-->

Soal Latihan UNBK SMK Bahasa Indonesia Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. Namun soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Bahasa Indonesia sebagai langkah Persiapan Menghadapi UNBK.

Seperti yang kita ketahui bersama syarat siswa lulus dari sebuah sekolah baik Itu Tingkat SD, SMP maupun  SMK biasa di  tentukan dengan akumulasi dari nilai sekolah dan Nilai Ujian Nasional (UN), namun di tahun-tahu sekarang nampaknya kita akan sedikit asing dengan istilah UN dikarenakan kali ini pemerintah mulai menggantinya dengan bahasa baru yaitu UNBK.

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional  (UN) berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Mungkin itu saja sedikt gambaran mengenai UNBK, Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Bahasa indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 50 Pilihan Ganda karena pada dasarnya Soal UNBK itu hanya berupa pilihan Ganda saja.

Baca Juga : Soal Latihan UNBK SMK Bahasa Inggris Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan UNBK SMK Kejuruan TKJ Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan UNBK SMK Matematika Beserta Jawabannya

Soal Latihan UNBK SMK Bahasa Indonesia Beserta Jawabannya


Adapn soal-soal yang diprediksi akan ada dalam soal UNBK mata pelajaran Bahasa indonesia adalah sebagai berikut :

1. (1) Udara di Bogor terasa dingin. (2) Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. (3) Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ÂșC. (4) Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor .
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (3)
D. (2) dan (4)
E.  (3) dan (4)

2. (1) Pemkot Depok telah menertibkan 700 Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar dagangannya di pinggir jalan. (2) Hal ini dinilai sebagai penyebab kemacetan. (3) Di samping itu, keberadaan PKL juga dianggap menimbulkan kesan semrawut. (4) Penertiban yang berlangsung tanggal 26 Desember itu disambut dengan senang oleh para pengguna jalan.

Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (2) dan (4)

3. Sulit meminta maaf dan sulit memberi maaf sesungguhnya merupakan sifat manusia pada umumnya. Namun, peluang untuk meminta maaf dan memberi maaf pastilah selalu ada. Jika setiap orang bersedia memberi maaf alangkah tenteram dan nikmatnya kehidupan di muka bumi ini. Lebih dari itu, apabila setiap orang sadar bahwa memberi maaf itu bahkan lebih mulia nilainya daripada meminta maaf.

Pendapat yang tepat sesuai paragraf di atas adalah . . . .
A. Memberi maaf dan meminta maaf merupakan sikap yang baik.
B. Meminta maaf lebih mulia daripada memberi.
C. Sulit bagi kita meminta maaf lebih dahulu.
C. Kita jangan meminta maaf jika tidak bersalah.
E. Semua benar

4. (1) Selama Mei 2010 ini Aremania mengumpulkan dana sumbangan. (2) Dana itu digunakan untuk membeli bahan-bahan kebutuhan hidup, seperti beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan lain-lain. (3) Setelah itu, bahan-bahan tersebut mereka bagi-bagikan ke berbagai panti asuhan. (4) Hal itu membuktikan, Aremania adalah suporter yang memiliki kepedulian sosial.

Gagasan utama paragraf diatas adalah . . .
A.  (1)
B.  (3)
C.  (2)
D.  (4)
E.   (1) dan (4)

5. Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru. Adalah Ederson Honorato yang berhasil didatangkan juara Liga Italia musim lalu itu. Sebelumnya, penyerang asal Brasil itu memperkuat Nice. Ederson yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu. Saat itu, Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro, namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson. 

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ...
A. Musim kompetisi 2006/2007 belum juga berakhir, tetapi Inter Milan sudah mendapatkan pemain baru.
B. Ederson Honorato sebelumnya memperkuat Nice, berhasil didatangkan juara Liga lalu.
C. Ederson Honorato yang berusia 21 tahun itu bergabung dengan Nice dua musim lalu.
D. Inter Milan sebenarnya sudah berniat membawanya ke Stadion San Siro namun Nice lebih menjadi pilihan Ederson.
E. Inter Milan sebenarnya sudah berniat merekrut Ederson Honorato, tetapi baru tahun ini tercapai.

6. Apa yang dimaksud dengan kalimat induktif ....
A. Kalimat yang terletak di akhir paragraf
B. Kalimat yang terletak di awal paragraf
C. Kalimat yang terletak di awal dan akhir paragraf
D. Kalimat yang terletak di tengah paragraf
E. Kalimat yang tidak mempunyai paragraf

7. Kalimat yang tidak mempunyai kemungkinan banyak tafsir adalah kalimat ....
A. Induktif                  D. Pasif
B. Deduktif                 E. Ambigu
C. Campuran

8. Proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberikan informasi disebut ....
A. Resensi                  D. Topik
B. Wawancara            E. Gagasan utama
C. Berita

9. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Wage Rundolf Supratman lahir pada tanggal 9 Maret 1903 di Sumogari. Supratman sangat pandai bermain sandiwaradan mahir bermain alat musik. Setiap waktu luang, ia memanfaatkan untuk bermain musik terutama biola.

Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia di angkat menjadi pembantu surat kabar Kaoum Moeda di Bandung. Meskipun gaji yang diperolehnya kecil, ia puas karena ia dapat mengutarakan pendapat serta pikiran dalam tulisan-tulisannya. W.R. Supratman menulis dan mengubah lagu-lagu perjuangan untuk mengabarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air.Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pada saat ia diminta mendengarkan lagu Indonesia Raya, dan semua hadirin berdiri khidmat, hal itulah yang tak terlupakan bagi dirinya. Ia bekerja tanpa pamrih. Dalam hidupnya, ia lebih suka memberi dari pada menerima.

Hal yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah . . . .
A.  Menjadi pembantu surat kabar
B.  Mendengarkan lagu-lagu
C.  Suka memberi daripada menerima
D.  Mempunyai pengalaman tak terlupakan

10. Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul ”Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya ”Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ).

Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , ”Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”.

Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .
A. Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.
B. Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.
C. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.
D. Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.
E.    Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.

11. Bacalah kutipan tajuk rencana berikut!
(1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. 

(5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.

Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.
E. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga BBM.

12.  Opini penulis dalam paragraf tersebut (dalam soal No 11) terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (5) dan (6)
E. (6) dan (7)

13. Bacalah kutipan teks berikut!
Sebuah Negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat. Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi. Bagi Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup, sistem demokrasi bisa memajukan Negara. Namun, bagi Negara yang masih perlu pendidikan, demokrasi adalah suatu bencana.

Simpulan paragraf tersebut adalah . . . .
A.  Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat
B.  Sistem pemerintahan adalah demokrasi
C.  Sistem demokrasi memiliki kelemahan dan kelebihan
D.  Sistem demokrasi bisa memajukan negara
E.  Sistem demokrasi tidak bisa memajukan negara

14. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Puluhan hektare tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu tanaman cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari ancaman bencana ini, meski area tanaman sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir.

Simpulan secara generalisasi yang sesuai dengan paragraf di atas adalah . . . .
A. Banjir kali ini telah memusnahkan tanaman yang siap dipanen.
B. Semua tanaman milik petani tak ada yang tersisa akibat banjir.
C. Puluhan hektare lahan pertanian tergenang air akibat banjir.
D. Lahan pertanian menjadi korban utama dari bencana bnjir.
E. Tak terhitung kerugian yang diderita petani akibat bencana banjir

15. Bacalah kutipan paragraf berikut!
Jadi, Saudara-saudara, beribadahlah secara benar. Jauhilah perbuatan yang dilarang Allah agar kita sama semua selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan dosa kepada Allah dan orang lain.
. . . . Bukankah melakukan ibadah itu sebenarnya untuk mencegah orang melakukan perbuatan keji dan mungkar ?

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah . . . .
A. Marilah kita beribadah dengan sekuat tenaga agar masa depan cerah.
B. Marilah kita menjauhi perbutan yang tidak benar dan tidak terpuji.
C. Marilah kita saling membantu, menyayangi, dan menghormati.
D. Marilah kita merenungkan perbuatan baik yang telah kita lakukan.
E. Marilah kita membersihkan harta dan pikiran yang kotor.

16. Cermatilah paragraf berikut!
Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. ... Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatra Barat.

17. Perhatikan dialog berikut!
Dony : “Bagaimana realisasi majalah dinding di sekolah kita?”
Jerry : “Cukup baik dan sudah mengikuti imbauan kepala sekolah.”
Dony : “Pengertian baik yang Anda maksudkan ditinjau dari segi apa?”
Jerry : ...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ...
A. Baik dari diri saya sendiri maupun dari berbagai pihak
B. Dari segi kertas, penampilan, dan kelengkapan isinya.
C. Baik menurut pendapat orang-orang di sekitar sekolah.
D. Baik dari segi biaya dan waktu.
E. Segi kesiapan, kenyamanan dan lain sebagainya

18. Bacalah dialog berikut dengan saksama!
Rudi : "Tugas kita sebagai pelajar, ya, belajar dan belajar."
Irma : "Itu benar! Tapi untuk mencapai ke majuan di bidang IPTEK dan eko nomi sekarang ini susah, kalau hanya dengan belajar saja."
Rudi : "Lalu apalagi yang harus kita perbuat?"
Irma : " Ya, aku sendiri tidak tahu! Masalahnya kita belum mampu keluar dari lingkaran kemiskinan."
Rudi : "Ia ya! Bagai membandarkan air ke
gunung. Untuk mencapai kemajuan seperti di beberapa negara tetangga."
Dedi : "Malah mungkin .... bagi kita saat ini."

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ....
A. bagai bergantung di akar lapuk
B. seperti mentimun dengan durian
C. bagai air di daun talas
D. bagai bumi dengan langit
E. bagai mengakkan benang basah

19. Cermati urutan kalimat berikut!
(1) Pemilik kos harus bertindak tegas kepada mereka yang terlibat sebagai pengedar atau pengguna narkoba yaitu mempersilakan meninggalkan tempat kos.
(2) Masalah narkoba di kota besar tidak terlepas dari peran pemilik kos.
(3) Di samping itu, mereka juga dapat terlepas dari hal-hal negatif yang menyesatkan.
(4) Aturan tersebut diambil agar para pelajar dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar.
(5) Sudah selayaknya jika para pemilik kos membuat aturan bahwa penghuni kosnya harus bebas narkoba dan obat-obatan terlarang.

Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan .... (soal uan 2013)
A. (2), (1), (3), (5), dan (4)
B. (2), (1), (4), (3), dan (5)
C. (2), (1), (5), (4), dan (3)
D. (4), (2), (1), (5), dan (3)
E. (4), (3), (1), (2), dan (4)

20. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

(1) Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada rase penuaan rimpang, karena tanah yang terlalu basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2) Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudia dibiarkan meng-genangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3) Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4) Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3 - 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5) Pengairan dilakukan dengan cara di-genangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
(A) (1), (3), (2), (5), dan (4)
(B) (2), (1), (5), (4), dan (3)
(C) (3), (1), (5), (2), dan (4)
(D) (4), (5), (1), (2), dan (3)
(E) (4), (1), (5), (2), dan (3)

21. Bacalah iklan berikut dengan saksama!
Perusahaan Farmasi Nasional yang sedang berkembang pesat membuka peluang karier bagi Sdr./Sdri. yang berdedikasi tinggi, ber-penampilan menarik, mau bekerja keras. Dengan persyaratan sebagai berikut
1. Pendidikan S1, D3, SMF SMA IPA dengan nilai
2. Matematika minimal 6.
3. Usia maksimal 27 tahun.
4. Memiliki sepeda motor, SIM C
5. Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Segera kirimkan surat lamaran lengkap (CV. pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 (2 lbr), fotokopi STNK, SIM C, KTP, dan Ijazah) ke PO.BOX 4080/JKT 10040
Kompas, 20 Mei 2006

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan tersebut adalah ....
(A) Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Kompas, maka saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai....

(B) Sesuai dengan pendidikan dan kualifikasi saya, maka dengan ini saya bermaksud mengisi lowongan di harian Kompas.

(C) Sehubungan dengan iklan yang dimuat di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai....

(D) Melalui surat ini, saya mengajukan lamaran pekerjaan sesuai iklan di harian Kompas sebagai....

(E) Memenuhi iklan di harian Kompas, 20 Mei 2006, saya melamar sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

22. Cermatilah kutipan surat lamaran berikut!
.... dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut. Adapun identitas diri saya ....

Pembagian identitas yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah ....

A. Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
Alamat : Jalan Bhakti Husada 10, Bengkulu

B.  Nama : Riana
Tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 - 4 - 1986
Alamat : Jalan Bhakti Husada 10
Bengkulu

C.  Nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu/5 April 1986
alamat : Jl. Bhakti Husada 10
Bengkulu

D.  Nama : RIANA
tempat, tanggal lahir : BENGKULU, 05 04 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada 10
Bengkulu

E.  Nama : Riana
tempat, tanggal lahir : Bengkulu, 5 April 1986
alamat : Jalan Bhakti Husada10, Bengkulu

23. Kapan lagi, kapan lagi diri-diri kita akan berubah. Waktu terus berlalu sedang diri kita begitu dan terus begitu. Malah makin tidak baik. … . Kita tingkatkan ilmu kita. Kita tingkatkan iman kita. Kita jadikan diri kita terampil menghadapi masalah, terampil berkarya.

Kalimat persuasif yang tepat untuk melengkapi teks pidato di atas adalah… .
A.  Mari kita tingkatkan diri kita.
B.   Mari mengubah apa yang ada.
C.   Ayo kita mulai perubahan itu.
D.  Mari terus melangkah maju.
E.   Hendaklah kita bergerak terus.

24. Hendaknya saudara-saudara berpartisipasi secara benar. Hindarilah perbuatan yang dilarang Negara, apalagi Allah. Kita harus selalu berupaya untuk tidak melakukan perbuatan yang menyinggung, merugikan atau melanggar hak seseorang atau orang lain. Melakukan perbuatan sosial itu sebenarnya untuk membahagiakan mengurangi beban orang lain sehingga kita benar-benar ikut merasakan penderitaan mereka... (UN 2010-2011)

Kalimat persuasif untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah..
A. Marilah kita beramal sesuai dengan kemampuan kita masing-masing di lingkungan kita.
B. Marilah kita beramal sesuai dengan kemampuan kita dengan tidak mengharapkan imbalan apapun.
C. Marilah kita mengamalkan perbuatan baik kita yang telah kita lakukan kepada siapa saja.
D. Marilah kita saling membantu, menyayangi dan menghormati perbuatan sosial, seperti beramal.
E. Marilah kita membantu saudara-saudara kita yang kekurangan dengan berbagai cara.

25. Tema Karya Ilmiah : Pengaruh sinetron remaja terhadap perilaku siswa
Rumusan masalah yang tepat berdasrkan tema karya tulis tersebut ............
A. Apakah peranan remaja dalam sinetron ?
B. Bagaimana pengaruh sinetron remaja terhadap perilaku siwa?
C. Sinetron-sinetron apa saja yang mempengaruhi perilaku siswa ?
D. Apakah mungkin sisnetron dapat mempengaruhi siswa ?
E. Mengapa sinetron remaja dipengaruhi siswa ?

26. Topik   :  Menanamkan kejujuran pada siswa
Kalimat latar belakang yang tepat untuk topik karya tulis di atas adalah… .
A.   Siswa selalu menyontek saat ujian.
B.   Telah tidak ada lagi kejujuran di sekolah.
C.   Siswa kesulitan untuk menjadi orang jujur.
D.   Kejujuran harus diwariskan kepada siswa.
E.    Saat ini kebanyakan siswa tidak jujur dalam ujian.

27. Judul karya tulis: menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
Penulisan Judul makalah yang tepat adalah ...
A. Menggali Potensi Diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
B. Menggali potensi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri
C. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan kepercayaan diri
D. Menggali Potensi Diri untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri
E. Menggali Potensi diri Untuk Meningkatkan Kepercayaan diri

28. Dua minggu menjelang Ramadhan, the Islamic Forum seperti biasanya  …  dengan peserta dialog. Sebagian besar memang adalah para muallaf dan nonmuslim yang sudah beberapa bulan belajar Islam. Salah satu dari nonmuslim itu adalah seorang gadis, hampir saja kusangka gadis Aceh atau Bangladesh. Ia kelihatan …  dan sopan, tapi  ... dalam mempertanyakan banyak hal.

Frasa adjektiva yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A.  sangat sepi, pemalu sekali, lebih pemalu
B.   lebih ramai, terlalu muda, kurang perhatian
C.   amat jelas, perhatian sekali, sangat cermat
D.  sangat padat, pendiam sekali, sangat kritis
E.   kurang peduli, amat suka, sangat tenang

29. Frasa di bawah ini yang berupa frasa bertingkat/atributif adalah ....
A. Tanah air
B. demi nusa bangsa
C. drama televisi
D. pendidikan dan pelatihan
E. ke sekolah

30. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1)Menjelang Ujian Nasional para siswa mempersiapkan diri agar memperoleh nilai yang memuaskan. (2) Banyak cara yang dilakukan para siswa sebelum menempuh ujian. (3) Para siswa yang memiliki banyak uang bisa mengikuti bimbingan belajar atau mendatangkan guru privat ke rumah. (4) Namun, bagi para siswa yang uangnya pas-pasan, mereka dapat membentuk kelompok belajar atau mengikuti pendalaman materi yang diadakan oleh sekolah. (5) Pendalaman materi di sekolah tidak mahal.

Kalimat yang berpola SKP dalam pargraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A.  (1)
B.  (2)
C.  (3)
D.  (4)
E.  (5)

31. Yang termasuk dalam kategori kalimat klausa lengkap adalah....
A.  Hari ini masuk sekolah
B.   Adi mengerjakan tugas ilmiah
C.   Menjahit kain yang robek
D.   Sedang berjalan
E.   Telah sampai di Bali

32. Kalimat majemuk bertingkat dengan anak kalimat pengganti subjek adalah….
A. Ayah seorang yang berjuang pada masa perang kemerdekaan.
B. Ibu mengunjungi keluarga yang membesarkannya.
C. Nenek tinggal di ibukota Negara Republik Indonesia.
D. Yang berpakaian seragam SMK itu,adik saya.
E. Saya Makan Nasi Padang

33. Kalimat yang menyatakan menyerupai adalah……
A. Rama senang bermain mobil-mobilan
B. Pukullah dia kuat-kuat
C. Rumah-rumah itu akan dijual
D. Ani membeli buah-buahan dipasar
E. Yadi berlari-lari di lapangan

34. Bacalah paragraf berikut dengan cermat!
(1) Menjelang Ujian Nasional para siswa mempersiapkan diri agar memperoleh nilai yang memuaskan. (2) Banyak cara yang dilakukan para siswa sebelum menempuh ujian. (3) Para siswa yang memiliki banyak uang bisa mengikuti bimbingan belajar atau mendatangkan guru privat ke rumah. (4) Namun, bagi para siswa yang uangnya pas-pasan, mereka dapat membentuk kelompok belajar atau mengikuti pendalaman materi yang diadakan oleh sekolah. (5) Pendalaman materi di sekolah tidak mahal.

Kalimat yang berpola SKP dalam pargraf tersebut adalah kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

35. Siswa SMA/MA/SMK akan menghadapi Ujian Nasional (UN) pada tanggal 18-21 April 2017.
Pola kalimat tersebut adalah ….
A. S – P – O
B. S – P – K
C. S – P – O – K
D. K – S – P – K
E. S - P – Pel

36. Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan peN-an yang semakna dengan imbuhanpeN-an pada kata pembangunan adalah....
A. Berkas perkara pencemaran nama baik itu sudah dilimpahkan kepada pengadilan
B. Penggilingan padi satu-satunya di desa kami itu sudah lama tidak berfungsi
C. Supaya jernih, penyaringan minyak kelapa sawit itu harus dilakukan beberapa kali
D. Pada musim penghujan ini, pemukiman penduduk sudah tergenang air sedalam 50cm
E. Pemutusan hubungan kerja banyak terjadi di berbagai perusahaan akibat krisis moneter

37. Imbuhan ter- yang menyatakan makna “dikenai tindakan secara tak sengaja” terdapat pada kalimat…
A. Anak dari Kotabaru itu pandai dan tidak mudah tertipu.
B. Tulisan budi tidak terbaca olehku.
C. Dalam kecelakaan itu, maman terlempar beberapa meter.
D. Semua orang tertampung di tenda pengungsian di lapangan.
E. Adi terkena lemparan batu

38. Imbuhan ter- yang bermakna “dalam keadaan di-“ terdapat pada kalimat…
A. Beberapa novel tertata rapi di rak buku.
B. Siswa terpandai di kelasku berasal dari Banjar.
C. Gula itu terlarut dalam air.
D. Anak itu tertidur di kursi ruang tamu.
E. Arman sedang membeli terasi

39. Kalimat yang mengandung makna konotasi positif adalah….
A. Penjahat itu telah mampus ditembakoleh polisi.
B. Bini Mang Udin telah melahirkan.
C. Istrinya yang belia telah mengandung.
D. Ibu Tinah sedang bunting tujuh bulan.
E. Adi Bermain sepakbola

40. Kalimat yang menggunakan kata berkonotasi negatif adalah….
A. Sebagai seorang istri harus pandai menyenangkan suami.
B. Para wanita tuna susila bekerja akibat tuntutan kebutuhan ekonomi.
C. Selama meringkuk di penjara, Roy berubah menjadi pendiam.
D. Biaya makan itu mahal
E. Mobil itu masuk jurang

41. Minggu lalu Budi telah melaksanakan Ulangan semester Bahasa Indonesia, dan ternyata hasilnyapun Budi mendapatkan nilai merah.
Makna kata yang bercetak miring adalah....
A.      Bagus
B.      Jelek
C.      Sangat Baik
D.      Cukup
E.       Sesuai Standard

42. Kata-katamu sungguh pedas untuk didengar.
Kalimat diatas termasuk dalam perubahan makna kata?
A. Sinestesia
B. Generalisasi
C. Asosiasi
D. Spesialisasi
E.  Peyorasi

43. Atas perhatian Bapak, saya haturkan banyak terima kasih.
Kalimat tersebut akan menjadi baku bila ditulis menjadi….
A.    Atas perhatian Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.
B.    Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
C.    Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih banyak.
D.    Atas perhatian Anda, saya mengucapkan terima kasih.
E.    Atas perhatian Anda, saya ucapkan terima kasih banyak

44. Predikat kota Yogyakarta bukan hanya sekedar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.

Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditandai nomor . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (1 dan 2)

45. Kalimat yang mengandung ragam bahasa resmi terdapat pada….
A.    Hai, mau kemana? Boleh, dong, aku ikut.
B.    Sendiri saja, boleh aku menemanimu?
C.    Halo! Ke mana, nih, pagi-pagi?
D.    Wah, ngeborong, nih, ya?
E.    Pulang dari mana, kok, buru-buru amat?

Cermati kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 46s.d. 48

           (1) Dalam upaya pencegahan pencemaran udara, hutan mampu menangkal  polutan gas ataupun butiran padat. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume udara yang mengandung polusi gas zon sebesar 150 ppm gas ternyata 99% terserap oleh tegukan hutan dalam waktu delapan jam. (3) Komplek industri  yang mengeluarkan polutan belerang dioksida di Uni Rusia ternyata berkurang dengan adanya jalur vegetasi kayu selebar 500 m yang mengelilingi kawasan industri tersebut. (4) Tumbuhan berkayu ataupun pohon memang diandalkan dalam penyelamatan keadaan lingkungan seperti tanah, air, dan udara walaupun peran pohon tersebut sebatas pada lingkungan, yang belum akut. (5) Pohon memang tidak akan mampu menetralisasi polusi, terutama pada kawasan industri besar.

46. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
    A. pencegahan pencemaran
    B. kemampuan hutan
    C. penyelamat lingkungan
    D. populasi gas ozon
    E. penetralisasi polusi

47. Kalimat yang berisi fakta terdapat pada nomor….
    A. (1) dan (2)
    B. (1) dan (5)
    C. (2) dan (3)
    D. (3) dan (4)
    E. (4) dan (5)

48. Kata tidak baku terdapat pada kalimat ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
    E. (5)

Paragraf berikut untuk soal nomor 49 dan 50  !
Bacalah dengan cermat!

       (1) Situs purbakala di kawasan Kota Banda Aceh kuno saat ini dalam kondisi terbengkalai. (2) Rumput ilalang tumbuh subur di kawasan itu. (3) Makam-makam kuno peninggalan masa kerajaan Aceh yang dibuat sekitar abad ke-17 dan ke-18 berserak tak terurus. (4) Banyak yang tidak utuh dan terbelah. (5) Sebagian batu nisan berkaligrafi musnah terbawa tsunami atau diambil orang. (6) Manuskrip batu nisan berserakan dan tak diketahui lagi posisi awalnya. (7) Padahal, tulisan kaligrafi pada nisan itu mempunyai pesan dan/atau teks sejarah yang berguna.

49. Kalimat utama paragraf tersebut adalah nomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
    E. (5)

50. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ….
    A. Semua makam kuno di banda Aceh musnah karena terbawa tsunami.
    B. Pemerintah diharapkan segera mengumpulkan lagi peninggalan yang ada.
    C. Kompleks makam yang hilang direnovasi kembali oleh pemerintah .
    D. Situs purbakala Banda Aceh telah ditata kembali oleh pemerintah daerah.
    E. Tulisan kaligrafi pada nisan berisi data diri yang meninggal.



Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan UNBK SMK Bahasa Indonesia Beserta Jawabannya  ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih