-->

#Soal latihan USBN Fisika SMK/SMA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran FISIKA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 35 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran FISIKA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Fisika Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


Adapun soal-soal USBN yang akan kita bahas pada mata pelajaran  Fisika ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :



1. Di bawah ini yang merupakan satuan besaran pokok yang sesuai dengan sistem Standar Internasional adalah ….
A. cm, gram, dan detik
B. Celsius, watt, dan jam
C. Gram, celcius dan detik
D. Kilogram, celcius, dan detik
E. Kilogram, kelvin, dan detik

2. Dimensi dari Gaya  adalah…
A. MLT-1
B. MLT-2 
C. ML-1T-1
D. ML2T-2
E. M-1L3T-2

3. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 20 m/s ,kemudian direm  hingga setelah 20 detik  mobil berhenti, perlambatan yang dialami adalah….
A. 0,2 m/s2
B. 0,4 m/s2
C. 0,5 m/s2
D. 0,8 m/s2
E. 1    m/s2

4. Buah kelapa jatuh dari pohonnya setinggi 20 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2. Maka waktu yang diperlukan kelapa untuk sampai di tanah adalah…..
A. 2 detik
B. 1,4 detik
C. 1,2 detik
D. 1,0 detik
E. 0,8 detik

5.  Resultan gaya yang bekerja pada benda sama dengan nol. Maka benda akan ….
A. Bergerak lurus beraturan
B. Bergerak lurus berubah beraturan.
C. Bergerak lurus berubah beraturan diperlambat.
D. Bergerak melingkar
E. Bergerak melingkar beraturan

6. Sebuah  balok bermassa 50 kg semula dalam keadan diam, kemudian  didorong dengan gaya tetap  100 N,  percepatan yang dialami adalah...
A. 10  m/ss2
B. 7,5 m/s2
C. 5   m/s2
D. 2   m/s2
E. 1   m/s2

7. Dibawah ini yang bukan merupakan jenis kesetimbangan adalah….
A. Kesetimbangan stabil
B. Kesetimbangan labil
C. Kesetimbangan netral
D. Kesetimbangan indiferensi
E. Keseimbangan normal

8. Sifat benda yang memungkinkan benda kembali pada bentuknya semula setelah gaya yang bekerja pada benda tersebut dihilangkan adalah…
A. emisivitas
B. elastisitas
C. strain
D. plastisitas
E. stress

9. Sebuah benda dengan massa 8 kg, jika perubahan kecepatannya 4 m/s. Besar Impulsnya adalah…..
A. 4 N.s
B. 12 N.s
C. 24 N.s
D. 30 N.s
E. 32 N.s

10. Besar koefisien restitusi pada tumbukan lenting sempurna adalah….
A.  e  =  0  
B. e  =  1
C.  e  £  1
D. e  ³  1
E. < e < 1                   

11. Perhatikan grafik hasil percobaan berikut.
106 J/kg, kalor jenis air 4.200 J/(kgºC) dan tekanan udara pada saat ini 1 atmosfir, maka kalor yang diperlukan untuk proses B – C  adalah ....
Air sebanyak 2 kg bersuhu 60 ºC akan diuapkan, Jika kalor uap air 2,27 x
A. 336 kilojoule
B. 4.540 kilojoule
C. 4.876 kilojoule
D. 5.212 kilojoule
E. 6.540 kilojoule

12. Sebuah dongkrak hidrolik mempunyai penampang yang diameternya masing – masing 2 mm dan 100 mm. gaya minimum yang harus dikerjakan pada penampang kecil dongkrak tersebut untuk mengangkat mobil yang massanya 600 kg adalah…(g = 10 m/det2 )
A. 12 N
B. 20 N
C. 120 N
D. 1200 N
E. 12.000 N

13. Gaya Archimedes yang bekerja pada sebuah benda di dalam zat cair sebanding dengan……
A. berat zat cair
B. berat zat cair dan volume benda
C. berat dan massa jenis zat cair
D. volume benda yang tercelup dan massa jenis zat cair
E. massa jenis , volume benda yang tercelup dan percepatan grafitasi bumi

14. Sebuah pipa mempunyai penampang yang berbeda seperti gambar. Jika luas penampang A1 = 20 cm2 dan luas penampang A2 = 5 cm2 , kecepatan aliran fluida pada penampang A1 adalah 2 m/s, maka kecepatan aliran pada penampang A2 adalah……..
A. 5 m/s
B. 8 m/s
C. 9 m/s
D. 10 m/s
E. 11 m/s

15. Sejumlah gas ideal dipanaskan pada tekanan tetap 2.104 N/m2. Sehingga volumenya berubah dari 20 m3 menjadi 30m3, usaha luar yang dilakukan gas adalah ….
A. 1.105 J
B. 2.105 J
C. 1.106 J
D. 2.106 J
E. 1.107 J

16. Panas yang masuk pada mesin Carnot 1000 J dan panas yang keluar 600 J.  Efisiensi mesin  tersebut .....
A. 20%
B. 30%
C. 40%
D. 50%
E. 60%

17. Sebuah pegas bergetar dengan frekuensi 0,5 Hz. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan 30 getaran adalah....
A. 15 detik
B. 30 detik
C. 60 detik
D. 90 detik
E. 150 detik

18. Grafik berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium. Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat rambat gelombangnya adalah ….
A. 3 m/s
B. 6 m/s
C. 8 m/s
D. 12 m/s
E. 14 m/s

19. Periode getaran pada ayunan sederhana dapat digunakan untuk menetukan percepatan grafitasi bumi. Besar periode getaran ditentukan oleh…
A. Massa bandul dan panjang tali.
B. Panjang tali dan percepatan grafitasi bumi.
C. Massa jenis tali  dan panjang tali.
D. Massa tali dan percepatan grafitasi bumi.
E. Besar tali dan panjang tali

20. Solenoida  terdiri dari  4000 lilitan/m mengalir arus 2 Ampere .  Kuat magnet ditengah tengah solenoida adalah…..(µo = 4π. 10-7  Wb/Am)
A. 1,6 π. 10-3  Wb/m2
B. 3,2   . 10-3  Wb/m2
C. 3,2 π. 10-3  Wb/m2
D. 6,4 π. 10-3  Wb/m2
E. 6,4    10-3  Wb/m2

21. Pada gambar berikut ini arah gaya Lorentz yang tepat adalah menuju ke....
A. atas
B. bawah
C. kanan
D. kiri
E. masuk bidang gambar

22. Diberikan sebuah cermin cekung dengan jarak titik fokus f dan jari-jari kelengkungan R, sebuah benda yang tingginya h cm diletakkan pada jarak S didepan cermin. jarak bayangan yang terbentuk oleh cermin adalah...
A. 6 cm
B. 12 cm
C. 24 cm
D. 36 cm
E. 48 cm

23. Bayangan dari sebuah benda yang dibentuk oleh cermin cembung adalah....
A. selalu di belakang cermin
B. selalu diperbesar
C. kadang-kadang diperkecil
D. kadang-kadang terbalik
E. kadang-kadang nyata

24. Sebuah bayangan benda terbentuk pada jarak 1 m di belakang lensa berkekuatan 5 dioptri. Letak benda terhadap lensa tersebut adalah...
A. 0,25 m
B. 0,30 m
C. 0,35 m
D. 0,40 m
E. 0,45 m

25. Dua bola bermuatan +20 µC dan -24 µC terpisah pada jarak 12 cm.  Bila k = 9 x 109 Nm2/C2, maka gaya tarik menarik kedua muatan adalah……
A. 0,03 N
B. 0,27 N
C. 30    N
D. 270  N
E. 300  N

26. Besarnya kuat medan listrik di suatu titik yang berjarak 25 cm dari suatu muatan listrik sebesar 0,4µC adalah ....
A. 5,76 x 105 N/C
B. 5,76 x 104 N/C
C. 5,76 x 103 N/C
D. 5,76 x 10-4  N/C
E. 5,76 x 10-3  N/C

27. Dua kapasitor mempunyai kapasitas sama besar dihubungkan paralel, kapasitas rangkaian     menjadi....
A. setengah kali kapasitansi tiap kapasitor
B. dua kali kapasitansi tiap kapasitor
C. sama seperti satu kapasitor
D. satu setengah kali tiap kapasitor
E. Dua setengah kali setiap kapasitor

28. Dari gambar disamping jika R1 = 2 ohm, R2 = 2 ohm, R= 2 ohm dan V =12 Volt, maka besar arus pada R3 adalah….
A. 1 A
B. 2 A
C. 3 A
D. 4 A
E. 5 A

29. Dalam suatu penghantar mengalir muatan 300 coulomb selama ½ menit.  Kuat arus yang mengalir sebesar ....
A. 150 Ampere
B. 75 Ampere
C. 50 Ampere
D. 25 Ampere
E. 10 Ampere

30. Generator pembangkit listrik terdapat kumparan yang terdiri dari 2000 lilitan dengan luas penampang 0,02 m2  berotasi dengan frekwensi 50 Hz, jika kuat medan magnet yang mengenai kumparan adalah 0,05 Wb/m2 maka GGL induksi yang dihasilkan adalah…..
A. 62,8 Volt
B. 628 Volt
C. 125,6 Volt
D. 1256 Volt
E. 2512 Volt

31. Jaringan listrik PLN dialirkan dari gardu induk menuju rumah-rumah memakai rangkaian listrik secara...
A. Seri
B. Paralel
C. Seri paralel
D. Semi seri
E.  Semi paralel

32. Pernyataan-pernyataan berikut yang berkaitan dengan saat terjadi keadaan resonansi pada rangkaian RLC:
(1) reaktansi induktif > reaktansi kapasitif
(2) reaktansi induktif = reaktansi kapasitif
(3) impedansi sama dengan nol
(4) impedansi sama dengan hambatan R
yang benar adalah….
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (4)
E. (1) dan (2)

33. Besarnya gaya tarik antar dua buah muatan +12mC dan -20mC  yang berada diudara pada jarak 12 meter satu dengan yang lainnya adalah....
A. 0,00015 N
B. 0,0015 N
C. 0,015 N
D. 1,5 N
E. 15 N


34. Tiga buah kapasitor masing-masing 2μF, 4 μF, dan 10μF dirangkai paralel, kemudian dihubungkan dengan baterai 10 V.  Muatan tiap kapasitor adalah....
A. 185 μC
B. 160 μC
C. 96 μC
D. 16 μC
E. 11,7 μC

35. Jumlah lilitan di N2 pada transformator  adalah…
A. 55   lilitan
B. 60   lilitan
C. 90   lilitan
D. 110 lilitan
E. 220 lilitan


Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMK Mata Pelajaran fisika Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sobat prakata yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran fisika, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, karena pada dasarnya kita sama2 belajar. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih