-->

Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendiikan format pasti akan mengahadi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oelh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yng lebih baik lagi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap. Dimana dalam pembagian soal latihan ini, saya menyuguhkan 2 bentuk soal soal yang tentunya biasa ditemukan dalam setiap Ujian atau Latihan sola di Sekolah .

Soal pada bagian pertama yaitu soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 12 beserta jawabannya dengan jumlah 45 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013.

Soal pada bagian Kedua yaitu soal essay bahasa indonesia kelas 12 Semester 2 beserta jawabannya dengan jumlah 5 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013 Juga.

Baca Juga :


Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.

Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap


Adapaun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay adalah sebagai berikut :


A. Soal Pilihan Ganda


1. Membaca dengan mata bergerak cepat untuk melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi. Uraian tersebut merupakan pengertian membaca….
a. survei
b. sekilas
c. dangkal
d. scanning
e. layap

2. Menurut para insinyur Nasa, ada tiga saluran instrumen dalam peralatan tersebut, yaitu bagian bidang lebar, bagian resolusi tinggi, dan saluran kerai surya. Dua diantara tiga saluran (channel) instrumen yaitu bagian bidang lebar dan resolusi tinggi, sudah tidak mungkin lagi untuk pulih. Saluran-saluran tersebut selama ini telah dipergunakan untuk memperoleh pandangan mendalam tentang kosmos. Selain itu juga dapat memberikan data yang terperinci tentang bintang-bintang secara individual. Sedangkan saluran ketiga yang dikenal sebagai saluran kerai surya (solar blind channel) sering digunakan untuk mempelajari objek-objek dan sistem tata surya kita. Para insinyur Nasa berharap saluran ketiga ini bisa diperbaiki guna membantu pengamatan Jupiter saat dilewati oleh pesawat antariksa New Horizon pada bulan depan.
Paragraf di atas dikembangkan dengan pola….
a. contoh
b. ibarat
c. analogi
d. perbandingan
e. perincian

3. Inti komet menurut model astronom dari Universitas Harvard Fred L. Whipple, merupakan gumpalan es kotor yang tersusun dari campuran debu dan es yang memiliki struktur berlubang dan rapuh sehingga berpotensi untuk bercerai-berai. Akibat gravitasi matahari, komet selalu bergerak menuju pusat tata surya itu. Sebagian komet yang lain melintasi planet-planet. Gaya pasang surut dari planet yang dilintasi oleh komet membuat komet bisa pecah. Selain itu juga akibat tekanan panas ketika komet melintasi matahari, komet menjadi pecah. Berdasarkan analisis data dari Hubble dan beberapa pengamatan lain membuktikan bahwa faktor yang mempercepat proses komet pecah adalah kian dekatnya ke bumi dan matahari. Demikianlah, struktur dan susunan komet membuatnya berpotensi untuk bercerai-berai menjadi bagian-bagian tertentu.
Paragraf di atas merupakan….
a. paragraf deduktif
b. paragraf induktif
c. paragraf deduktif induktif
d. paragraf naratif
e. paragraf persuasif

4. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan disekolah-sekolah. Hal ini karena kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kerja sama yang positif dari siswa yang terlibat. Di samping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur berbagai prosedur pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang tepat untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni menuntut kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni di sekolah dilaksanakan?

5. Hal-hal yang tidak benar mengenai gurindam adalah….
a. ditulis pada masa Kerajaan Melayu
b. kata-kata yang biasa dipakai bahasa Melayu
c. kelahirannya diawali dengan soneta
d. Gurindam termasuk sastra lama
e. Gurindam berisi pepatah

6. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur

7. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu mendapat nista
Pesan gurindam di atas adalah berkaitan dengan kewajiban manusia untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan

8. Persamaan gurindam dan pantun kilat adalah….
a. baris kedua gurindam berisi kelanjutan dari baris kesatu
b. baris pertama pantun kilat adalah sampiran
c. baris kesatu dan kedua gurindam adalah kalimat majemuk yang dibagi dua
d. baris kesatu gurindam ibarat syarat dan baris kedua ibarat jawaban
e. baris kesatu dan kedua umumnya memiliki suku kata berirama dan berjumlah sama

9. Contoh membaca ekstensif adalah….
a. membaca berita
b. membaca naskah drama
c. membaca pidato
d. membaca puisi
e. membaca kamus

10. Melihat gairah konsumen yang begitu tinggi dalam menggunakan jasa SMS, berbagai operator seluler pun terus melakukan inovasi pelayanan. Cara yang paling ampuh menggaet konsumen adalah dengan memberikan diskon tertentu, atau mempermurah tarif setiap pengiriman pesan.
Cara yang lain adalah memberikan kemudahan tarif SMS bagi pengguna jika berlangganan layanan kartu seluler sejenis. Dengan cara ini operator berharap pelanggan bisa beralih dari kartu seluler lain ke seluler sejenis yang digunakan para pelanggan.
Saran yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah….
a. gairah konsumen terhadap iming-iming jasa operator seluler adalah wajar
b. sebaiknya iming-iming tersebut tidak usah di galakan
c. sebaiknya inovasi pelayanan yang memberikan diskon atau mempermurah tarif tidak menjadi satu-satunya cara meraih pelanggan
d. pelanggan tidak membutuhkan sekedar tarif murah
e. sebaiknya iming-iming inovasi ini tidak sekedar iming-iming

11. Jagabaya: “Tapi apa artinya kita mendapat pujian Pak Bupati, jika kenyataannya desa kita sendiri malahan tidak aman? Walaupun pak bupati tidak tahu, tapi yang merasakan terganggunya adalah penduduk desa kita, rakyat kita sendiri, Pak Lurah.”

Lurah: “Berapa banyak penduduk yang menderita kerugian akibat gangguan maling itu? Dan bandingkan dengan yang bakal kita terima. Bayangkan, Pak Jagabaya, seluruh penduduk desa kita akan ikut bangga dipuji oleh Pak Bupati karena maju dalam dunia kesenian.”

Jagabaya: ‘Kalau Pak Lurah punya cita-cita semacam itu, ya sudah. Akan lebih baik lagi kalau semua rakyat di desa ini, baik tua muda, anak laki-laki dan perempuan dilatih saja karawitan, dilatih ketoprak. Semuanya dilatih kesenian! Jangan cuma pemuda-pemudanya tok, tapi semuanya, semuanya! Nggak usah mengurusi sawah dan lading atau ternak-ternak mereka…. Jadikan saja desa ini desa kesenian!”

Isi dialog drama di atas adalah….
a. Lurah ingin mendapat pujian bupati dengan melatih warganya berkesenian.
b. Jagabaya akhirnya setuju warga dilatih kesenian saja.
c. perbedaan pendapat antara Lurah dan Jagabaya mengenai persoalan yang dihadapi desa mereka.
d. Lurah ingin melatih warganya berkesenian.
e. Jagabaya tak ingin warganya dilatih kesenian karena masih ada persoalan lain yang harus dihadapi.

12. Wanabaya: “Kau melamun, adikku kekasih, apakah tersinggung hatimu kularang menenun dan mengantih?” (berdiri dihadapan Puteri Pambayun).
Pambayun: “Sudah semestinya, biar tak mengganggu jabang bayi di bawah jantung ini.”
Wanabaya: “Selalu juga kudapati kau sedang mengimpi. Adakah terluka hatimu memasak dan membatik kau kularang juga?”
Pambayun: “Sudah semestinya, kakang takut asap pedihkan mata si kekasih ini.”
Wanabaya: “Apa konon masih kurang pada si Kakang?”
Pambayun: “Tak ada suami baik dari Ki Ageng Mangir Muda Wanabaya.”
Wanabaya: “Bukan aku lebih baik dari yang lain. Setiap wanita pastikan berbahaya dengan suaminya, seorang untuk dirinya semata.”
Pambayun: “Kakang, diriku merasa hidup di surga, tanpa duka tanpa sengsara, setiap hari kesukaan semata.”
(Mangir, Pramudya Ananta Toer)
Amanat penggalan drama di atas adalah….
a. istri harus taat pada suami
b. suami harus melarang segala yang dilakukan istri yang sedang hamil
c. istri hendaknya berbahagia dengan suaminya
d. istri yang hamil dilarang memasak dan mengantih
e. hanya istri yang menurut yang akan bahagia

13. Unsur yang menonjol dari petikan drama nomor 2 adalah….
a. latar
b. tokoh
c. tema
d. amanat
e. alur

14. Hal-hal yang berkaitan dengan nama, peran, dan keadaan fisik, terdapat dalam unsur drama yang disebut….
a. peristiwa
b. tokoh
c. ruang
d. bahasa
e. pentas

15. Unsur lain dalam drama yang penting untuk diperhatikan dalam pementasan adalah….
a. penonton
b. pentas
c. daya tampung gedung
d. latar belakang sutradara
e. tiket masuk

16. Unsur ekstrinsik yang terlihat dari drama nomor 2 di atas adalah….
a. kepengarangan
b. latar budaya zaman kerajaan
c. unsur sejarah
d. tokoh pendiri Kerajaan Mataram
e. Latar belakang cerita

17. Kegiatan pentas seni sebagai kegiatan positif harus terus dikembangkan di sekolah-sekolah. Hal ini karena kegiatan pentas seni menunjang para siswa untuk berkreasi. Terbukti, kegiatan ini menuntut kreativitas, karya dan kerja sama yang positif dari siswa yang terlibat. Disamping itu akan membuka kesempatan kepada siswa untuk membuktikan kemampuannya mengatur berbagai prosedur pelaksanaan sebuah kegiatan besar.
Pertanyaan yang tepat untuk teks di atas adalah….
a. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan di sekolah-sekolah?
b. Mengapa kegiatan pentas seni harus dikembangkan?
c. Apa bukti kegiatan seni menurut kreativitas?
d. Siapa yang bertanggung jawab dengan kegiatan pentas seni?
e. Kapan pentas seni disekolah dilaksanakan?

18. Dalam waktu dekat saya memusatkan perhatian menjalankan tiga agenda. Pertama, terkait berbagai kegiatan dalam rangka transisi dan alih tugas pemerintahan. Untuk itu perlu adanya jaminan komunikasi dan koordinasi agar tidak terjadi gap antara pemerintah Ibu Megawati dan saya….
Tanggapan yang tepat untuk kutipan program di atas adalah….
a. Agenda kerja tidak selamanya terlaksana dengan baik.
b. Program yang disusun tetap memperhatikan faktor lain yang bisa menghambat jalannya program.
c. Program itu kurang bagus untuk seseorang presiden karena terkesan takut oleh perintah lama.
d. Program yang dibuat sekedar pelaksanaan agenda awal kenegaraan.
e. Komunikasi harus dijaga untuk pelaksanaan program.

19. Program kegiatan berbentuk format yang dilengkapi dengan nama-nama kegiatan, waktu/tempat, serta penanggung jawab kegiatan biasanya berkaitan dengan kegiatan di bawah ini, kecuali….
a. program kegiatan perorangan
b. program kegiatan secara kelompok
c. program kegiatan untuk organisasi
d. program kegiatan yang menjadi rencana kerja bersama
e. Program kegiatan berdasarkan kepanitiaan tertentu

20. Berikut yang bukan merupakan bagian program kegiatan adalah….
a. jenis kegiatan
b. waktu kegiatan
c. penanggung jawab kegiatan
d. keterangan kegiatan
e. latar belakang kegiatan

21. Saya menolak atau lebih tepatnya tidak menerima penuh bahwa puisi mesti padat, harus sedikit kata-kata. Daripada memenuhi syarat padat dan minimum kata tapi tak indah serta gagap komunikasi, saya memilih puisi banyak kata tapi tapi cantik, menyentuh, laju menghilir dan komunikatif. Puisi saya wajib musikal. Kata-kata harus sedap didengar. Tentu saja kata-kata itu mengalami ketatnya seleksi.
Kutipan esai di atas termasuk jenis….
a. reflektif
b. argumentatif
c. pandangan terhadap sastra
d. proses
e. sejarah

22. Menurut saya, Umar Kayam terkenal sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara lisan atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam mampu membuat ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi seperti tersihir….
Kutipan esai di atas menunjukan bahwa esai adalah….
a. mementingkan sikap dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif

23. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis esai adalah berikut ini, kecuali….
a. berisi renungan dan argumentasi
b. bisa berisi sindiran dengan penggunaan bahasa yang khas
c. harus mementingkan pandangan penulis esai
d. berisi fakta dan data akurat
e. memberikan keyakinan kepada pembaca tentang pandangan

24. Hal yang membedakan esai dengan tulisan lain adalah….
a. tema
b. penggunaan bahasa
c. jenis karangan
d. tipografi
e. tujuan penulisan

25. Saya merasa amat beruntung mendengar seorang penyair berkata terus terang, tidak dengan nada arogan, tindak dengan keinginan untuk menghina yang tak sepaham dengan dia, bahwa puisi baginya bukan kata-kata angker yang memerlukan penafsiran.
Kutipan esai di atas menunjukan bahwa esai adalah….
a. mementingkan sikap dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan kedekatan dengan emosi si pembaca
d. mementingkan proses analisis
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif

26. Berikut ini yang bukan ciri-ciri gurindam adalah….
a. memiliki dua baris
b. suku kata di akhir baris selalu sama
c. memiliki jumlah suku kata paling tidak 12
d. terdiri dari sampiran dan isi
e. tidak terdapat sampiran

27. Gurindam berikut yang berisi peran pentingnya memikirkan kehidupan lain setelah mati adalah….
a. Barang siapa tiada memegang agama,
Sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama
b. Barang siapa mengenal dunia,
Tahulah ia barang yang terpedaya
c. Barang siapa mengenal akhirat,
Tahulah ia dunia mudarat (melarat)
d. Barang siapa meninggalkan sembahyang
Seperti rumah tiada bertiang
e. Barang siapa meninggalkan puasa,
Tidaklah mendapat dua termasa

28. Pikir dahulu sebelum berkata,
Supaya terelak silang sengketa
Pesan yang terkandung dalam gurindam di atas adalah….
a. jangan salah mencari teman
b. hati-hati dengan perkataan
c. kita harus selalu memenuhi janji
d. jangan berbuat salah
e. hendaklah selalu berkata jujur

29. Jangan gemar berbuat dusta,
Kelak dirimu mendapat nista
Pesan gurindam di atas adalah berkaitan dengan kewajiban manusia untuk menjaga salah satu indranya, yaitu….
a. penglihatan
b. pendengaran
c. pengecapan
d. penciuman
e. perabaan

30. Di bawah ini merupakan ciri-ciri gurindam, kecuali….
a. memiliki dua baris setiap hari
b. memiliki suku kata yang sama dengan pantun pada umumnya
c. hubungan baris satu dengan baris kedua sama dengan pantun
d. hubungan baris satu dengan dua tidak sama dengan pantun
e. bunyi suku kata akhir pada baris pertama sama dengan bunyi suku kata akhir pada baris dua

31. Biarin!
Kamu bilang aku ini brengsek. Aku bilang biarin.
Kamu bilang aku ini nggak punya arti. Aku bilang biarin.
Kamu bilang aku ini nggak punya kepribadian. Aku bilang biarin.
Kamu bilang aku nggak punya pengertian. Aku bilang biarin.
Unsur yang menonjol dalam puisi di atas adalah….
a. tema
b. nada
c. kata konkret
d. gaya bahasa
e. rima

32. Puisi kontemporer biasanya menonjol pada teknik permainan penyair dalam….
a. makna
b. kata
c. realita
d. gaya
e. rima

33. Di bawah ini termasuk penyair dengan gaya kontemporer, kecuali….
a. Remy Silado
b. Sutardji Calzoum Bachri
c. Danarto
d. F. Rahardi
e. Amir Hamzah

34. Di bawah ini merupakan ciri-ciri sebuah tulisan kritik, kecuali….
a. penafsiran
b. penilaian
c. analisis
d. perenungan
e. interprestasi

35. Berikut yang tidak termasuk objek sebuah kritik adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. gaya penulisan
d. gambaran objek
e. latar belakang tulisan

36. Salah satu hal yang sangat terasa dari puisi-puisi mereka adalah lemahnya imajinasi. Hampir-hampir tak ada imajinasi di situ. Mereka hanya menuangkan perasaan tanpa mengolahnya dengan ketajaman dan kejernihan imajinasi. Padahal, aspek imajinasi inilah justruyang penting dalam puisi, khususnya dalam sosial, di samping tentu daya ucap yang segar.
Hal yang menonjol dalam penulisan kritik di atas adalah….
a. struktur kata
b. teknik penulisan
c. latar belakang tulisan
d. gambaran objek
e. gaya penulisan

37. Menurut saya, Umar Kayam terkenal sebagai pencerita yang sadar penuh dengan apa yang diceritakannya. Bahkan sebuah sumber menulis, baik secara lisan atau pun tulisan, kisah yang mengalir dari diri Umar Kayam mampu mebuat ‘pembaca atau pendengar’ baik ilmuwan, para seniman (pemula dan mapan), birokrat, aktivis, politisi seperti tersihir….
Kutipan esai di atas menunjukan bahwa esai adalah….
a. mementingkan sikap dan pandangan penulis
b. berisi fakta-fakta
c. mementingkan proses analisis
d. Tidak berisi fakta
e. mementingkan aspek bahasa yang informatif

38. Tujuan menulis kritik tertera di bawah ini, kecuali….
a. mengetahui kelemahan sastra
b. menyusun teori sastra
c. membantu perkembangan sastra
d. menjelaskan baik buruknya karya sastra
e. memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sastra

39. Bacalah penggalan novel berikut!
Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun-dukun yang mengilui luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin bahwa itu karena kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu dan tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu. (Hmzad Rangkuti : “Panggilan Rasul”).

Unsur intrinsik penggalan cerpen diatas adalah….
a. Religi
b. Takhayul
c. Budaya
d. Sosial
e. Pendidikan

40. Berikut ini merupakan jenis esai, yaitu….
a. proses
b. keagamaan
c. pendapat
d. perjalanan
e. sejarah

41. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengatur intonasi dalam pidato adalah berikut ini, kecuali….
a. turun naiknya suara
b. penekanan kalimat
c. penyesuaian ekspresi dengan nada
d. pengulangan kata atau kalimat jika perlu
e. pengaturan mikrofon untuk kepentingan volume

42. Cara yang menarik untuk mengawali pidato adalah….
a. mengungkapkan tema pidato
b. menjelaskan urutan sistematika pidato
c. mengungkapkan fakta yang berhubungan dengan tema pidato
d. menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pidato
e. memikirkan teknik pidato yang paling menarik

43. Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis kritik sastra adalah….
a. latar belakang pembaca
b. analisis karya sastra
c. analisis cabang keilmuan
d. mengabaikan pendekatan ekstern
e. hanya mengutamakan unsur dalam teks

44. Berikut ini yang menonjol dalam novel angkatan sebelum Balai Pustaka adalah….
a. Berisi cerita-cerita realitas yang bisa mengajak orang berfikir.
b. Mengutamakan cita-cita dan pengembaraan pikiran yang senantiasa terkalahkan oleh adat lama.
c. Gaya penceritaannya sudah menunjukan kemahiran dan keindahan.
d. Cerita-cerita bertemakan ideologi negara, kebebasan di bidang politik, termasuk tuntunan perbaikan kehidupan.
e. Tema-tema kemanusiaan sebagai individu, moral, tuntunan hak asasi untuk bebas, termasuk kritik sosial.

45. Petang hari itu sesungguhnya tentara Jepang masuk ke Jakarta jurusan Mauk, tempat mereka mendarat. Di sepanjang jalan orang berserak-serak berdiri, banyak memegang bendera matahari terbit dan merah putih sambil tak putus-putusnya meneriakan “Banzai, Banzai!” bagi pasukan yang berbaris masuk kota itu.
(Kutipan novel Kalah dan Menang, karya Sutan Takdir Alisyahbana, 1992: 63)
Kutipan di atas menggambarkan peristiwa sejarah dalam kurun waktu….
a. 1939-1942
b. 1942-1945
c. 1945-1948
d. 1948-1949
e. 1949-1865

B. Soal Essay


1. Struktur yang membangun sebuah teks cerita sejarah adalah ...
Jawab : orientasi - urutan peristiwa - reorientasi

2. Sebutkan tiga jenis kelompok nomina yang terdapat dalam teks sejarah!
Jawab : 
- kelompok nomina modifikatif (mewatasi)
- kelompok nomina koordinatif (tidak saling menerangkan)
- kelompok nomina apositif (sebagai keterangan yang ditambahkan atau diselipkan)

3. Apa yang dimaksud dengan kelompok kata merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif?
Jawab : di antara kedua kata itu tidak ada yang berkedudukan sebagai predikat dan hanya memiliki satu makna gramatikal

4. Teks sejarah merupakan salah satu bentuk teks ....
Jawab : teks penceritaan ulang (rekon/recount).

5. Sebuah paragraf yang baik, setidaknya memiliki empat ciri, yaitu ...
Jawab :
- keterpaduan (kohesi)
- keterkaitan (koherensi)
- kekonsistenan sudut pandang
- ketuntasan

Demikianlah artikel mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih