-->

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang belajar dari masa lalu dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Agar dapat hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai manusia sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut manusia untuk selalu melakukan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan manusia hampir sama, yang berbeda adalah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan memberikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menawarkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang mampu menyajikan rekaman pengalaman manusia yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya memberikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan menurut cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan mampu membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan bangga dan mencintai sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Dalam kondisi terjepit akibat kekalahannya dari sekutu, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan cara....
a. melaksanakan politik dumping
b. membebaskan para tawan
c. mengenodrkan sikapnya terhadap Indonesia
d. memberi janji kemerdekaan kepada Indonesia
e. memberi kebebasan berpendapat bagi Indonesia

2. BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 akhirnya dibubarkan dengan alasan....
a. BPUPKI tidak dapat bekerja dengan baik
b. BPUPKI dianggap banyak melakukan penyimpangan-penyimpangan
c. BPUPKI telah berhasil melaksanakan tugasnya
d. tugas BPUPKI digantikan oleh Panitai Sembilan
e. BPUPKI tidak bermanfaat bagi Jepang

3. Maksud dibentuknya Panitia Sembilan oleh BPUPKI adalah....
a. menambah jumlah anggota BPUPKI
b. untuk membahas hasil sidang I BPUPKI tentang rancangan dasar negara
c. mempercepat proses kemerdekaan Indonesia
d. mempersiapkan materi sidang BPUPKI
e. sebagai penghubung antra BPUPKI dengan Jepang

4. Janji kemerdekaan yang disampaikan oleh Kuiaki Koiso lebih dilatarbelakangi oleh....
a. keinginan Jepang untuk membentuk persemakmuran di Asia
b. wujudk kepedulian Jepang terhadap sesama negara Asia
c. ungkapan terima kasih Jepang kepada Indonesia
d. wujud balas budi Jepang terhadap Indonesia
e. terdesaknya Jepang oleh serangan militer Sekutu

5. Kuniaki Koiso yang memberikan janji kemerdekaan bagi Indonesia adalah seorang....
a. Panglima Tentara Jepang Asia Tenggara
b. Perdana Menteri Jepang
c. Kaisar Jepang
d. Putra Mahkota Jepang

6. Pendudukan Jepang yang hanya 3,5 tahun sangat berat dirasakan, namun demikian rakyat banyak memperoleh manfaat latihan militer, seperti Heiho yang fungsinya sebagai....
a. barisan pemuda
b. pembela tanah air
c. pembantu prajurit
d. barisan pelopor
e. barisan polisi

7. Berikut ini peranan antara BPUPKI, kecuali...
a. mempersiapkan usaha-usaha ke arah kemerdekaan Indonesia
b. berhasil membentuk Panitia Sembilan yang menghasilkan Piagam Jakarta
c. berhasil menyusun naskah Proklamasi
d. berhasil menyusun rumusan dasar negara
e. berhasil merumuskan UUD negara Indonesia

8. Pada sidang BPUPKI yang pertama, pembicaraan dipusatkan pada masalah...
a. bentuk negara Indonesia merdeka
b. penyusunan Undang-Undang Dasar
c. perumusan dasar negara
d. menyusun pemerintahan bagi Indonesia merdeka
e. merumuskan pernyataan Indonesia merdeka

9. Ahmad Subardjo dalam keanggotaan PPKI berperan sebagai....
a. penasihat
b. wakil ketua
c. ketua
d. penghubung
e. wakil pemerintahan Jepang

10. BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang diketuai oleh....
a. Mr. Moh. Yamin
b. Ir. Soekarno
c. Drs. Moh. Hatta
d. dr. Radjiman
e. Jenderal Terauchi

11. Untuk mewujudkan tugasnya, BPUPKI harus melaksanakan sidang-sidangnya. Sidang BPUPKI yang pertama beralngsung pada tanggal....
a. 29 Mei – 7 Juni 1945
b. 29 Mei -10 Juli 1945
c. 28 Mei – 2 Juni 1945
d. 28 Mei – 1 Juni 1945
e. 29 Mei – 1 Juni 1945

12. Pokok pembahasan utama yang berhasil diputuskan BPUPKI selama dua kali sidang adalah....
a. rumusan dasar negara dan pemilihan presiden
b. pemilihan presiden dan pembentukan departemen
c. perumusan UUD dan pemilihan presiden
d. rumusan dasar negara dan UUD
e. teks proklamasi dan Piagam Jakarta

13. Situasi Jepang pada akhir tahun 1944 mulai terdesak oleh front ABCD, yaitu negara....
a.  Amerika – Australia – Jerman
b. Afrika – Australia – Jerman
c. Amerika – Inggris – Cina – Belanda
d. Amerika – Cina – Belanda – Jerman
e. Amerika – Belanda – Italia

14. Dalam situasi dan kondisi terjepit, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan....
a. memberikan janji merdeka kepada Indonesia di kemudian hari
b. membebaskan para tawanan perang Jepang
c. meningkatkan pahwlawan dan prajurit ekonomi
d. menambah jumlah autarki setiap daerah
e. semua jawaban benar

15. Maksud Jepang memberi janji kemerdekaan adalah....
a. agar rakyat Indonesia tetap setia kepada Jepang
b. agar rakyat Indonesia tetap tunduk kepada Jepang
c. agar rakat Indonesia selalu menuruti keinginan Jepang
d. agar rakyat tetap bersedia membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya
e. semua jawaban benar

16. Setelah dinasionalisasi, jabatan presiden Bank Indonesia dijabat oleh....
a. Amir Sjarifudin
b. Syahril Sabirin
c. Sumitro Djojohadikusumo
d. Sukiman
e. Safruddin Prawiranegara

17. Sistem Ekonomi Gerakan Benteng dicetuskan oleh...
a. Safruddin Prawiranegara
b. Kasimo
c. Sumitro Djojohadikusomo
d. Moh. Hatta
e. Ali Baba

18. Gerakan gerombola APRA yang merencanakan pembunuhan terhadap menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX didalangi oleh....
a. Musso
b. Amir Syarifuddin
c. Tan Malaka
d. Sultan Hamid II
e. Dr. Soumokil

19. Untuk menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dan sekaligus menangkap Kartosuwiryo sebagai pemimpinnya, pemerintah melancarkan operasi militer yang disebut....
a. Operasi Merdeka
b. Operasi Gerakan Banteng Negara
c. Operasi Bharatayuda
d. Operasi 17 Agustus
e. Operasi Banteng Raiders

20. Pada tanggal 13 Juli 1949 Pemerintah Darurat Republik Indonesia di Sumatra mengembalikan mandat kepada pemerintah pusat di Yogyakarta. Hal ini merupaka akibat dari...
a. perundingan Renville
b. Perjanjian Roem-Royen
c. Perjanjian Inter-Indonesia
d. Perjanjian Meja Bundar
e. Perjanjian Linggarjati

21. Gerakan 30-S/PKI 1965 didahului dengan...
a. menguasai Gedung RRI
b. menguasai monas
c. menguasai Istana Merdeka
d. menangkap dan membunuh para jenderal AD
e. menguasai gedung telekomunikasi

22. Salah satu hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar dalam bidang politik adalah....
a. RIS bertanggung jawab atas utang-utang Belanda di Indonesia
b. RIS mengambil alih milik Belanda di Indonesia
c. tentara Belanda ditarik dari wilayah Indonesia
d. Pengakuan kedaulatan atas negara Republik Indonesia Serikat
e. Pemerintah RIS menerima pegawai Pemerintah Hindia Belanda

23. Munculnya Orde Baru ditandai dengan....
a. keluarnya Surat Perintah 11 Maret 1966
b. Keluarnya Tritura
e. dibubarkannya PKI
d. menjalankan UUD 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen
e. terbentuknya kabinet baru

24. Langkah pertama yang diperjuangkan Orde Baru adalah...
a. melanjutkan perjuangan Orde Lama
b. membentuk pemerintahan baru
c. menggantikan presiden
d. mewujudkan stabilitas politik dan ekonomi yang baik
e. menyusun rencana pembangunan lima tahun

25. Pasukan bentukan PKI yang bertugas menguasai kota Jakarta pada saat meletus G-30 S/PKI adalah...
a. Pasukan Pasopati
b. Pasukan Gatotkaca
c. Pasukan Cakrabirawa
d. Pasukan Wisanggeni
e. Pasukan Bimasakti

26. Fungsi proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah....
a. sebagai jembatan emas untuk mencapai tujuan bangsa
b. sebagai tujuan akhir perjuangan bangsa
c. mengusir semua intervensi asing yang aa di Indonesia
d. menguji semangat perjuangan para pemuda Indonesia
e. mendorong lahirnya semangat juang bagi generasi sekarang

27. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat tentang proklamasi, kecuali....
a. proklamasi dibacakan di Lapangan ikada
b. penyusunan teks proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda
c. proklamasi diawali dengan Peristiwa Rengasdengklok
d. teks proklmasi dibacakan oleh Soekarno
e. konsep teks proklamasi ditulis tangan oleh Soekarno

28. Proklamasi kemerdekaan RI dikumandangkan ke luar negeri dengan tujuan...
a. untuk mendapatkan bantuan tentara dari negara lain
b. agar tidak diserang negara lain
c. agar diakui kedaulatannya
d. memelopori perjuangan bangsa lain
e. agar kerja sama mengusir penjajah tetap terbina

29. Peristiwa penting yang menyebabkan tentara Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu adalah....
a. kekalahan Jepang dalam perang di Laut Karang
b. jatuhnya kota Tarakan ke tangan Sekutu
c. jatuhnya kota Saigon ke tangan Inggris
d. Hiroshima dan Nagasaki dibom atom Sekutu
e. merosotnya dukungan rakyat jajahan kepada Jepang

30. Tokoh nasionalis yang dipanggil ke Dalat, Vietnam, adalah....
a. Ir. Soekarno, Ahmad Subardjo, dan Moh. Hatta
b. Moh. Hatta, Kasman Singodimejo, dan Sukarni
c. Radjiman Wediodiningrat, Ir. Soekarno, dan Moh. Hatta
d. Radjiman Wediodiningrat, Ahmad Subardjo, dan Ir. Soekarno
e. Moh. Hatta, Wikana, dan Darwis

II. SOAL ESSAY

1. Apa usaha pemerintah RIS dalam mengatasi Pemberontakan Republik Maluku Selatan?
Jawab : dengan jalan damai, yaitu mengirim Dr. J. Leimena dan operasi militer yang dipimpin oleh Alex Kawilarang

2. Jelaskan latar belakang terjadinya Pemberontakan Andi Azis!
Jawab : Latar belakang pemberontakan  Andi Azis adalah menolak kehadiran APRIS dari kelompok TNI yang berasal dari Pulau Jawa.

3. Mengapa pada masa Demokrasi Liberal (1950-1959) di Indonesia sering terjadi pergantian kabinet?
Jawab : pada masa demokrasi liberal sering terjadi pergantian kabinet karena pada masa demokorasi liberal Indonesia menganut sistem kepartian multipartai dan tiap-tiap partai lebih mementingkan kepentingan golongannya dan partainya masing-masing. Sistem pemerintahan parlementer di mana kedudukan kabinet sangat tergantung pada kekuasaan di parlemen dan kabinet sewaktu-waktu dapat dijatuhkan oleh parlemen dengan mosi tidak percaya.

4. Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi Ali-Baba?
Jawab : Politik Ali Bab merupakan suatu kebijakan ekonomi pada masa pemerintahan Ali-Wongso, yang dicetuskan oleh Menteri Perekonomian Mr. Ishak Cokrohadisuryo yang dijalankan dengan cara menggalang kerja sama antara pengusaha pribumi (Ali) dengan pengusaha nonpribumi khusunya pengusaha Cina (Baba).

5. Mengapa setelah peristiwa Gerakan 30 September 1965 timbul aksi menuntut pembubaran PKI dikalangan masyarakat luas? Jelaskan!
Jawab : Setelah peristiwa Gerakan G-30 S/PKI timbul aksi tuntutan pembubaran PKI karena masyarakat luas menuntut pertanggungjawaban PKI, serta demi terjaminnya keamanan dan ketenangan serta kestabilan jalannya pemerintahan dan revolusi.




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih