-->

Soal latihan UN SMP Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan UN SMP Bahasa Indonesia bagi kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan menghadi Tryout ataupun pada saat ujian  Nasional nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa indonesia yang dipelajari di Sekolah.

    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan UN SMP Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.

    Soal latihan UN SMP Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi TryOut ataupun UN adalah sebagai berikut :


    Bacalah teks berikut kemudian kerjakan Soal nomor 1 s.d 3!

    Untuk menjaga kesehatan tidak cukup dengan hanya minum vitamin. Olahraga pun juga penting. Melalui olahraga secara rutin, otomatis aliran darah kita pun akan menjadi Iancar.

    Jantung pun juga sehat. Ditambah lagi pikiran kita akan lebih segar setelah berolahraga. 0leh karena itu, jika ingin sehat rajinrajinlah berolahraga.

    1. Makna kata otomatis pada teks tersebut adalah . . ..
    A. perbuatan manusia
    B. pergantian tenaga
    C. dengan sendirinya
    D. mengatur pekerjaan

    2. Pernyataan yang sesuai isi teks tersebut adalah ...
    A. Jika ingin sehat rajin-rajinlah berolahraga.
    B. Olahraga berlebihan berbahaya bagi tubuh.
    C. Aliran darah menjadi lancar berkat vitamin.
    D. Qlahraga ringan dapat dilakukan setiap saat.

    3. Simpulan isi teks tersebut adalah ...
    A. Jika sudah minum vitamin sebaiknya jangan berolahraga.
    B. Olahraga berat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.
    C. Dengan mengurangi kegiatan rutin berolah raga dapat menyehatkan tubuh.
    D. Untuk menjaga kesehatan selain minum vitamin juga harus rutin berolahraga.

    Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 s.d 6!

    (1)Setiap hari, terjadi gempa bumi di permukaan bumi. (2) Menurut survey geologis Amerika, lebih dari tiga juta gempa bumi terjadi setiap tahunnya. (3) Berarti, terjadi 8000 gempa setiap hari atau setiap kali 1 1 menit. (4) Meskipun demikian, tidak semua gempa berefek merusak.

    Penyebab gempa bumi bermacam-macam, antara lain akibat gunung meletus, meteor jatuh, ledakan dalam tanah, atau runtuhnya sebuah struktur (bangunan atau dinding gua). Akan tetapi, gempa bumi yang sering terjadi dan memiliki efek dasyat addlah akibat bergesernya lempengan bumi di dalam tanah.

    4. Ide pokok parag raf kedua teks tersebut adalah....
    A. lempengan bumi
    B. efeRnya gempa
    C. penyebab gempa
    D. gesernya lempengan

    5. Kalimat utama parag raf pertama teks tersebut ditandai nomor......
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    6. Ringkasan teks tersebut adalah ...
    A. Bergesernya lempengan bumi penyebab gempa bumi terdasyat.
    B. Setiap hari, terjadi gernpa bumi dan penyeba b terjad i nya gempa.
    C. Berdasarkan penelitidh, setiap hari, terjadi gempa bumi di bumi.
    D. Tidak semua gempa bumi memiliki efek merusak dan merugikan.

    7. Bacalah teks berikut!
    (1)Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat lndonesia. (2) Membangun saluran air merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. (3) Solusi seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan. (a) Namun, itu semua perlu diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air.

    Pendapat yang menyatakan persetujuan pada teks tersebut ditandai nomot' ....
    A. (1)                       C. (3)
    B. (2)                       D. (4)

    8. Bacalah teks berikut!

    Teks 1
    Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat museum sejarah nasional lndonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional itu ukurannya luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Terdapat diorama yang menggambarkan sejarah perjuangan hingga masa orde baru.

    Teks 2
    Tepat pukul 06.00 kami berkumpul di lapangan sekolah. Setelah itu, mendapat pengarahan dari kepala sekolah. Pukul 07.30 pengarahan selesai, kami pun beranjak menuju bus masing-masing. Perjalanan menuju Pantai Pangandaran diperkirakan selama 9 s.d 10 jam. Selama perjalanan diisi dengan bernyanyi bersama.

    Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah urutah ....








    9.. Bacalah teks berikut!

    1) Buku ini berju dul Sudah Saatnya Menjadi Penulis Hebat,2) Isinya membahas trik untuk menjadi penulis yang dilengkapi dengan contoh. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan, dan bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya saja cover buku tersebut terlalu tipis sehingga mudah lepas.

    Hal yang menyatakan kelemahan pada teks tersebut ditandai dengan nomor ...
    A. (1)                          C. (3)
    B. (2)                          D. (4)

    Bacalah kutipan cerita berikut, kemudian kerjakan soal nomor 10 s.d 13!

    (1) Setengah jam berjalan akhirnya saya menemukan tukang tambal ban. Tapi, ujian lagi dari Allah. Sang tukang tambal ban tidur tidak bisa dibangunkan. Mungkin memang beliau tidak mau bangun, karena sudah saya goyang-goyang tubuhnya, tetap saja tidak bangun. Sayapun mencoba memahaminya, malam-malam begini mungkin beliau sudah terlalu kelelahan untuk membantu kami.

    (2) Perjalananpun kami lanjutkan, hingga kami menemukan tukang tambal ban, yang sedang menambal ban sebuah m0t0r. Menjelang pukul 22.30, 'Alhamdulillahi' batinku dengan rasa senang yang luar biasa, sambil menuntun motor honda prima tuaku dengan semangat. Sambil menunggu tukang tambal ban menyelesaikan pekerjaannya, saya merenung, betapa mulianya pekerjaan bapak tukang tambal ban tersebut. Saya baru merasakan bahwa sangat berharganya keberadaan mereka.

    10. Makna kata merenung pada kutipan cerita tersebutadalah....
    A. diam memikirkan sesuatu
    B. berjalan perlahan-lahan
    C. menatap diam-diam
    D. melihat dari jauh

    11. Watak tokoh Saya pada kutipan cerita tersebut adalah ....
    A. mudah menyerah
    B. tidak mudah emosi
    C. mudah putus asa
    D. tidak mudah menyerah

    12. Bagian yang ditandai dengan nomor (2) pada kutipan cerita tersebut merupakan . . ..
    A. pengenalan               C. klimaks
    B. perumitan                 D. peleraian

    13. Latar waktu pada kutipan cerita tersebut adalah....
    A. malam hari              C. pagi hari
    B. siang hari                 D. dini hari

    Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 14 s.d. 17

    "Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sanai' Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. "Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?""Tidak bisa, Sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barangbarangmu." Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18, Terasa berat untuknya meninggalkan ternpat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

    14. Makna siang bolong pada kutipan cerita tersebut adalah ....
    A. senja hari menjelang matahari terbenam
    B. senja hari saat matahari berada di barat
    C. siang hari saat matahari tertutup mendung
    D. tengah hari saat matahari panas-panasnya

    15. Nilai moral pada kutipan cerita tersebut adalah . . ..
    A. memaafkan teman yang bersalah
    B. menuruti kehendak orang tua
    C. mengikuti amarah diri sendiri
    D. meminta pertanggungjawaban

    16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan rita tersebut adalah ...
    A. Perasaan berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
    B. Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
    C. Nada merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
    D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.

    17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerita tersebut adalah ...
    A. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
    B. Nada diam mematung selama satu minggu tanpa berbuat apa pun.
    C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
    D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.

    Bacalah kedua kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 18 dan 19!

    Kutipan I
    Danu adalah anak dari orang yang kurang mampu. Ibunya meninggal dunia saat si Danu berumur 2 tahun. Sepeninggal ibunya, keluarganya rnenjadi berantakan, ayah si Danu mempunyai banyak hutang kepada rentenir untuk menghidupi keluarganya. Uang kerja sebagai penyapu jalan saja tidak cukup untuk menghidupi keluarganya.

    Kutipan ll
    "Kalau ada apa-apa lbu bisa panggil aku, nanti biar kubantu Bu." "lbu tak mau merepotkan kamu Nak. Ya sudah sana berangkat ke sekolahi' "Tapi bagaimana dengan lbu kalau aku tinggal sendirian di rumah?" "lnsya Allah, lbu bisa jaga diri dan perlu kamu ingat. Kita boleh miskin harta, tapi kita tidak boleh miskin ilmu dan agama"

    18. Perbedaan pola pola pengembangan kedua kutipan cerita  tersebut adalah diawali dengan ...








    19. Perbedaa n penggunaan bahasa kedua kutipan cerita tersebut adalah ....












    Bacalah kutipan cerita berikut kemudian kerjakan soal nomor 20 s.d .22

    Setelah sampai di taman, Pak Umar melihat seorang gadis kecil. Pak Umar merasa kasihan terhadap anak tersebut" Diambilnya beberapa lembar uang dua puluh ribuan Ialu diberikannya kepada gadis kecil itu. "Pak maal saya tidak boleh menerima uang jika tidak bekeryai' katanya sambil menggeleng-gelengkan kepala. "Mengapa?" tanya Pak Umar heran. "Kata lbu, saya boleh menerima uang kalau memang hasil bekerja. Saya tidak boleh meminta belas kasihan dar! ora ng:' Mendengar perkataan gadis itu, Pak Umar makin terharu. la tahu kalau ibu gadis kecil itu seorang yang berbudi luhur. "Begini saja, kalau memang harus bekerja, sekarang bantu Bapak beserta keluarga. Tolong kamu bawakan rantang ini. Kita akan makan bersama di bawah pohon yang rindang itu!" kata Pak Umar ramah. Pak Umar dan keluarga menuju ke bawah pohon yang rindang tersebut. Mereka pun menggelar tikar plastik yang baru saja disewanya" Gadis kecil itu pun diajakeuntuk makan bersama.
    pengembangan kedua tersebut adalah diawali

    20. Komentar yang tepat terhadap isi kutipancerita tersebut adalah ...
    A. Isi cerita bagus hanya tidak ada nilai moral yang patut dicontoh.
    B. lsi cerita kurang bagus karena ceritanya terlalu panjang dan bertele-tele.
    C. lsi cerita bagus karena memberi contoh dalam hidup harus mempunyai prinsip.
    D. lsi cerita tidak kurang menarik sehingga dan tidak ada amanatnya.

    21. Latar tempat pada kutipan cerita tersebut terdapat di ....
    A. jalan                     C. rumah
    B. taman                   D. halaman

    22. Komentar terhadap bahasa yang digunakanpada kutipan cerita tersebut adalah ....
    A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan bermakna lugas.
    B. Banyak kiasan yang digunakan dalam cerita membuat bahasa cerita sangat indah.
    C. Bahasa yang digunakan membosankan karena banyak kata yang ditulis berulang.
    D. Terdapat istilah bahasa daerah sehingga menyulitkan pembaca memahami isi cerita.

    23. Cermati kalimat berikut!
    Pak Andi dikenal sebagai orang yang dermawan.
    Variasai kata dermawan yang tepat pada kalimat tersebut adalah ....
    A. suka menabung             C. suka menggurui
    B. suka bersedekah            D. suka mernbantu

    24. Cermati petunjuk berikut!
    Membuat Puding Kelapa Muda
    (1) Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur la lu kocok!
    (2) [. . .]
    (3) Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok!
    (4) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat!
    (5) Tuanglah ke dalam cetakan!

    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    A. Biarkan adonan tercampur rata!
    B. Tambah gula pasir secukupnya!
    C. Masaklah air sampai mendidih!
    D. Tuang adonan ke dalam cetakan!

    25. Cermati kalimat-kalimat berikut!
    (1) Salah satunya mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh.
    (2) Radikal bebas itu merusak susunan protein dalam tubuh.
    (3) Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan penyakit.
    (4) Hal itu dapat memicu kanker yang sukar diobati.
    (5) Meningkatnya jumlah oksigen dapat meminimalisir efek radikal bebas.

    Susunan kalimat tersebut supaya menjadi teks laporan yang tepat adalah . . ..
    A. (1 )-(2) -(4)-(s)-(3)
    B. (1 )-(s) -(2)-(4)-(3)
    C. (3)-(1 )-(s) -(2)-(4)
    D. (3)-(s) -(2)-(1 )-(4)

    26. Cermati petunjuk yang diacak berikut!
    (1) Panaskan margarine, tumis bawang bombay hingga harum!
    (2) Sajikan hangat, taburi dengan peterseli, dan lengkapi dengan roti gar!ic!
    (3) Lalu rnasukkan jagung manis, jamur, dan tiram! Masak sebentar hingga mengental, angkat!
    (4) Tambahkan susu cair, kaldu, garam, dan merica!
    (5) Setelah harum, masukkan tepung terigu, masak sebentar!

    Susunan yang tepat petunjuk membuat sup krim ayam tersebut adalah ....
    A. (1), (3), (5), (4), (2)
    B. (1), (5), (4), (3), (2)
    C. (3), (2), (1), (4), (5)
    D. (3), (4), (1), (5), (5)

    27. Cermati kalimat berikut!
    Berwisata dapat menjadi salah satu cara positif untuk [. . .] semangat belajar anak.
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebutadalah....
    A. menjadikan                     C. mengharapkan
    B. membangkitkan              D. menyuburkan

    28. Cermati teks berikut!
    Buku Basmi Penyokit dengon Sirih Merah dikarang oleh Bambang Sudewo. Buku ini rnenjelaskan tentang membudidayakan tanaman herbal sirih merah. Selain itu, dilengkapi dengan testimoni penderita berbagai penyakit. Penggunaan kertas yang berkualitas disertai gambar membuat buku ini semakin menarik.[......].

    Kelemahan buku yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    A. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha obat-obatan herbal
    B. Buku yang patut dirniliki untuk menambah wawasan tentang tanaman
    C. Buku ini menjelaskan jenis tanaman herbal dan buku ini layak dibaca.
    D. Sangat disayangkan buku ini hanya menjelaskan secara empiris.

    29. Cermati data buku berikut!
    Judul buku   : Inovasi Pilihan Kompas
    Penulis         : Nawa Tunggal
    Keunggulan : - lsinya karya peneliti dari berbagai instansi
                           - Menambah wawasan
                           - Bahasa komunikatif
    Kelemahan  : Kertas koran

    Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ...

    A. Buku ini menyajikan secara lengkap inovasi yang dikumpulkan dari artikel yang dimuat di Kompas. lnovasi karya peneliti dari berbagai institusi yang dapat dimanfaatkan pembaca untuk menambah wawasan. Penggunaan bahasa yang komunikatif semakin mernudahkan pembaca untuk
    mencoba setahap-demi setahap inovasi tersebut. Meskipun begitu buku ini dilengkapi ilustrasi yang menarik.

    B. Buku ini menyajikan secara lengkap inovasi yang dikumpulkan dari artikel yang dimuat di Kompas. Inovasi karya peneliti dari berbagai institusi yang dapat dimanfaatkan pembaca untuk menambah wawasan. Penggunaan bahasa yang komunikatif semakin memudahkan pembaca untuk
    mencoba setahap-demi setahap inovasi .tersebut. Meskipun buku ini hanya menggunakan kertas koran tidak masalah karena buku ini sangat bermanfaat bagi pembaca.

    C. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi melakukan penelitian sederhana tentang berbagai hal karena buku ini ditulis oleh peneliti dari berbagai institusi. Dengan memanfaatkan media yang sederhana dapat menghasilkan karya inovasi yang manfaatnya maksimal. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik dan ditik di kertas HVS semakin membuat pembaca tertarik.

    D. Buku yang secara garis besar menjelaskan bagaimana menciptakan Inovasi daIam kehidupan seha ri-ha ri dengan memanfaatkan bahan daur ulang. Buku ya ng disaran kan untuk mereka yang senang meneliti karena dapat menambah wawasan. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasigambar berwarna. Bahasa yang digunakan kurang komunikatif bagi orang awam namun tidak menjadi masalah .karena dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang jelas

    30. Cermati data-data berikut!

    • Taman Hutan Rakyat lr. H. Juanda
    • terletak di Pakar, Cimenyan, Bandung
    • Luas 590 hektare dari Dago Pakar sampai Maribaya
    • konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman
    • sekitar 2500 jenis tanaman yang terdiri atas 40 familia dan 112 spesies

    Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah ...

    A. Taman Hutan Raya lr. H. Djuanda adalah taman wisata. Luas taman itu 590 hektare. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat 2500 jenis spesies yang terdiri atas 40 familia dan 112 species.

    B. Taman Hutan Raya lr. H. Diuanda letaknya di Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman itu 590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Tempat wisata dengan berbagai jenis hutan tanaman.

    C. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda letaknya di Pakar, Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman itu 590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya. Taman tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat banyak jenis tanaman.

    D. Taman Hutan Raya lr. H. Diuanda letaknya di Pakan Ciburial, Cimenyan, Bandung. Luas taman itu 590 hektare membentang dari Dago Pakar sampai Maribaya" Taman tersebut merupakan kawasan konservasi alam sekunder dengan hutan tanaman. Terdapat 2500'jenis spesies yang terdiri atas 40 familia dan 112 species.

    31 . Cermati kalimat berikut!
    Ombak di Pantai Kuwaru ini cukup ganas [. . .] tidak ada tebing atau karang yang memecah gelombang dan di dekatnya terdapat palung laut yang berbahaya.

    Konjungsi untuk melengkali kalimat tersebut yang tepat adalah ....
    A. lalu                C. tetapi
    B. dan                D. karena

    32. Cermati kalimat-kalimat berikut!
    1) Bunga mawar itu sangat harum sekali baunya.
    2) Cerpen yang ditulis Kakak dimuat di koran Kompas.
    3) Ayah membelikan adik sepeda baru.
    4) Yona sangat terampi! bermain piano.

    Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor . . ..
    A. 1)              C. 3)
    B. 2)              D. 4)

    33. Cermati kutipan teks berikut!
    (1 )Pantai Kuwaru yang terletak di Dusun Poncosari, DesaPoncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Di Yogyakarta. (2) Pantai Kuwaru merupakan salah satu pantai yang belum dikembangkan menjadi obyekwisata di Kabupaten Bantul. (3) Lebaran yang Ialu kami mengunjungi nenek yang tinggal di Bantul. (4) Keberadaannya cukup mendapat respon positif dari masyarakat karena memiliki daya tarik berupa rerimbunan pohon cemara udang dan lengkapnya fasilitas pendukung wisata tepi pantai.

    Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    34. Cermati kalimat berikut!
    Saat ini beberapa agen wisata memasukkan Pantai Kuwaru sebagai wisata alternatif bagi [...] yang bosan berkunjung ke Pantai Parangtritis.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimattersebut adalah ....
    A. domestik                  C. destinasi
    B. dermawan                D. wisatawan

    35. Cermati kalimat berikut!
    Tepi Pantai Kuwaru [...] kemiringan yang cukup curam dan pasirnya berwarna kecoklatan. 
    Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
    A. dimiliki                  C. Mendapat
    B. memiliki                 D. Didapat

    36. Cermati kalimat berikut!
    Pengunjung tidak ditarik biaya tambahan untuk berfoto dan memasuki area ini, hanya saja harus [...]agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    Kata ulang yang tepat untuk melengkapikalimat tersebut adalah ....
    A. berhati-hati
    B. hati-hatinya
    C. sehati-sehati
    D. berhati-berhati

    37. Cermati kalimat berikut!
    Air terjun ini bersifat air terjun musiman karena hanya mengalir ketika area setempat diguyur hujan dalam seleksi tinggi.
    Perbaikan kata seleksi pada kalimat tersebut yang tepat adalah ....
    A. selektif
    B. intensitas
    C. komunitas
    D. sepintas

    38. Cermati kalimat berikut!
    Pemandangan di Pantai Semawang hampir sama dengan kawasan pantai di wilayah Sanur lainnya, di mana pantainya landai berpasir putih dengan ombak yang tenang.
    Perbaikan kalimat tersebut supaya menjadi kalimat efektif adalah dengan menghilangkan kata . . ..
    A. pantai
    B. dengan
    C. Kawasan
    D. Dimana

    39.Cermati teks berikut!
    (1)Bukit Lintang Sewu terletak di Dusun Karangasem, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. (2)Bukit Lintang Sewu merupakan wisata perbukitan di Dlingo Bantul. (3) Bukit Lintang Sewu tempat yang paling berkesan bagiku. (4)Posisinya cukup strategis untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

    Perbaikan para graf tersebut supaya menjadi padu adalah mengganti kalimat nomor (3) menjadi ...
    A. Bila ingin memperoleh sensasi pengalaman baru, datanglah ke tempat wisata yang diunggulkan.
    B. Bukit Lintang Sewu memiliki daya tarik utama sebagai lokasi menikmati matahari terbenam.
    C. Tempat wisata yang murah meriah dan tentunya akan, memberikan kesan terindah bagi
         pengunjungnya.
    D. Tentu hal ini menjadi kemudahan sendiri bagi para pengunjung atau wisatawan yang berkunjung.

    40. Cermati kalimat berikut!
    Curug Sidoharjo merupakan daya tarik air terjun tersembunyi dibandingkan di balik perbukitan Menoreh Kulon Progo. 
    Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ...
    A. kata dibandingkan tidak tepat karena kalimat tersebut bukan kalimat perbandingan
    B. kata tersembunyi tidak perlu digunakan karena membingungkan
    C. kata perbukitan yang tepat seharusnya pegunungan
    D. kata di balik yang tepat seharusnya ditulis dibalik

    41 . Cermati kalimat berikut!
    Saat ketika pendudukan Jepang pada rentang tahun 1942-1947 Perkebunan Teh Jolotigo diambil alih oleh Jepang. 
    Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah . . ..
    A. tidak sesuai kaidah, gunakan pilihan kata yang sesuai dengan kaidah bahasa lndonesia
    B. pemborosan kata, kata saat dan ketika maknanya sama, gunakan salah satu saja
    C. kata olih tidak diperlukan karena akan membuat rancu kalimat tersebut
    D. kata rentang tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan

    42. Cermati teks berikut!
    (1) Perkebunan leh Jolotigo berada diantara Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Batang. (2) Perkebunan ini dirintis dan didirikan pada tahun 1875 oleh Johannes Van Hall dengan tanaman awal berupa teh, kopi, karet, dan kina. (3) Saat yang tepat untuk menikmati minuman teh pada senja hari. (4) Selanjutnya kebun teh ini dikelola oleh Pemerintah Belanda hingga tahun 1942.

    Alasan ketidakpaduan parag raf tersebut adalah karena kalimat nomor ....
    A. (1) tidak berkaitan dengan kalimat (2), (3 ), (4) .
    B. (2) tidak berkaitan dengan kalimat .(1), (3), (4).
    C. (3) tidak berkaitan dengan kalimat (1),(2),(4).
    D. (4) tidak berkaitan dengan kalimat (1),(2),(3)

    43. Cermati kalimat berikut!
    Bencana tanah longsor menyebabkan satu rumah warga di kampung Bonjot, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, rata dengan tanah, Senin (5/3).
    Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah .,.
    A. kata kampung seharusnya Kampung
    B. kata warga seharusnya ditulis Wargo
    C. kata Senin seharusnya ditulis Senen
    D. kata Desa seharusnya ditulis desa

    44. Cermati kalimat berikut!
    "Tidak baik bertengkar dengan tetangga, Ranti?" kata Ibu menyabarkannya.
    Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
    A. tanda koma (,)                 C. tanda petik("..:)
    B. tanda titik (.)                    D. tanda tanya (?)

    45. Cermati kalimat-kalimat berikut!
    (1) Ayah membeli obat di Apotik Berkah.
    (2) Kakak membaca Majalah Kartini.
    (3) Adik sangat menyukai kue bika Ambon.
    (4) Olahraqa jalan kaki sangat bermanfaat.

    Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut ditandai dengan nomor ...
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    46. Cermati kalimat berikut!
    Biar Ayah yang menjelaskan Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
    Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...

    A. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bui'ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
    B. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu?" ujar Pak Amir sambil menutup pintu.
    C. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintui'
    D. "Biar Ayah yang menjelaskan, Bu ujar Pak Amir sambil menutup pintu!"

    47. Cermati kalimat berikut!
    Haji agus salim Iahir di kota gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884.
    Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
    A. Haji Agus salim lahir di Kota Gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884.
    B. Haji Agus Salim lahir di Kota Gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884.
    C. Haji Agus Salim lahir di kota Gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884.
    D. Haji Agus salim lahir di kota Gadang, Agam, Sumatera Barat, 8 Oktober 1884.

    48. Cermati kalimat berikut!
    Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar kata AKP Sargiyata
    Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
    A. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyatal."
    B. "Dari rekahan tanah itulah, air bercampur Iumpur itu keluar kata AKP Sargiyata."
    C. "Dari rekahan tanah itulah air bercampur lumpur itu keluar",kata AKP Sargiyata.
    D. "Dari rekahan tanhh itulah, air bercanlpur lumpur itu keluari kata AKP Sargiyata.

    49. Cermati kalimat berikut!
    Bencana tanah gerak telah muncul di dusun Jagir, Desa Sumber, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, pada Jumat petang (213).
    Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ...
    A. Kata Jumat seharusnya ditui:s Jum'at supaya sesuai.
    B. Kata dusun seharusnya ditulis Dusun karena nama diri daerah.
    C. Kata Desa seharusnya ditulis deso supaya sesuai.
    D. Kata Jawa Tengah seharusnya ditulis Jawa tengah.

    50. Cermati kalimat berikut!
    "Kau akan memanfaatkanku, ya Cil!"tanya si Gajah. 
    Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
    A. tanda koma (,) sebelum ya tidakdiperlukan karena membingungkan
    B. tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena tandanya salah
    C. tanda titik (.) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat berita
    D. tanda seru (!) tidak tepat digunakan karena bukan kalimat seru


    Demikianlah artikel mengenai Soal latihan UN SMP Bahasa Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
    loading...

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih