-->

#Soal latihan USBN IPA SMK/SMA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran IPA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 55 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa 50 soal pilihan ganda serta 5 soal essay dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran IPA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran IPA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


Adapun soal-soal USBN yang akan kita bahas pada mata pelajaran  IPA ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :


A. SOAL PILIHAN GANDA

1. Dua mahluk hidup dapat disebut satu spesies apabila…
A. Tinggal di tempat yang sama dan memiliki warna kulit yang sama
B. Warna dan bentuk rambutnya sama
C. Jenis makanan dan cara makannya sama
D. Cara reproduksi dan jumlah anaknya sama
E. Jika kawin dapat menghasilkan keturunan yang fertile (subur)

2. Berikut termasuk ciri-ciri orang yang bersikap ilmiah…..
A. banyak bicara
B. tampil necis
C. tampak sibuk
 D. jujur
 E. acuh tak acuh

3. Panjang tangkai daun yang diukur menggunakan penggaris adalah 5 cm. Data tersebut termasuk data ….
A. kualitatif
B. kuantitatif
C. kualitatif dan kuantitatif
 D. prefentif
 E. analitif

4. Dugaan permasalahan terhadap suatu permasalahan disebut….
 A. hipotesis
 B. variabel
C. exsak
 D. metode
 E. respon

5. Pada penulisan ilmiah, kesimpulan memuat tentang ….
A. hasil akhir dari semua penelitian
B. kebenaran hipotesis yang diajukan sebelumnyA
C. usulan langkah operasional sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian
D. rumusan jawaban terhadap pertanyaan dengan bukti bukti pokok
E. deskripsi lokasi penelitian

6. Siswa ingin meneliti pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau, manakah yang tergolong variabel bebas…
A. cahaya matahari
B. perkembangan tanaman kacang hijau
C. kacang hijau
 D. tanah
 E. pertumbuhan tanaman kacang hijau

7. Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk …..
A. Menyederhanakan makhluk hidup sehingga mudah dipelajari
B. Memberikan nama pada setiap makhluk hidup
C. Mencari dan menentukan asal usul makhluk hidup
D. Mempermudah pengenalan makhluk hidup
E. Membuat hidup menjadi lebih dinamis

8. Bentuk muka bumi yang sekarang terlihat ini merupakan hasil dari pengerjaan tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam bumi yang disebut tenaga …
A. konstruktif                               D. pluatonik
B. destruktif                                  E. endogen
C. magmatik

9. Gerak timur ke barat matahari dan benda-benda langit merupakan gerak ….
A. matahari                                 D. harian
B. semu matahari                       E. perpindahan
C. semu harian

10. Peristiwa tsunami yang terjadi tahun 2004 di Aceh disebabkan karena gempa…..
A. vulkanik                       D. flutonisme
B. tektonik                        E. tektonisme
C. susulan

11. Penyebab siang dan malam adalah karena adanya….
A. Revolusi bumi                      D. Pergantian musim
B. Rotasi bumi                          E. Gravitasi bumi
C. Pergeseran matahari

12. Skala intensitas kekuatan gempa yang paling lazim digunakan adalah …
A. skala Cancani
B. skala Mercali
C. skala Omori
D. skala Richter
E. skala Richter dan Cancani

13. Di bawah ini yang bukan termasuk komponen dalam tanah …
A. mineral                D. batuan
B. air                        E. bahan organik
C. oksigen

14. Upaya yang dapat dilakukan pada saat terjadi gempa adalah …
A. menata dan merapikan kabel listrik agar terhindar dari hubungan singkat akibat
      guncangan gempa
B. menyalakan radio atau televisi untuk mengetahui informasi secara resmi
C. mencari tempat yang lapang, jauh dari pohon dan bangunan
D. mendirikan tenda-tenda darurat di halaman rumah
E. berlindung di bawah pohon yang rindang

15. Gas yang dapat menyebabkan peningkatan suhu bumi adalah …
A. N, O2, dan CH4            
 B. CO2, N, O2
C. CH4, CO2, O2
 D. CO, H2, CFC         
E. CFC, CH4, CO2

16. Limbah sisa pembusukan pada daun,buah dan sayuran termasuk jenis limbah ............
A. Anorganik                   D. B3
B. Padat                           E. Domestik
C. Organik

17. Limbah pertanian yang menyebabkan eutrofikasi ….
A. Pestisida
B. Sisa hasil produksi berupa sampah organic
C. Herbisida
 D. Pupuk
 E. Fungisida

18. limbah domestic,industry,pertanian,pertambangan merupakan pengelompokan limbah berdasarkan….
A. Jenis senyawa                 D. tingkat berbahaya
B. wujud                              E. sumber
C. sifat

19. Peningkatan konsentrasi CO2 di atmosfer saat ini sebagian besar merupakan hasil dari peningkatan....
A. penyerapan radiasi inframerah yang tidak baik
B. respirasi karena ledakan penduduk
 C. penanaman pohon di sekitar rumah
D. pembakaran bahan bakar batu bara dan kayu
E. suhu di permukaan

20. Hujan asam disebabkan oleh …..
A. Fotodisosiasi gas NO2        
B. Reaksi gas H2S dengan uap air
C. Reaksi S dengan uap air
 D. Reaksi gas SO2 dan SO3 dengan uap air
 E. Penguraian gas SO2 menjadi S dan O2

21. kebisingan kontinyu adalah kebisingan yang datangnya …..
A. Tidak terus menerus tetapi beraturan
B. Terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama
C. Terus menerus dalam jangka waktu yang singkat
D. Hanya sekejap kemudian menghilang
E. Hanya sekejap akan terulang kembali

22. Berikut ini yang merupakan indicator fisik polusi udara adalah…..
A. Rasa                     D. Bau
B. Tekstur                 E. Keberadaan lumut kerak
C. Ph

23. Salah satu dampak pemanasan global adalah
A. Timbul wabah penyakit menular
B. Penurunan permukaan laut
C. Terjadi gempa dimana-mana
D. Banyak timbul kasus keracunan gas CO
E. Rusaknya bahan-bahan logam dan bangunan akibat korosif

24. Dibawah ini yang dapat menimbulkan kematian akibat dari asbut adalah….
A. Merusak ginjal
B. Menimbulkan kelainan pada janin
C. Menyebabkan gangguan pernafasan
 D. Mengganggu suplai oksigen
 E. Menimbulkan stress

25. Logan CO dapat menimbulkan gangguan kesehatan berupa…
A. Kerusakan kelenjar gondok
B. Kanker paru-paru
C. Gagal ginjal
 D. Kemunduran fungsi otak
 E. Diare

26. Penggunaan pestisida secara berlebihan justru dapat menurunkan produktivatas hasil pertanian karena…
A. Membunuh hama pengganggu
B. Membunuh tanaman produksi
C. Tidak memberikan pengaruh sama sekali
D. Membunuh biota lain yang menyuburkan tanah
E. Mencemari perairan di dekat tempat pengaplikasiaanya

27. Metode pengolahan Limbah Cair yang paling efektif digunakan untuk menyingkirkan polutan atau lemak adalah....
A. Penyaringan                 D. Trickling filter
B. Pengendapan                E. Activated sludge
C. Pengapungan

28. Proses pengurangan timbunan sampah dengan cara mengolah bahan buangan menjadi bahan yang dapat digunakan kembali disebut....
A. Insinerasi                   D. Daur ulang
B. Penimbunan               E. Fermentasi
C. Pengomposan

29. Contoh limbah padat yang cocok untuk proses insenerasi adalah….
A. Kaca,baterai,karet          
B. Kaca,karet,plastic
C. Kertas,sampah makanan,plastic
 D. Kaca, sampah makanan,baterai
 E. Kertas,plastic,karet

30. Limbah B3 tidak dapat begitu saja ditimbun,dibakar,atau dibuang kelingkungan karena..
A. Ukurannya masih terlalu besar
B. Mengandung bahan yang dapat membahayakan makhluk hidup
C. Harus disetujui oleh pemerintah
D. Bentuknya padat sehingga sulit untuk diolah
E. Volume limbah harus dikurangi terlebih dahulu

31. Pada musim dingin hewan berhibernasi karena ....
A. Waktu yang tepat untuk bereproduksi
B. Makanan melimpah
C. Metabolisme tubuh hewan menjadi lebih aktif
D. Butuh untuk menyimpan energy
E. Suhu tubuh meningkat

32. Penicillium chrysogenum adalah jenis antibiotik yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, interaksi ini disebut ….
A. Mutualisme                D. Komensalisme
B. Kanibalisme                E. Predasi
C. Alelopati

33. Abalon, anemone, kerang, kepiting dan ganggang hijau adalah makhluk hidup yang mampu bertahan hidup dalam…..
A. Zona neritik                D. Zona pelagik
B. Zona bentikt                E. Zona interdal
C. Zona fotik

34. Berikut ini yang bukan ekosistem buatan adalah ....
A. Waduk                    
 B. Tundra
C. Sawah                    
 D. Perkebunan kopi
E. Perkebunan teh

35. Faktor pembatas yang menyebabkan ikan air tawar tidak bisa hidup di laut adalah....
A. Ketiadaan cahaya di laut                D. Salinitas air laut
B. Oksigen yang minim                      E. Suhu air laut
C. Ombak yang besar

36. Pada piramida makanan dasar piramida umumnya ditempati oleh….
A. Konsumen tingkat 1            D. Produsen
B. Konsumen tingkat II            E. Pengurai
C. Konsumen tingkat III

37. Pada daur air senyawa H_2O dibentuk menjadi awan di atmosfer melalui peristiwa....
A. Evaporasi                      D. Penguapan
B. Transpirasi                    E. Kondensasi
C. Presipitasi

38. Berikut ini yang buka ruang lingkup yang dikaji dalam ekologi …………
A. Komponen biotik
B. komponen abiotik
C. interaksi antar populasi
D. interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya
E. penamaan makhluk hidup

39. Bakteri yang dapat mengikat nitrogen bebas di alam adalah….
A. Rhizobium dan Cyanobacteria
B. Nitrosococcus dan Nitrosomonas
C. Rhizobium dan Nitrobacter
 D. Pseudomonas dan Thiobaccilus
 E. Cyanobacteria dan Archaebacteria

40. Berikut ini yang dimaksud dengan tumbuhan hidup secara autotrof adalah tumbuhan yang …..
A. mempunyai zat hijau daun
B. mampu membuat makanan sendiri
C. membutuhkan cahaya matahari
D. dapat menguraikan amilum menjadi senyawa lain
E. sering dikatakan sebagai produsen

41. Kemampuan alam untuk mengembalikan kondisi lingkungan kekeadaan seimbang ketika lingkungan mendapat gangguan atau kerusakan disebut
A. Daya dukung lingkungan                D. Daya pulih lingkungan
B. Daya lenting lingkungan                E. Daya koperatif lingkungan
C. Daya tamping lingkungan

42. Bila kadar CO2 dalam suatu ekosistem menurun, maka organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah….
A. Herbivora               D. Produsen
B. Karnivora               E. Dekomposer
C. Konsumen

43. Di bawah ini yang termasuk ekosistem air laut adalah …..
A. danau, sungai, laut, dan pantai
B. muara, pantai, danau, dan sungai
C. danau, sungai, laut, dan muara
D. sungai, muara, pantai dan laut
 E. laut, muara, pantai, dan terumbu karang

44. Organisme yang mendapatkan energi paling sedikit dalam suatu rantai makanan adalah organisme yang menempati ……
A. taraf trofik I                  
B. taraf trofik II                      
C. taraf trofik III
 D. taraf trofik puncak 
 E. produsen

45. Setiap rencana usaha /kegiatan yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki AMDAL untuk memperoleh izin usaha/kegiatan termasuk dalam….
A. UUD 23 thn 1997
B. UUD No. 5 thn 1982
C. PP No 27. Thn 1999
 D. PP No,17 thn1999
 E. KEPMENLH no17.thn 2001

46. Berikut ini yang bukan merupakan contoh kerugian akibat penebangan hutan secara liar adalah …..
A. berkurangnya daerah ressapan air
B. hilang dan rusaknya habitat berbagai jenis hewan dan tumbuhan
C. menurunnya persediaan air tanah
D. mengurangi wilayah hutan yang dapat dimanfaatkan
E. mengurangi ketersediaan tanaman obat

47. Komisi penilai AMDAL pada tingkat pusat dibentuk oleh……
A. Presiden
B. Wakil presiden
C. MPR dan DPR
 D. Gubernur
 E. Menteri

48. AMDAL sebagai alat pengambil keputusan tentang kelayakan lingkungan dari suatu rencana usaha atau kegiatan merupakan manfaat AMDAL bagi ....
A. Pemrakarsa                 D. Masyarakat
B. Pemerintah                E. Penyusun
C. Pelaksana

49. Dibawah ini yang bukan merupakan komponen dokumen AMDAL adalah….
A. KA- ANDAL                     D. KA- RKL
B. ANDAL                             E.  RPL
C. RKL

50. Kegiatan AMDAL sebelum pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan untuk….
A. Memperbaiki lingkungan
B. Menanggulangi pencemaran lingkungan yang telah terjadi
C. Merusak lingkungan
D. Mencemari lingkungan
E. Menjaga kelestarian lingkungan

B. SOAL ESSAY

51. Jelaskan yang di maksud dengan metode ilmah!
Jawab : Metode ilmiah adalah Ilmu yang melakukan pengamatan serta bentuk hipotesis dalam usahanya untuk menjelaskan fenomena alam.

52. Sebutkan  perbedaan limbah organic dan limbah anorganik!
Jawab : Limbah organik adalah limbah yang mengandung unsur Karbon (C) dan mudah diuraikan/busuk oleh mikroorganisme Limbah anorganik adalah limbah yang tidak mengandung unsur Karbon (C) dan tidak dapat diuraikan/busuk oleh mikroorganisme

53. Jelaskan yang dimaksud dengan ekosistem!
Jawab : Ekosistem adalah sistem alam yang terbentuk dari interaksi antar mahluk hidup dan interaksi antar mahluk hidup dengan faktor lingkungannya pada kawasan tertentu.

54. Jelaskan yang dimaksud dengan Daurbiogeokimia!
Jawab : Daurbiogeokimia adalah perpindahan materi kimia dari lingkunganke dalam tubuh organisme dan dikembalikan lagi kea lam dan dalam prosesnya melibatkan komponen ekosistem 
55. Jelaskan manfaat AMDAL bagi masyarakat!
Jawab : Manfaatnya untuk membantu masyarakat untuk mengetahui rencana pembangunan didaerahnya sehingga masyarakat dapat berpartisipasi.


Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMK Mata Pelajaran IPA Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sobat prakata yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, karena pada dasarnya kita sama2 belajar. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih