Share & Learn Together
Home
» Soal SMA/K
» Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendiikan format pasti akan mengahadi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oelh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yng lebih baik lagi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap. Dimana dalam pembagian soal latihan ini, saya menyuguhkan 2 bentuk soal soal yang tentunya biasa ditemukan dalam setiap Ujian atau Latihan sola di Sekolah .
Soal pada bagian pertama yaitu soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya dengan jumlah 40 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013.
Soal pada bagian Kedua yaitu soal essay bahasa indonesia kelas 11 Semester 2 beserta jawabannya dengan jumlah 10 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013 Juga.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
Soal pada bagian pertama yaitu soal pilihan ganda bahasa indonesia kelas 11 beserta jawabannya dengan jumlah 40 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013.
Soal pada bagian Kedua yaitu soal essay bahasa indonesia kelas 11 Semester 2 beserta jawabannya dengan jumlah 10 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia Kurikulum 2013 Juga.
Baca Juga :
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 10 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 1 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
- Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 12 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap
Adapaun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay adalah sebagai berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Membaca yang mengandalkan singkatnya waktu yang dibutuhkan dan ketepatan pemahaman dinamakan membaca....
a. scanning
b. cepat
c. kritis
d. intensif
e. estetis
2. Pernyataan berikut merupakan cara untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat, kecuali...
a. membaca kata demi kata
b. meningkatkan perbendaharaan kosakata
c. menerapkan teknik membaca secara efisien
d. meninggalkan kebiasaan yang menghambat membaca cepat
e. membaca maju
3. Membaca ekstensif dilaksanakan terutama dalam rangka....
a. memahami persoalan sampai ke relung-relung dan pernik-perniknya
b. memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan umum
c. menangkap yang tersirat di balik yang tersurat
d. menikmati keindahan karya sastra
e. meningkatkan ketajaman imajinasi
Untuk soal nomor 4 dan 5, perhatikan teks berikut!
Parasit adalah tumbuhan atau binatang yang hidupnya merugikan makhluk hidup lain yang ditumpanginya atau inangnya. Di Dalam tubuh inang, mereka menyerap sari makanan yang diperlukan. Hal itu tentu dapat menghambat pertumbuhan, terutama pada anak-anak.
Parasit yang sering dijumpai adalah cacing. Jenisnya banyak; cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang, dan cacing kremi. Cacing gelang warnya merah muda atau putih, panjangnya 20-30 cm, dan hidup di usus kecil. Cacing cambuk berwarna merah muda atau abu-abu, panjangnya 3-5 cm, dan hidup di usus besar.
4. Pokok pembicaraan teks di atas adalah...
a. parasit yang merugikan manusia.
b. cacing merupakan salah satu jenis parasit
c. parasit menghambat pertumbuhan
d. jenis-jenis cacing
e. kehidupan cacing
5. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah....
a. cacing gelang yang hidup di usus kecil lebih panjang dari cacing cambuk
b. cacing gelang yang hidup di usus besar lebih panjang dari cacing cabuk
c. cacing cambuk yang hidup di usus kecil lebih panjang dari cacing gelang
d. cacing cambuk yang hidup di usus besar lebih panjang dari cacing gelang
e. cacing tambang sejenis dengan cacing kremi
6. Dalam waktu 3 menit seorang siswa dapat membaca 1.050 kata. Ia dapat menjawab soal sebanyak 7 dari 10 soal yang diberikan secara benar. Kecepatan efektif membawa siswa tersebut adalah...
a. 235 kpm
b. 240 kpm
c. 245 kpm
d. 250 kpm
e. 255 kpm
7. Berikut ini merupakan fungsi penulisan editorial, kecuali....
a. memperjelas berita
b. membentuk opini masa
c. menampilkan ramalan
d. menambah latar belakang
e. memberikan saran
8. Sesuatu yang telah terjadi dan kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan disebut...
a. fakta
b. opini
c. peristiwa
d. kejadian
e. bukti
Untuk soal nomor 9 dan 10, perhatikan penggalan editorial berikut!
Kita ikut prihatin dengan nasib warga Tanggulangin Anggun Sejahtera 1. Mereka datang dan menginap di Jakarta untuk didengar keluhannya. Keinginan mereka ternyata tidak bisa berjalan seperti yang diharapkan. Mereka gagal untuk mengadukan nasib mereka kepada presiden yang harus tersingkir dari rumah karena diterjang lumpur panas. Harapan untuk bisa bertemu wakil rakyat pun tidak kesampaian.
9. Penggalan editorial di atas mengutamakan pada penyajian...
a. penjelasan dan ramalan
b. pendapat dan latar belakang
c. saran dan ramalan
d. penjelasan dan pertimbangan moral
e. pertimbangan moral dan pendapat
10. Berdasarkan isinya, paragraf di atas termasuk paragraf...
a. argumentasi
b. persuasi
c. narasi
d. deskripsi
e. eksposisi
Untuk soal nomor 11 dan 12, perhatikan penggalan editorial berikut!
Sudah hampir 11 bulan masalah lumpur panas terjadi di Porong, Sidoarjo yang persoalannya memang tidak sederhana. Persoalannya bahkan sangat berat karena terkait dengan fenomena alam yang tidak mudah untuk bisa diterjemahkan oleh logika biasa.
Terhadap setiap persoalan tentunya kita selalu mengharapkan solusi yang paling ideal. Hanya saja kita pun harus menyadari bahwa kadang tidak ada solusi yang ideal itu. Solusi yang lebih masuk akal dan bisa memecahkan adalah solusi yang fleksibel.
11. Penggelan editorial di atas berisi...
a. opini
b. fakta
c. ramalan
d. saran
e. latar belakang
12. Makna frasa solusi yang fleksibel adalah...
a. solusi yang tepat
b. solusi yang terbaik
c. solusi yang termudah
d. solusi yang adil
e. solusi yang menguntungkan
Untuk soal nomor 13 dan 14, perhatikan bacaan berikut!
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air puth, teh juga melawan penyakit jantung.
Hasil penelitian yang dimuat dalam European Jurnal of Clinical Nutrition menolak anggapan bahwa teh menyebabkan dehidrasi. “Minuman teh terbukti lebih bagik bagi Anda daripada sekedar minur air putih,” ujar ruxton. Menurutnya, air putih hanya menggantikan cairan yang terbuang. Teh tidak hanya menggantikan cairan, tetapi juga mengandung antioksidan serta fluorid.
13. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah....
a. Mengapa bahwa teh menyebabkan dehidrasi ditolak?
b. Mengapa minum teh lebih baik daripada minum air putih?
c. Apakah mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker?
d. Bagaimanakah manfaat mengonsumsi teh pada kesehatan?
e. Di manakah penelitian tentang berbagai manfaat teh dilakukan?
14. Ide pokok paragraf pertama teks di atas yagn tepat adalah...
a. beberapa hasil penelitian
b. teh mencegah kanker
c. teh menguatkan tulang
d. teh mencegah plak gigi
e. manfaat mengonsumsi teh
15. Kehidupan para transmigran di lokasi transmigrasi tidak layak. Perumahan yang disediakan pemerintah sangat sederhana. Lahan garapan dipenuhi tonggak-tonggak kayu besar. Sarana dan prasarana transportasi tidak memadai. Demikian pula sarana pendidikan dan sarana kesehatan juga tidak memenuhi syarat.
Kalimat utama paragraf di atas adalah...
a. Kehidupan para transmigran di lokasi transmigrasi tidak layak
b. perumahan yagn disediakan pemerintah sangat sederhana
c. lahan garapan dipenuhi tonggak tonggak kayu besar
d. sarana dan prasarana transportasi tidak memadai
e. demikian pula sarana pendidikan dan sarana kesehatan juga tidak memenuhi syarat.
16. Berikut ini termasuk persiapan pementasan drama, kecuali....
a. menghafal teks
b. memahami cerita
c. bloking dan ekspresi
d. latihan vokal
e. meditasi dan mediasi
17. Kalimat dalam teks drama yang ditulis dalam kurung, tidak didialogkan, melainkan diaktingkan disebut...
a. monolog
b. pantomim
c. prolog
d. wawancang
e. kramagung
18. Salah satu alasan perlunya berlatih pernapasan dalam memerankan drama adalah....
a. membantu pengaturan dan pertahanan vokal selama pentas berlangsung
b. membantu pengaturan dan pertahanan nada selama pentas berlangsung
c. memperlancar dialog antarpemain
d. memperjelas ekspresi dan gerak anggota tubuh dalam mendukung peran
e. mempermudah pembedaan karakter dan sifat dasar pemeranan
19. Watak atau karakter tokoh dalam drama dapat ditampilkan mellaui beberapa hal berikut, kecuali...
a. gerak
b. bloking
c. dialog
d. ekspresi
e. mimik
20. Sifat dasar yang harus diperankan pemain dalam drama sehingga memungkinkan untuk bertentangan dengan sifat yang dimiliki disebut....
a. akting
b. laku
c. perwatakan
d. ekspresi
e. alur
21. Berikut ini termasuk unsur yang harus ada dalam pementasan drama, kecuali...
a. panggung
b. pemain
c. penonton
d. naskah
e. sutradara
22. Setting sebuah drama mengandung unsur...
a. tempat terjadinya peristiwa
b. waktu peristiwa bergulir
c. suasana cerita
d. tempat dan waktu cerita
e. tempat, waktu, dan suasana cerita
23. Pada tahap persiapan pementasan drama, seorang sutradra melakukan seleksi untuk memilih pemeran yang sesuai dengan peran aka dimainkan. Tahapan ini disebut...
a. akting
b. casting
c. bloking
d. editing
e. lighting
24. Agar terlihat bermuka jahat, pemeran antagonis memerlukan jasa....
a. seni tata rias
b. seni tata busana
c. seni lukis
d. seni vokal
e. seni tata lampu
25. Romeo : Petunjuk cinta yang gaib telah mempersatukan aku ke hadapanmu. Dan untuk cinta yang kudapatkan akan kutaruhkan segalanya. Tapi......aku seorang Montague.....
Juliet : Dan aku seorang Capulet. Mengapa kita punya nama? Biarlah aku menjadi bukan Capulet dan kau bukan Montague, Romeo!
Tema yang tersirat dari penggalan drama di atas adalah....
a. kepercayaan
b. persahabatan
c. permusuhan
d. percintaan
e. pertentangan keluarga
26. Dahlan : Kamis malam Jumat. Jumat apa?
Rosana : Malam Jumat Kliwon, Pak! Bukankah hari kelahiran ibu juga jatuh pada hari Jumat Kliwon?
Dahlan : Ya, beutl! Ibumu waktu mau meninggal kurang satu minggu sudah ada tanda-tanda.....nasihat-nasihat berharga. Masa hidupnya banyak meninggalkan kesan teladan. Tetapi....juga ada kelemahannya.
Rosana : Kelamahan? Memang manusia tidak ada yang sempurna
Dahlan : Ya, jangan sampai menurun pada anak cucu. Ibumu dahulu sakit-sakitan karena banyak pikiran. Ikut-ikutan orang jual-beli perhiasan. Barangnya hilang, ibumu gigit jari menanggung hutang. Siapa lagi kalau bukan Bapak yang turun tangan?
Rosana : Bukankah pada diri Bapak juga ada kelemahannya?
Dahlan : Apa? Bapak rasa tidak ada! (Tongkat terjatuh, kemudian dipungut lagi)
Rosana : Maaf, Pak.. ibu bertambah sakit akibat Bapak dahulu sering mabuk judi, bukan? Ros masih ingat barang-barang rumah dilelang. Habis terjual!
Dahlan : Ya...., itu akibat perbuatan ibumu, tahu! (keras). Serakah dan mau menang sendiri. Mudah-mudahan pengalaman pahit, miskin, tidak terulang lagi!
Pesan atau amanat yang terkandung dalam penggalan drama di atas adalah....
a. sifat serakah dan suka berjudi membuat orang hancur
b. nasib manusia ditentukan oleh Tuhan
c. sifat buruk menurun pada anak
d. manusia berusaha untuk sempurna
e. anak harus patuh pada orang tua
27. Sukron : Sudahlah, Min! Suatu saat pasti berhasil. Jangan mudah putus asa!
Jasmin : Tapi, saya sudah keluar modal banyak. Kapan sepeda motorku bisa kembali?
Penggalan dialog di atas menggambarkan watak tokoh secara...
a. mutlak
b. lengkap
c. lahir
d. batin
e. langsung
28. Waktu itu sudah hampir jam satu. Sekolahsudah usai. Bahwa Yanti belum pulang itulah yang menyebabkan Asdiarti terkejut.
Asdiarti : Kau masih ada di sini, Yanti. Belum pulang?
Yanti : (Tidak menjawab. Ia hanya menggeleng dan terus melanjutkan membaca.)
Penggalan drama tersebut memuat latar....
a. tempat
b. waktu
c. suasana
d. alat
e. tempat, waktu, suasana, dan alat
29. Fenita : Kamu harus menentukan sikap. Pilih aku atau dia, sekarang juga!
Verri : Beri aku kesempatan sekali lagi....
Fenita : Tidak perlu basa-basi, kalau tidak aku yang memutuskan, titik!
Penggalan dialog di atas menunjukkan drama sampai pada bagian....
a. pemaparan
b. konflik
c. klimaks
d. resolusi
e. penyelesaian
30. Satilawati : Pengecut! Sedikit diserang kritik orang, engkau hendak melarikan diri. Untuk menjaga nama supaya jangan merosot. Aku sudah maklum.
Ishak : (Sambil menunjuk ke luar) Pergi daripadaku. Engkau boleh memusuhi aku. Untuk cita-cita aku bersedia mengorbankan segalanya juga cintaku.
Watak tokoh Ishak dalam penggalan drama di atas adalah....
a. pemarah
b. pembual
c. pemberani
d. sombong
e. tidak bertanggung jawab
31. Gambaran tempat, ruang, waktu, dan suasana cerita disebut....
a. setting
b. plot
c. bloking
d. panggung
e. layar
32. Kesenian berikut yang tidak termasuk drama tradisional adalah....
a. opera
b. ketoprak
c. lenong
d. ludruk
e. wayang orang
33. Bagian alur yang ditandai dengan pertentangan antartokoh dikenal dengan istilah....
a. eksposisi
b. pelukisan awal
c. konflik
d. klimaks
e. resolusi
Jawaban: c
34. Bagian eksposisi suatu alur berisi hal-hal berikut, kecuali....
a. penggambaran setting
b. kehadiran tokoh
c. tokoh mulai berakting
d. tokoh-tokoh mulai berdialog
e. pertentangan antartokoh
35. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama, kecuali....
a. menentukan tema
b. merancang alur dan setting
c. menyusun ringkasan cerita
d. mengatur akting pelaku
e. mencantumkan petunjuk pementasan
36. Tina : Hei, semua berhenti! (Sambil menggebrak meja)
Anwar : Tidak usah ikut campur!
Bagian yang ditulis dalam kurung penggalan dialog di atas disebut....
a. epilog
b. prolog
c. petunjuk pementasan
d. kramagung
e. wacanang
37. Pokok persoalan yang dikembangkan dalam suatu drama disebut....
a. tema
b. amanat
c. pesan
d. konflik
e. ringkasan cerita
38. Perempuan : Aneh!
Penyair : Kedengarannya memang aneh, akan tetapi begitulah.
Perempuan : Lalu apa yang Bung kagumi?
Penyair : ......
Perempuan : Aku tidak mengerti, coba jelaskan yang aneh padaku itu!
Penyair : Maksudku, pernyataan yang mana?
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang penggalan drama di atas adalah....
a. kecantikan Saudari itu
b. Ya, keanehan karya sastra itu
c. Itulah yagn aku kagumi
d. Bahwa Bung selamat selama ini.
e. Pernyataan Saudari tadi.
39. Peristiwa mulai terjadinya permasalahan antartokoh sampai pada puncaknya disebut bagian....dalam alur drama.
a. pengenalan
b. komplikasi
c. klimaks
d. katastrof
e. ending
40. Seperti halnya karya sastra bentuk lain, sebuah drama memiliki unsur estetis... Estetis artinya...
a. merupakan karya rekaan
b. mengupas masalah sosial
c. mengandung unsur keindahan
d. memiliki nilai moral
e. mengandung unsur budaya
Untuk soal nomor 41 dan 42, perhatikan penggalan drama berikut!
Ayu : Sudah malam lo Sis, kita harus segera pulang
Siska : Sudahlah Yu, tenang saja toh ini baru jam sembilan lebih sedikit. Jalanan masih ramai
Ayu : Ih, sudah malam begini kok tenang. Kan kita perempuan, masak pulang sampai larut malam. Tidak enak kan dengan tentangga. Nanti mereka mengira kita suka keluyuran malam.
Siska : (Dengan sikap tenang) Sudah, nanti saya antar kamu. Memang repot, kita ini perempuan tidak wajar kalau pulang terlalu malam. Kita pun tidak berani melanggar aturan tidak tertulis di masyarakat kita ini.
41. Penggalan drama di atas mengandung nilai...
a. agama
b. pendidikan
c. sosial
d. budaya
e. moral
42.Tokoh Siska dalam penggalan drama di atas berperan sebagai tokoh....
a. antagonis
b. protagonis
c. tritagonis
d. figuran
e. pembantu
Untuk soal nomor 43 sampai dengan 45, perhatikan penggalan drama berikut!
Samin : Fred, jangan cepat-cepat bahaya!
Fredi : Alaa, malam begini sepi, tak apa! (Samin menyusul dan menariknya mundur.)
Samin : Kita berhenti dulu!
Fredi : Ah! Lebih cepat sampai ke alamatnya kan lebih baik!
Samin : Ingat yang aku bawa surat penting!
Fredi : Justru itu!
Samin : Pokoknya berhenti, Fred!Aku tidak mau ambil risiko tertangkap Belanda.
Fredi : Baik, Min! Kau yagn pegang komando.
43. Konflik yang terdapat dalam penggalan drama di atas adalah....
a. terjadinya pertengkaran antara Sarmin dan Fredi
b. Keinginan berhenti untuk beristirahat
c. perebutan pemegang komando tugas
d. kekhawatiran aka keselamatan surat penting
e. ketakutan berjalan di malam hari
44. Tokoh Samin pada penggala drama di atas adalah bersifat....
a. penyabar
b. ambisius
c. semangat
d. hati-hati
e. tanggung jawab
45. Suasana yang tergambar dalam drama di atas adalah....
a. sepi
b. tegang
c. terburu-buru
d. takut
e. gelisah
B. Soal Essay
1. Jelaskan pengertian dari drama!
Jawab : drama adalah tiruan kehidupan yang dipentaskan
2. Persiapan-persiapan apa sajakah yang harus dikerjakan dalam pementasan drama?
Jawab :
a. tahap persiapan
1) Menghafal teks
2) Memahami pengucapan dan lagu kalimat
3) Memahami watak pelaku yang diperankan
4) Memahami cerita secara keseluruhan
5) Mempersiapkan panggung
b. tahap pelaksanaan:
1) Memerhatikan pengucapan dan lagu kalimat, serta teknik pernapasan
2) Berakting sesuai dengan tuntutan karakter dan cerita
3. Melalui apa saja watak tokoh dalam drama dapat terungkap?
Jawab :
a. Tindakan atau lakuan
b. ujaran/ucapan
c. pikiran, perasaan, dan kehendak
d. penampilan fisik
4. Dilihat dari fungsi penampilannya, tokoh dalam drama dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawab :
a. Tokoh protagonis yaitu tokoh yang merupakan pengejawantahan norma-norma atau nilai-nilai yang ideal. Tokoh protagonis adalah tokoh yang memberikan simpati dan empati kepada penonton atau pembaca sehingga penonton atau pembaca melibatkan diri secara emosional terhadap tokoh tersebut.
b. Tokoh antagonis, yaitu tokoh yang menjadi penyebab terjadinya konflik. Tokoh antagonis merupakan lawan dari tokoh protagonis. Konflik itu sendiri tidak harus disebabkan oleh protagonis seorang atau beberapa orang, namun dapat disebabkan oleh hal lain, misalnya lingkungan alam, lingkungan sosial, bencana alam, aturan-aturan, norma-norma.
5. Berdasarkan jumlahnya, plot dapat dibedakan menjadi berapa? Jelaskan!
Jawab :
Berdasarkan jumlahnya, plot dibedakan menjadi 2, yaitu:
a. Plot tunggal
Plot tunggal biasanya digunakan dalam cerita yang hanya menampilkan seorang tokoh utama. Ceritanya hanya mengisahkan kehidupan seorang tokoh tersebut.
b. Plot sub-subplot
Plot ini digunakan jika cerita yang dikisahkan menampilkan kehidupan dari seorang tokoh.
6. Jelaskan pengertian novel!
Jawab : karangan yang mengisahkan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh
7. Sebut dan jelaskan unsur ekstrinsik novel!
Jawaba : unsur ekstrinsik novel berkaitan dengan latar belakang pengarang dan kepengarangannya.
a. Latar belakang pengarang, seperti: pendidikan, kondisi keluarga, jenis kelamin, dan usia.
b. Waktu dan tempat penulisan karya sastra itu, seperti sekolah, rumah kantor, dan sebagainya.
c. Unsur budaya, sosial, pendidikan, ekonomi, politik, moral dan agama
8. Sebutkan hal-hal yang ditulis dalam penulisan daftar pustaka dan berilah contohnya!
Jawab :
a. nama pengarang
b. tahun terbit
c. judul buku
d. kota terbit
e. penerbit
Contoh: Jassin, H.B. 1981. Angkatan 66 Prosa dan Puisi. Jakarta: Gunung Agung.
9. Bagaimanakah cara menentukan tema cerita?
Jawab : cara menentukan tema ceria adalah sebagai berikut.
a. Kata-kata dan kalimat dalam cerita harus kita resapi benar
b. Setiap paragraf cerita itu kita ambil intinya
c. Hubungan sebab dan akibat antara inti paragraf yang satu dengan inti paragraf yang lainnya kita kaji benar-benar, sehingga dapat mengambil kesimpulan yang menjadi pokok masalah (tema).
10. Jelaskan pengertian hikayat!Apakah kamu mengenal bentuk lainnya? Sebutkan!
Jawab : Hikayat adalah bentuk sastra lama yang berisikan cerita kehidupan para dewa, peri, pangeran, putri kerajaan, serta raja-raja yang mempunyai kehidupan yang luar biasa dan ajaib. Contoh hikayat antara Hang Tuah, Sabai Nan Aluih, 1001 malam.
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 2 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih