Share & Learn Together
Soal latihan UN SMP MATEMATIKA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan UN SMP MATEMATIKA bagi kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan menghadi Tryout ataupun pada saat ujian Nasional nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran Matematika yang dipelajari di Sekolah.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan UN SMP Matematika Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.
Soal latihan UN SMP MATEMATIKA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap
Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Matematika kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi TryOut ataupun UN adalah sebagai berikut :
1. . Dari 143 siswa, 95 siswa senang matematika, 87 siswa senang fisika, dan 60 siswa senang keduanya. Banyak siswa yang tidak senang matematika maupun fisika adalah….
A. 21 orang
B. 27 orang
C. 35 orang
D. 122 orang
2. Diketahui rumus fungsi f (x) = 5x 3. Hasil dari f (3x+2) adalah....
A. 8x - 1
B. 15x -1
C. 15x - 6
D. 15x +7
3. Perhatikan grafik berikut!
Rumus fungsinya adalah … .
A. f(x) = -3x – 6
B. f(x) = 3x – 6
C. f(x) = -3x + 6
D. f(x) = 3x + 6
6. Perhatikan kelompok panjang sisi-sisi suatu segitiga berikut:
(i) 3 cm, 5 cm, 7 cm
(ii) 7 cm, 24 cm, 26 cm
(iii) 16 cm, 30 cm, 34 cm
(iv) 10 cm, 24 cm, 25 cm
yang merupakan panjang sisi segitiga siku-siku adalah ….
A. (i)
B. (ii)
C. (iii)
D. (iv)
7. Perhatikan gambar!
Luas bangun ABCDE adalah....
A. 430 cm2
B. 470 cm2
C. 500 cm2
D. 568 cm2
8. Perhatikan gambar persegi ABCD dan jajargenjang EFGH di bawah!
Jika luas seluruh daerah yang tidak diarsir 61 cm2, maka luas daerah yang diarsir adalah....
A. 6 cm2
B. 10 cm2
C. 12 cm2
D. 20 cm2
9. Sebuah taman berbentuk persegipanjang berukuran (30 m x 18 m). Di sekeliling taman dipasang tiang lampu dengan jarak antar lapu 6 m. Jika harga tiap tiang lampu Rp200.000 per tiang, maka biaya yang diperlukan seluruhnya adalah ….
A. Rp2.400.000,00
B. Rp3.200.000,00
C. Rp4.000.000,00
D. Rp4.800.000,00
11. Perhatikan gambar!
Pada gambar di atas panjang PQ adalah ….
A. 19,2 cm
B. 18,8 cm
C. 17,2 cm
D. 16,3 cm
A. - 44
B. - 36
C. 28
D. 48
13. Beni menjumlahkan nomor-nomor halaman buku yang terdiri dari 96 halaman adalah 4.672. Ternyata terjadi kekeliruan, ada 1 halaman yang dihitung 2 kali. Halaman berapakah itu?
A. 16
B. 18
C. 24
D. 36
14. Suatu pekerjaan dapat diselesaikan oleh 15 pekerja dalam waktu 12 minggu. Jika pekerjaan itu harus selesai dalam 9 minggu, banyak pekerja yang harus ditambah adalah ….
A. 3 orang
B. 4 orang
C. 5 orang
D. 20 orang
15. Persamaan garis yang melalui titik (–3 , 6) dan ( 1, 4) adalah … .
A. x + 2y = 9
B. 2x + y = 15
C. x – 2y = 15
D. 2x – y = 9
16. Penyelesaian dari sistem persamaan x – 3y = 1 dan x – 2y = 2 adalah x dan y.
Nilai 2x – 5y adalah ....
A. - 7
B. - 3
C. 3
D. 7
17. Rudi menabung pada sebuah bank sebesar Rp 800.000,00 dengan bunga 25% setahun. Jika tabungannya sekarang Rp 950.000,00, maka lama ia menabung adalah … .
A. 9 bulan
B. 8 bulan
C. 6 bulan
D. 4 bulan
18. Ali menjual sepeda seharga Rp500.000,00 dan ia mendapat untung 25% dari harga pembeliannya. Berapakah harga pembelian sepeda tersebut ?
A. Rp375.000,00
B. Rp400.000,00
C. Rp475.000,00
D. Rp625.000,00
19. Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 20, 17, 13, 8, … adalah ….
A. 5, 2
B. 5, 0
C. 2, –5
D. 1, –8
20. Rumus suku ke–n dari barisan 243, 81, 27, 9,… adalah…..
21. Perhatikan gambar !
Pasangan sudut yang sama besar adalah….
A. Sudut A dengan Sudut D
B. Sudut B dengan Sudut D
C. Sudut B dengan Sudut E
D. Sudut C dengan Sudut F
22. Diketahui 5(x+3) – 25 = 3(4x-1). Nilai dari x – 1 adalah ….
A. - 2
B. - 1
C. 1
D. 2
23. Himpunan penyelesaian dari 5x – 20 40 + 8x, untuk x anggota bilangan bulat adalah…..
A. {...,-22, -21, -20}
B. {...,-23, -22, -21}
C. {-20, -19, -18, ...}
D. {-19, -18, -17 ...}
24. Banyak himpunan bagian dari A = {x| x < 11, x bilangan ganjil} adalah…
A. 5
B. 6
C. 32
D. 64
25. Besar kedua sudut segitiga 25º dan 130º. Ditinjau dari panjang sisinya, jenis segitiga tersebut adalah...
A. Segitiga samakaki
B. Segitiga sembarang
C. Segitiga siku-siku
D. Segitiga tumpul
26. Perhatikan gambar berikut!
Nilai (2x + y + z)berdasarkan gambar di samping adalah ....
A. 1250
B. 1400
C. 1450
D. 1800
27. Besar Sudut A pada gambar adalah ….
A. 45º
B. 55º
C. 65º
D. 85º
28. Perhatikan gambar berikut!
BC adalah….
A. Busur
B. Tali busur
C. Juring
D. Tembereng
29. Perhatikan gambar! O pusat lingkaran
Jika besar Sudut BOC = 720, maka Sudut BAC = ....
A. 36º
B. 48º
C. 60º
D. 72º
30. Banyak bidang diagonal pada kubus adalah ….
A. 4 dan 6
B. 6 dan 4
C. 8 dan 6
D. 6 dan 8
31. Dari rangkaian persegi berikut :
yang merupakan jaring-jaring kubus adalah ....
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
32. Budi mebuat kerangka balok terbuat dari kawat sebanyak mungkin dengan ukuran 25 cm x 20 cm x 10 cm. Jika ia memiliki kawat sepanjang 5 m, maka sisa kawatnya adalah ….
A. 20 cm
B. 40 cm
C. 60 cm
D. 80 cm
33. Perhatikan gambar yang dibentuk oleh kerucut dan belahan bola! Volum bangun tersebut adalah.... (Pi=3,14)
A. 15.543 cm³
B. 15.675 cm³
C. 18.681 cm³
D. 18.836 cm³
34. Jumlah luas seluruh permukaan kubus yang panjang rusuknya 10 cm adalah … .
A. 120 cm2
B. 400 cm2
C. 600 cm2
D. 1.000 cm2
35. Sebuah gedung berbentuk balok dengan ukuran 15 m x 10 m x 4 m. Dinding bagian dalam di cat seluruhnya dengan biaya Rp.30.000,00 permeter persegi. Seluruh biaya pengecatan gedung adalah …
A. Rp6.000.000,00
B. Rp6.900.000,00
C. Rp9.000.000,00
D. Rp12.000.000,00
36. Modus dari data 7, 8, 6, 5, 6, 5, 8, 7, 6, 9 adalah ....
A. 6
B. 6, 5
C. 6, 7
D. 7
37. Berat rata-rata dari 15 siswa adalah 52 kg dan berat rata-rata 25 orang lainya adalah 48 kg. Berat rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah... .
A. 50,5 kg
B. 50 kg
C. 49,5 kg
D. 49 kg
38. Data penjualan buku dari toko MAREM pada lima hari minggu pertama bulan Januari. Selisih buku yang terjual pada hari Selasa dan Jumat adalah….
A. 20
B. 30
C. 40
D. 80
39. Dalam percobaan melempar sebuah dadu , peluang muncul mata dadu faktor dari 6 adalah ...
40. Budi dan Tini berbelanja di toko yang sama dalam minggu yang sama selama 5 hari Senin sampai dengan Jumat). Mereka masing-masing mempunyai peluang yang sama untuk berbelanja di toko pada 5 hari tersebut. Peluang mereka berbelanja di toko itu pada hari yang berurutan adalah…
A. 0,20
B. 0,25
C. 0,32
D. 0,50
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan UN SMP Matematika Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Matematika Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih