-->

Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran IPA Biologi.

Mengenal Apa itu IPA BIOLOGI ?


Sejak abad ke-18, ilmu pengetahuan telah berkembang pesat dan melahirkan teknologi canggih yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan alam, telah mengubah sejarah peradaban manusia sehingga lebih modern.

A. Ilmu Pengetahuan Alam sebagai disiplin ilmu
Berbagai ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh manusia secara garis besar dapat dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
  1. Ilmu Alam (Nature science)
  2. Ilmu Sosial (Social science)
  3. Ilmu Budaya (Humanitas)
Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu yang merupakan ciri khas manusia. Manusia memiliki rasa ingin tahu mengenai benda-benda dan gejala-gejala alam di sekitarnya, dan dirinya sendiri. Dari rasa ingin tahu tersebut, manusia selalu menggunakan akal pikirannya untuk mencari tahu serta mempelajari gejala-gejala alam agar dapat bermanfaat dalam kehidupannya. Jadi,ilmu pengetahuan alam (sains) adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam secara apa adanya.

B. Ciri Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu pengetahuan alam memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Konkret; Ilmu pengetahuan alam memiliki objek kajian berupa benda-benda atau gejala-gejala alam yang nyata dan dapat ditangkap oleh indera
  2. Logis; Ilmu pengetahuan alam dikembangkan berdasarkan cara berpikir logis. Cara berpikir logis adalah cara berpikir yang menggunakan logika dan ajek. Kesimpulan yang diambil berdasarkan logika-logika tertentu, baik secara induktif ataupun secara deduktif
  3. Objektif; Hasil dari ilmu pengetahuan alam merupakan suatu produk yang terhindar dari maksud-maksud tertentu pelaku (subjektif), baik itu berupa kepentingan seseorang maupun golongan. Hasil dari kajian ilmu pengetahuan alam harus bsesuai dengan fakta dan buktu kebenaran ilmiah secara apa adanya tampa ditambahi ataupun ditutupi dengan mitos dan perasaan
  4. Empiris; Ilmu pengetahuan alam atau sains dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris, yaitu pengalaman konkret yang dapat dirasakan semua orang dan dapat dibuktikan secara ilmiah.
  5. Sistematis; Hasil kajian ilmu pengetahuan alam, baik hasil penelitian ataupun kajian ilmiah, didasarkan pada langkah-langkah yang sistematis dan berurutan. Urutan berupa langkah-langkah metode ilmiah sehingga ketika orang lain ingin melakukan hal yang sama, akan mendapatkan hasil yang sama pula.
  6. Teori-teorinya berlaku umum; Begitu banyak teori-teori sains  yang lahir dari ilmuwan yang menkaji  gejala-gejala alam. Teori-teori itu berlaku umum dan dapat diketahui orang lain tanpa batas. Ketika seorang ilmuwan mengeluarkan teori tertentu, orang lain dapat mengkoreksi atau mengkaji ulang kesesuaian teori tersebut. Bahkan ilmuwan lain yang tidak sependapat dapat mengeluarkan teori baru yang melengkapi atau membantah teori yang tidak sesuai tersebut.
Adapun salahsatu bagian yang termasuk dalam kategori Ilmu Pengetahuan Alma, yaitu Biologi, dimana biologi ini membahas mengenai proses Mengenal lebih jauh tentang kehidupan, mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan, semuanya dibahas tuntas pada pelajaran Biologi.

Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu IPA Biologi, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran IPA Biologi itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPA Biologi Kelas 10 Semester 1  adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Biologi berasal dari dua kata, yaitu bios yang artinya hidup dan logos yang artinya...
a. Ilmu
b. Pengalaman
c. Pengetahuan
d. Penelitian
e.  Lambang

2. Cabang ilmu biologi yang mempelajari seluk beluk tumbuhan disebut...
a.  Zoologi
b.  Botani
c.  Virologi
d.  Histologi
e.  Ornithologi

3. Bas Van Baleen merupakan seorang ilmuwan yang ahli dalam seluk beluk dunia jamur, maka Bas Van Baleen disebut sebagai...
a. Hidrologi
b.Taksonomi
c. Entomologi
d. Mikologi
e. Botani

4. Untuk memecahkan masalah hama kutu loncat yang menyerang tanaman lamtoro gung, langkah pertama yang harus dilakukan adalah ....
a. melakukan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun hipotesis
e. merumuskan masalah

5. Untuk memecahkan masalah hama kutu loncat yang menyerang tanaman lamtoro gung, langkah yang harus dilakukan setelah menyusun hipotesis adalah ....
a. melakukan eksprimen
b. mengemukakan teori
c. mengadakan observasi untuk mengumpulkan informasi
d. menyusun kesimpulan
e. merumuskan masalah

6. Dalam pengamatan bunga kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis) dilakukan pengukuran diameter dan panjang mahkota yang dibuat pada lokasi berbeda, di setiap lokasi diambil sampel lima tanaman  yang sama. Dari pengamatan tersebut yang dikatakan sebagai variabel bebas adalah ....
a. diameter mahkota bunga
b. panjang mahkota
c. lokasi yang berbeda
d. setiap lokasi lima tanaman
e. bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

7. Hal-hal berikut dapat digunakan sebagai dasar klasifikasi buatan antara lain...
a. persamaan/perbedaan ciri yang ada
b. tempat hidupnya
c. fisiologinya
d. cara perkembangbiakannya
e. tingkah lakunya

8. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat mempelajari klasifikasi....
a. untuk menyederhanakan objek
b. menunjukkan hubungan kekerabatan makhluk hidup
c. menunjukkan gambaran evolusinya
d. menunjukkan ciri-ciri makhluk hidup
e. memanfaatkan makhluk hidup yang berguna bagi manusia

9. Sistem klasifikasi lima dunia membagi makhluk hidup menjadi kelompok...
a. Monera, protista, bakteria, plantae, animalia
b. Monera, protista, fungi, plantae, animalia
c. Protista, eukarya, fungi, plantae, monera
d. Eukarya, protista, bakteria, animalia, plantae
e. Eukarya, protista, monera, plantae, animalia

10. Berikut ini macam makhluk hidup ...
       (1) Manihot utilissima
       (2) Hibiscus rosa-sinensis
       (3) Solanum tuberosum
       (4) Manihot tuberosum
       (5) Oryza sativa
Di antara makhluk hidup tersebut, yang paling dekat hubungan kekerabatannya antara lain....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (4)
e. (3) dan (4)

11. Pengertian biologi yang paling tepat dijabarkan sebagai berikut...
a. biologi adalah ilmu yang menjelaskanarti keseimbangan alam.
b. biologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen.
c. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup sekarang ini.
d. biologi adalah ilmu yang mempelajari semua makhluk yang hidup di masa kini dan masa silam.
e. biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring kehidupan.

12. Biologi sebagai ilmu memiliki objek kajian berupa berbagai permasalahan makhluk hidup dalam berbagai tingkat organisasi. Fenomena / kejadian berikut ini yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah .........
a. mangga mentah menjadi manis dan berwarna merah ketika masak
b. bangkai tikus berbau busuk setelah beberapa hari
c. kandungan mineral dalam batuan
d. ada berbagai benda kecil yang bergerak aktif pada pengamatan air kolam dengan menggunakan mikroskop
e. pembuatan tempe menggunakan jamur.

13. Biologi sebagai salah satu sains memiliki  ciri – ciri....
 a. logis, abstrak, universal                                     d. obyektif, sistematis, logis   
 b. obyektif, logis, abstrak                                      e. subyektif, sistematis, logis
 c. universal, abstrak, obyektif

14. Jika kita mengawinkan secara langsung tumbuhan A dan B, maka dimanapun dan kapanpun itu dilakukan hasilnya akan mengikuti hukum-hukum persilangan yang ditentukan oleh Gregor Mendel. Hal ini menunjukkan bahwa biologi memiliki ciri...
a. obyek kajian berupa benda-benda konkrit.
b. dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris.
c. dikaji dengan menggunakan langkah-langkah yang sistematis.
d. hasil kajiannya bersifat obyektif.
e. hasil kajiannya berupa hukum yang berlaku umum.

15. Cabang biologi yang memegang peranan penting dalam penelitian mengenai cacat lahir pada bayi adalah .......
a. genetika           d.   patologi
b. sitologi            e.   sanitasi
c. embriologi

16. Dalam penyelidikan kasus bayi tertukar, seorang ahli biologi sering dilibatkan untuk  mengungkap kasus ini. Hal ini menunjukkan bahwa biologi berkaitan dengan bidang...
a. hukum dan kedokteran
b. kimia dan sejarah
c. hukum dan kimia
d. kimia dan sejarah
e. kesehatan dan kimia

17. IPTEK sangat mendukung perkembangan ilmu biologi. Berikut ini mana yang merupakan produk perkembangan biologi akibat adanya IPTEK di bidang kedokteran…
a. Komputer dan USG
b. Komputer dan cangkok jantung
c. Kultur jaringan dan tes DNA
d. Tes DNA dan rekayasa genetik
e. Tes DNA dan USG

18.  Berikut adalah barang yang dijumpai pada
      sebuah supermaket:
      1. kain sutera.
      2. ember plastik.
      3. kain nilon.
      4. nata de coco
      5. minyak sawit.
Barang yang merupakan hasil penerapan  biologi di bidang industri adalah ...
a. 1, 2 dan 3.         d. 1, 4 dan 5            
b. 1, 2 dan 4.         e. 2, 3 dan 5
c. 2, 4 dan 5.      

19. Perhatikan pernyataan berikut ini !
      1. sebagai ilmu dasar yang mendasari perkembangan ilmu yang lain.
      2. membantu mengenal lingkungan
      3. membantu menemukan sumber makanan baru
      4. membantu memecahkan masalah lingkungan.
Yang merupakan manfaat biologi bagi kehidupan manusia adalah...
a. 3 dan 4              d. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 3          e. 1, 2, 3 dan 4
c. 1, 3 dan 4

20. Manakah yang merupakan contoh obyek biologi pada tingkat molekul, sel dan  jaringan ?
a. C6H12O6, mitokondria, otot
b. H2O, membran sel, darah
c. PO4, mitokondria, saraf
d. NaCl, lisosom, otot
e. H2SO4, darah, otot

21. Pernyataan berikut ini yang tidak benar tentang tingkat organisasi kehidupan adalah...
a. jaringan merupakan kumpulan sel yang sejenis.
b. organ merupakan kumpulan beberapa jaringan.
c. sistem organ merupakan kumpulan berbagai organ
d. populasi merupakan kumpulan organisme berbagai jenis
e. komunitas merupakan kumpulan organisme berbagai jenis

22. Kelompok organ-organ berikut ini yang  membentuk sistem pernafasan adalah...
a. kerongkongan, trakea, paru-paru dan alveolus
b. tenggorokan, trakea, bronkus dan paru-paru
c. mulut, kerongkongan, lambung dan usus halus
d. hidung, kerongkongan, paru-paru dan alveolus
e. tenggorokan, lambung, trakea dan paru-paru

23. Untuk mengobati kanker kulit, radang paru-paru dan gagal ginjal, kita harus mempelajari organisasi kehidupan pada tingkatan...
a. organ               d. jaringan
b. molekul           e. sistem organ
c. sel

24. Perhatikan beberapa contoh penyakit  berikut ini !
     1. disentri
     2. bronkitis
     3. diare
     4. stroke
     5. tifus
Penyakit yang mengganggu sistem pencernaan makanan adalah...
a.       1, 2 dan 4       d. 2, 3 dan 5
b.      1, 3 dan 5       e. 3, 4 dan 5
c.       2, 3 dan 4

25. Perhatikan langkah - langkah metode ilmiah berikut !
     1. Merumuskan masalah.
     2. Melakukan eksperimen.
     3. Menyusun hipotesis.
     4. Mempublikasikan hasil penelitian.
     5. Merencanakan eksperimen.
     6. Menarik kesimpulan.
Urutan langkah metode ilmiah yang benar adalah…
a. 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
b. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5
c. 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6
d. 1 – 3 – 5 – 2 – 6 – 4
e. 4 – 5 – 2 – 1 – 3 – 6

26. Jawaban terhadap pertanyaan atau masalah penelitian yang didasarkan padakajian teori disebut…
a.  hipotesis          d. variabel
b.  kesimpulan      e. eksperimen
c.  observasi

27. Seorang siswa melakukan penelitian tentang pengaruh suhu terhadap kecepatan perkecambahan kacang hijau. Langkah yang ditempuhnya ini dalam ilmu pengetahuan disebut…
a. Observasi         d. eksperimen
b. hipotesis          e. kesimpulan
c. analisa

28. Virus tidak dapat hidup di alam bebas, melainkan harus hidup secara parasit.  Oleh karena itu, untuk memelihara virus digunakan…
a. medium daging dan kaldu
b. medium agar – agar
c. medium kentang dan agar – agar
d. embrio ayam
e. medium air kelapa

29. Virus dapat dianggap sebagai makhluk hidup, sebab virus...
a. hanya dapat hidup dalam sel – sel hidup
b. dapat dikristalkan
c. dapat menduplikasikan diri
d. kulitnya terdiri atas protein
e. tubuhnya terdiri atas DNA atau RNA

30. Dilihat dari struktur tubuh yang dimiliki oleh virus maka virus termasuk makhluk ...........
a. Uniseluler
b. Multiseluler
c. Sel sederhana
d. Ada yang uniseluler tetapi ada pula yang multiseluler
e. Aseluler


II. SOAL ESSAY


1.  Terangkan ! Apa yang dimaksud dengan limbah ?
Jawab : Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water)

2.  Apa yang dimaksud dengan bahumutu lingkungan ?
Jawab : Baku Mutu Lingkungan adalah ukuran batas bahan, zat atau energy yang berada pada tempat dan kondisi tertentu. Dengan kata lain, Baku Mutu Lingkungan adalah ambang batas kadar maksimum suatu zat atau bahan yang diperbolehkan berada di lingkungan agar tidak menimbulkan dampak negative.

3.  Sebutkan enam kelompok klasifikasi limbah padat !
Jawab : 1. Sampah organik mudah busuk (garbage)
              2. Sampah organik dapat membusuk (rubbish),
              3. Sampah abu (ashes),
              4. Sampah bangkai binatang (dead animal),
              5. Sampah sapuan (street sweeping),
              6. Sampah industri (industry waste),

4.  Sebutkan pengelompokan limbah berdasarkan sumbernya !
Jawab : 
  1. Limbah Organik yang mudah busuk. Misainya : sisa sayuran, sisa makanan, dedaunan, potongan rumput, dan kotoran hewan 
  2. Limbah Organik yang tidak mudah membusuk Misalnya , kertas dan kayu 
  3. Limbah Anorganik. Misainya, plastik, pecahan kaca, karet, kaca, botol, dan besi. 
  4. Limbah berbahaya. Misalnya, paku, bekas lampu neon, sisa racun tikus atau serangga, obat kadaluarsa dan batu baterai bekas. 

5.  Apa perbedaan antara limbah domestik dengan limbah industri ? Berikan contohnya !
Jawab : Limbah domestik yaitu limbah atau sisa rumah tangga yg tidak terpakai lagi/dibuang.  Contohnya, Plastik Sisa deterjen sedangkan limbah industri yaitu limbah/bahan yg sudah tidak terpakai/tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh suatu pabrik/perusahaan industri Contohnya sisa cata, bubuk besi dll



Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPA Biologi Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran  IPA Biologi, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih