Share & Learn Together
Soal UAS dan Jawaban Matematika Kelas X (Beserta Penjelasannya)
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajan Matematika Kelas 10.
Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.
Kegunaaan matematika yaitu :
Contoh :
1. Penemuan dan pengembangan Teori Mendel dalam Biologi melalui konsep propabolitas.
2. Perhitungan dengan bilangan imajiner digunakan untuk memecahkan masalah tentang kelistrikan.
3. Dalam ilmu kependudukan, matematika digunakan untuk memprediksi jumlah penduduk dll.
1. Memecahkan persoalan dunia nyata
2. Menghitung luas daerah
3. Menghitung laju kecepatan kendaraan
4. Mengunakan perhitungan matematika baik dalam pertanian, perikanan, perdagangan, dan perindustrian.
Depdiknas (2004) memaparkan fungsi matematika sekolah adalah sebagai salah satu unsur masukan instrumental, yang memiliki obyek dasar abstrak dan berlandaskan kebenaran konsistensi, dalam sistem proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan sekolah.
Menurut Depdiknas (2004) tujuan umum diberikannya matematika di jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut. Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkambang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif dan efisien.
Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematila dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari., dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Dengan demikian tujuan umum pendidikan matematika pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah memberi tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap siswa serta juga memberi tekanan pada keterampilan dan penerepan matematik.
Itulah sedikit gambaran mengenai Matematika, langsung saja kita menuju soal dari pada Matematika itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah utuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 25 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Mengenal Apa itu Matematika ?
Kegunaan (Fungsi) Pelajaran Matematika
a. Matematika sebagai pelayan ilmu yang lain.
Banyak ilmu-ilmu yang penemuan dan pengembangannya bergantung dari matematika.Contoh :
1. Penemuan dan pengembangan Teori Mendel dalam Biologi melalui konsep propabolitas.
2. Perhitungan dengan bilangan imajiner digunakan untuk memecahkan masalah tentang kelistrikan.
3. Dalam ilmu kependudukan, matematika digunakan untuk memprediksi jumlah penduduk dll.
b. Matematika digunakan manusia untuk memecahkan masalahnya dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh:1. Memecahkan persoalan dunia nyata
2. Menghitung luas daerah
3. Menghitung laju kecepatan kendaraan
4. Mengunakan perhitungan matematika baik dalam pertanian, perikanan, perdagangan, dan perindustrian.
Depdiknas (2004) memaparkan fungsi matematika sekolah adalah sebagai salah satu unsur masukan instrumental, yang memiliki obyek dasar abstrak dan berlandaskan kebenaran konsistensi, dalam sistem proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan sekolah.
Menurut Depdiknas (2004) tujuan umum diberikannya matematika di jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah sebagai berikut. Mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkambang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif dan efisien.
Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematila dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari., dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Dengan demikian tujuan umum pendidikan matematika pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah memberi tekanan pada penataan nalar dan pembentukan sikap siswa serta juga memberi tekanan pada keterampilan dan penerepan matematik.
Itulah sedikit gambaran mengenai Matematika, langsung saja kita menuju soal dari pada Matematika itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah utuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 25 Pilihan Ganda dan 5 Essay.
Soal Latihan dan Jawaban Matematika Kelas 10 (Beserta Penjelasnnya)
Soal Latihan dan Jawaban Matematika Kelas 10 (Beserta Penjelasnnya)
A. Pilihan Ganda.
1. Toko A memberikan potongan harga 20% pada setiap penjualan barang, untuk pembeliansepasang sepatu, Marliana membayar kepada kasir sebesar Rp. 40.000,00. Harga sepasang
sepatu itu sebelum mendapat potongan adalah…
a. Rp. 8.000,00 c. Rp. 48.000,00 e. Rp. 72.000,00
b. Rp. 32.000,00 d. Rp. 50.000,00
2. Sebuah koperasi sekolah membeli lima lusin buku seharga Rp. 150.000,00. Jika harga jual
sebuah buku Rp. 2.800,00, maka persentase keuntungan yang diperoleh koperasi tersebut
adalah…..
a. 4% c. 10% e. 15%
b. 6% d. 12%
3. Nilai dari 11-(-5)-9 x(-2) adalah....
a. -14 c. 14 e. 50
b. -2 d. 34
4. Diketahui log 2 = a dan log 3 = b, maka log 18√6 adalah….
a. a+b c. 2a+b e. ½ (3a+5b)
b. a+2b d ½ (a+b)
5. Sebuah koperasi menjual baju seharga Rp. 864.000,00 setiap lusinnya. Jika hasil penjualan
ternyata untung 20% dari harga belinya, maka harga beli sebuah baju adalah…
a. Rp. 14.000,00 c. Rp. 74.400,00 e. 1.080.000,00
b. Rp. 60.000,00 d. Rp. 720.000,00
6. Toko buku sedang memberikan diskon potongan harga 10% pada setiap penjualan barang,
untuk pembelian buku matematika, Fulan membayar kepada kasir sebesar Rp. 31.500,00.
Harga buku tersebut sebelum mendapat potongan adalah…
a. Rp. 3.500,00 c. Rp. 35.000,00 e. Rp. 38.000,00
b. Rp. 32.500,00 d. Rp. 36.100,00
7. Hasil dari -9 x(-3) x(-4) :6 adalah…..
a. -18 b. -16 c. 18 d. 27 e. 108
8. Gula dibeli dengan harga Rp.168.000,00 per-50kg, kemudian dijual harga Rp.2.100,00 tiap
½ kg. Persentase keuntungan dari harga pembelian adalah…
a. 10% b. 15% c. 25% d. 30% e. 35%
9. ( 2/5 + 3/10 ) : 7/10 = …
a. 0,35 b. 49/100 c. 1 d. 20/14 e. 4,9
10. Harga dua buku dan dua pensil Rp. 8.800,00. jika harga sebuah buku Rp. 600,00 lebih murah
dari harga pensil, maka harga sebuah buku adalah ………..
a. Rp.1.200 c. Rp. 8.800 e. Rp. 2.500
b. Rp.3.100 d. Rp. 4.800
11. Seorang pedagang buah membeli 5 kotak jeruk yang tiap kotaknya berisi 5kg seharga
Rp. 600.000,00. Jika kemudian jeruk tersebut dijual seharga Rp. 9.000,00 tiap kilogramnya,
maka persentase keuntungan yang diperoleh pedagang tersebut adalah…..
a. 5% b. 7,5% c. 8% d. 10% e. 12,5%
12. Jarak pada peta antara kota Jakarta dan kota Bogor adalah 5 cm, sedangkan jarak yang
sesungguhnya 40 km. Skala peta itu adalah….
a. 1: 800 c. 1: 80.000 e. 1: 8.000.000
b. 1: 8.000 d 1: 800.000
13. Nilai x yang memenuhi 35x -1 = 27 x +3 adalah…
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5
14. Pernyataan berikut benar, kecuali….
a. am : an = amn c. √a. √a = a e. (ap)q = a p.q
b. ap + aq = ap+q d. √a. √b = √a.b
15. Hasil dari (23)4 x (23) -5 =…..
a. 16 b. 8 c. ⅛ d. 1/16 e. 32
16. Bentuk sederhana dari 5 log 10 + 5 log 50 – 5 log 4 adalah…..
a. 2 b. 0002 c. 123 d. 123,0 e. 123,2
17. Suatu peta berskala 1 : 2.500.000. jika jarak Surabaya – Yogyakarta 350 km, maka dalam
jarak peta berjarak ……………
a. 12 cm c. 15 cm e. 21 cm
b. 14 cm d. 18 cm
18. Nilai x yang memenuhi 53x -2 = 25 2x +1 adalah…..
a. -4 b. -3 c. -2 d. 3 e. 4
19. Jika log 2 = x, log 3 = y, log 5 = z, maka nilai dari log 30 adalah….
a. x -y -z c. x. y. z e. x –y +z
b. x +y +z d. x +y –z
20. Setelah mendapat bonus 10% seorang karyawan gajinya Rp. 12.100.000,00. Maka gaji
sebelum bonus adalah….
a. Rp.1.210.000,00 c. Rp.10.850.000,00 e.Rp.13.310.000,00
b. Rp.10.500.000,00 d. Rp.11.000.000,00
21. Karektarisakan dari log 123, 0002 adalah….
a. 2 b. 0002 c. 123 d. 123,0 e. 123,2
22. Jika log 2 = 0,0310, log 3 = 0,4771 maka log 150 adalah……
a. 0,1761 b. 0,7781 c. 1,8289 d. 2,1761 e. 2,7781
23. Jika log 2 = 0,3010 , log 3 = 0,4771 maka log 150 adalah…
a. 2,0612 b. 2,2012 c. 2,2162 d. 2,3162 e. 2,9255
24. Seorang pengusaha memerlukan modal sebesar Rp. 5.000.000,00. Modal usaha tersebut
diantaranya diperuntukkan 15% alat, 2/5 bahan baku, 0,25 tenaga, dan sisanya untuk
transfortasi adalah…
a. Rp. 400.000,00 c. Rp. 600.000,00 e. Rp. 1.000.000,00
b. Rp. 500.000,00 d Rp. 800.000,00
25. Dengan menggunakan tabel, nilai dari 0,3987 adalah….
a. 0,6006 b. 0,6006-1 c. 0,6006-2 d. 0,6006-3 e. 0,6006-4
B. ESSAY
1. Harga 1 dus disket Rp 30.000,0. Jika pembelian 1 dus disket mendapat potongan 10%, disket
yang dapat dibeli dengan uang Rp. 405.000,00 adalah….
Jawab : 1/100 x Rp 30.000,00 = 300 x 10 = 3000 diskon sebelumnya.
Rp. 30.000,00 – Rp. 3000,00 = Rp. 27.000,00
Rp. 405.000,00 = 15 dus.
Rp. 27.000,00
2. Harga beli dari sebuah barang adalah RP. 45.000,00. Jika untungnya 0,222…., maka harga
jualnya….
Jawab : Caranya 0,2222 = 2/9
Keuntungan = 2/9 x Rp. 45.000,00 =Rp.10.000,00
Harga jual = Rp. 45.000,00 + Rp. 10.000,00 = Rp. 55.000,00
Maka harga jual = Rp. 55.000,00
3. Diketahui log2 = p, log3 = q, dan log5 = r, harga log 1500 jika dinyatakan dalam p, q, dan r,
adalah …………….
Jawabannya : 2p + q + 3r
cara → log 1500 (4 x 3 x 125)
log4 + log3 + log 125
log22 + log3 + log53 = log 1500
2p + q + 3r
4. Pak Burhan akan menjual berasnya sebanyak 60 karung dengan berat per karung 70 kg. ia akan
menjualnya melalui seorang komisioner bernama Ali Sastro dengan kesepakatan 3%, rofaksi
10%, dan komisi 15%. Beras dijual Rp. 4000,00 per kg.
Tentukan :
a. Hasil komisi yang diterima Pak Ali
b. Hasil penjualan yang diterima Pak Burhan
Cara → a. Berat bruto = 60 x 70 kg = 4.200 kg
Tarra = 3 % x 4.200 kg = 126 kg _
Netto = 4.074 kg
Rafaksi : 10 % x 4.074 kg = 407,4 kg _
Berat bersih setelah Rafaksi = 3666,6 kg
* Hasil penjualan sebelum komisi
3666,6 kg x 4000 = 14.666.400
* Komisi yang diperoleh pak Ali
15 % x 14.666.400 = 2. 199.960
b. 14.666.000 – 2.199.960 = 12.466.440
5. Sederhanakanlah bentuk akar dibawah ini :
a. 3 √6 x ( 3 √5 x √80 )
b. 3 √28 x (√3 - 2 √7 )
c. 2 √5 x ( 2 √120 + 5 √24 )
Jawab :
a. 3 √6 x ( 3√9+√80 ) b. 3 √28 x (√3-2√7 ) c. 2√5 x (2√120 + 5√24)
3 √6 + ( 3√5+√5x16 ) 3 √4.7 + ( √3) 2√7 2√5 + (2√2.60 + 5√4.6)
3 √6 + ( 3√5 x 4√5 ) 3.2√7 + √3 2√7 2√5 + (2.2√5.6 x 5.2√6)
3 √6 + ( 3. 4√5 ) 6 √7 + √3 2√7 2√5 + 4√5.6 x 10√6
3 √6 + 12√5 3√7 + √3
Demikianlah artikel mengenai contoh Soal UAS dan Jawaban Matematika Kelas X (Beserta Penjelasannya) ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Matematika Kelas 10, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih