-->

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang belajar dari masa lalu dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Agar dapat hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai manusia sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut manusia untuk selalu melakukan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan manusia hampir sama, yang berbeda adalah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan memberikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menawarkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang mampu menyajikan rekaman pengalaman manusia yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya memberikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan menurut cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan mampu membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan bangga dan mencintai sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan. Pengertian sejarah tersebut dikemukakkan oleh....
a. Taufik Abdullah
b. Moh. Yamin
c. R. Moh. Ali
d. Kuntowijoyo
e. Benedeto Croce

2. Suatu peristiwa sejarah yang diceritakan dan disusun berdasarkan urutan kejadian tanpa dijelaskan mengenai hubungan sebab akibat antara peristiwa disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. kronik

3. Pendekatan struktur dan fungsional melihat potret masyarakat dalam keadaan waktu tertentu atau terbatas merupakan gambaran pendekatan yang bersifat....
a. kronik
b. sinkronik
c. interpretasi
d. periodisasi
e. diakronik

4. Salah satu cara untuk menafsirkan fakta sejarah dan merangkai fakta-fakta sejarah tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis dan masuk akal terhadap suatu peristiwa disebut....
a. diakronik
b. kausalitas
c. sinkronik
d. interpretasi
e. periodisasi

5. Pembuatan periodisasi sejarah salah satu tujuannya adalah....
a. memudahkan pencarian sumber sejarah
b. memudahkan mempelajari sejarah
c. adanya bukti sejarah
d. kronologi sejarah
e. kemampuan sejarah

6. Manusia dalam sejarah diposisikan sebagai....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah

7. Hubungan sebab akibat dalam sejarah disebut....
a. periodisasi
b. kausalitas
c. kronologi
d. interpretasi
e. diakronik

8. Dalam sejarah yang dapat terjadi berulang kali adalah....
a. peristiwa
b. pola
c. waktu
d. tempat
e. pelaku

9. Berikut ini yang bukan merupakan ruang lingkup sejarah, yaitu....
a. peristiwa
b. seni
c. kisah
d. ilmu
e. cerita

10. Dimensi waktu dalam sejarah disebut....
a. spasial
b. temporal
c. struktur
d. babakan
e. masa

11. Kata sejarah diambil dari kata syajarotun, berasal dari bahasa....
a. Sanskerta
b. Inggris
c. Belanda
d. Arab
e. Kawi

12. Makna harfiah sejarah sebagai sesuatu yang telah terjadi, terdapat pada kata....
a. syajarotun
b. silsilah
c. history
d. kronik
e. geschicht

13. Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat, dikemukakan oleh...
a. Nugroho Nutosusanto
b. Patick Gardiner
c. Ibnu Khaldun
d. J.V. Bruce
e. Soekarno

14. Sejarah memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia karena....
a. kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah
b. manusia yang menciptakan sejarah
c. manusia memengaruhi gerak sejarah
d. sejarah menceritakan kisah hidup manusia
e. sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia

15. Dengan mempelajari sejarah, kita akan mempunyai wawasan sejarah. Pernyataan ini menurut pendapat....
a. Nugroho Notosusanto
b. C.P. Hill
c. Sartono Kartodirdjo
d. E.H. Carr
e. Roeslan Abdulgani

16. Peristiwa sejarah itu abadi karena
a. dapat terjadi dua kali
b. dapat terjadi secara berubah-ubah
c. tidak dapat berubah-ubah
d. terjadi hanya satu kali
e. peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penting

17. Sejarah bisa dikategorikan ilmu dengan beberapa cirinya. Berikut yang menempatkan ciri sejarah dalam keilmuan sebagai pengalaman manusia adalah...
a. memiliki objek
b. bersifat empiris
c. memiliki teori
d. memiliki eksistensi
e. memiliki metode

18. Sebuah peristiwa dapat dianggap sebagai sejarah bila....
a. tidak ada yang mencatat peristiwa tersebut
b. ada yang mengingatnya
c. peristiwa itu lumayan penting
d. peristiwa tersebut benar-benar memengaruhi kehidupan masyarakat luas
e. dikisahkan oleh seorang abdi istana

19. Berikut ini yang termasuk kelemahan sejarah sebagai seni adalah....
a. kebeneran bersifat objektif
b. penyusunan yang sistematis
c. pemikiran yang rasional
d. berkurangnya ketetapan
e. memiliki metode

20. Untuk menjelaskan segi sosial dari suatu peristiwa, dalam penulisan sejarah dibutuhkan pendekatan....
a. sosiologi
b. antropologi
c. politik
d. ekonomi
e. geografi

21. Masyarakat Barat melihat waktu sebagai....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus

22. Secara etimologis kata diakronik diambil dari bahasa.....
a. Inggris
b. Belanda
c. Yunani
d. Jerman
e. Romawi

23. Konsep sejarah yang mementingkan struktur disebut....
a. diakronik
b. sinkronik
c. anakronik
d. kronik
e. kronologi

24. Berikut ini merupakan jenis interpretasi, kecuali....
a. teknis
b. verbal
c. psikologis
d. logis
e. personal

25. Dalam sejarah, terdapat dimensi ruang dan waktu. Setiap masyarakat memiliki pandangan yang berbeda mengenai waktu. Masyarakt timur melihat waktu sebagai sebuah.....
a. perubahan
b. perkembangan
c. kontinuitas
d. garis lurus
e. siklus

26. Supaya waktu dalam setiap peristiwa sejarah bisa dipahami maka perlu dibuat....
a. periodisasi
b. ruang
c. kausalitas
d. kontinuitas
e. linier

27. Hubunan antar manusia dengan sejarah sangat erat. Hal ini karenakan manusia merupakan....
a. objek sejarah
b. subjek sejarah
c. makhluk sejarah
d. objek dan subjek sejarah
e. pencipta sejarah

28. Berikut ini ciri-ciri sejarah sebagai ilmu yang dikemukakan oleh Kuntowijoyo, kecuali....
a. bersifat empiris
b. memiliki metode
c. memiliki teori
d. sejarah sebagai suatu konsep
e. memiliki objek

29. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan tidak kurang tidak lebih. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....
a. J.B. Burry
b. York Powell
c. R. Moh. Ali
d. Moh. Yamin
e. Kuntowijoyo

30. Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah....
a. waktu
b. ruang
c. manusia
d. tempat
e. wilayah


II. SOAL ESSAY


1. Apakah sejarah dapat terulang kembali?
Jawab : sejarah tidak dapat terulang kembali sebab sejarah merupakan peristiwa yang unik karena hanya sekali terjadi dan tidak pernah terulang kembali persis sama untuk kedua kalinya.

2. Mengapa timbul perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah? Jelaskan!
Jawab : timbulnya perbedaan pandangan mengenai definisi sejarah dikarenakan setiap orang akan memiliki argumen yang berbeda dan dari pendidikan yang berbeda, selain itu juga sumber yang diambil pun berbeda

3. Jelaskan ciri-ciri utama sejarah!
Jawab : ciri-ciri utama sejarah, yaitu:
a. Peristiwa yang abadi
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi, karena peristiwa tersebut tidak berubah-ubah dan tetap dikenang sepanjang masa
b. Peristiwa yang unik
Peristiwa sejarah unik karena hanya terjadi satu kali dan tidak pernah terulang sama persis sama untuk kedua kalinya
c. Peristiwa yang penting
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang penting dan dapat dijadikan momentum kehidupan semua orang.

4. Mengapa interpretasi harus bersifat objektif? Jelaskan!
Jawab : interpretasi harus bersifat objektif sebab di dalam interpretasi terdapat unsur subjektivitas. Oleh karena itu, agar bersifat objektif diperlukan konsep atau teori dan pendektan untuk menekan subjektivitas, sehingga interpretasi lebih objektif.

5. Sebutkan alasan penggunaan konsep three age system oleh sejarawan!
Jawab :
a. Jumlah tiga mudah diingat
b. antara periode pertama dan ketiga sangat berbeda, dan
c. periode kedua umumnya periode peralihan




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 1 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih