-->

Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam).

Mengenal Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam)?


Pendidikan agama Islam dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau instansi pendidikan yang memberikan materi mengenai agama islam kepada orang yang ingin mengetahui lebih dalam tentang agama Islam baik dari segi materi akademis maupun dari segi praktik yang dapat dilakukan sehari hari.

Setiap orang di dunia ini pastilah memiliki kepercayaan untuk menyembah Tuhan, akan tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk tidak menganut agama apapun yang ada di dunia ini, seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan lain sebagainya. Untuk agama Islam sendiri di Indonesia merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduknya, untuk itu pastilah di instansi pendidikan manapun pasti memberikan pelajaran agama Islam di dalamnya.

Berikut ini sebagian dari bukti-bukti mengapa agama itu sangat penting dalam kehidupan manusia.

a. Agama merupakan sumber moral

Manusia sangatlah memerlukan akhlaq atau moral, karena moral sangatlah penting dalam kehidupan. Moral adalah mustika hidup yang membedakan manusia dari hewan. Manusia tanpa moral pada hakekatnya adalah binatang dan manusia yang membinatang ini sangatlah berbahaya, ia akan lebih jahat dan lebih buas dari pada binatang buas sendiri.

Tanpa moral kehidupan akan kacau balau, tidak saja kehidupan perseorangan tetapi juga kehidupan masyarakat dan negara, sebab soal baik buruk atau halal haram tidak lagi dipedulikan orang. Dan kalau halal haram tidak lagi dihiraukan. Ini namanya sudah maehiavellisme. Machiavellisme adalah doktrin machiavelli “tujuan menghalalkan cara kalau betul ini yang terjadi, biasa saja  kemudian bangsa dan negara hancur binasa.

b. Agama merupakan petunjuk kebenaran

Salah satu hal yang ingin diketahui oleh manusia ialah apa yang bernama kebenaran. Masalah ini masalah besar, dan menjadi tanda tanya besar bagi manusia sejak zaman dahulu kala. Apa kebenaran itu, dan dimana dapat diperoleh manusia dengan akal, dengan ilmu dan dengan filsafatnya ingin mengetahui dan mencapainya dan yang menjadi tujuan ilmu dan filsafat tidak lain juga untuk mencari jawaban atas tanda tanya besar itu, yaitu masalah kebenaran.

Tetapi dapat disayangkan, sebagaimana telah disebutkan dalam uraian terdahulu, sebegitu jauh usaha ilmu dan filsafat untuk mencapai kemampuan ilmu dan filsafat hanyalah sampai kepada kebenaran relatif atau nisbi, padahal kebenaran relatif atau nisbi bukanlah kebenaran yang sesungguhnya. Kebenaran yang sesungguhnya ialah kebenaran mutlak dan universal, yaitu kebenaran yang sungguh-sungguh benar, absolut dan berlaku untuk semua orang.


c. Agama merupakan sumber informasi tentang masalah metafisika

Prof Arnoid Toynbee memperkuat pernyataan yang demikian ini. Menurut ahli sejarah Inggris kenamaan ini tabir rahasia alam semesta juga ingin di singkap oleh manusia. Dalam bukunya “An Historian’s Aproach to religion” dia menulis, “ Tidak ada satu jiwapun akan melalui hidup ini tanpa mendapat tantantangan-rangsangan untuk memikirkan rahasia alam semesta”.

Ibnu Kholdum dalam kitab Muqaddimah-nya menulis “akal ada sebuah timbangan yang tepat, yang catatannya pasti dan bisa dipercaya. Tetapi mempergunakan akal untuk menimbang hakekat dari soal-soal yang berkaitan dengan keesaan Tuhan, atau hidup sesudah mati, atau sifat-sifat Tuhan atau soal-soal lain yang luar lingkungan akal, adalah sebagai mencoba mempergunakan timbangan tukang emas untuk menimbang gunung, ini tidak berarti bahwa timbangannya itu sendiri yang kurang tepat. Soalnya ialah karena akal mempunyai batas-batas yang membatasinya.

Berhubungan dengan itu persoalan yang menyangkut metafisika masih gelap bagi manusia dan belum mendapat penyelesaian semua tanda tanya tentang itu tidak terjawab oleh akal.

d. Agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia, baik dikala suka maupun di kala duka

Hidup manusia di dunia yang pana ini kadang-kadang suka tapi kadang-kadang juga duka. Maklumlah dunia bukanlah surga, tetapi juga bukan neraka. Jika dunia itu surga, tentulah hanya kegembiraan yang ada, dan jika dunia itu neraka tentulah hanya penderitaan yang terjadi. Kenyataan yang menunjukan bahwa kehidupan dunia adalah rangkaian dari suka dan duka yang silih berganti.

Firman Allah Swt yang artinya : “Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian, dan engkau kami coba dengan yang buruk dan dengan yang baik sebagai ujian” (al-Ambiya, 35).

Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu PAI (Pendidikan Agama Islam), supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 10 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan PKn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan IPA Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan Seni Budaya Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Soal Latihan PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 12 Semester 2 adalah sebagai berikut :

SOAL ESSAY


1. Kapankah bumi beredar dan kapan pula hancur menurut ilmu alam?
Jawab :
Bumi terjadi dari gas yang berputar (chaes catastrophe) setlah diam gas itu menjadi dingin, maka gas yang berat mengendap kebawah, yang ringan berada di atas. Melalui proses evaluasi yang lama sekali, gas bagian luar mengeras menjadi batu, krikil, pasir, dan sebagainya, sedangkan bagian tengah masih panas. Zat panas bercampur lava, lahar,batu, dan pasir panas. Bumi beredar karena adanya daya tarik matahari terhadap bumi berkurang. Akibatnya bumi akan bergeser dari matahari sehingga putaran bumi semakin cepat dan akan mengalami nasib seperti meteor (menyala/hancur)

2. Bagaimana keadaan matahari ketika terjadi peristiwa kiamat menurut teori fisika?
Jawab :
Letak matahari kira kira 150 juta km jauhnya dari bumi, namun sinar matari sampai kebumi selama 8 menit 20 detik. Garis tengah matahari = 1,4 juta km, dan luas permukaannya 616x1010km = 622160km. menurut ahli fisika energy matahari dipancarkan ke angkasa dan sekitarnya 5,7x1027kalori = 5853,9 kalori/menit dan mampu menyala 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius. Kalau suatu ketika matahari tidak muncul atau cahayanya redup karena tenaga/sinarnya habis, maka tidak ada angina dan awan yang berakibat hujan tidak turun. Selanjutnya gunung-gunung akan meletus, ombak bergulung gulung air laut naik sehingga hancurlah bumi ini.


3.Jelaskan tahapan-tahapan peristiwa yang di dialami manusia sebagai proses menuju alam akhirat!
Jawab :
a. Yaumul bat’ats
b. Yaumul hasyr
c. Buku catatan
d. Yaumul hisab dan mizan
e. As-sirat
f. Yaumul jaza
g. Balasan perbuatan baik dengan Surga
h. Balasan perbuatan buruk dengan Neraka

4.Jelaskan pengertian surga menurut bahasa dan istilah ?
Jawab :
Surga (al jannah) secara bahasa berarti: kebun (al bustan) atau kebun yang di dalamnya terdapat pepohonan. Bangsa arab juga biasa memakai kata  al jannah untuk menyebut pohon kurma. Secara istilah, surga ialah nama yang umum mencakup suatu tempat (yang telah di persiapkan oleh Allah bagi mereka yang menaati-Nya), di dalamnya terdapat segala macam kenikmatan, kelezatan, kesenangan, kebahagiaan, dan kesejukan pandangan mata.

5. Sebutkan 5(lima) macam kenikmatan dalam surga!
Jawab :
  1. Mereka (penghuni surga) memperoleh buah-buahan dan apa yang mereka Inginkan. (Q.S. 2/Al- Baqarah : 25)
  2. Piring-piring di surge terbuat dari emas (Q.S. 43/Az- Zukhruf : 71-72)
  3. Di surga juga ada minuman jahe (Q.S. 76/Al-Insan : 17-18)
  4. Di surga juga ada kebun-kebun dan buah anggur (Q.S. 78/An-Naba’ : 31-34)
  5. Di surga terdapat sungai susu, madu dan sungai, arak serta berbagai macam buah-buahan (Q.S.47/Muhammad 15)

6. Jelaskan fungsi dari hikmah iman kepada hari akhir!
Jawab :
  1. Muncul rasa kebenian yang dalam kepada kemaksiatan dan kebejatan moral yang mengakibatkan murka Allah Swt di dunia dan di akhirat.
  2. Menyejukkan dan menggembirakan hati orang-orang mukmin dengan segala kenikmatan akhirat yang sama sekali tidak dirasakan di alam dunia ini.
  3. Senantiasan tertanam kecintaan dan ketaatan terhadap Allah swt. Dengan mengharapkan mau’nah-Nya pada hari itu .
  4. Senantiasa termotivasi untuk beramal baik dengan ikhlas.
  5. Senantiasa menghindari niat-niat yang buruk apalagi melaksanakannya.

7. Jelaskan pengertian neraka ? 
Jawab :
Neraka adalah tempat yang kekal dipenuhi api sebagai tempat kembalinya orang-orang yang berdosa kelak setelah hari kiamat.

8. Sebutkan Ciri-ciri Neraka ?
Jawab :
  1. Dipenuhi api
  2. Ditunggu oleh malaikat Zabariyyah/Malik
  3. Isinya kelak hanya seburuk buruk manusia dan setan setan

9. Jelaskan bukti-bukti kebenaran adanya hari akhir beserta alasanmu?
Jawab :
Buktinya adalah pada surat Muhammad ayat 18 yang artinya “maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepapa mereka tiba-tiba, karena sesungguhnya telah dating tanda-tandanya maka apa bila hari kiamat itu datang

10. Bagaimana menerapkan perilaku mulia sebagai bukti keimanan hari akhir? Jelaskan!
Jawab :

Bukti keimanan pada hari akhir adalah kita percaya bahwa akan adanya hari akhir tersebut. Adapun bagaimana menerapkan prilaku mulianya adalah adanya karena kita percaya akan datangnya hari akhir maka kita akan bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah Swt. Dengan kita bersungguh-sungguh maka dengan sendirinya kita akan melakukan hal-hal yang mulia.


Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih