-->

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang belajar dari masa lalu dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Agar dapat hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai manusia sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut manusia untuk selalu melakukan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan manusia hampir sama, yang berbeda adalah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan memberikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menawarkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang mampu menyajikan rekaman pengalaman manusia yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya memberikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan menurut cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan mampu membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan bangga dan mencintai sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Meninggalnya Sri Baduga Maharaja, Kerajaan Pajajaran kemudian diperintah oleh …
a. Ratu Samiam
b. Hyang Buni Sora
c. Prabu Ratu Dewata
d. Jayabhupati
e. Rahyang Dewa Niskala

2. Teori brahmana di dukung oleh …
a. Van Leur
b. F.D.K Bosch
c. N. J Krom
d. C.C Berg
e. Majundar

3. Penyebaran agama Buddha di Indonesia dilakukan oleh.…
a. dharmaduta
b. brahmana
c. pendeta
d. rahib
e. pedanda

4. Kerajaan bercorak Buddha terbesar di Indonesia adalah …
a. Majapahit
b. Mataram Kuno
c. Sriwijaya
d. Kediri
e. Singasari

5. Keluarga raja dan para bangsawan termasuk dalam kasta …
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. candala

6. Bersatunya kembali Mataram Kuno ketika terjadi perkawinan politik antara Pramodhawardani dari dinasti Syailendra dengan …
a. Rakai Pikatan
b. Rakai Panangkaran
c. Rakai Watuhumalang
d. Rakai Warak
e. Rakai Garung

7. Sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan …
a. Dapunta Hyang
b. Sanggrama Wijayatunggawarman
c. Balaputradewa
d. Sri Jayanaga
e. Darmaseta

8. Berikut adalah pelabuhan yang menopang kehidupan ekonomi Kerajaan Pajajaran, kecuali …
a. Banten
b. Pontang
c. bakauheni
d. Cigede
e. Tamgara

9. Desawarnana adalah sebutan untuk kitab …
a. Pararaton
b. Negarakertagama
c. Sutasoma
d. Arjunawiwaha
e. Sorandaka

10. Teori masuknya agama Hindu dan Buddha memiliki beberapa perbedaan yang menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan dengan melakukan kolonisasi daerah-daerah di Indonesia kemudian mendirikan kerajaan Hindu adalah teori....
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. arus balik

11. Kitab Kresnayana ditulis pada masa Kerajaan Kediri oleh …
a. Empu Triguna
b. Empu Dharmaja
c. Empu Sedah
d. Empu Panuluh
e. Empu Tanakung

12. Masuknya Hindu dan Buddha berpengaruh terhadap sistem penanggalan, yaitu …
a. Hijriah
b. Saka
c. Jawa
d. Masehi
e. Cina

13. Berikut yang bukan merupakan candi bercorak Hindu adalah …
a. Candi Prambanan
b. Candi Kidal
c. Candi Gedong Songo
d. Candi Mendut
e. Candi jago

14. Dinasti Syailendra pernah memerintah di kerajaan …
a. Kutai
b. Tarumanegara
c. Kalingga
d. Singasari
e. Mataram Kuno

15. Prasasti Kota Kapur menunjukkan kedudukan para bangsawan yang terdiri atas putra raja dan kaum kerabat. Putra raja sebagai putra mahkota disebut dengan istilah …
a. yuwaraja
b. kumararaja
c. pratiyuwaraja
d. rajakuman
e. puhavan

16. Pembagian kerajaan mennjadi dua, yaitu Panjalu dan Jenggala pada masa Airlangga atas petunjuk…
a. Empu Sedah
b. Empu Panuluh
c. Empu Barada
d. Empu Kuturan
e. Empu Sindok

17. Tempat penyimpanan abu jenazah Ken Arok di…
a. Candi Jago
b. Candi Panataran
c. Candi Kagenengan
d. Candi Kidal
e. Candi Sewu

18. Candi berikut yang bukan peninggalan bercorak Buddha adalah …
a. Candi Borobudur
b. Candi Mendut
c. Candi Sewu
d. Candi Muara Takus
e. Candi Prambanan

19. Candi Buddha umumnya terdiri atas kamadatu, rupadatu, dan arupadatu. Kehidupan manusia dipenuhi dengan nafsu keduniawian dilambangkan dengan …
a. Kamadatu
b. Rupadatu
c. Arupadatu
d. Bhurvaloka
e. Svarloka

20.Perang Saudara di Kerajaan Majapahit dikenal dengan perang …
a. Bubat
b. Paregreg
c. Puputan
d. Sabil
e. Ganter

21. Cerita penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar terdapat dalam kitab …
a. Sutasoma
b. Negarakertagama
c. Pararaton
d. Usana Jawa
e. Usana Bali

22. Di antara pemberontakkan di Majapahit, pemberontakkan yang paling menggoyahkan kerajaan adalah pemberontakan …
a. Ranggalawe
b. Juru Demung
c. Lembu Sora
d. Kuti
e. Semi

23. Pedagang dan Pengusaha termasuk dalam kasta …
a. brahmana
b. kesatria
c. waisya
d. sudra
e. paria

24. Tradisi potong gigi bagi pemeluk Hindu di Bali disebut …
a. mapandes
b. ngaben
c. nelubulanin
d. mapalus
e. macapat

25. Kitab yang menjadi sumber sejarah Singasari dan Majapahit adalah …
a. Sutasoma
b. Pararaton
c. Arjunawiwaha
d. Sorandaka
e. Smaradahana

26. Di dalam masyarakat Bali dari keluarga brahmana dan kesatria, anak pertama disebut …
a. Wayan
b. Made
c. Nyoman
d. Ketut
e. Putu

27. Seni sastra Jawa Kuno mencapai puncak kejayaan pada masa Kerajaan …
a. Mataram
b. Kediri
c. Kalingga
d. Singasari
e. Majapahit

28. Kekalahan Balaputradewa dari Rakai Pikatan, kemudian melarikan diri ke Sumatra dan menjadi raja di Sriwijaya diceritakan dalam prasasti …
a. Canggal
b. Talang Tuo
c. Ratu Boko
d. Mantyasih
e. Kelurak

29. Candi yang didirikan Rakai Panangkaran untuk memuja Dewi Tara adalah …
a. Candi Borobudur
b. Candi Kidal
c. Candi Pawon
d. Candi Mendut
e. Candi Kalasan

30. Kitab Negarakertagama ditulis oleh Empu Prapanca pada masa pemerintahan …
a. Raden Wijaya
b. Tribhuwanatunggadewi
c. Hayam Wuruk
d. Wikramawardhana
e. Jayanegara

II. SOAL ESSAY


1. Uraikan secara singkat keadaan pada zaman Arkaekum!
Jawab :  Pada zaman Arkaekum bumi sangat panas karena sedang proses pendinginan sehingga pada zaman ini belum ditemukan tanda-tanda kehidupan di permukaan bumi.

2. Mengapa zaman Paleozoikum disebut juga zaman primer?
Jawab : Zaman Paleozoikum disebut zaman primer karena keadaan bumi masih belum stabil dengan iklim yang masih berubah-ubah dan curah hujan yang sangat tinggi, tetapi sudah ditemukan adanya tanda-tanda kehidupan.

3. Apa yang dimaksud dengan zaman Interglasial?
Jawab : Zaman interglasial adalah suatu zaman diantara dua zaman Es, yang ditandai dengan naiknya temperatur yang menyebabkan lapisan es di kutub utara mencair, akibatnya permukaan air di luar naik dan terjadi banjir besar-besaran di berbagai tempat.

4. Bagaimanakah kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Paleolitikum?
Jawab : Pada zaman Paleolitikum kehidupan masyarakat masih ditandai dengan masa berburu, mengumpulkan bahan makanan, dan hidup secara berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk mencari makanan

5. Apa yang dimaksud zaman batu dan zaman logam?
Jawab : Zaman batu, yaitu suatu periode ketika peralatan manusia secara dominan terbuat dari batu walaupun ada pula alat-alat penunjang manusia yang terbuat dari kayu ataupun bambu. Zaman logam, yaitu suatu zaman dimana manusia menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam.




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 10 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih