-->

Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Pkn.

Mengenal Apa itu PKn /Pendidikan kewarganegaraan?


Kata kewarganegaraan dalam bahasa Latin disebut Civicus. Selanjutnya, kata Civicus diserap ke dalam bahasa Inggris menjadi kata Civic yang artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic lahir kata Civic yaitu ilmu kewarganegaraan, dan Civic Education, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan. Pelajaran Civics atau kewarganegaraan telah dikenal di Indonesia sejak zaman kolonial Belanda dengan nama Burgerkunde.

Dari definisi tersebut dapat dijelaskan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan dirumuskan secara luas untuk mencakup proses penyiapan generasi muda untuk mengambil peran dan tanggung jawabnya sebagai warga negara, dan secara khusus, peran pendidikan termasuk di dalamnya persekolahan, pengajaran dan belajar, dalam proses penyiapan warga negara tersebut.

Sementara itu,siswa/ mahasiswa sebagai anak bangsa Indonesia diharapkan dapat menjadi yang memahami pendidikan kewarganegaraan dan menjadi warga negara yang memiliki komitmen yang kuat dan konsisten untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karna Hakikat negara kesatuan Republik Indonesia adalah negara kebangsaan modern. Negara kebangsaan modern adalah negara yang pembentukannya didasarkan pada semangat kebangsaan atau nasionalisme yaitu pada tekad suatu masyarakat untuk membangun masa depan bersama di bawah satu negara yang sama, walaupun warga masyarakat tersebut berbeda-beda agama, ras, etnik, atau golongannya.

Pendidikan Kewarganegaraan menurut Depdiknas (2006:49), adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NRI 1945.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikemukakan oleh Djahiri (1994/1995:10)


a. Mencerdaskan kehidupan bangsa yang mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kemampuan pengetahuann dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan        kebangsaan”.

b. Secara khusus. Tujuan PKn yaitu membina moral yang diharapkan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku yang memancarkan iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam masyarakat yang terdiri dari berbagai golongan agama, perilaku yang bersifat kemanusiaan yang adil dan beradab, perilaku yang mendukung kerakyatan yang mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan perseorangan dan golongan sehingga perbedaan pemikiran pendapat ataupun kepentingan diatasi melalui musyawarah mufakat, serta perilaku yang mendukung upaya untuk mewujudkan keadilan sosial seluruh rakyat    Indonesia.

Sedangkan menurut Sapriya (2001), tujuan pendidikan Kewarga negaraan adalah : Partisipasi yang penuh nalar dan tanggung jawab dalam kehidupan politik dari warga negara yang taat kepada nilai-nilai dan prinsip-prinsip dasar demokrasi konstitusional Indonesia. Partisipasi warga negara yang efektif dan penuh tanggung jawab memerlukan penguasaan seperangkat ilmu pengetahuan dan keterampilan intelektual serta keterampilan untuk berperan serta. Partisipasi yang efektif dan bertanggung jawab itu pun ditingkatkan lebih lanjut melalui pengembangan disposisi atau watak-watak tertentu yang meningkatkan kemampuan individu berperan serta dalam proses politik dan mendukung berfungsinya system politik yang sehat serta perbaikan masyarakat.

Tujuan umum pelajaran PKn ialah mendidik warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang dapat dilukiskan dengan “warga negara yang patriotik, toleran, setia terhadap bangsa dan negara, beragama, demokratis, dan Pancasila sejati” (Somantri, 2001:279). Djahiri (1995:10) mengemukakan bahwa melalui Pendidikan Kewarganegaraan siswa diharapkan :
  1. Mampu Memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah, dasar ideology dan pandangan    hidup Negara kesatuan republic Indonesia (NKRI).
  2. Memahami secara langsung apa itu konstitusi (UUD NKRI 1945) dan hukum yang berlaku dalam Negara RI.
  3. Menghayati dan meyakini tatanan dalam moral yang termuat dalam butir diatas.
  4. Mengamalkan dan membakukan hal-hal diatas sebagai sikap perilaku diri dan kehidupannya dengan penuh keyakinan dan nalar.
Secara umum, menurut Maftuh dan Sapriya (2005:30) bahwa, Tujuan negara mengembangkan Pendiddikan Kewarganegaraan agar setiap warga negara menjadi warga negara yang baik (to be good citizens), yakni warga negara yang memiliki kecerdasan (civics inteliegence) baik intelektual, emosional, sosial, maupun spiritual; memiliki rasa bangga dan tanggung jawab (civics responsibility); dan mampu berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

Setelah menelaah pemahaman dari tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, maka dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan berorientasi pada penanaman

Konsep Kenegaraan dan juga bersifat implementatif dalam kehidupan sehari - hari. Adapun harapan yang ingin dicapai setelah pengajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, maka akan didapatkan generasi yang menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

FUNGSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  1. Membantu siswa/mahasiswa sebagai generasi muda untuk memperoleh pemahaman cita-cita nasional /tujuan Negara.
  2. Siswa/mahasiswa sebagai genersi baru Dapat mengambil keputusan-keputusan yang bertanggung jawab dalam menyelsaikan      masalah pribadi, masyarakat dan negara.
  3. Dapat mengapresiasikan cita-cita nasional dan dapat membuat keputusan-keputusan yang cerdas.
  4. Wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang setia  kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan dirinya dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD NKRI 1945.
Itulah sedikit gambaran mengenai Apa itu Pkn, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Pkn itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 35 Pilihan Ganda dan 5 Essay.


Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay


Adapun Untuk contoh Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2  adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Konsep wawasan nusantara aspirasinya tertuang dalam semboyan negara Indonesia, yaitu Bhinneka Tunggal Ika. Konsep wawasan nusantara tersebut adalah istilah dari segi ...
a. Azas negara kepulauan
b. Ide, gagasan, dan cita-cita
c. Perumusan dan penetapan
d. Nama
e. Perumusan dan penjabaran

2. Perhatikan faktor di bawah ini!
1) Faktor geostrategis
2) Faktor geografis
3) Faktor perkembangan wilayah Indonesia
4) Faktor geopolitik
Faktor-faktor yang mempengaruhi wawasan nusantara yaitu nomor ….
a. 1, 2, 3, dan 4
b. 1, 2, dan 3
c. 1 dan 2
d. 1, 2, dan 4
e. 2 dan 3

3. UU yang mengatur kewenangan penyidikan terhadap pelanggaran wilayah udara pegawai sipil yaitu Undang-Undang Nomor ...
a. 5 Tahun 2009
b. 1 Tahun 2009
c. 3 Tahun 2009
d. 2 Tahun 2009
e. 4 Tahun 2009

4. Cita-cita mempersatukan Nusantara (negara Indonesia) sudah ada sejak zaman Majapahit melalui ikrar dari Patih Gajah Mada yang dinamakan ...
a. Mitreka Satata
b. Sumpah Pemuda
c. Bhinneka Tunggal Ika
d. Sumpah Palapa
e. Tan Hana Dharma Mangura

5. Liga Bangsa Bangsa didirikan pada tanggal ...
a. 9 Agustus 1967
b. 10 Januari 1920
c. 8 September 1967
d. 10 Januari 1930
e. 9 Agustus 1966

6. Jumlah negara yang melakukan penandatanganan Piagam PBB yaitu sejumlah ...
a. 42 negara
b. 7 negara
c. 21 negara
d. 8 negara
e. 50 negara

7. Kedudukan dan fungsi organisasi internasional adalah....
a. masalah koordinasi
b. subjek hukum internasional
c. maslah internasional
d. objek internasional
e. maslaah kepribadian

8. Ada 3 mekanisme sosialisasi pengembangan budaya politik menurut Robert Le Vine, yaitu ….
a. keluarga, sekolah, lingkungan.
b. partai politik, lembaga, media massa.
c. partai politik, LSM, media massa.
d. sekolah, keluarga, media massa.
e. Imitasi, instruksi, motivasi.

9. Sistem pembinaan budi pekerti masyarakat Indonesia adalah salah satu cerminan dari wawasan nasional yaitu ….
a. Tata sosial
b. Tata negara
c. Tata budaya
d. Tata hukum
e. Tata ekonomi

10. Letak geografis, wujud bumi, luas wilayah, penduduk, watak nasional, dan sifat pemerintah adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan laut. Pendapat ini dikemukakan oleh ….
a. Alfred Thayer Mahan
b. Sir Harford
c. William Billy Mitchell
d. Giulio Douket
e. Rudolph Kjellen

11. Penandatanganan piagam Atlantik yaitu tanggal
a. 15 Februari 1972
b. 14 Agustus 1941
c. 14 Agustus 1952
d. 14 Agustus 1942
e. 14 Agustus 1964

12. Mengirimkan pasukan untuk misi perdamaian di berbagai konflik di dunia merupakan ...
a. peranan ASEAN
b. fungsi PBB
c. tujuan PBB
d. peranan PBB
e. asas PBB

13. Sikap positif pelajar yang menunjukkan semangat kebangsaan di lingkungan sekolah ….
a. Bergaul bebas
b. Senang tawuran
c. Giat belajar
d. Senang nyontek
e. Malas belajar

14. Pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik dalam suatu sistem politik merupakan pengertian ….
a. Mekanisme budaya politik
b. Sistem politik
c. Budaya politik
d. Partisipasi politik
e. Sosialisasi budaya politik

15. Contoh perilaku rendahnya semangat kebangsaan di kalangan pelajar yaitu ...
a. Saling memaki dan menjelekkan antar kelompok
b. Tawuran antar sekolah
c. Tumbuh suburnya benih-benih primordialisme
d. Bentrokan antar suku, agama, dan ras
e. Suatu golongan menghujat golongan lain

16. Budaya politik Indonesia sampai sekarang belum mengalami perubahan sekalipun sistem politik sudah beberapa kali berubah, hal tersebut merupakan pendapat ….
a. Gabriel Almond
b. Powel
c. Samuel Beuer
d. Verba
e. Rusadi Kantaprawira

17. Karakteristik politik masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satu diantaranya adalah ….
a. Adanya konfigurasi subkultur masyarakat Indonesia
b. Budaya politik Indonesia yang bersifat parokial-kaula
c. Kultur masyarakat Indonesia beragam
d. Kecenderungan patronage
e. Ikatan primordial yang masih kuat berakar

18. Wadah penanaman nilai-nilai politik yang paling efektif dan efisien adalah ….
a. Media massa
b. Keluarga
c. Lingkungan
d. Sekolah
e. Partai politik

19. Masyarakat cenderung tidak mempunyai minat terhadap objek-objek politik yang luas kecuali dalam batas tertentu (tempat tinggal). Hal tersebut merupakan klasifikasi budaya politik ….
a. Parochial Political Culture
b. Subject Political Kaula
c. Political Traditional Culture
d. Political Modern Culture
e. Participant Political Culture

20. Masyarakat berpendidikan tinggi cenderung mempunyai kesadaran politik yang relatif ….
a. Cukup rendah
b. Tinggi
c. Rendah
d. Sedang
e. Tidak ada

21. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Merupakan bunyi pasal ….
a. 27 ayat 3 UUD 1945
b. 28 UUD 1945
c. 27 ayat 1 UUD 1945
d. 28 A UUD 1945
e. 27 ayat 2 UUD 1945

22. Seseorang yang mendapatkan kewarganegaraannya sesuai negara tempat di mana dia dilahirkan, walaupun orang tuanya bukan warga negara dari negara tersebut dinamakan ….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis

23. Yang bukan merupakan hak warga Negara adalah ….
a. Mempertahankan kedaulatan negara
b. Mendapatkan pekerjaan
c. Mendapatkan pendidikan
d. Mendapatkan kehidupan yang layak
e. Mendapatkan perlindungan hukum

24. Suatu proses hukum yang mengakibatkan seseorang dengan berbagai syarat tertentu memiliki kewarganegaraan negara lain dinamakan….
a. Domisili
b. Kewarganegaraan
c. Ius soli
d. Naturalisasi
e. Ius sanguinis

25. Proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politik

26. Yang bukan merupakan contoh wujud integrasi nasional yaitu
a. Pembangunan TMII (Taman Mini Indonesia Indah) di Jakarta oleh Pemerintah RI
b. Sikap saling menghargai kebudayaan daerah lain, bahkan mau mempelajari budaya daerah lain.
c. Sikap menonjolkan budaya daerah sendiri dengan merendahkan budaya daerah lain.
d. Diadakan pekan olahraga nasional yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali.
e. Sikap toleransi antar umat beragama.

27. Proses penyesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat merupakan arti integrasi secara ….
a. Budayais
b. Antropologis
c. Sosiologis
d. Ekonomis
e. Politis

28. Suatu tindak pidana kriminal akan tetapi mempunyai sifat yang khusus, antara lain anggotanya memiliki militansi tinggi, bergerak dalam kelompok, beroperasi di bawah tanah, menggunakan senjata yang canggih dan terkait dalam jaringan internasional dinamakan ….
a. Aksi blokade
b. Aksi agresi
c. Aksi spionase
d. Aksi terorisme
e. Aksi sabotase

29. Di dalam negara adanya warga negara yang mempunyai ... atas warga negara tersebut.
a. Kebebasan
b. Kekuasaan
c. Hak dan kewajiban
d. Kewajiban
e. Kedaulatan

30. Suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut ….
a. Departemen
b. Negara
c. Institusi
d. Pemerintah
e. Lembaga

31. Tujuan nasional bangsa Indonesia termuat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 pada alinea ….
a. Pertama
b. Ke lima
c. Ke tiga
d. Ke empat
e. Ke dua

32. Perhatikan Uraian di bawah ini!
1) Semua manusia mempunyai martabat yang sama.
2) Semua bangsa memiliki hak dan kewajiban yang sama.
3) Semua bangsa memiliki pemerintah yang berdaulat.
Alasan di atas yang melatarbelakangi bangsa Indonesia menolak paham rasialis ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 2
c. 1 dan 2
d. 3
e. 2 dan 3

33. Setiap usaha baik dalam negeri atau luar negeri yang dinilai dapat membahayakan keutuhan wilayah negara, kedaulatan negara, dan keselamatan segenap bangsa dinamakan ….
a. Ancaman dalam negeri
b. Ancaman
c. Ancaman non militer
d. Ancaman militer
e. Ancaman luar negeri

34. Integrasi berasal dari bahasa Latin yakni … yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan.
a. Integration
b. Integriti
c. Introgation
d. Integrazion
e. Integrate

35. Salah satu kewajiban warga negara terhadap negaranya adalah ….
a. Memilih, memeluk, dan menjalankan masing-masing kepercayaan yang dipercayai
b. Mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan
c. Memperoleh pekerjaan yang layak
d. Mempertahankan wilayah NKRI dari serangan musuh
e. Kemerdekaan berserikat, berkumpul, mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai UU yang berlaku

II. SOAL ESSAY

1. Jelaskan pengertian perwakilan diplomatik !
Jawab : Pengertian perwakilan dipolomatik adalah orang yang diberi kuasa untuk melaksanakan diplomasi di dalam melaksanakan hubungan internasional

2. Sebutkan sarana-sarana hubungan internasional !
Jawab : Sarana atau alat hubungan internasional, dibagi dua, yaitu :
a. Alat kelengkapan negara di dalam negeri, mempunyai tugas melakukan hubungan internasional, contohnya dalam ketentuan UUD 1945 menetapkan wewenang presiden dalam hubungan internasional.

b. Alat perlengkapan negara di luar negeri, terdiri atas berbagai utusan yang mempunyai tugas melakuka hubungan internasional antara atu negara dengan negara lain. Utusan-utusan alat perlengkapan negara di luar negeri, yaitu perutusan diplomatik, konsul, perutusan khusus, dan perwakilan lain.

3. Jelaskan pengertian perjanjian internasional menurut Warsito Sunaryo!
Jawab : Pengertian perjanjian internasional menurut Warsito Sunaryo adalah studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

4. Sebutkan dua bentuk perjanjian bangsa Indonesia dengan negara lain!
Jawab : Dua bentuk pernjian bangsa Indonesia dengan negara lain sebagai berikut :
  1. Perjanjian antara Republik Indonesia dengan RRC (Republik Rakyat Cina) pada tahun 1955 tentang penyelesaian dwikewarganegaraan.
  2. Perjanjian ekstradisi antara Republik Indonesia dan Malaysia pada tahun 1974.

5. Sebutkan tahap-tahap dalam menjalin kerja sama internasional !
Jawab : Tahap-tahap dalam menjalin kerja sama internasional, yaitu :
a. perundingan
b. penandatanganan
c. pengesahan



Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan Pkn Kelas 11 Semester 2 Beserta Jawabannya, PG dan Essay ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan), Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih                     
loading...

1 comment:

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih