-->

Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk mencakup proses penyiapan generasi muda untuk mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, peran pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan menurut Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta.

Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan :
  1. Mampu Memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara langsung apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan hukum yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap perilaku diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.
Secara umum, menurut Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara mengembangkan Pendiddikan Kewarganegaraan agar setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang memiliki kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; memiliki rasa bangga dan tanggung jawab (civics responsibility); dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai setelah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman cita-cita nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi baru Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan cita-cita nasional dan dapat membuat keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD NKRI 1945.
Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk contoh Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 1 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Salah satu undang undang yang mengatur tentang hubungan internasional adalah :
a. UU No. 37 Tahun 1999
b. UUD 1945
c. UUD NRI pasal 1 ayat 4
d. Keppres No. 60 Tahun 2000
e. UUD NRI 1945 pasal 6

2. Penggolongan perjanjian internasional dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu :
a. menurut anggotanya
b. menurut undang undang
c. menurut jumlahnya
d. menurut politiknya
e. menurut pemerintahannya

3. Nama lain dari surat kuasa adalah :
a. Power latter
b. latterable
c.capable
d. super power
e. full power/ credential

4. Pembatalan perjanjian internasional dapat terjadi apabila :
a. telah tercapai tujuan dari perjanjian internasional
b. Bertentangan dengan kaidah dalam hokum internasional
c. persetujuan diikat dan dinyatakan oleh semua negara perunding
d. Objek perjanjian hilang
e. tujuan perjanjian belum tercapat

5. Tujuan nasional indonesia tercantum dalam UUD 1945 alinea ke :
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima

6. Ketika suatu negara mengalami kekurangan dalam suatu bidang maka negara perlu melakukan
a. hubungan internasional
b. politik luar negeri
c. politik internasional
d. pinjaman
e. kerjasama bilateral

7. Berikut yang termasuk ruang lingkup hubungan internasional dalam bidang privat adalah :
a. diplomasi
b. Hubungan internasional
c. ekonomi dan moneter internasional
d. Pertahanan dan keamanan
e. politik luar negeri

8. Sasaran atau tujuan awal bangsa indonesia melakukan hubungan internasional dengan bangsa lain setelah merdeka adalah :
a. untuk mendapatkan bantuan
b. untuk menjalin persahabantan
c. membangun relasi
d. mengatasi krisis dalam negeri
e. untuk mendapatkan pengakuan dan dukungan

9. Yang bukan termasuk komponen komponen yang harus ada dalam hubungan internasional adalah :
a. Politik internasional (internasional politic)
b. Studi tentang peristiwa internasional
c. Hokum internasional
d. Organisasi administrasi internasional
e. Politik luar negeri

10 Keseluruhan hubungan yang dijalankan oleh suatu negara dengan semua pihak yang tidak tunduk pada kedaulatan nya merupakan definisi dari :
a. hubungan internasional
b. politik internasional
c. olitik luar negeri
d. hubungan luar negeri
e. hokum internasional

11. Ruang lingkup hubungan internasional terletak pada dua bidang yaitu :
a. bidang politik dan privat
b. bidang politik dan internasional
c. bidang social dan budaya
d. bidang ekonomi dan politik
e. bidang ekonomi dan budaya.

12. Indonesia menjadi anggota perserikatan bangsa banga (PBB) yang ke 60 pada tanggal :
a. 7 januari 1965
b. 28 september 1950
c. 28 September 1966
d. 7 September 1950
e. 28 Januari 1966

13. Perjanjian internasional mempunyai keududkan yang penting dalam pelaksanaan hubungan internasional. Maka dalam membuat suatu perjanjian internasional harus memperhatikan asas-asas berikut, kecuali :
a. Pacta sunt Servada
b. Reeiprositas
c. Coustresy
d. Rebus Sig Stantibus
e. Bonaparte de Countles

14. Berikut merupakan tahapan perjanjian internasional
1. perundingan (negotiation)
2. penandantanganan(signature)
3. pengumuman(declaration)
4. pengesahan (ratification)
urutan tahapan perjanjian internasional yang benar adalah :
a. 1-2-3-4
b. 1-2-4-3
c. 1-4-3-2
d. 1-4-2-3
e. 2-3-4-1

15. Instrument atau sarana yang melaksanakan hubungan internasional yang berkedudukan dingera lain, 2 unusr / instrument ini disebut :
a. pres dan wapres
b. ketua MA dan wakilnya
c. Anggota DPR (perwakilannya)
d. Duta besar dan konsul jendral
e. Duta besar dan ketua DPD

16. Prosedur ratifikasi tingkat pengaturannya diserahkan kepada …
a. Hukum internasional
b. Sekretariat PBB
c. Konvensi Wina
d. Hukum nasional
e. Persetujuan para pihak

17. Kerja sama yang dilakukan oleh negara negara dikawasan tertentu tujuannya untuk kepentingan negara negara disebut kerjasama :
a. Unilateral
b. Bila teral
c. Trilateral
d. Internasional
e. regional

18. Perjanjian internasional merupakan salah satu sumber hokum internasional dalam arti :
a. formal
b. material
c. inmaterial
d. traktat
e. treaty

19. Pemeritah dalam mengadakan kerja sama dan perjanjian internasional harus dengan persetujuan :
a. DPR
b. MPR
c. Lembaga perwakilan rakyar
d. Perwakilan diplomatik
e. DPD

20. Istilah yang digunakan bagi suatu negara yang menyatakan turut serta dalam suatu perjanjian adalah :
A. Accession
b. Treaty
c. Aggrement
d. Occupatyion
e. Acceptance

21. Tokoh yang dikenal dalam menggagah lahirnya piagam atlantik adalah :
a. Woodrow wilson
b. margareth thateher
c. Tun abdul rozak
d. F.D roosevelt
e. John Kennedy

22. Dibawah ini yang termasuk isitilah istilah dalam perjanjian internasional adalah :
a. perjanjian bilateral, perjanjian antar negara
b. pernajian antar negara, perjanjian internasional
c. Charter, covenant, deklarasi, piagam
d. Law making reatis , treaty contact
e. aksesi, ratifikasi

23. Sebelum lahirnya UU no.24 tahun 2000 dijabarkan tentang perjanjian internasional dalam ....
a. pembeukaan UUD alenia 1
b. Pasal 11 ayat (3) UUD NRI 1945
c. UU No. 37 tahun 1999
d. Surat presiden nomor 2826 HK/1960
e. TAP mpr no.IV/MPR.1999

24 .Sifat politik luar negeri yang berlaku di indonesia adalah :
a. luber jurdil
b. bebas aktiv
c. demokrasi
d. simpati dan empati
e. aktif

25. Hubungan internasional merupakan slah satu jawaban bagi persoalan yang dialami oleh :
a. suatu negara
b. dua negara
c. tiga negara
d. semua negara
e. suatu wilayah

26. Adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervensi dari negara lain merupakan pengertian dari :
a. factor politik
b. factor eksternal
c. factor internal
d. factor social
e. factor ideology

27. berikut yang merupakan tujuan politik luar negeri indonesia menurut muhammad hatta, kecuali
a. mempertahanakan kemerdekaan bangsa dan menjaga keslamatan negara
b. memperoleh barang barang yang diperlukan dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat
c. meningkatkan perdamaian internasionak
d. meningkatkan persaudaraan segala bangsa sebagai pelaksanaan cita cita yang tersimpul didalam pancasila, dasar dan filsafat negara kita
e. memperoleh barang yang diperlukan dari luar negeri untuk memperbesar kemakmuran rakyat

28. Badan pekerja komite nasional indonesia pusat mengumumkan pendirian politik luar negeri indonesia pada tanggal :
a. 17 agustus 1945
b. 10 november 1948
c. 2 septemer 1945
d. 2 september 1948
e. 10 november 1945

29. Perjanjian internasional merupakan sumber utama dari sumber sumber hokum internasional lainya . pernyataan ini merupakan bunyi dari pasal :
a. 38 ayat (1) , statua mahkamah konstitusi
b. 28 ayat (2) , statua mahkamah konstitusi
c, 38 ayat (1-2),statua mahkamah internasional
d. 28 ayat (1) statua mahkamah internasional
e. 38 ayat (1) statua mahkamah internasional

30. Salah satu asas yang harus diperhatikan dalam suatu perjanjian internasional adalah :
a. Egality rights
b. benefits
c. keadilan
d. recipient
e. panca sunt stanlibus

31. Yang merupakan pentingnya politik luar negeri adalah :
a, presiden mengangkat duta dan konsul
b. penyumbangan kehendak nasionak kedalam dunia internasional
c. presiden menerima penempatan duta
d. menjaga perpecahan dunia internasional
e. Moh hatta mempertahankan kemerdekaan

32. Pada tanggal berapa orde baru dilaksanakan ...
a. 17 agustus 1950 - 5 juli 1959
b. 5 juli 1959 - 11 maret 1965
c. 11. maret 1966 - 21 mei 1998
d. 28 okt 1999 - 1 november 2000
e. 1 januari 2000 - 3maret 2000

33. tugas pokok perwakilan diplomatic adalah
a. mengembangkan kepentingan pemerintahan luar negeri
b. merumuskan kebijakan nasional
c. mengawasi negara
d. mewakili dan memperjuangankan kepentingan bangsa
e. penanggunga jawab kekayaan negara

34. Bentuk bentuk kerjasama perjanjian internasional adalah , kecuali
a. bidang politik
b. bidang hokum
c. bidang ekonomi
d. bidang social budaya
e. bidang kesehatan

35. dibawah ini yang bukan merupakan tujuan pembangunan hubungan internasional adalah
a. meningkatkan persahabatan
b. meingkatkan kerjasama bilateral, regional dan multilateral
c. agar bangsa tidak buta terhadap hal hal yang terjadi  di negara lain
d. agar terjadi perang
e. agar tidak dikucilkan


II. SOAL ESSAY


1. Jelaskan pengertian ideologi menurut kamus ilmiah populer!
Jawab : Ideologi adalah cita-cita yang merupakan dasar salah satu sistem politik, dan paham kepercayaan (ideologi, sosiologi, ideologi Islam dan lain-lain)

2. Sebutkan fungsi-fungsi ideologi!
Jawab :
a. struktur konfigurasi
b. orientasi dasar
c. norma-norma yang menjadi pedoman
d. bekal-bekal jalan bagi orang menentukan identifikasinya.

3. Jelaskan Pancasila sebagai paradigma pembangunan!
Jawab : Pancasila sebagai paradigma pembangunan karena nilai yang terkandung dalam rumusan Pancasila.

4. Sebutkan kedudukan dan fungsi Pancasila dalam NKRI!
Jawab :
a. sebagai pandangan hidup
b. sebagai dasar negara
c. sebagai kepribadian bangsa
d. sebagai jiwa bangsa Indonesia
e. sebagai perjanjian yang luhur
f. sebagai ideologi nasional

5. Mengapa Pancasila disebut sebagai ideologi terbuka?
Jawab : Pancasila disebut sebagai ideologi terbuka karena sangat memungkinkan mampu menyesuaikan berbagai persoalaan yang dihadapi oleh bangsa



Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih                     
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih