Share & Learn Together
Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Ulangan Tengah Semester atau penilaian tengah semester 2/II (UTS/PTS 2/II) Mapel Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs Kelas 7/VII merupakan evaluasi pada pertengahan semester 2/II untuk mapel IPA. Keberadaan UTS/PTS Semester 2/II ini menjadi penting karena ia memberi penentuan pada kenaikan peserta didik ke jenjang kelas berikutnya, yaitu kelas 7.
Belajar mempersiapkannya tentu saja menjadi solusi yang tidak tertawarkan bagi setiap siswa agar dapat menghadapi UTS/PTS 2/II ini dengan sebaik mungkin dan memperoleh nilai yang sebaik mungkin.
Maksud dari tulisan ini adalah sebagai wahana belajar bagi siswa kelas 7/VII SMP atau MTs yang hendak menempuh UTS/PTS Semester 2/II pada mata pelajaran IPA. Wahana belajar yang kami sediakan adalah berupa penyediaan Soal UTS/PTS Semester 2 IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013.
Materi belajar IPA pada kelas 7/VII Semester 2/II ini terdiri atas enam bab sebagai berikut :
Bab 1 Sistem Organisasi KehidupanMakhluk Hidup
A. Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan
B. Jaringan-Jaringan pada Hewan dan Tumbuhan
C. Organ-Organ pada Hewan dan Tumbuhan
D. Sistem Organ dan Organisme
Bab 2 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
A. Pengertian Lingkungan
B. Hal-hal yang Ditemukan dalam Suatu Lingkungan
C. Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola
D. Pola Interaksi Manusia Memengaruhi Ekosistem
Bab 3 Pencemaran Lingkungan
A. Definisi Pencemaran
B. Pencemaran Air
C. Pencemaran Udara
D. Pencemaran Tanah
Bab 4 Pemanasan Global
A. Efek Rumah Kaca
B. Pengertian Pemanasan Global
C. Penyebab Pemanasan Global
D. Dampak Pemanasan Global
E. Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global
Bab 5 Lapisan Bumi
A. Atmosfer
B. Litosfer
C. Hidrosfer
Bab 6 Tata Surya
A. Sistem Tata Surya
B. Kondisi Bumi
C. Kondisi Bulan
D. Gerhana
Untuk materi UTS/PTS Semester 2/II ini adalah dari Bab 1 sampai dengan Bab 3. Buku atau rujukan yang dipakai adalah Buku Siswa Kelas 7/VII Mapel IPA SMP/MTs Semester II Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
Itulah sedikit ulasan mengenai pokok pembahasan materi mata pelajran IPA khususnya semester 2 yang nantinya akan saya urainakan pada bentuk soal untuk setiap babnya, karena pada artikel kali saya akan membahas mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 25 Pilihan Ganda dan 5 Soal Essay.
Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya
Adapun soal-soal yang diprediksi akan ada dalam SSoal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP adalah sebagai berikut :
I. SOAL PILIHAN GANDA
1. Sel yang mempunyai inti sel akan tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti disebut dengan ....
A. Sel eukariotik
B. Sel prokariotik
C. Sel tubuh
D. Sel darah merah
2. Di bawah ini yang tidak mempunyai sel eukariotik......
A. Protista
B. Jamur
C. Tumbuhan
D. Arkea
3. Ilmuwan yang pertama kali mencoba melihat struktur sel pada sayatan gabus di bawah mikroskop. Dari hasil pengamatannya diketahui terlihat rongga-rongga yang dibatasi oleh dinding tebal. Jika dilihat secara keseluruhan, strukturnya mirip sarang lebah. Satuan terkecil dari rongga tersebut dinamakan sel. Ilmuwan tersebut adalah ....
A. Schleiden
B. Robert hooke
C. Robert brown
D. Felix Durjadin
4. Jaringan yang berfungsi mengangkut air dan unsur hara ke daun adalah ....
A. Xilem
B. Floem
C. Batang
D. Stomata
5. Kumpulan jaringan akan membentuk ....
A. Organ
B. Sel
C. Jaringan tubuh
D. Organel
6. Lingkungan dibedakan menjadi 2, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang ....
A. terdiri atas air, udara, dan tanah
B. sebagai habitat flora dan fauna
C. disusun produsen, konsumen, dan pengurai
D. menunjang manusia dan aktivitasnya
7. Jika di sawah terdapat seekor burung, tiga petani, 15 ekor belalang,6 ekor katak, 2 ekor ular, dan ada sinar matahari, maka yang disebut individu adalah ....
A. 1 ekor burung
B. 15 ekor belalang
C. 6 ekor katak
D. 2 ekor ular
8. Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada ....
A. Air tawar
B. Ikan kecil
C. Fitoplankton
D. Ikan besar
9. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah ....
A. Karnivor
B. Herbivor
C. Konsumen
D. Produsen
10. Adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya dengan cara menekan pertumbuhan daun, tetapi memacu pertumbuhan akar terdapat pada habitat ....
A. Hutan basah
B. Padang rumput
C. Gurun
D. Hutan tropis kering
11. Tumbuhan yang mendominasi bioma taiga adalah ....
A. Rumput palem
B. Palem
C. Pinus
D. Kaktus
12. Dalam suatu ekosistem kolam, terdapat beberapa komponen, antara lain
1. Bakteri pengurai
2. Zat organik
3. Ikan herbivora
4. Fitoplankton
5. Ikan karnivora
Dari beberapa komponen-komponen tersebut, dapat disusun suatu rantai makanan Susunan rantai makanan yang benar adalah
A. 2 – 4 – 3 – 5 – 1
B. 4 – 2 – 3 – 5 – 1
C. 2 – 3 – 4 – 5 – 1
D. 1 – 2 – 4 – 3 – 5
13. Piramida biomassa dibentuk berdasarkan perbandingan ....
A. pengeluaran energi setiap tingkat trofik
B. pemakaian energi setiap tingkat trofik
C. berat keseluruhan dari setiap tingkat trofik
D. berat keseluruhan hasil ekskresi dan sekresi setiap tingkat trofik
14. Bila dalam ekosistem tersebut ular habis diburu manusia, maka yang dapat diupayakan manusia agar hama tikus tidak mengganggu pertanian padi adalah ....
A. menjaga kelestarian elang
B. menjaga kelestarian katak
C. membasmi hama belalang dengan pestisida
D. mengusir burung pemakan padi
15. Perhatikan cuplikan teks berita berikut Pada hari Rabu 23 April 2014 pagi, diperkirakan sebanyak belasan ekorgajahmenyerangDesaBergang,KecamatanKetol,AcehTengah. Puluhan hektar kebun masyarakat mulai dari kopi, cokelat, pinang, termasuk cabai rusak diamuk binatang berbelalai panjang itu, tetapi tidak sampai menyerang rumah penduduk.
Tidak hanya gajah, satwa liar lain juga sering menyerang lahan pertanian penduduk, seperti landak yang merusak tanaman palawija dan kebun sawit, kasusnya belum lama ini terjadi di Kecamatan Langkahan dan Cot Girek. Dampak lainnya yang sangat dirasakan masyarakat Aceh Utara adalah aberasi bibir Sungai (Krueng) Kreuto, dipicu rusaknya daerah tangkapan air yang berada pada kawasan hutan lindung Cut Mutia di Bate Uleu, Kecamatan Cot Girek.
Dari cuplikan berita tersebut, faktor-faktor yang menyebabkan peristiwa itu terjadi lagi adalah :
A. Menyempitnya habitat gajah
B. Tidak adanya daerah konservasi gajah
C. lahan perkebunan dan habitat gajah tidak dipisahkan
D. tidak adanya pos-pos penjagaan lahan perkebunan
16. Sesuatu dapat dikatakan mencemari lingkungan apabila ....
A. Mengganggu kehidupan masyarakat
B. Mengganggu kelancaran lingkungan
C. Menganggu keseimbangan ekosistem
D. Membuat rusak kualitas udara
17. Suatu zat bukan dikatakan sebagai polutan apabila ....
A. Kadarnya melebihi ambang batas
B. Berada pada waktu yang tidak tepat
C. Berada pada tempat yang tidak semestinya
D. Mengakibatkan kesehatan terganggu
18. Berikut yang bukan merupakan asal dari bahan pencemaran air ....
A. Limbah industri
B. Limbah rumah tangga
C. Sampah padat
D. Limbah pertanian
19. Pembuangan bahan tercemar secara langsung ke dalam perairan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran pada perairan tersebut. Misalnya,pembuangan limbah organik dapat menyebabkan peningkatan mikroorganismeatau kesuburan tanaman air, sehingga menghambat masuknya cahaya mataharike dalam air. Hal ini menyebabkan berkurangnya kandungan oksigen terlarutdalam air, sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem di dalamnya.
Uraian tersebut di atas menggambarkan akibat pencemaran air yang berupa ....
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
20. Coba kamu pikirkan apabila suatu perairan tercemar oleh bahan beracun. Bahan beracun itu dapat meresap ke dalam tubuh alga, atau mikroorganisme lainnya. Selanjutnya, hewan-hewan kecil (zooplankton) akan memakan alga tersebut, kemudian zooplankton akan dimakan oleh ikan ikan kecil dan ikan besar akan memakan ikan yang kecil. Apabila ikan-ikan besar tersebut ditangkap oleh manusia dan dimakan, maka bahan beracun tersebut akan masuk ke dalam tubuh manusia.
Zooplankton yang makan alga tidak hanya satu, tetapi banyak sel alga. Dengan demikian, zooplankton tersebut sudah mengandung bahan beracun yang banyak. Demikian juga halnya dengan ikan kecil yang memakan zooplankton, dan ikan besar akan memakan ikan kecil tidak hanya satu. Makin banyak memakan ikan-ikan kecil, maka makin banyak bahan pencemar yang masuk ke tubuh ikan besar. Bagaimana dengan tubuh manusia jika sering makan ikan yang beracun tersebut?
Uraian tersebut di atas menggambarkan akibat pencemaran air yang berupa ....
A. Penurunan kualitas lingkungan
B. Gangguan kesehatan
C. Pemekatan hayati
D. Percepatan proses perusakan benda
21. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengolahan limbah ....
A. Memperhatikan kelestarian estetika lingkungan
B. Agar berbau tidak menyengat
C. Menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung
D. Minimalisasi bakteri patogen
22. Peningkatan kadar karbondioksida yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran oleh manusia. Hal tersebut merupakan contoh ....
A. Pencemaran udara primer
B. Pencemaran udara sekunder
C. Pencemaran udara tersier
D. Pencemaran udara generik
23. Limbah pertanian salah satunya disumbangkan dari penggunaan pestisida. Penggunaan pestisida yang berlebihan dan terus menerus tentu saja dapat berakibat buruk bagi tanah. Akibat buruk yang diterima tanah dari penggunaan pestisida adalah ....
A. Tanah menjadi penuh racun
B. Penggunaan pestisida dapat membunuh hama yang bermanfaat bagi petani
C. Pestisida dapat membunuh mikroorganisme yang diperlukan untuk menjaga kesuburan tanah
D. Penggunaan pestisida dapat mencemari lingkungan di luar persawahan
24. Penuruan hasil pertanian yang disebabkan oleh pencemaran tanah adalah menurunnya hasil pertanian. Hal ini disebabkan oleh ....
A. Perubahan metabolisme tanaman
B. Tanaman menjadi cepat layu
C. Tanaman menjadi santapan hama
D. Tanaman menjadi kurang layak konsumsi
25. Kegiatan untuk membersihkan permukaan tanah yang tercemar disebut dengan ....
A. Bioremediasi
B. Antioksidanisasi
C. Remediasi
D. Gotong royong
II. SOAL ESSAY
1. Jika salah satu organ penyusun sistem mengalami kerusakan, apa yang terjadi dengan sistem organ tersebut? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik?
Jawab :
Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk melaksanakan fungsinya, sehingga apabila salah satu organ penyusun sistem tersebut rusak atau tidak berfungsi, maka sistem organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya.
2. Mengapa adanya mikroskop merupakan sesuatu yang sangat berguna untuk mempelajari sel? Jelaskan !
Jawab :
Mikroskop mampu membantu manusia melihat sesuatu yang berukuran kecil dan mata manusia tidak mampu melihatnya. Sel sesuatu yang tidak kasat mata/tidak dapat dilihat dengan mata tanpa bantuan alat. Alat tersebut adalah mikroskop, yang mampu membantu manusia melihat sel dan bagian dalam sel/organela sel.
3. Apa yang dimaksud dengan hal berikut? Jelaskan !
a. Interaksi
b. Ekosistem
Jawab :
a. Interaksi adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.
b. Ekosistem adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat interaksi antara setiap komponen baik biotik maupun abiotik.
4. Jelaskan tentang pencemaran sekunder yang terjadi karena aktivitas alam!
Jawab :
Aktivitas alami yang terjadi pada alam dapat menimbulkan pencemaran udara di atmosfer. Kotoran–kotoran yang dihasilkan oleh hewan ternak mengandung senyawa metana yang dapat meningkatkan suhu bumi, sehinga terjadi pemanasan global.
Proses yang serupa terjadi pada siklus nitrogen di atmosfer. Selain itu, bencana alam seperti meletusnya gunung berarpi menghasilkan abu vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi kesehatan serta tanaman. Kebakaran hutan yang terjadi akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak yang dapat mencemari udara serta berbahaya bagi kesehatan hewan dan manusia.
5. Jelaskan dampak pencemaran udara terhadap kesehatan!
Jawab :
Terbukti bahwa kualitas udara yang menurun akibat pencemaran menimbulkan berbagai penyakit. Seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan) adalah salah satunya, saluran pernapasan merupakan portal masuknya udara ke dalam tubuh. Udara yang kotor membawa senyawa-senyawa yang tidak baik bagi kesehatan. Tentu saja, pengendapan-pengendapan logam yang terlarut dalam udara dapat mengendap di paru-paru dan dapat menimbulkan iritasi.
Akibat yang lebih serius dari polusi udara adalah emfisema, yaitu gejala kesulitan pengangkutan oksigen. Kadar karbon monoksida yang terlalu banyak di udara (lebih banyak dari oksigen) dapat menghambat pengikatan oksigen di dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh akan kekurangan oksigen, sehingga, muncul gejala berupa sesak napas, dan pusing bahkan dapat, berlanjut pada kematian apabila tidak ditangani dengan segera.
Itu lah sedikit gambaran mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya, bagi yang ingin file mentahannnay supaya bisa dipelajrai dalam mode offline anda bisa mendowsloadnya dengan mengklik Link di bawah ini.
Itu lah sedikit gambaran mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya, bagi yang ingin file mentahannnay supaya bisa dipelajrai dalam mode offline anda bisa mendowsloadnya dengan mengklik Link di bawah ini.
Download Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya format PDf
Demikianlah artikel mengenai Soal UTS/PTS IPA Semester 2 Kelas 7 SMP Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari Soal UTS/PTS SMP mata pelajaran IPA, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih
loading...
Terimakasih
ReplyDeletegood
ReplyDeleteSIP
ReplyDeleteFun
ReplyDeleteTerima kasih🖤❣
ReplyDeleteSangat membantu, maaf saya tdk mendownload tapi mengcopy di hal posting
ReplyDeleteBuatkan soal pts ipa kelas 7 kurikulum 2013 beserta jawab banya, ipa tentang besaran dan satuan 3 soal, klafisikasi makhluk hidup 10 soal, besaran pokok dan besaran turunan 6 soal, objek ipa dan pengamatanya 6 soal
ReplyDelete