-->

Soal latihan Prakarya SMP kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan Prakarya SMP Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 30 Soal. Dimana dalam pembagian soal latihan ini, saya menyuguhkan 2 bentuk soal soal yang tentunya biasa ditemukan dalam setiap Ujian atau Latihan soal di Sekolah dan mudah2an bisa membantu sobat prakta semua saat menghadi Ujian, baik itu PAS (Penilaian Akhir Semester ataupun PAT (Penilaian Akhir Tahun).

Soal pada bagian pertama yaitu soal pilihan ganda Prakarya SMP Kelas 7 beserta jawabannya dengan jumlah 25 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran Kurikulum 2013.

Soal pada bagian Kedua yaitu soal essay Prakarya SMP Kelas 7 beserta jawabannya dengan jumlah 5 Soal dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supanya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat ujian nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran Kurikulum 2013 Juga.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan Prakarya SMP Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.

Soal latihan Prakarya SMP kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap


Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Prakarya SMP Kelas 8 PG dan Essay adalah sebagai berikut :


A. Soal Pilihan Ganda 


1. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri limbah keras
A. Mudah diurai di dalam tanah
B. Tidak mudah berubah bentuk
C. Sulit diolah
D. Berwujud keras serta padat

Keterangan berikut digunakan untuk menjawab soal 2 dan 3
a. Plastic
b. Pecahan keramik
c. Pecahan kaca
d. Baja
e. Kulit sapi
f. Tempurung kelapa
g. Tulang belulang sapi

2. Yang merupakan limbah keras anorganik adalah
A. a, b, g
B. a, b, d
C. c, d, e
D. e, f, g

3. Yang merupakan limbah keras organic adalah
A. a, b, g
B. a, b, c
C. c, d, e
D. e, f, g

4. Sebelum diolah menjadi bahan kerajinan, limbah keras tentu saja harus terlebih dahulu melalui beberapa proses. Berikut yang bukan merupakan proses pendahuluan pengolahan limbah keras
A. Sanitasi
B. Pembakaran
C. Penghancuran
D. Reboisasi

5. Berikut yang bukan merupakan prinsip pengolahan limbah keras
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle

6. Konsep mengurangi limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle

7. Konsep menggunakan kembali limbah keras disebut juga dengan prinsip
A. Reduce
B. Reuse
C. Redundant
D. Recycle

8. Limbah keras yang hamper semuanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan adalah
A. Limbah keras anorganik
B. Limbah keras organic
C. Limbah pabrik
D. Limbah rumah tangga

Data berikut digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 9 sampai dengan nomor 12
a. cangkang kerang, tempurung kelapa, sisik ikan, dan tulang ikan.
b. Limbah kayu pinus, kayu albasia, kayu kamper
c. Tulang ternak; sapi, kerbau, kambing
d. Pecahan kaca, pecahan keramik, potongan logam, aneka plastic bekas perabot

9. Limbah keras yang berasal dari daerah perkotaan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d

10. Limbah keras yang berasal dari daerah pegunungan adalah
A. a
B. b
C. c
D. d

11. Limbah keras yang berasal dari daerah pertanian adalah
A. a
B. b
C. c
D. d

12. Limbah keras yang berasal dari daerah pesisir adalah
A. a
B. b
C. c
D. d

13. Berikut yang bukan merupakan produk kerajinan dari limbah berupa cangkang berukuran sedang
A. Tirai
B. Replica hewan
C. Pelapis tempat sabun
D. Miniatur bangunan

14. Berikut yang bukan merupakan produk kerajinan dari sisik ikan
A. Anting-anting
B. Sandal
C. Kalung
D. Alat tulis

15. Kondisi air pada saat ini sudah sangat memperihatinkan. Hal ini disebabkan terutama oleh
A. Polusi udara
B. Polusi suara
C. Polusi tanah
D. Semakin bertambahnya jumlah penduduk

16. Berikut yang bukan merupakan tujuan dari penjernihan air
A. Menghilangkan gas-gas terlarut
B. Menghilangkan rasa yang tidak enak
C. Membasmi bakteri pathogen yang berbahaya
D. Menambah kadar karbondioksida dalam air

17. Pembuatan saringan air yang paling sederhana adalah dari bahan
A. Kapas
B. Kain katun
C. Keramik
D. Arang

18. Proses penjernihan air dengan cara mengisikan oksigen ke dalam air disebut dengan
A. Pemurnian oksigen
B. Aerasi
C. Abrasi
D. Reboisasi

19. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir cepat adalah
A. saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah
B. saringan air yang dibuat dengan menggunakan atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah
C. Saringan air yang dibuat dengan menggunakan bahan dari keramik
D. Saringan air yang dibuat dengan menggunakan bahan dari kain katun

20. Metode penjernihan air dengan cara saringan pasir lambat adalah
A. saringan air yang dibuat dengan menggunakan lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah
B. saringan air yang dibuat dengan menggunakan atas lapisan pasir pada bagian atas dan kerikil pada bagian bawah
C. Saringan air yang dibuat dengan menggunakan bahan dari keramik
D. Saringan air yang dibuat dengan menggunakan bahan dari kain katun

21. yang mampu mengadopsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam yang terkandung dalam air limbah suspensi, dengan partikel kotoran melayang di dalam air adalah
A. biji kelor
B. tawas
C. kapur gamping
D. arang batok kelapa

22. Bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air adalah
A. Biji kelor
B. Tawas
C. Kapur gamping
D. Arang batok kelapa

23. Untuk membuat alat penjernih air dari bahan alami tidak dibutuhkan keterampilan sebagai berikut
A. Memotong
B. Mengukir
C. Melubangi
D. Menyambung

24. Fungsi pasir zeolit adalah
A. Penyaring air dan penambah oksigen dalam air
B. Menyaring lumpur dan tanah
C. Membunuh kuman dan bakteri
D. Mencegah polusi air

25. Bahan penjernih air buatan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri adalah
A. Karbon aktif
B. Karbon pasif
C. Pasir zeolit
D. Klorin 

B. SOAL Essay


1. Sebut dan jelaskan proses pengolahan sederhana bahan dari limbah keras !!
Jawab :

  1. Pemilahan bahan limbah, Seleksi bahan limbah keras perlu dilakukan sebelum proses produksi.
  2. Pembersihan limbah, Keadaan limbah keras biasanya tidak cukup bersih. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencucian dengan menggunakan detergen agar zat bekas makanan atau minuman dapat larut dan limbah keras menjadi bersih.
  3. Pengeringan, Pengeringan dilakukan secara konvensional yaitu menggunakan sinar matahari langsung atau dapat juga secara langsung dengan dibersihkan menggunakan lap kering.
  4. Pewarnaan, Pewarnaan pada limbah keras dapat dilakukan dengan cara disem- prot atau dikuas dengan cat.
  5. Pengeringan setelah pewarnaan,  Setelah diberi warna, bahan limbah harus dikeringkan kembali dengan sinar matahari langsung atau diangin-anginkan.
  6. Penghalusan bahan agar siap pakai, Bahan limbah yang sudah kering dapat difinishing agar mudah di- proses menjadi karya. Proses finishing juga berbagai macam cara- nya, seperti dipotong, ditempa, dilem, digerinda, dan diamplas.

2. Sebut dan jelaskan hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam membuat kerajinan dari bahan tempurung kelapa!
Jawab :

  1. Pilihlah tempurung kelapa yang sudah benar-benar tua dan kering dengan ciri bagian potongannya berwarna kehitaman.
  2. Bersihkan serabut kasar di permukaan tempurung kelapa menggunakan pecahan kaca atau pisau. Lakukan langkah ini dengan hati-hati.
  3. Bersihkan sisa serabut halus pada permukaan tempurung menggunakan amplas kasar, kemudian gunakan amplas halus untuk menghaluskan permukaan tempurung secara merata.
  4. Agar permukaan tempurung mengilap, kamu dapat menggosok permukaan tempurung menggunakan daun kering secara berulang sampai terlihat mengilap. Cara lain yang bisa ditempuh dengan mengecatnya menggunakan cat pernis.
  5. Potong tempurung sesuai dengan pola kerajinan yang akan dibuat menggunakan gergaji besi.

3. Sebut dan jelaskan bagaimana cara membuat kerajinan dari bahan limbah kaca! Jawab:

  1. Kumpulkan pecahan kaca dalam karung dan dipukul-pukul dari luar menggunakan kayu. Ukuran serpihan kaca tidak terlalu halus cukup hingga bongkahan kecil-kecil saja agar mudah dicetak.
  2. Siapkan cetakan kaca yang terbuat dari keramik yang dibakar hingga suhu melebihi suhu bakar kaca, agar kaca dapat di- bentuk menyerupai cetakan.
  3. Lapisi cetakan menggunakan kaolin atau alumina yang dicair- kan agar pada saat meleleh kaca tidak menempel pada keramik dan mudah dilepas dari cetakan.
  4. Bakar kaca yang telah dimasukkan dalam cetakan ke dalam tungku keramik. Bakar hingga suhu 650-9000C tergantung ke- tebalan kaca.
  5. Siapkan tataan untuk asesoris seperti cincin atau kalung. Masuk- kan kaca yang sudah dicetak dalam tataan cincin atau kalung.

4. Jelaskanlah proses penyaringan air dengan cara graffiti-led filtering system
Jawab :
Gravity-fed filtering system merupakan gabungan dari Saringan Pasir Cepat (SPC) dan Saringan Pasir Lambat (SPL). Air bersih dihasilkan melalui dua tahap.

Pertama-tama air disaring menggunakan Saringan Pasir Cepat (SPC). Air hasil penyaringan tersebut dan kemudian hasilnya disaring kembali menggunakan Saringan Pasir Lambat. Dengan dua kali penyaringan tersebut diharapkan kualitas air bersih yang dihasilkan tersebut dapat lebih baik.

Untuk mengantisipasi debit air hasil penyaringan yang keluar dari Saringan Pasir Cepat, dapat digunakan beberapa Saringan Pasir Lambat.

5. Jelaskan prosedur atau tahapan dalam membuat alat penjernih air dengan bahan alami!
Jawab :

  1. Menentukan atau memutuskan model bentuk dan ukuran alat penjernih air yang akan dibuat, setelah sebelumnya melakukan pengamatan alur cara kerja penjernih air, baik melalui pelatihan, internet atau informasi tentang alat penjernih air yang ada di daerah setempat.
  2. Membuat sketsa gambar benda yang akan dibuat dan gambar teknik yang dilengkapi dengan ukuran.
  3. Menentukan dan menyiapkan alat tangan (hand tools) yang akan digunakan dan bahan alam apa saja yang diperlukan sebagai penyaring serta sebagai wadah air, saluran penghubung pipa, selang atau bambu maupun keran yang dibutuhkan.
  4. Menentukan langkah membuat alat penjernih air, yaitu menentukan bagian mana yang akan dibuat terlebih dahulu.
  5. Membuat dan merakit alat penjernih air sesuai rencana.
  6. Menguji merupakan bagian penting dalam pembuatan alat penjernih air dan dilanjutkan dengan menyempurnakan.


Demikianlah artikel mengenai Soal latihan Prakarya SMP Kelas 8 PG dan Essay Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Prakarya Kelas 8 Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .







loading...

15 comments:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih