-->

Soal latihan UN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Nasional biasa disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan UN SMP IPA bagi kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya teman2 semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan menghadi Tryout ataupun pada saat ujian  Nasional nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran bahasa IPA yang dipelajari di Sekolah.

    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan UN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap berikut dibawah ini.

    Soal latihan UN SMP IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran IPA kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi TryOut ataupun UN adalah sebagai berikut :


    1. Buah kelapa bermassa 2 kg jatuh dari ketinggian 16 m dari tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, energi kinetik buah kelapa pada saat menyentuh tanah ....
    A. 32J
    B. 160J
    C. 320 J
    D. 490 J

    2. Tiga gaya masing-masing 30N ke utara, 40 N ke selatan dan 90 N ke utara. Ketiga gaya bekerja pada meja. Selama gaya bekerja usaha yang pada meja 720 J. Jarak perpindahan meja sejauh ....
    A. 4,5 m ke utara
    B. 6 m ke utara
    C. 8 m ke selatan
    D. 9 m ke utara

    3. Beberapa balok terbuat dari bahan yang sama berada di atas lantai seperti gambar.

    Urutan balok dengan tekanan paling besar ke paling kecil adalah ....
    A. (2), (3), (4), (1)
    B. (1), (3), (2), (4)
    C. (3), (1), (4), (2)
    D. (3), (4), (2), (1 )

    4. Perhatikan gambar pengukuran dengan alat neraca berikut!
    Massa beban X adalah ....
    A. 250 g
    B. 350 g 
    C. 450 g
    D. 550 g

    5. Sepotong baja bersuhu 280C dimasukkan ke dalam 100 g air bersuhu 380C. Suhu campuran menjadi 350 C. Jika kalor jenis air 4200 J/kgoc, dan kalor jenis baja X 450 J/kg0C, berapakah massa baja?
    A. 500 gram
    B. 420 gram
    C. 400 gram
    D. 380 gram

    6. Bola besi pada suhu normal dipindahkan dari mangkok ke tabung. Yang terjadi terhadap bola besi bentuknya ....
    A. mirip tabung dan volum tetap karena gaya tarik antar molekul sangat lemah
    B. tetap dan volum sama dengan tabung karena gaya tarik antar molekul kuat
    C. tetap dan volum tetap karena gaya tarik antar molekul sangat kuat
    D. bentuk mirip mangkok dan volum tetap karena gaya tarik antar molekul sangat kuat

    7. Gerak sebuah mobil mainan direkam dengan alat ticker timer dengan jejak seperti gambar.
    Hubungan antara kecepatan dengan waktu yang benar ditunjukkan oleh grafik ....
    8. Sebuah mobil bermassa 600 kg mulai bergerak dengan percepatan 2m/S2.Jika muatan mobil ditambah 400 kg, agar percepatan mobil menjadi 3m/S2 maka gaya dorong mesin mobil harus ditambah .......
    A.300N
    B. 1200N
    C. 1600 N
    D. 1800 N

    9.. Gelombang merambat pada tali. Dalam waktu 10 sekon terbentuk 25 bukit dan 25 lembah gelombang. Jika jarak antara dasar gelombang pertama dengan dasar gelombang ketiga 60 cm, cepat rambat gelombang tersebut adalah . . ..
    A. 150 cm/s
    B. 75 cm/s2
    C. 60 cm/s
    D. 30 cm/s

    10. Bunyi garputala dengan frekuensi 500 Hz merambat di udara dengan kecepatan 340 m/s. Kolom udara yang dapat beresonansi terhadap bunyi garputala adalah ....
    A. 128 cm
    B. 68 cm
    C. 34 cm
    D. 17 cm

    11. Perhatikan gambar tuas berikut!

    Jika tali penggantung digeser 10 cm menjauhi beban. Jikaa posisi kuasa
    tetap, agar tuas tetap maka kuasa harus ditambah ....
    A. 3O N
    B. 5O N
    C. 8O N
    D. 120 N

    12. Benda terletak dari lensa cembung sejauh 15 cm. Terbentuk bayangan nyata dengan perbesaran 2 kali dari bendanya. Jika lensa digeser 5 cm menjauhi benda, bayangan yang terbentuk bersifat ....
    A. nyata, terbalik, sama besar
    B. nyata, terbalik, diperkecil
    C. maya, tegak, diperbesar
    D. nyata, terbalik, diperbesar

    13. Pemanas air memiliki daya 600 W,digunakan untuk,memanaskan air 5kg bersuhu awal 200C hingga mendidihpada suhu 1000C.-Jika kalor jenis air,4200 J/kgoc. Waktu yang diperlukan untuk memanaskan air adalah ....
    A. 3500 sekon
    B. 3e00 sekon
    C. 2800 sekon
    D. 2500 sekon

    14. Dua tindakan yang dapat memperbesar medan magnet pada elektromagnet adalah ....
    A. memperbesar diameter kumparan dan memperbesar tegangan listrik
    B. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara seri
    C. memperbesar arus listrik dan mengurangi jumlah lilitan
    D. memperbanyak lilitan dan menambah baterai secara paralel

    15. Benda A bermuatan listrik +2q dan benda B bermuatan +1q, berjarak 3 cm. Kedua benda tolak-menolak dengan gaya F. Jika muatan A diperbesar menjadi +6q dan muatan benda B diperbesar menjadi +6q, sedang jarak A dengan B dijauhkan menjadi 9 cm. Gaya tolak-menolak antara A dengan B menjadi ....
    A.9 F
    B. 4 1/2 F
    C. 2F
    D. 1/2 F

    16. Urutan cara pembuatan gula dari sari tebu hasil penggilingan batang tebu adalah ....
    A. filtrasi + penguapan + kristalisasi
    B. filtrasi + pengendapan -+ kristalisasi
    C. filtrasi -+ pengendapan -+ evaporasi
    D. pengendapan + penguapan -+ kristalisasi

    17. Perhatikan beberapa sifat benda berikut!
    1) Garam mudah larut dalam air.
    2) Emas tidak mudah berkarat.
    3) Minyak tanah tidak dapat Iarut dalam air
    4) Air tidak dapat terbakar
    Yang termasuk sifat kimia adalah ....
    A. 1) Oan 2)
    B. 1) Oan 3)
    C. 4 aan 4)
    D. 3) dan 4)

    18. Rangkaian Iistrik berikut mendapat tegangan listrik yang sama.
    Rangkaian yang mendapat aliran arus listrik yang sama ditunjukkan oleh gambar ....
    A. 1) dan 2)
    B. 1) dan 3)
    C. 2) Aan 3)
    D. 2) dan 4)

    19. Perhatikan skema transformator berikut!
    Berdasarkan data pada gambar, kuat arus pada kumparan sekunder sebesar . . . .
    A. 3 A
    B. 2,4 A
    C. 0,8 A
    D. 0,3 A

    20. Seseorang menelpon temannya dari kota A yang waktu lokalnya menunjukkan pukul 09.00 kepada temannya di kota B. Kota A berada pada posisi 1050BB-50LS. Pada saat yang sama kota B menunjukkan waktu lokal pukul 12.40. Kota B berada pada koordinat....
    A. 500 BB-100LU
    B. 1490 BT-100LU
    c. 1600 BT-100LU
    D. 1750 BB -100LU

    21. Kertas lakmus merah dan lakmus biru dicelupkan ke dalam beberapa larutan. Perubahan warna yang benar adalah ....

    Perubahan warna lakmus yang benar adalah ........
    A. 1 dan 3
    B. 1 dan 4
    C. 2 dan 4
    D. 3 dan 4

    22. Perhatikan komposisi pada makanan kemasan Berikut :
    Tepung kentang minyak nabati, pati tapioka, gula, garam, dinatrium ribonukleotida, mononatrium glutomat, kalium klorida, asam sitrat. Yang merupakan bahan kimia penguat rasa buatan adalah ....
    A. dinatrium ribonukleotida dan asam sitrat
    B. asam sitrat dan mononatrium glutamat
    C. mononatrium glutamat dan dinatrium ribonukleotida
    D. dinatrium ribonukleotida dan asam klorida

    23. Ciri-ciri orang yang menggunakan zat adiktif /psikotropika sebagai berikut :
    1) nafas tersengal-sengal
    2) denyut nadi menurun
    3) tidak sadarkan diri
    4) saraf mengalami gangguan
    5) berat badan turun
    Ciri-ciri fisiologis seseorang pengguna zat adiktif/psikotropika adalah.......
    A. 1, 2, dan 3
    B. 1, 2, dan 4
    C. 2,3, dan 4
    D. 2,3, dan 5

    24. Perhatikan gambar berikut!

    Ciri makhluk hidup seperti adalah ....
    A. bergerak
    B. bernafas
    C. berkembangbiak
    D. tumbuh dan berkembang

    25. Seorang siswa melakukan pengamatan struktur jaringan tumbuhan dengan mikroskop di laboratorium lPA, namun sinar yang masuk sedikit sehingga belum dapat melakukan pengamatan. Upaya untuk mendapatkan cahaya yang cukup supaya dapat melakukan pengamatan adalah ....
    A. memutar makrometer supaya mendapatkan gambar
    B. memutar mikrometer supaya gambar fokus dan jelas
    C. mengatur cermin supaya cah aya masuk
    D. mengatur diafragma supaya menda patkan cahaya yang cukup

    26. Perhatikan kunci determinasi berikut !

    Kunci determinasi rumput-rumputan adalah ....
    A. 1a-2b-4a-7a
    B. 1a-2b-4b-5a
    C. 1b-2a-4a-7 a
    D. 1b-2a-4b-5b

    27. Perhatikan gambar berikut !

    Pencemaran yang terjadi, sesuai dengan gambar tersebut adalah ....
    A. peningkatan suhu udara karena efek rumah kaca
    B. jarang terjadi hujan asam pada daerah industri ini
    C. penurunan kadar karbon dioksida di udara
    D. penurunan karbon monoksida di udara

    28. Perhatikan grafik pertumbuhan penduduk berikut !

    Dampak yang ditimbulkan pertumbuhan penduduk sesuai dengan grafik dari tahun 2011 hingga tahun 2012 terhadap lingkungan di daerah tersebut adalah ....
    A. meningkatkan kualitas air di sungai
    B. naiknya kandungan oksigen di udara
    C. kandungan karbondioksida di udara menurun
    D. meningkatnya pencemaran air akibat limbah rumah tangga

    29. Perhatikan gambar lengan berikut !
    Proses dan kerjayang terjadi pada gerakan ini dalah ....
    A. otot bisep dbn otot trisep kontraksi, sinergis
    B. otot bisep dan otot trisep relaksasi, antagonis
    C. otot bisep kontraksi dan otot trisep relaksasi, sinergis
    D. otot bisep relaksasi dan otot trisep kontraksi, antagonis

    30. Perhatikan tabel uji makanan berikut!

    Berdasarkan data percobaan di atas, bahan makanan P dan R berturut-turut adalah ....
    A. margarin dan tepung maezena
    B. singkong dan putih telur
    C. Iarutan glukosa dan putih telur rebus
    D. roti tawar dan larutan gula pasir

    31. Perhatikan diagram berikut!

    Berdasarkan diagram tersebut, volume udara vital adalah....
    A. 5000 ml
    B. 3500 ml
    C. 1500 ml
    D. 500 ml

    32. Perhatikan ciri-ciri se! darah berikut:
    (1) tidak mempunyai bentuk tetdp,
    (2) mempunyai inti sel,
    (3) tidak mengandung hemoglobin,
    (4) dapat mencerna sel mati (pagosit),
    (5) dapat menembus dinding kapiler (diapedesis).
    Berdasarkan ciri-ciri sel darah tersebut, merupakan sel darah ....
    A. eritrosit
    B. leu kosit
    C. trombosit
    D. pagosit

    33. Seorang pasien mengunjungi dokter spesialis dan menceritakan sakitnya, “ ... Saya merasa nyeri dan perasaan tidak nyaman pada saluran kencing, sering buang air kencing dan terasa terbakar atau sakit dan perih, dan ada pembengkakan serta kulit memerah pada organ kelamin saya dokter...” Dokter
    menganalisis bahwa pasien tersebut terkena penyakit ....
    A. Gonorochea
    B. Sipilis
    C. herves
    D. AIDS

    34. Perhatikan gambar berikut!

    Berdasarkan siklus menstruasi tersebut, fase menstruasi terjadi sekitar hari ....
    A. 1 -7
    B. 7 -14
    c. 14-21
    D. 21 -28

    35. Perhatikan gambar berikut!

    Reproduksi aseksual Cacing Planaria seperti pada gambar adalah...
    A. membelah diri
    B. fragmentasi
    C. partenogenesis
    D. pembentukan tunas

    36. Perhatikan gambar berikut!

    Proses filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi terjadi pada bagian nefron nomor .......
    A. 1 ,2, dan 3
    B. 1,3, dan 5
    C. 2,3, dan 5
    D. 2,4, dan 6

    37. Perhatikan gambar berikut!

    Fungsi bagian yang diberi tanda huruf R adalah ....
    A. pertumbuhan skunder
    B. pertumbuhan primer
    C. pertukaran gas
    D. menyalurkan air dan garam mineral

    38. Perhatikan gambar percobaan berikut !

    Bila percobaan tersebut diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari dalam waktu yang cukup lama, kesimpulannya adalah fotosintesis menghasilkah ....
    A. oksigen yang berupa gelembung udara
    B. amilum pada reaksi terang
    C. glukosa yang telarut dalam air
    D. karbondioksida yang berupa gelembung udara

    39. Perhatikan bagain persilangan berikut !

    Bila genotip keturunan pertama (F1) disilangkan sesamanyd, maka jumlah genotipe bbMm adalah .....
    A. 1 C. 3
    B. 2 D. 4

    40. Bila pada suatu daerah terdapat pertanian kedelai, untuk meningkatkan produksi pangan didirikan pabrik kecap. Mikroorganisme yang digunakan untuk membuat kecap tersebut adalah ....
    A. Rhizopus oryzae
    B. Acetobacter xylimum
    C. Asgaris lumbricoides
    D. Aspergylus wentii


    Demikianlah artikel mengenai Soal latihan UN SMP IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap ini, semoga bermanfaat buat teman2 yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
    loading...

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih