Share & Learn Together
Contoh Makalah PTI (Perancangan Dan Pengembangan Sistem) Lengkap
Makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas pokok masalah tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup tertentu. Makalah juga dapat diartikan sebagai karya akademis yang biasanya diterbitkan atau dipublikasikan pada jurnal yang bersifat ilmiah.
Namun menurut pengertian dari beberapa ahli diantaranya menurut Tanjung dan Ardial mengartikan makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan disertai analisis yang logis dan objektif.
Sedangkan menurut Surakhmad makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok permasalahan.
Dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa makalah adalah suatu karya tulis yang membahas permasalahan tertentu dengan analisis yang logis dan objektif dan ditulis dengan sistematis.
Contoh Makalah PTI (Perancangan Dan Pengembangan Sistem) Lengkap
Setelah kita mengetahui apa itu makalah, sesuai dengan judul yang saya ambil pada artikel ini yaitu contoh dari makalah itu sendiri, disini saya mengambil contoh Makalah PTI (Perancangan Dan Pengembangan Sistem) yang merupakan salah satu tugas perkulian saya pada mata kuliah PTI, langsung saja kalin bisa menyimak contoh kalahnya di bawah ini.
1. Cover
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM
Disusun Oleh :
AHMAD HAMDANI
NPM : 432007006130384
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
STMIK TASIKMALAYA
2015
2. Kata Pengantar
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah puji dan syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah serta Inayah-Nya,Makalah dengan Judul : ”Perancangan Dan Pengembangan Sistem Informasi” ini dapat diselesaikan oleh penyusun. Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas kelompok dalam mendapatkan nilai mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Indraprasta.
Makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penyusun menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :
- Bapak Oceng, S.Kom. selaku Dosen Mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya, yang telah memberikan banyak pengetahuan mengenai Teknologi Informasi.
- Rekan-rekan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika yang telah memberikan dorongan dan do’a untuk dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya.
Semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan yang sesuai dengan budi baik yang telah mereka berikan. Penyusun berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, terutama di bidang Teknologi Informasi. Amin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Garut, 19 September 2014
Penyusun,
Ahmad Hamdani
3. Bagian Isi BAB I
BAB I
PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan.Teknologi informasi khususnya komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas perangkat software dan hardware mengalami pertumbuhan yang pesat,bahkan komputer disebut-sebut sebagai tonggak awal rovulusi teknologi digital. Revolusi teknologi harus di imbangi dengan pembaharuan (innovation) pendidikan dan pembelajaran.
Dengan masuknya teknologi informasi khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran di masyarakat.Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata, olah data, olah gambar, dan pangkalan data berbagai bidang kehidupan. Apalagi dengan munculnya teknologi multimedia interaktif yang sanggup menyajikan tulisan, suara, gambar, animasi, dan video secara bersaman maupun bergantian.
Kemajuan teknologi informasi membuat aktivitas menjadi serba cepat serta kehidupan dunia seperti tanpa batas melalui komputer jaringan (internet) yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan cepat, akurat dan murah. . Secara garis besar peranan teknologi komputer seperti,
- Menggantikan peran manusia, dalam hal ini teknologi komputer melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
- Teknologi komputer memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan infomasi terhadap suatu tugas atau proses.
- Teknologi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang tanpa batas. Setiap hari pasti ada perkembangan dan kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Namun kemajuan tersebut tidak sepenuhnya membawa dampak baik bagi manusia ataupun penggunanya tapi kemajuan teknologi juga menimbulkan dampak negatif yang tidak sedikit.
1.1 Alasan pemilihan tema
Alasan pemilihan tema ini karena menarik perhatian penyusun untuk membahas tentang teknonolgi informasi,pengembangan sistem informasi dan masa depan teknologi informasi. Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. Selanjutnya,
Teknologi informasi dipakai dalam sistem informasi organisasi untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.
Saat ini berbagai temuan di bidang teknologi semakin beragam,konsumen pun semakin di manjakan oleh kecanggihan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam para ilmuwan pun seolah-olah berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi masa depan.
1.2 Latar belakang ilmiah
Di era informasi saat ini, perkembangan lingkungan mengarah pada pemanfaatan teknologi informasi (TI) tenryata telah merambah dan menjadi alternatif pergerakan dalam aktivitas pembelajaran. Fenomena keberadaan TI tidak lagi dipandang hanya sebatas alat perhitungan dan komunikasi, tetapi telah menjadi komponen yang melekat hampir di sejumlah perusahaan, instansi, bahkan di ranah pendidikan.
Secara implisit dan eksplisit teknologi informasi tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.
Teknologi informasi menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkatkomputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologitelekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Dalam perkembangan ilmu komputer Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Namun, jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue atau masakan yang dinyatakan dalam suatu resep juga dapat disebut sebagai algoritma.
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kuncidalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harusdapat ditentukan bernilai salah atau benar.Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untukmelakukan pekerjaan tertentu.
Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa tertentu (misalnya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti Pascal, atau C, sehingga lebih tepat digunakan untuk menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada pemrogram. Sedangkan algoritma disajikan dengan gambar, misalnya dengan flowchart.
Dalam komputer juga terdapat bahasa pemrograman,atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
1.3. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yaitu sebagai berikut :
- Untuk menambah ilmu dan pengetahuan mengenai masalah yang diangkat dalam makalah ini.
- Mahasiswa dapat mengetahui tentang teknologi informasi, pengembangan sistem, algoritma,bahasa pemrograman dan metodologi serta masa depan teknologi informasi yang selalu berkembang dengan pesat.
1.4. Rumusan Masalah
Dalam menyusun makalah ini, penyusun merumuskan beberapa masalah yang berkaitan dengan:
- Teknologi informasi
- Dampak teknologi informasi
- Definisi sistem
- Karakteristik sistem
- Klasifikasi sistem
- Metode sistem
- Analisis dan desain sistem
- Membuat program
- Pengembangan Life Cycle
- Algoritma
- Bahasa pemrograman dan metodologi
- Pertanyaan orang untuk umur komputer
1.5. Metode Penulisan
Dalam menyusun makalah ini, penyusun menggunakan metode pustaka dan diskusi. Pustaka yaitu metode yang dilakukan dengan mempelajari dan mengumpulkan data dari pustaka yang berhubungan dengan materi yang ada dalam makalah ini, baik berupa buku maupun informasi di internet. Sedangkan diskusi yaitu mendapatkan data dengan cara bertanya secara langsung kepada teman – teman yang mengetahui informasi tentang materi dalam makalah ini.
1.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam penyusunan makalah ini, yaitu sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dibahas mengenai alasan pemilihan tema, latar belakang ilmiah, perumusan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II dan BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini membahas mengenai pengertian teknologi informasi,dampak teknologi informasi, definisi sistem,karakteristik sistem,klasifikasi sistem,metode sistem,analisis dan desain sistem, membuat program,pengembangan life cycle,algoritma,bahasa pemrograman dan metodologi,masa depan teknologi informasi,dari riset ke realita: teknologi informasi abad 21, pertanyaan orang untuk umur komputer.
BAB IV PENUTUP
Pada bab ini berisi mengenai kesimpulan dan saran.
4. Bagian isi BAB II
BAB II
PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM
2.1 Perancangan untuk Teknologi informasi
Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi :
- Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)
- Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
- Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
- Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
- Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
2.2 Bagaimana membuat sistem dan membuat program
1. DEFINISI SISTEM
Terdapat banyak sekali definisi sistem yang dikemukakan oleh para ahli. Dalam hal ini penulis mencoba untuk mengemukakan definisi sistem yang cukup bisa diterima secara logis, yaitu:
- Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabelvariabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung samalain.
- Menurut Mc. Leod (1995) mendefinisikan Sistem sebagai sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan.
- Menurut Scott (1996) sistem terdiri dari unsur-unsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), serta keluaran (output).
- Menurut Ludwig Von Bartalanvy,Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
- Menurut Anatol Rapopot,Sistem adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
- Menurut L.Ackof,Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Dari definisi sistem diatas maka dapat di ambil sebuah kesimpulan bahwa, sistem adalah suatu elemen-elemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Contoh Sistem Komputer terdiri dari : Software, Hardware, Brainware.
Syarat-syarat sistem :
- Sistem harus dibentuk untuk menyelesaikan tujuan.
- Elemen sistem harus mempunyai rencana yang ditetapkan.
- Adanya hubungan diantara elemen sistem.
- Unsur dasar dari proses (arus informasi, energi dan material) lebih penting dari pada elemen sistem.
- Tujuan organisasi lebih penting dari pada tujuan elemen.
2. KARAKTERISTIK SISTEM
Untuk memahami atau mengembangkan suatu sistem, maka perlu membedakan unsur-unsur dari sistem yang membentuknya. Berikut ini karakteristik sistem yang dapat membedakan suatu sistem dengan sistem lainnya.
- Batasan (boundary) : Pengambaran dari suatu elemenatau unsur mana yang termasuk didalam sistem dan mana yang diluar sistem.
- Lingkungan (environment) : Segala sesuatu diluar sistem, lingkungan yang menyediakan asumsi, kendala dan input terhadap suatu sistem.
- Masukan (input) : Sumberdaya (data, bahan baku,peralatan, energi) dari lingkungan yang dikonsumsi dan dimanipulasi oleh suatu sistem
- Keluaran (output) : Sumber daya atau produk (informasi,laporan, dokumen, tampilan layer computer, barang jadi) yang disediakan untuk lingkungan sistem oleh kegiatan dalam suatu sistem.
- Komponen (component) : Kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatu sistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi (output). Komponen ini bisa merupakan subsistem dari sebuah sistem.
- Penghubung (interface) : Tempat dimana komponen atausistem dan lingkungannya bertemu atau berinteraksi.
- Penyimpanan (storage) : Area yang dikuasai dandigunakan untuk penyimpanan sementara dan tetap dari informasi, energi, bahan baku dan sebagainya. Penyimpanan merupakan suatu media penyangga diantara komponen tersebut bekerja dengan berbagai tingkatan yang ada dan memungkinkan komponen yang berbeda dari berbagai data yang sama.
3. KLASIFIKASI SISTEM
a. DETERMINISTIK SISTEM.
Sistem dimana operasi-operasi (input/output) yang terjadi didalamnya dapat ditentukan/ diketahui dengan pasti.
Contoh :
- Program komputer, melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaian instruksinya
b. PROBABILISTIK SISTEM.
Sistem yang input dan prosesnya dapat didefinisikan, tetapi output yang dihasilkan tidak dapat ditentukan dengan pasti; (selalu ada sedikit kesalahan/penyimpangan terhadap ramalan jalannya sistem).
Contoh :
- Sistem penilaian ujian
- Sistem pemasaran.
c. OPEN SISTEM.
Sistem yang mengalami pertukaran energi, materi atau informasi dengan lingkungannya. Sistem ini cenderung memiliki sifat adaptasi, dapat menyesuaikandiri dengan lingkungannya sehingga dapat meneruskan eksistensinya.
Contoh :
Sistem keorganisasian memiliki kemampuan adaptasi. (Bisnis dalam menghadapi persaingan dari pasar yang berubah. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersingkir)
d. CLOSED SISTEM.
Sistem fisik di mana proses yang terjadi tidak mengalami pertukaran materi, energi
atau informasi dengan lingkungan di luar sistem tersebut.
Contoh :
Reaksi kimia dalam tabung berisolasi dan tertutup.
2.3 Pengembangan System Life Cycle (SLC)
System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan sistem informasi dasar-dasar atau subsistem. Ini biasanya digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang besar. Telah ada pendekatan implementasi tradisional sepanjang era komputer, dan ada perjanjian umum antara ahli-ahli komputer sehubungan dengan tugas-tugas yang dilaksanakan.
Beberapa SLC (System Life Cycle) terdapat dalam perusahaan yang menggunakan komputer, mungkin ada seratus atau lebih. Pada kenyataannya SLC (System Life Cycle) adalah sarana yang digunakan oleh manajemen untuk melaksanakan rencana strategis. Konsep life cycle menjadikan segala sesuatu yang tumbuh, menjadi dewasa setiap waktu dan akhirnya mati. Pola ini digunakan untuk sistem dasar komputer seperti subsistem pemrosesan data atau SSD.
2.4 Dari id ke algoritma dan dari algoritma ke program
1. Apakah Itu Algoritma
Ditinjau dari asal-usul katanya, kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan algorist jika Anda menghitung menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi.
Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book ofrestoration and reduction). Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra). Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka Arab sudah menjadi hal yang biasa, maka lambat laun kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi algoritma.
2. Definisi Algoritma
“Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kuncidalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harusdapat ditentukan bernilai salah atau benar.Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untukmelakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritmaadalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikankeluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidakpeduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.
Pertimbangan kedua yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini penting terutama pada algoritma untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya.
Ketiga adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika kita harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut. Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walaupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya kita mengharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.
5. Bagian Isi BAB III
BAB III
MENCIPTAKAN MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi merupakan aspek yang sangat penting saat ini. Memiliki kemampuan untuk mentransfer data, menyimpan data dan tetap aman sangat penting dalam banyak hal. Tanpa teknologi informasi fasilitas medis dan perusahaan akan sulit untuk menjaga informasi yang tersimpan dengan aman.
Komputer memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus atau di tempat-tempat jauh. Hal ini cukup beralasan bahwa akan perkembangan teknologi yang lebih baik tahunan, komputer akan memainkan peran penting dalam dukungan yang berkelanjutan dari teknologi informasi di masa depan.
Komputer memungkinkan pengguna sekarang untuk melakukan banyak hal seperti menulis jauh lebih cepat daripada mesin ketik tradisional atau pena dan kertas akan di lakukan. Mereka juga membuatnya sangat memungkinkan untuk melacak orang, melakukan bisnis secara global jauh lebih mudah daripada sebelumnya dan mengatur dan menyimpan beberapa file.
Mereka juga membuat pendidikan mungkin dari lokasi terpencil dan menyediakan komunikasi yang jauh penjangkauan apa telepon tradisional yang bisa lakukan.Tentu saja otak manusia jauh lebih maju daripada komputer rumah khas.Otak kita memungkinkan kita untuk melacak hal-hal yang baik dan mengingat wajah dan nama, mencari hiburan, mencintai orang lain dan menikmati hal-hal sederhana dalam hidup.
Masa depan teknologi informasi dapat melibatkan dengan menggunakan komputer untuk meningkatkan otak manusia. Komputer umum di harapkan memiliki kemampuan yang sama atau hampir sama dengan otak manusia di masa depan. Dalam dua puluh lima tahun atau lebih sangat mungkin bahwa anda akan dapat memiliki komputer yang akan memiliki kemampuan untuk merasakan emosi dan memiliki pengalaman spiritual. Tentu saja prediksi ini akan di tanggapi dengan skeptis seperti semua orang lain di masa lalu.
Kendaraan bertenaga bensin pertama bertemu dengan pengawasan yang jauh seperti pesawat pertama. Masyarakat secara keseluruhan umumnya tidak menerima hal-hal yang tidak dapat memahami atau kontrol. Percaya bahwa teknologi ilmiah dapat menghasilkan sebuah komputer yang mampu emosi manusia begitu terlalu mengada-ada bahwa banyak hanya akan melihatnya untuk mempercayainya. Itu tidak berdiri untuk alasan,namun jika perkembangan telah datang sejauh mereka memiliki saat ini, kemudian memiliki teknologi informasi yang lebih baik dan efisien di masa depan hampir di berikan.
3.1 Hari esok tidak ada yang tahu
Teknologi sulit untuk meramalkan, dan bahkan sulit untuk memprediksi dampak bahwa teknologi Akan dimiliki oleh masyarakat.
Tahun 1930 Film Hanya sebuah imaginasi yang disajikan secara berani, namun tidak cukup akurat, untuk visi di masa depan, di sini Maureen O’Sullivan duduk di pesawat terbang pribadinya
.
Kita bisa memprediksi masa depan dengan mengenal empat fase dari setiap teknologi atau bisnis media: hardware, software, layanan, dan cara hidup.
- Hardware => Mengembangkan perangkat keras baru
- Software => Software seperti program televisi, halaman web dan database memberikan nilai produk hardware.
- Layanan => Perusahaan fokus dalam melayani pelanggan mereka.
- Cara hidup => Produk/layanan menjadi begitu mengakar sehingga menjadi hampir tak terlihat.
3.2 Dari riset ke realita : Teknologi informasi abad 21
Ide yang tumbuh dari pikiran insinyur dan ilmuwan yang secara kolektif akan membentuk masa depan teknologi informasi. Tren menunjukkan ide-ide yang paling mungkin untuk berhasil.
Hardwareesok: Tren danInovasi Kecepatan : kecepatan komputer saat ini biasanya diukur dalam MIPS (jutaan instruksi per detik),dimana instruksi adalah operasi yang paling primitif dilakukan oleh prosesor.
Ukuran: komponen utama dari sebuah komputer modern disimpan pada beberapa chip kecil.
Efisiensi: desktop & komputer portabel mengkonsumsi listrik sangat kecil.
IBM S/390 G6 Server melakukan hingga 1,6 milyar instruksi per detik-hampir 1 miliar kali kinerja Mark bersejarah I-dengan biaya yang jauh kurang dari mainframe atau superkomputer.
Hardwareesok: Tren danInovasi yang lebih baik Kapasitas: optik, magnetik, dan perangkat semikonduktor melakukan penyimpanan yang hampir dapat mengurangi masalah.
Biaya: hardware secara dramatis menurunkan biaya
Inovasi teknologi
Alternatif chip teknologi
Alternatif arsitektur
Alternatif teknologi penyimpanan
Alternatif keluaran display
Perangkat input alternatif: sensor
“Smart dust” komputer di University of California di Berkeley dan memantau bantuan pemanas kontrol dan sistem pendinginan menggunakan sensor lingkungan dan link komunikasi nirkabel
SoftwareBesok: BerkembangAplikasidan Antarmuka
Ilmuwan komputer bahkan terkadang tidak dapat mengembangkan alat yang akan memungkinkan programmer untuk mendeteksi kesalahan perangkat lunak dengan cepat. Akan tetapi, teknologi perangkat lunak saat ini berkembang dengan cepat.
WIMP: (jendela, ikon, menu, dan perangkat menunjuk) antarmuka lebih mudah untuk belajar dan digunakan daripada sebelumnya berbasis karakter antarmuka.
SILK: untuk kemampuan bicara, gambar, bahasa, dan pengetahuan.
Berkembangantar muka (Interface)
Antarmuka
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device)
SILK menggabungkan banyak teknologi perangkat lunak penting:
-Bicara dan bahasa: suara sistem pengenalan, natural-language processing
-Gambar: tiga-dimensi model, animasi, dan klip video, antarmuka virtual reality
-Pengetahuan: self-mempertahankan sistem
LayananBesok: SesungguhnyaAgen Cerdas
Agen adalah perangkat lunak program yang dirancang untuk mengatur ketimbang memanipulasi.
Sebuah Software agen cerdas itu :
mengajukan pertanyaan serta menanggapi perintah
memperhatikan pola kerja user-nya
berfungsi sebagai panduan dan pelatih
mengambil tujuan pemiliknya
menggunakan alasan untuk memenuhi tujuannya sendiri.
Lebih lanjut tentangAgenCerdas
Wizard dan agen-seperti software : panduan pengguna melalui tuga-tugas kompleks dan menjawab pertanyaan ketika masalah timbul.
Bots: software robot yang merangkak di sekitar informasi Web mengumpulkan, membantu konsumen membuat keputusan, menjawab email, dan bahkan bermain game
Masa DepanSoftware
Sebuah perangkat lunak agen di masa depan mungkin menyelesaikan tugas-tugas:
• Mengingatkan Anda bahwa sudah waktunya untuk menjalankan mobil anda?
• Distribusikan catatan kepada anggota lain dari kelompok studi Anda
• Kelola janji Anda dan melacak komunikasi anda
• Mempertahankan sistem Anda dan rumah Anda dari virus, penyusup,? dan pelanggaran keamanan lainnya
• Mendeteksi keadaan emosi Anda dan tanggapan yang sesuai
Tommorow’s Way of Life: Teknologi Transparan
“Ini akan menjadi generasi di mana teknologi menghilang ke dalam alat, melayani fungsi yang berharga tapi tetap keluar dari jalan -. Generasi komputer tak terlihat”
Donald A. Norman
Memasang Intelijen
Komputer yang menghilang ke lebih dari peralatan.
Informasi peralatan, termasuk ponsel, mesin faks, dan perangkat GPS, melakukan fungsi khusus mereka sementara menyembunyikan rincian teknologi dari pengguna mereka.
Wearable komputer: tali-on unit untuk pengumpul informasi aktif.
CPU, keyboard, dan touchpad di pasang langsung ke pakaian, mengubah mereka menjadi pemakai internet nirkabel node
Komputer ada di mana – mana
Contoh komputer ada di mana-mana adalah lambang kecerdasan dan smartboard.
Sementara komputer di mana-mana menawarkan kenyamanan dan efisiensi melampaui apa yang datang sebelumnya, mereka juga menimbulkan pertanyaan serius tentang privasi pribadi, keintiman, dan kemandirian.
Dari InternetkeOmninet
Konektivitas adalah bagian penting dari komputasi di mana-mana.
Seperti lebih banyak mesin menjadi terhubung, Net akan berkembang dari jala longgar digital saat ini menjadi kain, erat-anyaman mulus yang mengelilingi kita.
The Day after Tomorrow: Teknologi Informasi Memenuhi Biologi
Bio-ekonomi akan menggantikan ekonomi informasi kadang-kadang sekitar tahun 2020.
Bio teknologi dan microtechnology akan menjadi lebih terkait dengan teknologi informasi dalam dekade mendatang.
Mengutip dariBiologi
Jaringan masa depan akan menjadi lebih seperti sistem biologi.
Jaring saraf memungkinkan komputer individu untuk belajar dari pengalaman karena desain mereka terinspirasi oleh sistem saraf biologi.
Penelitian sedang dilakukan di neuron elektronik terkait ke chip untuk komunikasi, jenis penelitian pada akhirnya dapat menyebabkan retina buatan dan kaki palsu yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf manusia.
Microtechnology
MIKROSENSOR – perangkat kecil yang dapat mendeteksi tekanan, temperatur, dan kualitas lingkungan lainnya
BioMEMS – menerapkan teknologi chip untuk aplikasi biologi segera dapat menyembuhkan berbagai bentuk ketulian, memungkinkan orang buta untuk melihat banyak gambar dan navigasi, merangsang kaki lumpuh, mendiagnosa agen bakteri, menentukan keamanan obat, dan memberikan obat secara tepat di mana mereka dibutuhkan.
Nanoteknologi
Nanoteknologi – pembuatan mesin pada skala sepermilyar permeter.
Nanomachines harus dibangun atom dengan menggunakan atom proses yang diambil dari fisika partikel, biofisika, dan biologi molekuler.
Nanotube – molekul silinder kecil dengan sifat semikonduktor mirip dengan yang ditemukan dalam chip silikon, dapat menyebabkan komputer kuantum-komputer berdasarkan sifat-sifat atom dan inti mereka dan hukum mekanika kuantum
Artificial Life (Hidup Buatan)
Artificial Life: organisme sintetis yang bertindak seperti sistem hidup alami.
Simple software organisme yang hanya ada di memori komputer atau …
koloni robot serangga kecil yang berkomunikasi satu sama lain dan merespon perubahan? di lingkungan mereka.
3.3 Human Questions for a Computer Age (Pertanyaan manusia? UntukumurKomputer)
Akankah Komputer menjadi Demokrat?
Akankah masyarakat dunia menjadi sebuah Komunitas?
Akankah kita menjadi budak Informasi?
Standing on the Shoulders of Giants (Berdiri di Bahu Raksasa?)
Komputer adalah alat yang ampuh dan mudah dibentuk. Hal ini dapat? Digunakan untuk memberdayakan atau memenjarakan, untuk mengeksplorasi atau mengeksploitasi, untuk membuat atau menghancurkan. Kita bisa memilih. Kami telah diberi alat. Terserah kita semua untuk menciptakan masa depan.
If I have seen farther than other men, it is because I stood on the shoulders of giants.
—Isaac Newton
Jika saya telah melihat lebih jauh dari orang lain, itu karena saya berdiri di bahu raksasa.
6. Bagian Isi BAB IV
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Peranan komputer sangat besar dalam kehidupan manusia tanpa komputer mungkin peradapan manusia tidak dapat berkembang sepecat saat ini.Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta kehidupan dunia seperti tanpa batas melalui komputer jaringan (internet) yang tersebar di seluruh penjuru duni . Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan cepat, akurat dan murah.
Komputer di desain sesuai dengan kebutuhan manusia,bahasa komputer atau yang disebut juga bahasa pemrograman pun di buat mudah agar dapat mempermudah programer dalam menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.dunia secara luas.Mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah sampai bahasa tingkat tinggi,yaitu bahasa yang di gunakan manusia.
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang mengarah ke dalam terminologi algoritma. Namun, algoritma tidaklah selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun banyak terdapat proses yang dinyatakan dalam suatu algoritma. Algoritma berisi langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Langkah-langkah tersebut dapat berupa runtunan aksi (sequence), pemilihan aksi (selection), pengulangan aksi (iteration) atau kombinasi dari ketiganya
Masa depan teknologi informasi sangatlah kompleks,komputer yang merupakan suatu sistem yang terdiri atas perangkat software dan hardware mengalami pertumbuahan yang pesat,bahkan komputer disebut-sebut sebagai tonggak awal rovulusi teknologi digital Revolusi teknologi komputer yang semakin canggih dengan ukuran semakin kecil namun memiliki kapasitas dan kecepatan yang semakin besar, fungsinya semakin meluas seiring dengan berkembangnya temuan-temuan kreatif perangkat lunaknya (software) akan menyebabkan terjadinya revolusi dalam belajar.
4.2 Saran
Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi khususnya yang berhubungan dengan teknologi informasi terus berkembang tak pernah berhenti. Begitu juga dengan produk yang di hasilkan dari teknologi yang terus berkembang sesuai perkembangan zaman semakin beragam pula.Namun perkembangan teknologi ini tidak sepenuhnya memberikan dampak positif tapi juga memberikan dampak negatif pada penggunanya. Jika yang mereka dapat dari awal negatif maka kepribadian yang terbentuk pun akan menjadi negatif pula. Sehingga dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini perlunya pengawasan dari orang tua dan pihak-pihak terkait agar lebih membantu dalam pengawasan dan pembatasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk anak-anak ,agar anak-anak dapat menerima dampak positif bukan dampak negatif dari semua kemajuan teknologi ini.Untuk itu bijaksanalah dalam mengunakan teknologi.
7. Daftar Pustaka
DAFTAR PUSTAKA
- http://www.google.com
- http://computers-inc.blogspot/com/2012.03.teknologi-informasi.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman
- http://abdee-joy.blogspot.com/2010/12/pengembangan-sistem-informasi.html
- http://wa2n.staff.uns.ac.id/2008/09/14/tahapan-membuat-program-dengan-baik.
- http://www.newagepublishers.com/samplechapter/001054.pdf
- Beekman, G dan Rathawohi.2002.Computer Canfluence : Exploring Tomorrow’s Technology. Prentice hall.
Demikian lah sedikit ulasan mengenai apa itu makalah dan tentunya contoh dari mkalah itu sendiri, mudah2an bisa menjadi referensi teman2 dalam membuat sebuah makalah, terlepas dari kesalahan yang ada pada contoh makalah tersebut kiranya bisa dijadikan sebuah pembelajaran.
akhir kata saya ucapkan terimasih, mudah2an artikel Contoh Makalah PTI (Perancangan Dan Pengembangan Sistem) Lengkap ini bisa bermanfaat, aminnnn..
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih