-->

#RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap

Di dalam dunia pendidikan tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Silabus dan RPP  yang merupakan adaministrasi para guru yang harus dimiliki dalam proses pembelajaran, supaya pemberian matau penyampaian materi terhadap siswanya bisa berjalan secara teratur ataupun tersusun dengan standar yang telah di tentukan.

Hal ini bertujuan agar materi yang disampaikan pada siswa bisa berjalan dengan baik dan tentunya memudahkan juga bagi para guru/pengajar dalam menganalisa masalah2 yang dimiliki para siswa pada setiap materi pelajaran yang di sampaikan.


Lantas apa sih sebenarnya silabus dan RPP itu, mungkin bagi sebagian orang yang baru memasuki dunia pendidikan hal ini akan terasa asing dan mungkin menganggap hal ini seabagai sesauatu yang rumit.

Untuk lebih jelasnya saya akan sedikit memaparkan menganai apa itu silabus dan RPP ?


A. SILABUS


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. 

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut :
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Silabus dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terdiri dari beberapa komponen, sebagai berikut :

1. Standar Kompetensi Mata Pelajaran
Standar kompetensi mata pelajaran adalah batas dan arah kemampuan yang harus dimiliki dan dapat dilakukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran suatu mata pelajaran tertentu, kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan siswa untuk suatu mat pelajaran, kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki siswa, kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan dalam dalam suatu mata pelajaran tertentu. Standar Kompetensi terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

2. Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.Misalnya, mampu menyelesaikan diri dengan lingkungan dan sebagainya.Kompetensi Dasar terdapat dalam Permen Diknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

3. Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan siswa dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar.Hasil belajar dalam silabus berfungsi sebagai petunjuk tentang perubahan perilaku yang akan dicapai oleh siswa sehubungan dengan kegiatan belajar yang dilakukan, sesuai dengan kompetensi dasar dan materi standar yang dikaji.Hasil belajar bisa berbentuk pengetahuan, keterampilan,maupun sikap.

4. Indikator Hasil Belajar
Indikator hasil belajar adalah ciri penanda ketercapain kompetensi dasar.Indikator dalam silabus berfungsi sebagai tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya perubahan perilaku pda diri siswa.Tanda-tanda ini lebih spesifik dan lebih dapat diamati dalam diri siswa, target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi atau tercapai.

5. Materi Pokok
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar.Secara umum  materi pokok dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis,yaitu  fakta,konsep,prisip,dan prosedur.

6. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap muka dan non tatap muka (pengalaman belajar).

7.  Alokasi Waktu
Alokasi waktu adalah waktu yang diperlukan untuk menguasai masing-masing kompetensi dasar.

8. Adanya Penilaian
Penilaian adalah jenis, bentuk, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur  keberhasilan belajar siswa.

9. Sarana dan Sumber Belajar
Sarana dan sumber belajar adalah sarana dan sumber belajar yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

B. RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.  Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indicator atau beberapa indicator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan silabus mempunyai perbedaan, meskipun dalam hal tertentu mempunyai persamaan. 

Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh, artinya di dalam suatu silabus adakalanya beberapa kompetensi yang sejalan akan disatukan sehingga perkiraan waktunya belum tahu pasti berapa pertemuan yang akan dilakukan. Sementara itu, rencana pelaksanaan pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. Didalamnya harus terlihat tindakan apa yang perlu dilakukan oleh guru untuk mencapai ketuntasan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai.

Adapun Tujuan dan Fungsi RPP adalah sebagai berikut :
  1. Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar
  2. Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.

Sementara itu, fungsi rencana pembelajaran adalah sebagai acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.

Itulah sedikit ulasan menegnai apa itu silabus dan RPP. Pada kesempatan kali ini saya akan menshare contoh dari pada RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap yang mudah2an bisa menjadi referensi bagi sobat prakta semua yang sedang mencari contohnya.

Tidak hanya itu, sobat prakta semua bisa mengambil contoh RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap secara cuma2 dimana file Silabus dan RPP ini berupa file Doc dan Pdf yang di gambung dalam sebuah folder dengan format zip, supaya bisa proses pengambilan datanya bisa sekaligus.

RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap


Berikut ini merupakan contoh RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap


1. Mata Pelajaran terbaru 2018
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel SBK  Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Prakarya Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel MTK SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Penjaskes Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel PKn Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum2013 SMA Mapel Sejarah Indonesia Silabus  – RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Pend. Agama & Budi Pekerti SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel B. Indonesia Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel B. Inggris SilabusRPP

2. Mata Pelajaran Matematika dan IPA terbaru 2018
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Matematika  Silabus RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Biologi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Fisika Silabus   – RPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Kimia Silabus RPP

3. Mata Pelajaran IPS terbaru 2018
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Ekonomi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Geografi SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Sejarah SilabusRPP
  • Download Kurikulum K13 SMA Mapel Sosiologi Silabus  – RPP

4. Mata Pelajaran EKONOMI

5. Mata Pelajaran ANTROPOLOGI

6. Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA PEMINATAN

7. Mata Pelajaran BAHASA ASING


Demikianlah artikel mengenai RPP dan Silabus K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran Lengkap ini, semoga bermanfaat buat Sobat prakta semua yang sedang mencari referensi mengenai silabus dan RPP K13 SMA Versi Kemdikbud Semua Mata pelajaran. Maaf apabila terdapat kesalahan dalam contoh Silabus dan RPP nya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. silahkan kunjungi terus prakatakita blog. Terima kasih.
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih