-->

Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemamapuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.




Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Pada artikel kali ini saya akan menshare mengenai soal untuk ujian, baik itu digunakan untuk ujian tengah semester maupun ujian akhir semerter, atau bahkan untuk ulangan harian saja, itu tergantung kebutuhan saja. soal yang akan saya bahas kali ini merupakan soal latihan dari mata Pelajaran Seni Budaya.

Pentingnya Mengenal Sejarah Bangsa Indonesia


Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenal sejarahnya. Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia harus mengenal sejarah kita sendiri? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan “history repeats itself”: sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi kembali dengan variasi yang berbeda tapi esensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang belajar dari masa lalu dan tidak mengulangi kesalahan para pendahulunya.

Selain itu, dengan mempelajari catatan sejarah, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki sebagai bangsa. Betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendekar untuk merebut kemerdekaan. Pengorbanan harta dan nyawa. Semua itu harus kita sadari, hormati dan kita jadikan teladan dalam hidup.

MANFAAT MEMPELAJARI SEJARAH


1.Kegunaan Edukatif

Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran. banyak manusia yang belajar dari sejarah. Belajar dari pengalaman yang pernah dilakukan.pengalaman tidak hanya terbatas pada pengalaman yang dialaminya sendiri, melainkan juga dari generasi sebelumnya.manusia melalui belajar dari sejarah dapat mengembangkan potensinya. kesalahan pada masa lampau, baik kesalahan sendiri maupun kesalahan orang lain coba dihindari.

smentara itu, pengalaman yangbaik justru harus ditiru dan dikembangkan. dengan demikian, manusia dalam menjalani kehidupannya tidak berdasarkan coba-coba saja (trial and error), seperti yang dilakukan oleh binatang. manusia harus berusaha menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Kegunaan Inspiratif

Sebagai inspiratif, berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya. belajar dari kebangkitan nasional yang dipeloporii oleh bedirinya organisasi perjuangan yangmodern  di awal abad ke-20, masyarakat Indonesia sekarang berusaha mengembangkan kebangkitan nasional ang ke2. Pada kebangkitan nasional yang pertama, bangsa indonesia berusaha merebut kemerdekaan yang sekarang ini sudah dirasakan hasilnya.

untuk mengembangkan dan mempertahankan kemerdekaan , bangsa indonesia ingin melakukan kebangkitan nasional yang ke-2 , dengan bercita-cita mengeajar ketertionggalan dari bangsa asing. bangsa indonesia tidak hanya ingin merdeka, tetapi juga ingin menjadi bangsa yang maju, bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya. untuk  itu, bangsa indonesia harus giat menguasai IPTEK karena melalui IPTEK yang dikuasai, bangsa indonesia berpeluang menjadi bangsa yang maju dan disegani, serta daapat ikut serta menjaga ketertiban dunia.

3. Kegunaan Rekreatif

Yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar. melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur. gaya penulisan yanghidup dan komunikatif dari beberapa sejarawan terasa mampu “menghipnotis” pembaca. Pembaca akan merasa nyaman  membaca tulisan dari seajarawan. Konsekuensi rasa senang dan daya taraik penulisan kisah sejarah tersebut membuat pembaca menjadi senang.

Membaca menjadi media hiburan  dan rekreatif. Membaca telah menjadi ibagian dari kesenangan. membaca tealah dirasakan sebagai suatu kebutuhan, yaitu kebutuhan yang untuk rekreatif. Pembaca dalam mempelajari hasil penulisan sejarah tidak hanya merasa senang  layaknya  membaca novel, tetapi juga dapat berimajiasi ke masa lampau. disini peran sejarawan  dapat menjadi pemandu (guide). orang yang ingin  melihat situasi  suatu daerah  di masa lampau  dapat membacanya dari hasil tulisan para sejarawan.

Sejak jaman Sokrates, Herodotos (484 – 425 s.M), dan Thucydides (456 – 396) orang memandang sejarah sebagai teladan kehidupan. Teori ini disebut sebagai the examplar theory of history. Sejarah dapat memberikan nilai atau norma yang dapat dijadikan pedoman bagi kehidupan sehari-hari.

Bagi orang Cina sejarah merupakan cermin kehidupan. Tradisi penulisan sejarah bagi bangsa Cina sudah sangat tua. Raja atau dinasti yang sedang berkuasa berkewajiban untuk menuliskan sejarah raja atau dinasti yang digantikannya. Frasa semacam itu dalam bangsa Romawi kuno diungkapkannya dalam adagium : historia vitae magistra, yang berarti sejarah adalah guru kehidupan. Agar dapat hidup dengan lebih baik orang harus berguru kepada sejarah.

Sejarah adalah akumulasi rekaman pengalaman manusia. Mempelajari sejarah mempelajari segala bentuk puncak pengalaman dan perubahan yang telah dicapai manusia sepanjang abad. Dari sejarah masa lampau manusia memperoleh bekal dan titik pijak untuk membangun sejarah baru. Kehidup manusia selalu harus berdialog dengan sejarah masa lalu untuk dapat membangun sejarah di masa sekarang, serta memproyeksikan pandangan ke dalam sejarahnya di masa mendatang. Dimensi kesejarahan menuntut manusia untuk selalu melakukan pembaharuan dan berupaya mencapai kemajuan.


Menurut Robert Jones Shafer (1974) manfaat sejarah adalah sebagai berikut :


 1. Memperluas pengalaman-pengalaman Manusiawi

Belajar sejarah sama artinya berdialog dengan masyarakat dan bangsa manapun dan di saat kapan pun. Dari pengalaman sejarah itu orang dapat menimba pengalaman-pengalaman dalam menghadapi dan memecahkan problem-problem kehidupan dalam segala aspeknya seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya. Pada dasarnya problem-problem kehidupan manusia hampir sama, yang berbeda adalah detail dan intensitasnya. Cara mengatasi dan memberikan tanggapan terhadap masalah, baik secara intelektual maupun secara emosional, juga tidak terlalu berbeda. Dengan belajar sejarah, karenanya, sikap dan kepribadian seseorang akan menjadi lebih matang.

2. Dengan Belajar Sejarah Akan Memungkinkan Seseorang Untuk Dapat Memandang Sesuatu Secara Keseluruhan (to see things whole).

Sejarah menawarkan begitu banyak dan bervariasi (the multiplicity or variety) kondisi dan pengalaman manusia. Tidak ada disiplin ilmu yang mampu menyajikan rekaman pengalaman manusia yang begitu menyeluruh, selain sejarah. Agama, filsafat, dan ilmu-ilmu sosial lainnya memberikan sumbangan yang sama, namun hanya sebatas dan menurut cara ilmu itu sendiri. Dimensi keseluruhan dalam sejarah diharapkan akan mampu membangun keutuhan kepribadian manusia.

 3. Sejarah Memiliki Peranan Penting dalam Pembentukan Identitas dan Kepribadian Bangsa

Suatu masyarakat atau bangsa tak mungkin akan mengenal siapa diri mereka dan bagaimana mereka menjadi seperti sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dengan identitas bangsa memiliki hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh eksistensi dan identitas serta kepribadi suatu bangsa. Bangsa itu, karenanya, akan bangga dan mencintai sejarah dan kebudayaannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai Pentingnya Menenal Sejarah Indonesia, supaya dalam memahami soalnya bisa lebih mudah dipelajari. Langsung saja kita menuju soal dari pelajaran Sejarah Indonesia itu sendiri, dan tentunya saya juga sudah menyediakan jawabannya supaya, teman2 semua bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Soal yang akan saya sajikan kali ini berupa 30 Pilihan Ganda dan 5 Essay.

Baca Juga : Soal Latihan PAI Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan PKn Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan IPA Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya
Baca Juga : Soal Latihan Seni Budaya 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya


Adapun Untuk contoh Soal Latihan  IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 adalah sebagai berikut :

I. SOAL PILIHAN GANDA


1. Pada tahun 1972, Presiden Nixon dan Brezhnev menandatangani sebuah perjanjian yang membatasi  sistem misil antibalistik. Perjanjian tersebut dikenal dengan sebutan...
a. SALT I
b. SALT II
c. SALT III
d. SALT IV
e. SALT V

2. Perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konflik kepentingan supremasi dan perbedaan ideologi antara Blok Barat (AS) dengan Blok Timur (US) disebut...
a. Perang Dunia I
b. Perang Dingin
c. Perang Dunia II
d. Perang Saudara
e. perang bintang

3. Pernyataan Churchil (PM Inggris) di depan publik AS yang menyatakan telah digelarnya tirai besi di seluruh daratan Eropa yang membagi Jerman dan Eropa ke dalam dua kubu yang berlawanan sebenarnya ditujukan kepada....
a. Uni Soviet
b. Ukraina
c. Amerika Serikat
d. Rusia
e. Britania

4. Dalam rangka membantu menyelesaikan masalah Kamboja diselenggarakan suatu konferensi internasional di Paris Prancis yang disebut...
a. UNTAC
b. UNIMOG
c. ICK
d. UNTEA
e. UNOC

5. Setelah diambang kekalahan dalam Perang Dunia II, Jepang membentuk Kerajaan Vietnam pada 11 Maret 1945, di bawah pimpinan raja....
a. Sisavong Vong
b. Norodom Sihanouk
c. Ngo Dinh Diem
d. Bao-Dai
e. Ho Chi Minh

6. Wakil negara dari Uni Soviet dan Amerika Serikat yang menandatangani perjanjian SALT I tahun 1972 adalah....
a. Nikita Khruschev – John F. Kennedy
b. Leonid  Bhreznev – Richard Nixon
c. Yuri Andropov – Geral Ford
d. Shernenko – James Earl Carter
e. Mikhail Gorbachev – Ronald Reagan

7. Sebelum perang Dunia I, ekspor kapital ke Asia yang bersifat kapital jangka panjang (long term capital), yaitu yang melebihi jangka waktu satu tahun adalah Inggris, Prancis, dan Belanda. Tetapi setelah Perang Dunia II menjadi negara yang banyak berutang, terutama kepada Amerika Serikat melalui program....
a. Euro Plan
b. Marshall Plan
c. Colombo Plan
d. New Deal
e. Nefos

8. Pakta pertahanan yang ditujukan untuk membendung penaruh komunis di Asia Tenggara adalah...
a. SEATO
b. CENTO
c. Pakta Warsawa
d. NATO
e. ANZUS
Jawaban: a

9. Bapak kemerdekaan Vietnam yang memproklamasikan Vietnam Utara pada 2 September 1945 adalah....
a. Sisavong Vong
b. Ngo Dinh Diem
c. Ho Chi Minh
d. Mao Ze Dong
e. Kim II Sung

10. Setelah menelan korban jiwa 3 juta warga korea, 900.000 tentara RRC, 54.000 tentara AS, serta melalui peran PBB maka pada tanggal 25 Juni 1953, di Panumjom ditandatangani persetujuan gencatan senjata di antara pihak yang bertikai tersebut, yaitu antara...
a. Korea Utara dan Korea Selatan
b. Korea Utara dan Jepang
c. Korea Utara dan Uni Soviet
d. Korea Utara dan RRC
e. Korea Utara dan Pyongyang

11. Negara yang dikenal  sebagai  negara tirai bambu adalah...
a. Inggris
b. Uni Soviet
c. Amerika Serikat
d. Prancis
e. RRC

12. RRC diproklamasikan pada tanggal 1 Oktober 1949 oleh kaum komunis di bawah pimpinan....
a. Sun Yat Sen
b. Li Li San
c. Chiang Kai Shek
d. Mao Zedong
e. Kim II Sung

13. Presiden Amerika Serikat yang pertama kali mengadakan lawatan ke Cina adalah...
a. Ronald Reagan
b. Richard Nixon
c. Harry Truman
d. John F. Kennedy
e. Benjamin Franklin

14. NATO yang berdiri tahun 1949, diantaranya beranggotakan negara-negara....
a. Kanada, Inggris, Belgia, dan AS
b. AS, Belgia, Jepang, dan Prancis
c. Yunani, Turki, Iran, dan Italia
d. Inggris, Singapura, Prancis, dan AS
e. Prancis, Filipina, Inggris, dan Portugal

15. Penggagas berdirinya UNRRA setelah digabung dengan ERP adalah....
a. John Marshall
b. Richard Nixon
c. George C. Marshall
d. Harry Truman
e. Winston Churchill

16. Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia di tahun 1960-an telah menyimpang dari....
a. kebijakan pemerintah
b. kebijakan ekonomi Indonesia
c. Pancasila dan UUD 1945
d. sistem ekonomi global
e. cita-cita revolusi Indonesia

17. Penyebab runtuhnya Uni Soviet adalah....
a. Politik glasnot dan perestroika
b. timbulnya nasionalisme
c. dominasi militer semakin berkurang
d. sistem ekonomi yang tidak mampu membawa kesejahteraan
e. berakhirnya Perang Dingin

18. Untuk menghindari terulangnya depresi ekonomi 1930-an, maka dibentukalh IMF pada tahun....
a. 1945
b. 1944
c. 1943
d. 1946
e. 1947

19. Salah satu modal untuk meningkatkan daya saing dan memenangkan perdagangan adalah...
a. penguasaan teknologi
b. penguasaan ekonomi
c. penguasaan bidang militer
d. politik
e. sumber daya alam

20. Arah politik luar negeri Indonesia masa demokrasi terpimpin (pada tahun 1960-an) dipengaruhi oleh partai...
a. Masyumi
b. PKI
c. Muhammadiyah
d. NU
e. PNI


21. IMF sebagai lembaga keuangan dunia dibentuk untuk mengawasi....
a. sistem moneter internasional
b. keuangan suatu negara
c. perdamaian dunia
d. kebijakan ekonomi suatu negara
e. kebijakan pemerintah suatu negara

22. Pada saat berlangsungnya Perang Dingin, AS dan Uni Soviet melakukan kegiatan spionase, di mana CIA merupakan dinas rahasia yang dimiliki oleh....
a. Uni Soviet
b. Amerika Serikat
c. Inggris
d. Prancis
e. Australia

23. Liberalisasi perdagangan akan membentuk ketergantungan pada bidang...
a. investasi
b. ekonomi
c. pekerjaan
d. pendidikan
e. penanaman modal asing

24. Berikut yang merupakan salah satu kegiatan Bank Dunia adalah....
a. pembiayaan proyek infrastruktur
b. pengendalian ekonomi suatu negara
c. pinjaman dengan bunga tinggi
d. penanaman modal asing
e. mencari investor

25. Setelah peristiwa G-30-S/PKI, politik luar negeri Indonesia lebih condong ke arah...
a. Blok Timur
b. Blok Barat
c. Uni Soviet
d. RRC
e. negara-negara komunis

26. Kekhawatiran yang muncul dalam menanggapi gagasan liberalisasi perdagangan adalah....
a. semakin menguntungkan negara-negara maju
b. negara berkembang tumbuh menjadi negara maju
c. munculnya imprealisme di bidang ekonomi
d. sebagai salah satu bentuk neokolonialisme
e. munculnya persaingan tidak sehat

27. Negara tirai besi adalah julukan bagi negara....
a. Jerman
b. RRC
c. Vietnam
d. Inggris
e. Uni Soviet

28. Teori yang menjelaskan jika salah satu negara jatuh maka negara-negara tetangga lainnya juga jatuh adalah teori...
a. evolusi
b. revolusi
c. marxis
d. darwin
e. domino

29. Perang Dingin adalah salah satu usaha untuk memperluas wilayah kekuasaan dengan cara....
a. mengirimkan utusan ke negara-negara yang dituju
b. meluaskan pengaruh ke negara-negara lain tanpa peperangan dan kekerasan
c. memberikan bantuan kepada negara-negara yang sedang bertikai
d. memberikan jaminan kepada negara yang meminta bantuan terhadap negara adikuasa
e. mencampuri urusan dalam negeri negara lain

30. Untuk mengendalikan perlombaan senjata nuklir, PBB membentuk...
a. Security Council
b. Atomic Energy Commission
c. Central Atomic Council
d. Nuclear Treaty Organization
e. Theater Nuclear


II. SOAL ESSAY


1. Jelaskan tugas dan fugsi dari Bank Dunia!
Jawab : tugas dan fungsi dari Bank Dunia adalah:
a. Memberikan pinjaman kepada negara-negara yang sedang berkembang
b. Membiayai proyek infrastruktur suatu negara

2. Pada masa pemerintahan Demokrasi Terpimpin, Indonesia pernah berkonfrontasi dengan Malaysia, yang berujung pada keluarnya Indonesia dari PBB. Sebagai pernyataan konfrontasi tersebut, Presiden Soekarno mengumandangkan Dwikora. Sebutkan isi dari Dwikora!
Jawab : Isi dari Dwikora adalah:
a. Perhebat ketahanan revolusi
b. Bantu perjuangan revoluisoner rakyat-rakyat Malasyia, Singapura, Sabah, Serawak, dan Brunei untuk menggagalkan negara boneka Malaysia

3. Sebutkan prinsip-prinsip dasar yang dijadikan pedoman pelaksaan politik luar negeri bebas aktif!
Jawab : Prinsip-prinsip dasar yang dijadikan pedoman pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif adalah :
a. Negara Indonesia menjalankan politik damai demi menegakkan perdamaian dunia
b. Negara Indonesia ingin bersahabat dengan negara-negara lain atas dasar saling menghargai dan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
c. Negara Indonesia menjunjung tinggi sendi-sendi hukum internasional

4. Jelaskan tujuan dari pelaksanaan politik luar negeri bebas dan aktif!
Jawab : Tujuan dari pelaksanaan politik luar negeri bebas dan aktif adalah:

  1. Mempertahankan kemerdekaan bangsa dan menjaga keselamatan negara
  2. Memperoleh barang-barang dari luar untuk memperbesar kemakmuran rakyat, apabila barang-barang tersebut tidak atau belum dapat dihasilkan sendiri.
  3. Meningkatkan perdamaian internasional karena hanya dalam keadaan damai Indonesia dapat melakukan pembangunan. Perdamaian merupakan syarat yang diperlukan untuk memperbesar kemakmuran rakyat. 

5. Bagaimana pelaksanaan politik luar negeri Indonesia pada masa Orde Baru?
Jawab : Pelaksanaan politik luar negeri masa Orde Baru mengoreksi semua penyelewengan pada masa Orde Lama. Politik luar negeri masa Orde Baru mengedepankan politik bertetangga baik, bersahabat dalam hidup, berdampingan secara damai, dan saling menguntungkan.




Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan IPS Sejarah Kelas 12 Semester 2 Beserta Jawabannya ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Sejarah, Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih