi Find  & Replace

Kami menganggap Anda ahli dalam mencari kata atau frase dalam dokumen kata seperti yang dijelaskan di atas. Bagian ini akan mengajarkan bagaimana Anda bisa mengganti kata yang ada dalam dokumen Anda. Berikut adalah langkah-langkah sederhana -

Langkah 1 - Klik opsi Ganti pada grup Editing pada tab Beranda atau tekan Ctrl + H untuk membuka kotak dialog Find and Replace yang ditunjukkan pada Langkah 2 -



Langkah 2 - Ketik kata yang ingin Anda cari. Anda juga bisa mengganti kata menggunakan kotak dialog Find and Replace seperti pada screenshot berikut -



Langkah 3 - Klik tombol Ganti yang tersedia pada kotak dialog Find and Replace dan Anda akan melihat kemunculan pertama kata yang dicari akan diganti dengan ganti dengan kata. Mengklik lagi tombol Replace akan menggantikan kemunculan kata yang dicari. Jika Anda klik tombol Ganti Semua maka akan mengganti semua kata yang ditemukan dalam sekali jalan. Anda juga bisa menggunakan tombol Find Next hanya untuk mencari kejadian selanjutnya dan nanti Anda bisa menggunakan tombol Replace untuk mengganti kata yang ditemukan.

Langkah 4 - Anda dapat menggunakan tombol More >> yang tersedia di kotak dialog untuk menggunakan lebih banyak pilihan dan membuat penelusuran Anda lebih spesifik seperti pencarian case sensitive atau mencari keseluruhan kata saja.

Langkah 5 - Akhirnya, jika Anda selesai dengan operasi Find and Replace, Anda dapat mengklik tombol Close (X) atau Cancel pada kotak dialog untuk menutup kotaknya.

Demikianlah Tutorial Ms Word 2013 kali ini, sampai jumapa pada artikel selanjutnya ....
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih