-->

#Memahami Pengertian Teks Iklan, Struktur, Fungsi serta Ciri Kebahasaan dan Contoh dari Teks Iklan

Bahasa indonesia merupakan salah satu pelajaran wajib disekoalh, jelas sekali karena kita hidup di negara indonesia tentunya hal ini amat sangat wajib dikusai oleh seluruh warga indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa, karena seperti yang kita ketahui di indonesia ini, banyak sekali daerah2 serta pulang2 yang memiliki keaneka ragamnnya tersendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menyampainkan mengenai Pengertian Teks Iklan, Contoh, Struktur, Fungsi serta Ciri Kebahasaan Teks Iklan yang tentunya materi ini sudah dipelajari disekolah khususnya pada Mapel Bahasa indonesia Kelas XII.


Teks Iklan merupakan sebuah teks yang ditujukan untuk promosi suatu produk tertentu yang mana bertujuan untuk meningkatkan penjualan, mangajak orang dan memberi informasi orang agar tahu apa yang di iklan kan tersebut.

Seperti penjelasan saya di atas, materi Teks Iklan kita jumpai pada Mapel Bahasa Indonesia Khususnya Kelas XII, nah apa sih sebenarnya Pengertian Teks Iklan itu, sebentar lagi anda akan mengetahui secara detail semua seluk beluk mengenai teks iklan, untuk itulah jika anda belum tahu apa arti teks iklan serta contoh teks iklan bisa menyimak baik-baik postingan materi sekolah kali ini.

Perlu sobat prakatakita ketahui, di era modern ini Teks Iklan bisa kita jumpai dimana-mana, baik di pinggir jalan melalui banner, melalui internet, radio, tv bahkan lewat video online seperti youtube juga bisa di buat sebagai sarana pengiklanan.

Memang iklan harus menarik dan bersifat mengajak bagi para pembacanya agar meraka tertarik dan mengikuti arah dan tujuan iklan itu apa, seperti halnya kita mau menjual hp kita nah disitu kita bisa membuat kata-kata menarik agar orang lebih tertarik untuk bertanya bahkan membeli hp tersebut.

Untuk lebih jelasnya saya akan memabahas satu persatu dari bahasan teks iklan, pada pokok bahasan ini yang akan kita bahas adalah sebagai berikut :
  1. Pengetian Teks Iklan
  2. Struktur Teks Iklan
  3. Fungsi Teks Iklan
  4. Ciri Kebasaan Teks Iklan
  5. Contoh Teks Iklan

Memahami Pengertian Teks Iklan, Contoh, Struktur, Fungsi serta Ciri Kebahasaan Teks Iklan


Dari beberapa pokok bahasan diatas akan di jelaskan mengenai Cara Memahami Pengertian Teks Iklan, Contoh, Struktur, Fungsi serta Ciri Kebahasaan Teks Iklan agar anda benar-benar paham dalam membuat teks iklan, berikut ulasannya :

Apa sih Teks Iklan itu?


Ada beberapa hali yang mendefinisikan apa itu Pengertian teks iklan , dan pada dasarnya teks iklan adalah sebuah teks yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk tertentu kepada orang lain, dan tentunya dalam teks iklan itu harus mampu membujuk, membuat terkesan dan bersifat persuasi. untuk lebih jelasnya yuk simak pengertian teks iklan dibawah ini;

A. Pengertian Teks Iklan

Teks Iklan adalah suatu teks yang dibuat semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang atau jasa guna menarik minat dari pembaca agar menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan.

Bagaimanakah sebuah iklan bisa dikatakan berhasil?, tentunya setiap iklan yang dibuat harus semenarik mungkin menggunakan kata-kata yang baik dan mampu menarik minat para pembacanya. untuk itulah anda harus benar-benar mampu menguasai pembuatan teks iklan dan mengetaui semua struktur teks iklan yang jelas.
Baca juga : Pengertian Teks Anekdot

B. Strukut Teks Iklan

Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa dalam membuat teks iklan harus memenuhi kaidah yang jelas, termasuk struktur teks iklan harus benar, agar iklan yang nantinya anda buat bisa berhasil menarik minat para pembacanya.untuk strukur teks iklan adalah sebagai berikut;

1. Judul
Judul ini adalah faktor penting yang harus anda perhatikan, jika anda ingin membuat sebuah teks iklan usahakan judulnya semenarik mungkin dan membuat orang semakin penasaran, sehingga orang akan lebih mudah terpikat. dan judul ini terletak di bagian atas sebuah iklan, dan biasanya Judul ini mewakili dari produk / jasa yang akan kita tawarkan nanti.

2. Nama produk
Setiap iklan harus mempunyai produk yang jelas dan usahakan produk yang anda tawarkan mudah dipahami dan bisa bermanfaat bagi penggunanya, dengan begitu iklan yang anda buat akan banyak memikat para pembeli,

3. Penjelasan Tentang Produk
Setelah anda menentukan nama produk, tentunya anda harus menjelaskan secara detail tentang produk yang anda tawarkan, misalkan saya mau beriklan menjual hp, tentunya akan saya sertakan merek hp tersebut, dan diperjelas dengan spesifikasi yang jelas dan keunggulan dari produk hp tersebut, dengan begitu orang akan berpikir untuk membelinya, karena bisa bermanfaat bagi penggunanya. dan perlu anda ketahui bahwa produk harus berisi deskripsi jelas, baik dari keunggulan, spesifikasi,lokasi, cara pembelian, dan kalau lewat online bisa metode pengiriman yang anda gunakan nanti apa.


C. Fungsi Utama Teks Iklan

Sebenarnya apa sih fungsi dari teksi iklan itu, tanpa saya jelaskan pun anda harusnya sudah tahu, jika anda benar-benar membaca semua bahasan diatas, kita bisa melihat fungsi teks iklan ini dari penjelasan Pengertian Teks Iklan diatas yang mana Fungsi utama dari teks iklan adalah mengenalkan produk atau jasa yang di maksud dari pengiklan, dan tujuan akhirnya adalah dengan menawarkan produk atau jasa memberikan orang tahu dan tertarik untuk membeli produk tersebut ataupun menggunakan jasa tersebut.

Jadi bisa kita dapat kesimpulan bahwa teks iklan berfungsi sebagai kata atau kalimat rayuan agar orang tertarik untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa tersebut.

D. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

Untuk bisa membuat teks iklan dengan baik setidaknya iklan yang anda buat harus memenuhi kaidah kebahasan teks iklan yang benar, sehingga iklan yang anda buat bisa menarik simpati dari para pembaca atau orang yang melihatnya, oleh sebab itulah jika anda belum tahu apa saja kaidah kebahasaan teks iklan bisa melihat penjelasan dibawah ini;

1. Menggunakan Kalimat Slogan

Teks iklan adalah sebuah pesan tersembunyi yang ada pada setiap deskripsinya, untuk itulah harus menggunakan slogan yang mampu menarik orang dan mudah di ingat pada saat penyampaian suatu produk atau jasa kepada konsumen atau penggunanya, dalam pembuatan slogan ini sebisa mungkin usahakan harus memiliki deskripsi yang jelas yang mampu menjelaskan setiap produk atau jasa yang akan kita tawarkan nanti dan mudah di ingat oleh publik, dan ini butuh kreatifitas yang tinggi dari anda, belajar dan belajar pasti anda semakin terampil dalam membuat slogan ini.

2. Menggunakan Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah sebuah sebuah kalimat yang bersifat rayuan yang bertujuan untuk menarik hati dari konsumen atau pembeli untuk membelinya, untuk itulah dalam pembuatan teks iklan sebisa mungkin gunakan kalimat pesuasif yang bersifat singkat, padat dan jelas, contohnya "Kuaitas terjamin, mudah digunakan, harga terjangkau"

3. Memakai Subjek Orang Pertama Tunggal Atau Jamak

Dengan penggunaan subjek orang pertama teks iklan akan lebih jelas dan menarik simpati para publik, subjek yang dimaksud ini seperti kami, kita, saya, aku dan lain-lain, dan pada intinya pemakain subjek ini bentuk hasil proses atau sampel produk yang suda dicoba dan terbukti, sehingga orang mudah tertarik.

E. Contoh Teks Iklan

Berikut merupakan contoh dari bentuk Teks Iklan :

Contoh Iklan Makanan

Ini baru burger yang beda, renyahnya dahsyat, dengan patty daging ayam utuh, dipadu mayonaise, zuper saus, keju cheedar, fresh lettuce KFC ZUPER KRUCNH nikmati tiap gigitan. sensasional, baru, KFC ZUPER KRUCNH. mulai 20.000an (Iklan produk KFC)


Itulah Sedikit ulasan Menegnai cara Memahami Pengertian Teks Iklan, Struktur, Fungsi serta Ciri Kebahasaan dan Contoh dari Teks Iklan semoga bisa menjadi referensi buat sobat prakata semua yang sedang belajar memahami materi ini, jika ada kesalahan dalam penyampaian artikelnya, silahkan untuk di koreksi, karena pada dasarnya kita sama2 belajar. Semoga bermanfaat. Silahkan kunjungi terus Blog prakatkita Terima Kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih