Share & Learn Together
Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya, PG dan ESSAY
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam).
Mengenal Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam)?
Pendidikan agama Islam dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau instansi pendidikan yang memberikan materi mengenai agama islam kepada orang yang ingin mengetahui lebih dalam tentang agama Islam baik dari segi materi akademis maupun dari segi praktik yang dapat dilakukan sehari hari.
Setiap orang di dunia ini pastilah memiliki kepercayaan untuk menyembah Tuhan, akan tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk tidak menganut agama apapun yang ada di dunia ini, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Untuk agama Islam sendiri di Indonesia merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduknya, untuk itu pastilah di instansi pendidikan manapun pasti memberikan pelajaran agama Islam di dalamnya.
Berikut ini sebagian dari bukti-bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia.
Tanpa moral kehidupan akan kacau balau, tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, sebab soal baik buruk atau halal haram tidak lagi dipedulikan orang. Dan kalau halal haram tidak lagi dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme. Machiavellisme adalah doktrin machiavelli “tujuan menghalalkan cara kalau betul ini yang terjadi, biasa saja kemudian bangsa dan negara hancur binasa.
Tetapi dapat disayangkan, sebagaimana telah disebutkan dalam uraian terdahulu, sebegitu jauh usaha ilmu dan filsafat untuk mencapai kemampuan ilmu dan filsafat hanyalah sampai kepada kebenaran relatif atau nisbi, padahal kebenaran relatif atau nisbi bukanlah kebenaran yang sesungguhnya. Kebenaran yang sesungguhnya ialah kebenaran mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, absolut dan berlaku untuk semua orang.
Prof Arnoid Toynbee memperkuat pernyataan yang demikian ini. Menurut ahli sejarah Inggris kenamaan ini tabir rahasia alam semesta juga ingin di singkap oleh manusia. Dalam bukunya “An Historian’s Aproach to religion” dia menulis, “ Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa mendapat tantantangan-rangsangan untuk memikirkan rahasia alam semesta”.
Ibnu Kholdum dalam kitab Muqaddimah-nya menulis “akal ada sebuah timbangan yang tepat, yang catatannya pasti dan bisa dipercaya. Tetapi mempergunakan akal untuk menimbang hakekat dari soal-soal yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sesudah mati, atau sifat-sifat Tuhan atau soal-soal lain yang luar lingkungan akal, adalah sebagai mencoba mempergunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung, ini tidak berarti bahwa timbangannya itu sendiri yang kurang tepat. Soalnya ialah karena akal mempunyai batas-batas yang membatasinya.
Berhubungan dengan itu persoalan yang menyangkut metafisika masih gelap bagi manusia dan belum mendapat penyelesaian semua tanda tanya tentang itu tidak terjawab oleh akal.
Firman Allah Swt yang artinya : “Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian, dan engkau kami coba dengan yang buruk dan dengan yang baik sebagai ujian” (al-Ambiya, 35).
Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam), supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 40 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Setiap orang di dunia ini pastilah memiliki kepercayaan untuk menyembah Tuhan, akan tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk tidak menganut agama apapun yang ada di dunia ini, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Untuk agama Islam sendiri di Indonesia merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduknya, untuk itu pastilah di instansi pendidikan manapun pasti memberikan pelajaran agama Islam di dalamnya.
Berikut ini sebagian dari bukti-bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia.
a. Agama merupakan sumber moral
Manusia sangatlah memerlukan akhlaq atau moral, karena moral sangatlah penting dalam kehidupan. Moral adalah mustika hidup yang membedakan manusia dari hewan. Manusia tanpa moral pada hakekatnya adalah binatang dan manusia yang membinatang ini sangatlah berbahaya, ia akan lebih jahat dan lebih buas dari pada binatang buas sendiri.Tanpa moral kehidupan akan kacau balau, tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, sebab soal baik buruk atau halal haram tidak lagi dipedulikan orang. Dan kalau halal haram tidak lagi dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme. Machiavellisme adalah doktrin machiavelli “tujuan menghalalkan cara kalau betul ini yang terjadi, biasa saja kemudian bangsa dan negara hancur binasa.
b. Agama merupakan petunjuk kebenaran
Salah satu hal yang ingin diketahui oleh manusia ialah apa yang bernama kebenaran. Masalah ini masalah besar, dan menjadi tanda tanya besar bagi manusia sejak zaman dahulu kala. Apa kebenaran itu, dan dimana dapat diperoleh manusia dengan akal, dengan ilmu dan dengan filsafatnya ingin mengetahui dan mencapainya dan yang menjadi tujuan ilmu dan filsafat tidak lain juga untuk mencari jawaban atas tanda tanya besar itu, yaitu masalah kebenaran.Tetapi dapat disayangkan, sebagaimana telah disebutkan dalam uraian terdahulu, sebegitu jauh usaha ilmu dan filsafat untuk mencapai kemampuan ilmu dan filsafat hanyalah sampai kepada kebenaran relatif atau nisbi, padahal kebenaran relatif atau nisbi bukanlah kebenaran yang sesungguhnya. Kebenaran yang sesungguhnya ialah kebenaran mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, absolut dan berlaku untuk semua orang.
c. Agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika
Prof Arnoid Toynbee memperkuat pernyataan yang demikian ini. Menurut ahli sejarah Inggris kenamaan ini tabir rahasia alam semesta juga ingin di singkap oleh manusia. Dalam bukunya “An Historian’s Aproach to religion” dia menulis, “ Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa mendapat tantantangan-rangsangan untuk memikirkan rahasia alam semesta”.Ibnu Kholdum dalam kitab Muqaddimah-nya menulis “akal ada sebuah timbangan yang tepat, yang catatannya pasti dan bisa dipercaya. Tetapi mempergunakan akal untuk menimbang hakekat dari soal-soal yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sesudah mati, atau sifat-sifat Tuhan atau soal-soal lain yang luar lingkungan akal, adalah sebagai mencoba mempergunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung, ini tidak berarti bahwa timbangannya itu sendiri yang kurang tepat. Soalnya ialah karena akal mempunyai batas-batas yang membatasinya.
Berhubungan dengan itu persoalan yang menyangkut metafisika masih gelap bagi manusia dan belum mendapat penyelesaian semua tanda tanya tentang itu tidak terjawab oleh akal.
d. Agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia, baik dikala suka maupun di kala duka
Hidup manusia di dunia yang pana ini kadang-kadang suka tapi kadang-kadang juga duka. Maklumlah dunia bukanlah surga, tetapi juga bukan neraka. Jika dunia itu surga, tentulah hanya kegembiraan yang ada, dan jika dunia itu neraka tentulah hanya penderitaan yang terjadi. Kenyataan yang menunjukan bahwa kehidupan dunia adalah rangkaian dari suka dan duka yang silih berganti.Firman Allah Swt yang artinya : “Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian, dan engkau kami coba dengan yang buruk dan dengan yang baik sebagai ujian” (al-Ambiya, 35).
Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawabannya
Soal Latihan PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 1 Beserta Jawabannya
Adapun Untuk contoh Soal Latihan PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 1 adalah sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Kandungan Surah Yunus ayat 40-41 berisi ajaran tentang ....
a. toleransi
b. sabar
c. tawakal
d. ikhtiar
e. doa
2. Toleransi dalam istilah Arab disebut ....
a. tabayyun
b. tasamuh
c. tadabbur
d. ta'aruf
e. tafakkur
3. Berikut adalah contoh perilaku yang mencerminkan toleransi, kecuali ....
a. beribadah bersama umat agama lain
b. menghormati umat agama lain
c. berdialog dengan umat agama lain
d. bersilaturahmi dengan umat agama lain
e. membantu umat agama lain
4. Surah al-Kafirun mengandung ajaran tidak boleh mencampuradukkan dalam urusan ....
a. jual beli
b. silaturahmi
c. ibadah
d. dunia
e. muamalah
5. Sikap toleransi diperlukan terutama dalam masyarakat yang ....
a. homogen
b. heterogen
c. eksklusif
d. menengah
e. biasa
6. Orang yang mendustakan Al-Qur'an ditempatkan di dalam neraka ....
a. Hawiyah
b. Wail
c. Khutamah
d. Jahannam
e. Saqar
7. Menurut surah al-Kahf ayat 29, balasan orang yang kufur, yaitu neraka yang api nya ....
a. bergejolak
b. bergetar
c. bergenang
d. bergemuruh
d. bergulung
8. Berikut ini yang termasuk perbuatan kufur secara akidah, yaitu ....
a. menolak membayar zakat
b. mengingkari keesaan Allah
c. meyakini keberadaan akhirat
d. meninggalkan salat fardu
e. menolak membayar hutang
9. Cara yang tepat untuk menunjukkan konsep kebenaran dalam perbedaan, yaitu ....
a. berdebat
b. berdialog
c. bersepakat
d. berdamai
e. bermusyawarah
10. Dalam mengimani Al-Qur'an, selain dipahami juga harus ....
a. dilestarikan
b. diterjemahkan
c. diamalkan
d. ditafsirkan
e. didiskusikan
11. Kandungan surah al-Kafirun [109] ayat 1-6 berisi tentang ajakan ....
a. toleransi antarumat seagama
b. toleransi antarumat beragama
c. toleransi dalam masyarakat
d. toleransi di lingkungan kerja
e. toleransi di lingkungan sekolah
12. Berikut manfaat dari toleransi, kecuali ....
a. terciptanya persahabatan
b. terciptanya persaudaraan
c. terciptanya persatuan masyarakat
d. terciptanya persamaan
e. terciptanya perilaku terpuji
13. Arti dari kalimat "La a'budu ma ta'buduna" yaitu ....
a. wahai orang-orang kafir
b. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah
c. kamu bukan penyembah apa yang aku sembah
d. dan aku tidak pernah menyembah apa yang kamu sembah
e. dan kamu tidak pernah (pula) menyembah apa yang aku sembah
14. Cara bersikap dalam menghadapi perbedaan agama yaitu dengan cara ....
a. mengikuti keyakinan nya
b. tidak menyalahkannya karena memiliki perbedaan agama
c. mengikuti tata cara ibadah nya
d. memahami ajaran agama nya
e. mengerti pemahaman keyakinan
15. Orang yang mengimani Al-Qur'an menurut Surah Yunus [10] ayat 40-41 yaitu ....
a. memahami dan mengamalkan kandungan Al-Qur'an
b. mengerti akan ada nya Al-Qur'an
c. mengesakan Al-Qur'an
d. mempercayai Al-Qur'an
e. meyakini Al-Qur'an
16. Kalimat "Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu" terdapat dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
17. Allah Swt. menurunkan Al-Qur'an sebagai ....
a. pedoman hidup bagi umat manusia
b. pengatur rizki manusia
c. perisai dari kaum yahudi
d. pemicu semangat hidup
e. penawar rasa sakit
18. Allah Swt. akan memberikan konsekuensi yang setimpal kepada orang yang beriman dan tidak beriman. Hal ini terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Kafirun [109] ayat 1-6
b. Yunus [10] ayat 40-41
c. al-Kahf [18] ayat 28
d. Ali-Imran [3] ayat 64
e. az-Zumar [39] ayat 7
19. Seseorang yang tidak mau bersyukur disebut dengan istilah ....
a. kafir
b. kufur
c. musyrik
d. syirik
e. munafik
20. Berikut adalah keadaan neraka menurut Al-Qur'an Surah al-Kahf [18] ayat 29, kecuali ....
a. api neraka bergejolak mengepung orang-orang kafir
b. minuman yang disediakan berupa lelehan besi yang mendidih
c. lelehan besi menghanguskan wajah mereka
d. merupakan tempat istirahat yang paling buruk dan paling jelek
e. penuh pertolongan dan kasih sayang
21. Kalimat مِنْ فَضْلِ artinya sebagian dari ....
a. kebaikan
b. karunia
c. istimewa
d. kalimat
e. spesial
22. Surah al-Jumu'ah [62] ayat 9 mengandung perintah untuk ....
a. syahadat
b. salat
c. puasa
d. zakat
e. haji
23. Kalimat نُودِيَ artinya ....
a. dipanggil
b. diundang
c. dihadapkan
d. diperbaiki
e. dimaafkan
24.Tindakan pelajar yang bertentangan dengan semangat meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. mampu menyelesaikan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. mencontek jawaban soal ujian dengan teliti
25. Kalimat كَثِيرًا artinya ....
a. banyak
b. sedikit
c. kuat
d. lemah
e. mampu
26. Isi pokok Surah al-Mujadilah ayat 11 berisi tentang ....
a. iman, ilmu dan amal
b. jihad, sabar dan tawakal
c. amal, ikhlas dan qana'ah
d. salat, puasa dan zakat
e. hasad, riya dan takabur
27. Berikut yang termasuk perilaku mencerminkan etos kerja yang tinggi, kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. bekerja sesuai rencana
c. memiliki tujuan dan target yang jelas
d. bekerja secara profesional
e. bekerja saat di perlukan
28. Seorang pelajar menunjukan etos kerja yang tinggi jika melakukan hal berikut ....
a. berdisiplin waktu
b. rajin dan tekun belajar
c. mampu menyelesaikan tugas
d. menaati peraturan sekolah dan guru
e. belajar cukup di sekolah
29. Selain giat belajar setiap pelajar harus ....
a. bermain setiap hari
b. bertawakal setiap mencapai hasil yang dicapai
c. membantu orangtua tanpa kenal lelah
d. setiap bulan membayar SPP
e. bekerja
30. Pada awalnya setiap orang di tuntut meningkatkan etos kerja untuk ....
a. mendapatkan uang
b. memenuhi kebutuhan
c. meningkatkan produktivitas
d. mencari ridha Allah Swt.
e. meningkatkan profesionalisme
31. Berikut motivasi yang salah dalam meningkatkan etos kerja, yaitu ....
a. mendapatkan hasil maksimal
b. mendapat pujian orang lain
c. meningkatkan produktivitas
d. meningkatkan profesionalisme
e. mencari ridha Allah Swt.
32. Berikut yang termasuk perilaku mencari karunia Allah Swt., kecuali ....
a. bekerja dengan niat yang ikhlas
b. belajar dengan sungguh-sungguh
c. aktif berkreasi untuk kepentingan bersama
d. melaksanakan bakti sosial
e. bekerja apabila persediaan sudah habis
33. Belajar sungguh-sungguh dengan tujuan memperoleh ilmu yang bermanfaat termasuk ....
a. amal saleh
b. ibadah
c. mencari ridha Allah Swt.
d. mencari karunia Allah Swt.
e. berpahala
34. Berikut contoh perilaku Rasulullah saw. yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu ....
a. berniaga sampai negri syam
b. berdakwah tanpa menyerah
c. berjihad dengan semangat juang
d. membangun masyarakat islam
e. membangun keluarga
35. Meningkatkan etos kerja harus didasari ....
a. ketauhidan
b. keikhlasan
c. ketakwaan
d. kesabaran
e. kebenaran
36. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang yang beriman dan ....
a. berilmu
b. berbuat baik
c. berkarya
d. bersilaturahmi
e. bekerja
37. Arti kalimat "tafassahu fi al-majalisi" adalah ....
a. apabila dikatakan kepadamu
b. berilah kelapangan di dalam majelis
c. Allah Swt. akan memberi kelapangan untukmu
d. Allah Swt. akan mengangkat derajat seseorang
e. Allah Swt. mahateliti apa yang kamu kerjakan
38. Arti kalimat "la'allakum tuflihuna" adalah ....
a. supaya kamu beruntung
b. supaya kamu bekerja keras
c. supaya kamu berdoa
d. supaya kamu berusaha
e. supaya kamu bersyukur
39. Untuk menghasilkan sesuatu yang bermutu dan berguna bagi seseorang dibutuhkan ....
a. ilmu faraid
b. ilmu hukum
c. ilmu pengetahuan
d. ilmu sosial
e. ilmu metafisika
40. Perintah untuk menunaikan salat Jumat dan bekerja terkandung dalam Al-Qur'an Surah ....
a. al-Mujadilah [58] ayat 11
b. al-Jumu'ah [62] ayat 9-10
c. Yunus [10] ayat 40-41
d. al-Kahf [18] ayat 29
e. al-Kafirun [102] ayat 1-6
II. SOAL ESSAY
1. Beriman kepada hari akhir telah menyadarkan diri saya bahwa hidup didunia adalah.
Jawab : Bersifat sementara cepat atau lambat semmua manusia pasti akan kembali kepada allah swt. Dan semua perbuatan manusia selama hidup didunia akan dipertanggung jawabkan di hadapan allah swt di akhir kelak.
2. Tahapan - Tahapan peristiwa yang dialami manusia sebagai proses menuju alam baqa’ adalah ?
Jawaba : ( 1.Yaumul ba’ats. 2.Yaumul hasyr. 3.Buku catatan. 4.Yaumul hisab dan mizan. 5.As-sirat. 6.Yaumul jaza. 7.Surga. 8.Neraka)
3. Mengimani adanya kehidupan sesudah mati adalah kenyataan alam yang dapat disaksikan secara mudah dalam kehidupan sehari hari dipermukaan bumi ini antara lain berupa.
Jawab :
- Muncul rasa kebencian yang dalam keadaan kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka allah swt. Di dunia dan di akhirat.
- Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmn dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.
- Senantiasa tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap allah swt. Dengan mengharapkan mau’nah-nya pada hari itu
- Senanatiasa termotivasi untuk beramal baik dengan ikhlas.
- Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya.
- Menjauhkan diri dari asumsi-asumsi yang mengkiaskan apa yang ada di dunia ini dengan apa yang ada di akhirat.
4. Sebutkan beberapa perbedaan kiamat sugra dengan kiamat kubra!
Jawab :
a. Kiamat sugra (Kecil)
Peristiwa datanganya kematian bagi semua makhluk termasuk manusia yang bersifat local dan individu.
Tanda-tandanya adalah kematian, gunung meletus, gempa bumi, tsunami, laki-laki menyerupa wanita dan sebalinya, zinah sudah biasa.
b. Kiamat kubra (besar)
Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan mahluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak.
Tanda-tandanya adalah bumi di angkat.Gunung-gunung dibenturkan, langit pecah bergelegar, benda-benda bumi pun bertebaran laksana kabut.
5. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam?
Jawab :
Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaes catastrophe) setlah diam gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap kebawah, yang ringan berada di atas. Melalui proses evaluasi yang lama sekali, gas bagian luar mengeras menjadi batu, krikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bagian tengah masih panas. Zat panas bercampur lava, lahar,batu, dan pasir panas. Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur).
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih