-->

#Tombol Shortcut Pada MS Word Lengkap dengan Fungsinya, untuk pemula

Seperti uang kita ketahui saat ini, komputer menjadi salah satu kebutuhan utama dalam menunjang segala aktifitas pekerjaan yang kit lakukan, bagaimana tidak hampir disetiap kantor tersedia komputer untuk memudahkan pekerjaan yang tentunya lebih rapi dan nyaman.

Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word merupakan software yang paling sering digunakan saat ini. Entah untuk keperluan sekolah maupun bekerja. Bila sedang asyik menggunakan ms word, namun terkadang bagi para pemula yang baru pertama kali menggunkan komputer tentunya merasa sedikit tidak nyaman ataupun sedikit ribet karena harus  terus menerus memegang mouse. 

Tombol Shortcut

Padahal terdaftar shortcut (jalan pintas) pada Ms word yang tentunya lebih mudah untuk digunakan karena hanya mengunakn keyboard komputer saja tanpa harus menggunkan mouse.

Berdasarkan hal tersebut, maka pada artikel kali ini, saya akan mengulas mengenai Tombol Shortcut Pada MS Word Lengkap dengan Fungsinya, untuk pemula dan tentunya hal ini bertujuan untuk membagiakan sedikit pengetahuan bagi sobat prakata yang mungkin baru belajar menggunakan komputer khususnya dalam pengoperasian ms. word

Tombol Shortcut Pada MS Word Lengkap dengan Fungsinya, untuk pemula


Berikut ini merupakan Daftar Shortcut pada MS Word beserta fungsinya, dan insyalloh akan sangat mudah di pahami.

Dimana penggunaan shortcut pada ms word biasanya berupa kombinasi 2 atau 3 tombol secara bersamaan, dan akan memudahkan dalam melakukan beragam fungsi/perintah tanpa menggerakkan kursor. Kombinasi ini bisa Anda lakukan dengan bantuan Ctrl, Alt, atau Shift dengan tombol lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut daftar shortcut pada ms word lengkap dengan fungsinya yang sebaiknya anda ketahui :

1. Ctrl + A
Pintasan ini berfungsi untuk memilih seluruh obyek di lembar kerja. Entah itu gambar maupun teks.

2. Ctrl + B
Kombinasi tombol ini berguna untuk membuat kalimat yang diseleksi menjadi tercetak tebal.

3. Ctrl + C
Shortcut ini memiliki manfaat untuk menggandakan teks maupun gambar yang diblok atau diseleksi sebelumnya.

4. Ctrl + D
Pintasan ini berfungsi untuk menampilkan lembar ukuran font atau huruf. Anda bisa mengganti ukuran, jenis dan bentuknya.

5. Ctrl + E
Shortcut ini berguna untuk membuat kalimat yang diblok atau diseleksi sebelumnya menjadi rata di tengah paragraf.

7. Ctrl + F
Kombinasi tombol ini berfungsi untuk menampilkan lembaran kolom pencarian. Kolom ini berguna bila Anda sedang mencari sebuah kata atau frase.

8. Ctrl + G
Nama lainnya adalah Go To. Shortcut ini berfungsi untuk menampilkan lembaran Find and Replace. Shortcut ini memudahkan Anda yang ingin mencari dan melaju ke halaman selanjutnya.

9. Ctrl + H
Shortcut yang bernama replace ini berfungsi untuk menampilkan form replace atau mengganti kata tertentu yang ingin Anda ubah.

10. Ctrl + I
Kombinasi tombol yang kerap dinamakan italic ini berfungsi untuk mengubah huruf menjadi tercetak miring.

11. Ctrl + J
Tidak perlu bingung bila Anda ingin merata kiri dan kanan paragraph yang telah dibuat, Anda bisa menekan kedua tombol ini.

12. Ctrl + N
Tertarik dengan lembar baru, Anda bisa menekan kedua tombol ini. lembar kerja ms word pun bisa segera digarap.

13. Ctrl + O
Untuk bisa membuka dokumen ms word lama, biasanya Anda membuka menu paling pojok kiri lalu mencari tulisan open. Namun, untuk membuatnya lebih cepat, Anda bisa segera menekan kedua tombol ini.

15. Ctrl + P
Ingin mencetak dokumen yang telah selesai? Anda bisa segera menekan tombol Ctrl+P, maka printer pun menerima perintah cetak.

16. Ctrl + Q
Dokumen yang Anda kerjakan tiba-tiba hilang? Tenaaang. Anda bisa menekan jalan pintas ini dan masalah Anda akan selesai.

18. Ctrl + R
Shortcut ini membantu untuk membuat dokumen yang Anda kerjakan menjadi rata kanan.

19. Ctrl + S
Dokumen yang Anda kerjakan sudah selesai? Anda bisa segera menekan kedua tombol ini. Karena shortcut ini berfungsi untuk menyimpan dokumen yang Anda kerjakan.

20. Ctrl + U
Underline ini memang berfungsi untuk memudahkan pembaca mengetahui kata atau kalimat yang penting. Karena itu, Anda bisa menggunakan shortcut ini untuk membuat garis bawah pada kalimat atau kata yang sebelumnya telah diblok atau diseleksi.

21. Ctrl + V
Shortcut ini berdampingan dengan kombinasi Ctrl+C. Sebab ketika mengopi, Anda memerlukan kombinasi kedua tombol ini untuk memunculkan kata atau kalimat yang Anda gandakan.

22. Ctrl + W
Pekerjaan sudah selesai? Dokumen telah tersimpan? Sudah waktunya untuk menutup software ms word? Anda bisa segera menekan kedua tombol ini sebagai jalan pintas menutup layar ms word. Anda juga bisa menggunakan shortcut Alt + F4 untuk fungsi yang sama.

23. Ctrl + X
Fungsinya mungkin sama dengan Ctrl+C namun kombinasi ini juga memotong tulisan atau gambar dan memindahkan ke tujuan yang Anda inginkan. Jangan lupa Ctrl+V setelahnya.

24. Shift + F3
Untuk merubah font suatu kalimat (Kapital semua, kecil semua, atau campuran) atau juga Kombinasi ini berfungsi untuk mengubah kalimat atau kata Anda menggunakan huruf besar atau kecil semuanya. Anda bisa mengubahnya hanya dengan menekan berulang kali. 

25. Alt + F4
Untuk memilih proses mematikan komputer (Shutdown, Restart, sleep, hibernet )

Itulah sedikit ulasan mengenai Tombol Shortcut Pada MS Word Lengkap dengan Fungsinya, untuk pemula semoga tulisan ini bisa membantu sobat prakata semua khususnya untuk yang baru belajar mengoperasikan ms. word karena tombol Shortcut ini tentu saja sangat memudahkan dalam proses mengerjakan atau sedang mengedit naskah pada lembar kerja Microsoft Word.

Terimkasih teelah berkunjung pada blog ini.

loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih