-->

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang belajar dari masa lalu dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Agar dapat hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai manusia sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut manusia untuk selalu melakukan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan manusia hampir sama, yang berbeda adalah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan memberikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menawarkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang mampu menyajikan rekaman pengalaman manusia yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya memberikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan menurut cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan mampu membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan bangga dan mencintai sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Kebudayaan Hindu-Budha dapat masuk ke Indonesia dikarenakan adanya perkawinan antara pedagang dengan wanita di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan sebagai salah satu teori masuknya agama Hindu di Indonesia, teori yang dimaksud tersebut adalah....
a. teori sudra
b. teori wisya
c. teori brahmana
d. teori arus balik
e. teori ksatria

2. Masuknya agama Hindu di Indonesia telah membawa banyak pengaruh diantaranya pada susunan masyarakat Indonesia. Salah satunya berkaitan dengan kemasyarakatan. Pengaruh tersebut adalah....
a. Masyarakat dibedaskan berdasarkan kasta
b. Mulai dikenalnya sistem gotong royong
c. Masyarakat dibedakan berdasarkan profesi
d. Masyarakat dipimpin oleh sunan
e. Sistem pemerintahan menjadi ketat

3. Pengaruh Hindu di Indonesia pertama kali diketahui dari....
a. kerjaan Sriwijaya
b. Kerajaan Kutai
c. Kerajaan Melayu
d. Kerajaan Tarumanegara
e. Kerajaan Mataram Kuno

4. Pada saat Gajah Mada diangkat menjadi patih Mangkubumi Majapahit, ia telah mengucapkan sumpah yaitu....
a. Sumpah Majapahit
b. Sumpah Mangkubumi
c. Sumpah Pemuda
d. Sumpah Tan Amukti Palapa
e. Sumpah Patih Majapahit

5. Seorang pendeta Budha yang terkenal dari kerajaan Sriwijaya adalah....
a. Sakyakirti
b. Dharmawangsa
c. Dharmasetu
d. Balaputra Dewa
e. Jayabaya

6. Peristiwa yang menyebabkan retaknya hubungan antara majapahit dan pajajaran adalah...
a. perang Paregreg
b. pemberontakan Nambi
c. pemberontakan ranggawale
d. perang bubat
e. datangnya utusan dari Cina

7. Kerajaan Islam Tertua di Indonesia adalah...
a. Kerajaan Aceh
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Pajang
d. kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Samudera Pasai

8. Di bawah ini yang bukan merupakan bukti-bukti awal masuknya Islam di Indonesia, adalah....
a. Berita dari pedagang Persia
b. Berita dari Mah Huan, musafir Cina
c. Adanya makam Sultan Malik Al Saleh
d. Berita dari Ibnu Batutah

9. Pola bangunan menjadi tradisional menampakkan adanya toleransi dan perpaduan antara unsur-unsur asli budaya lokal Indonesia, Hindu Budha dan Islam yaitu....
a. Atap masjid berwujud kubah
b. Beratap susun tiga atau lima
c. Berbentuk rumah panggung
d. Selalu ada bangunan menara yang menjulang tinggi
e. Serambi masjid bertingkat

10. Bangunan masjid, keraton, dan kuburan di Indonesia umumnya memperlihatkan hasil perwujudan akulturasi dengan kebudayaan asli Indonesia pada zaman megalitikum, yaitu....
a. kubur peti batu
b. menhir
c. pundak berundak
d. dolmen
e. sarkofagus

11. Raja Ternate yang memperdalam agama Islam kepada Sunan Giri di Jawa Timur adalah....
a. Sultan Baabullah
b. sultan Zainal Abidin
c. Sultan Jamaluddin
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Hairun

12. Adipati Unus mendapat julukan Pangeran Sabrang Lor karena....
a. melakukan serangan ke Malaka
b. mempersiapkan pasukan perang Demak di Pantai Utara
c. menduduki daerah-daerah yang berada di pesisir utara Pulau Jawa
d. mengusir serangan yang datang dari arah utara
e. mempersatukan seluruh kerajaan di bawah kekuasaan Demak

13. Kerajaan Ternate mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan....
a. Sultan Zainal Abidin
b. Sultan Nuku
c. Sultan Baabullah
d. Sultan Sirullah
e. Sultan Marhum

14. Pelayaran bangsa Belanda pada tahun 1596 dipimpin oleh....
a. Bartholomeus Diaz
b. Cornelis de Houtman
c. Vasco da Gama
d. d’Albuquerque
e. Magelhaens

15. Setelah Belanda menyerah kepada Inggris , yang menjabat sebagai gubernur di Indonsia adalah....
a. Raffles
b. Daendles
c. Napoleon
d. Lord Minto
e. Fans Heuts

16. Perkembangan sistem tanam paksa di Indonesia membuat rakyat Indonesia....
a. mengenal berbagai macam tanaman
b. hidup bahagia dari tanamannya yang melimpah
c. menderita dan miskin akibat tanam paksa
d. mendapat perhatian dari pemerintah Belanda
e. muncul dan berkembangnya politik assosiasi

17. Tanam paksa (cultuur stelsel) yang banyak mendatangkan kesengesaraan bagi bangsa Indonesia diciptakan oleh....
a. Van den Bosch
b. Van der Cappelen
c. Daendles
d. Raffles
e. J.P. Cone

18. Edward Douwes Dekker menentang pelaksanaan sistem tanam paksa dengan cara....
a. memproses hal itu melalui parlemen di Belanda
b. mengadakan pemberontakan
c. membantu kehidupan petani yang miskin
d. menuangkan gagasannya dalam bentuk karya sastra
e. membentuk kelompok radikal

19. Kerajaan Islam di Jawa yang mengadakan perlawanan terhadap VOC namun dua kali mengalami kegagalan adalah....
a. Demak
b. Banten
c. Mataram
d. Pajajaran
e. Jepara

20. Di berbagai tempat Belanda membuat benteng pertahanan, misalnya Benteng Duurstede yang terletak di pulau....
a. Ternate
b. Tidore
c. Halmahera
d. Saparua
e. Seram

21. Agama dan kebudayaan Hindu dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh kaum brahmana atau pendeta. Teori ini dikemukakan oleh....
a. Eugene Dubois
b. Van den Bosch
c. Van Voilenhoven
d. J.C. Van Leur
e. N.J. Krom

22. Menurut teori waisya, agama dan kebudayaan Hindu yang berasal  dari India masuk ke Indonesia dibawa oleh....
a. para brahmana
b. para pedagang
c. para raja dan bangsawan India yang datang ke Indonesia
d. bangsa Indonesia yang belajar ke India
e. prajurit perang India

23. Hinduisasi yang dianggap lebih sesuai di Indonsia adalah menurut hipotesis brahmana. Hinduisasi berarti proses....
a. kolonialisasi Indonesia oleh bangsa India
b. menerapkan sistem kekuasaan cara Hindu
c. menjadikan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
d. perpaduan seluruh rakyat Indonesia menganut Hindu
e. berkembangnya pengaruh peradaban dan kebudayaan Hindu di Indonesia

24. Sumber sejarah tentang Kerajaan Kutai adalah tujuh buah batu tulis yang disebut....
a. yupa
b. lingga
c. fosil
d. artefak
e. yoni

25. Kerajaan Mataram Kuno mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan raja....
a. Sanjaya
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Pikatan
d. Rakai Panunggalan
e. Dyah Balitung

26. Raja Kediri yang terakhir memerintah adalah....
a. Jayawardhana
b. Jayabaya
c. Kertajaya
d. Kameswara
e. Sarweswara

27. Candi Hindu Prambanan dibangun berdekatan dengan Candi Buddha Kalasan, hal ini menunjukkan bahwa di Indonesia memiliki nilai luhur berupa nilai....
a. musyawarah
b. toleransi
c. gotong royong
d. seni budaya
e. kepercayaan

28. Prasasti yang ditinggalkan oleh Kerajaan Sriwijaya pada umumnya ditulis dengan....
a. huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta
b. huruf Pranagari dan bahasa Melayu Kuno
c. huruf Pallawa dan bahasa Melayu Kuno
d. huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta
e. huruf Pallawa dan bahasa Sunda

29. Kerjaan Islam yang pertama di Pulau Jawa adalah....
a. Kerajaan Samudra Pasai
b. Kerajaan Demak
c. Kerajaan Banten
d. Kerajaan Mataram Islam
e. Kerajaan Cirebon

30. Kerajaan Aceh didirikan oleh Sultan Ibrahim yang bergelar....
a. Sultan Alauddin Riayat Syah
b. Sultan Jamaluddin
c. Sultan Iskandar Muda
d. Sultan Iskandar Thani
e. Sultan Ali Mughayat Syah

II. SOAL ESSAY


1. Jelaskan teori persebaran agama Hindu berikut?
a. Teori brahmana
b. Teori Ksatria
Jawab :
Teori persebaran agama hindu diantaranya adalah
Teori brahmana bahwa agama Hindu dibawa oleh para brahmana
Teori Ksatria bahwa agama Hindu dibawa oleh para kaum bangsawan dan raja yang kalah perang

2. Sebutkan (4) penyebab runtuhnya kerajaan Hindu Budha di Indonesia?
Jawab :
a. Terdesak karena munculnya kerajaan besar yang lebih besar dan lebih kuat
b. Tidak ada kaderisasi atau peralihan kepemimpinan
c. Berlangsungnya perang saudara yang justru melemahkan kekuasaan kerajaan
d. Banyaknya daerah kekuasaan yang melepaskan diri dari kekuasaan pusat
e. kemunduran ekonomi dan perdagangan
f. Tersiarnya agama dan kebudayaan Islam

3. Sebutkan (3) Hak istimewa yang dimiliki oleh VOC!
Jawab :
a. Dianggap sebagai wakil pemerintah Belanda di Asia.
b. Hak monopi dagang di wilayah-wilayah antara Amerika Selatan dan Afrika
c. Hak memiliki angkatan perang dan membangun benteng pertahanan
d. Hak menyatakan perang dan atau membuat perjanjian secara adil dengan penguasa pribumi
e. Hak mengangkat pegawai
f. Hak memungut pajak
g. Hak melakukan pengadilan dan hak mencetak serta menyebarkan uang sendiri.

4. Jelaskan peranan wali songo dalam persebaran agama Islam?
Jawab :
Wali Songo adalah 9 wali yang menyebarkan agama Islam khususnya di Pulau Jawa, anggota wali Songo adalah
a. Maulana Malik Ibrahim
b. Sunan Kudus
c. Sunan Muria
d. Sunan Kalijaga
e. Sunan Bonang
f. Sunan Gunung Jati
g. Sunan Ampel
h. Sunan Giri
i. Sunan Drajat

5. Jelaskan isi politik etis yang dikemukakan oleh Van Deventer?
Politik etis terdiri dari 3 hal, yaitu:
a. Irigasi, pengairan tanah pertanian untuk lahan pribumi diperbolehkan,
b. Edukasi, pemberian pendidikan terhadap rakyat pribumi mulai diberlakukan
c. Transmigrasi, pemindahan penduduk dari wilayah yang padat ke wilayah yang jarang penduduknya seperti dari Jawa ke Sumatera.



Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih