-->

Soal latihan USBN SMP B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMP B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMP B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN SMP B. Indonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran B. Indonesia Kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :


    1.Cermatilah teks berikut!
    Biografi Mario Teguh
    "Salam Super" itulah kata-kata pembuka yang biasa diucapkan oleh Mario Teguh ketika ia mulai membawakan acara di Metro TV yang bertajuk 'Mario Teguh Golden Ways'. Terkenal sebagai motivator terbaik di Indonesia yang memiliki kepribadian yang cerdas serta mampu memotivasi  banyak  orang melalui rangkaian kata-kata bijaknya sehingga ia makin banyak disukai oleh orang-orang.

    Makna kata bercetak miring tebal pada kutipan teks tersebut adalah …
    A. Orang yang bertugas mengingatkan orang lain agar selalu melakukan perbuatan baik.
    B. Orang yang bertugas membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah pribadinya.
    C. Orang yang menyebabkan timbulnya dorongan pada orang lain untuk melakukan sesuatu.
    D. Orang yang membangkitkan semangat seseorang agar berasil dalam menjalankan usahanya.


    Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3! Kelestarian Lingkungan Hidup
    Lingkungan adalah sesuatu yang ada di sekitar manusia yang dapat memengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia terlibat di dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana pengembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya.

    Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem, yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling memengaruhi dalam membentuk keseimbangan,     stabilitas,     dan     produktivitas     lingkungan      hidup.   Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk

    sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup, seperti tanah, air, iklim, udara dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

    2. Informasi yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….
    A. Tanpa adanya unsur lingkungan hidup, manusia tidak hidup di bumi ini.
    B. Unsur abiotik tidak terlalu berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia.
    C. Unsur sosial budaya diciptakan oleh manusia untuk kelestarian kehidupan di bumi.
    D. Lingkungan hidup yang meliputi unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dijaga kelestariannya.

    3. Simpulan isi teks tersebut adalah ...
    A. Manusia harus menjaga kelestarian lingkungan hidup.
    B. Manusia dapat memanfaatkan seluruh isi lingkungan hidup.
    C. Seluruh unsur lingkungan hidup saling mempengaruhi demi kehidupan manusia.
    D. Unsur biotik, sosial budaya, dan abiotik harus dimanfaatkan manusia secara seimbang.

    Cermatilah teks berikut kemudian jawablah soal nomor 4 dan 5!

    Ternyata jeruk nipis bermanfaat dalam mengobati batuk. Buah ini memiliki kandungan berupa minyak asiri dan zat yang dapat bermanfaat mengendalikan otot-otot pernapasan sehingga mampu meredakan batuk. Adapun cara penggunaannya yaitu dengan cara meminum air perasan dari jeruk nipis yang dapat dicampur dengan madu, kecap atau gula sehingga rasa asamnya berkurang.

    4. Ide pokok teks tersebut adalah ....
    A. manfaat jeruk nipis
    B. kandungan jeruk nipis
    C. campuran jeruk nipis
    D. cara penggunaan jeruk nipis

    5. Isi yang tersirat pada bagian teks tersebut adalah ....
    A. Jeruk nipis dapat dicampur dengan zat lainnya
    B. Jeruk nipis dapat ditanam di pekarangan rumah
    C. Jeruk nipis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan
    D. Jeruk nipis lebih berkhasiat dibandingkan jeruk lainnya

    6. Bacalah kutipan teks berikut!

    Perlunya Resapan Air untuk Mencegah Banjir
    Banjir sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras dan mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah ini. Membangun saluran air yang bagus merupakan salah satu cara pemerintah menanggulangi banjir. Namun, itu semua tidak akan berhasil apabila tidak diimbangi dengan pembangunan daerah resapan air. Jadi, resapan air ini merupakan syarat mutlak untuk menanggulangi banjir.

    Pendapat yang mendukung kutipan isi teks tersebut adalah ...
    A. Solusi tersebut hanya akan menghamburkan uang negara.
    B. Solusi seperti itu sudah tepat sehingga harus segera direalisasikan.
    C. Solusi yang dipilih pemerintah tidak akan mampu menanggulangi banjir.
    D. Solusi tersebut masuk akal, tetapi sulit membangun resapan air di perkotaan.

    7. Cermatilah teks berikut!
    Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya serta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri, seperti daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.
    Meskipun sejak dahulu dikenal memiliki banyak khasiat, belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya obat untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit, jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik dan sangat membantu jika mengalami sembelit, ramuan penyubur rambut, juga sebagai minuman yang menyehatkan.

    Ringkasan paragraf tersebut adalah....
    A. Lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut juga untuk kesehatan.
    B. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.
    C. Lidah buaya selain bermanfaat juga menjadi komoditas yang menguntungkan.
    D. Lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu  dan nilai komoditas yang menguntungkan.

    8. Bacalah kutipan teks berikut!

    Kutipan teks I
    Gamelan Jawa
    Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda dapat menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya.
    Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan itu wajar, karena Jawa memiliki pandangan hidup tersendiri yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing daerah memiliki pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.

    Kutipan teks II
    KEKERINGAN
    Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.

    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah....

    9. Bacalah teks berikut!

    1) Penerbit Wayang menerbitkan buku terbaru yang berjudul Sudah  Saatnya  Menjadi Penulis Hebat. 2) Buku ini ditulis oleh Bendi Derajat. 3) Judulnya menarik, isinya lengkap, bahasanya ringan dan mudah dipahami serta bermanfaat bagi pembaca. 4) Hanya saja buku tersebut menggunakan banyak istilah akademik yang sulit dipahami pembaca awam.

    Kelemahan karya sastra yang terdapat pada ulasan buku tersebut ditandai nomor...
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 10 s.d. 13!
    Langit menjadi kelabu. Awan hitam mulai tak mampu lagi membendung butiran air. Matahari pergi. Sinarnya pun tak berbekas. Di samping rumah Nada, nampak Dio masih asyik bermain dengan merpatinya. Nada tersenyum menatapnya dari balik jendela kamarnya. Ya, tetangganya itu memang sangat menyukai merpati. Bahkan di samping rumahnya ada sebuah kandang merpati yang cukup luas miliknya sendiri. Ia biasa menyebutnya istana Merpati Dara Dori. Begitu banyak jenis merpati yang ia piara. Semuanya sepasang. Ada merpati lokal, merpati kipas, merpati gondok, merpati Lahore, dan masih banyak lagi. Namun, di antara semua merpatinya, merpati lokal berwarna seputih saljulah yang paling ia sukai. Dara dan Dori.

    10. Makna kata “membendung” pada kutipan cerpen tersebut ialah ….
    A. menahan
    B. menampung
    C. membentengi
    D. mengumpulkan

    11. Pernyataan yang sesuai dengan isi cerpen tersebut adalah …
    A. Merpati yang paling Dio Gemari adalah merpati Lahore.
    B. Dio seorang yang menggemari berbagai jenis burung merpati.
    C. Kandang burung yang ada sengaja dibuat untuk Dara dan Dori.
    D. Nada tidak senang kalau Dio memelihara banyak burung merpati.

    12. Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian alur ...
    A. pengenalan
    B. komplikasi
    C. klimaks
    D. penyelesaian

    13. Latar suasana yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah .…
    A. mendung
    B. hujan
    C. dingin
    D. sunyi

    Bacalah kutipan cerpen berikut kemudian jawablah soal nomor 14 s.d.17!
    “Nada, minggu depan kita harus pindah ke Jogjakarta. Ayah dipindahtugaskan di sana.” Bagaikan petir di siang bolong menyambar Nada yang seketika itu langsung diam mematung. “Kenapa mendadak, Bunda? Nada senang tinggal di sini. Apa Nada tidak bisa tetap tinggal di sini? Sekolah Nada gimana?” “Tidak bisa, sayang. Kamu mau tinggal sama siapa di sini? Masalah sekolah, semua sudah diurus Ayah. Kamu hanya tinggal mengemasi barang-barangmu.” Nada terdiam. Tak mungkin mampu ia membantah. Minggu depan ia harus meninggalkan tempat ini. Tepat di hari ulang tahun Dio yang ke-18. Terasa berat untuknya meninggalkan tempat ini. Terlalu banyak kenangan yang terukir. Semakin terasa berat ketika harus meninggalkan Dio.

    14. Makna simbol petir di siang bolong pada kutipan cerpen tersebut adalah....
    A. merasa sedih
    B. merasa bingung
    C. sangat terkejut
    D. merasa heran

    15. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
    A. Sebagai anak harus patuh pada kedua orang tua.
    B. Lakukan perintah orang tua meskipun dengan terpaksa!
    C. Ikhlaskan diri kita dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan!
    D. Setiap keputusan agar dibicarakan terlebih dahulu dengan keluarga!

    16. Penyebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah ...
    A. Perasaan berat hati Nada harus meninggalkan Dio.
    B. Nada merasa bingung dengan masalah sekolahnya.
    C. Kepindahan tempat tugas ayah Nada yang mendadak.
    D. Nada merasa berat meninggalkan tempat tinggal yang sekarang.

    17. Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah...
    A. Nada diam mematung selama satu minggu.
    B. Nada harus segera mengemasi barang-barang miliknya.
    C. Meskipun merasa berat, minggu depan Nada harus ikut pindah ke Yogyakarta.
    D. Ayah dan ibu Nada harus mencari tempat tinggal dan sekolah baru untuk Nada.

    18. Bacalah kutipan fabel berikut!
     Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan fabel tersebut diawali dengan ....


    19. Bacalah kutipan fabel berikut!
    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan fabel tersebut adalah….

    Cermatilah kutipan fabel berikut untuk menjawab soal nomor 20 s.d.22!

    Kupu-Kupu Berhati Mulia
    Di suatu hutan ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut  berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu. Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana “Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?” Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.

    Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur.

    Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan. “ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!” Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu- kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut. “Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.” Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

    20. Komentar yang tepat terhadap isi fabel tersebut adalah ...
    A. Cerita kurang menarik karena berisi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh akal sehat pembaca.
    B. Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca agar jangan sombong dan tidak 
         balas dendam.
    C. Isi cerita tersebut cukup bagus, tetapi sayang sekali pesan moralnya tidak jelas untuk dimengerti
         oleh pembaca.
    D. Isi cerita bagus meskipun dalam kehidupan sehari-hari pesan moral dalam cerita tersebut
         sulit untuk dijalankan.

    21. Komentar yang tepat terhadap pola pengembangan kutipan fabel tersebut adalah...
    A. Pola pengembangan fabel tersebut dimulai dengan memunculkan masalah yang harus diselesaikan oleh tokoh semut.
    B. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.
    C. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengidentifikasi garis besar cerita karena dengan membaca kutipan fabel tersebut pembaca dapat mengetahui garis besar ceritanya.
    D. Pola pengembangan cerita tersebut dimulai dengan mengisyaratkan ketegangan (bahaya) karena di dalam kutipan fabel tersebut tokoh menghadapi hal yang membahayakan.

    22. Komentar yang tepat terhadap penggunaan bahasa kutipan fabel tersebut adalah...
    A. Banyak menggunakan kata-kata yang bermakna kiasan sehingga menyulitkan pembaca dalam memahami isi cerita tersebut.
    B. Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut.
    C. Kalimat   yang  digunakan dalam  fabel menggunakan kalimat yang panjang- panjang sehingga membosankan pembaca.
    D. Fabel tersebut banyak menggunakan ungkapan dan peribahasa yang sulit dimengerti oleh pembaca.

    23. Cermatilah kalimat berikut!
    Kekeringan yang terjadi terlalu lama dapat berdampak pada turunnya ... tanaman dan merugikan petani.
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
    A. produksi
    B. produsen
    C. konsumsi
    D. konsumen

    24. Perhatikan teks berikut!
    Membuat Puding Kelapa Muda

    1. Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok. 
    2. [.........]
    3. Setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, dan telur yang sudah dikocok.
    4. Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat.
    5. Tuanglah ke dalam cetakan.

    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    A. Biarkan dingin dalam lemari.
    B. Masak air sampai mendidih.
    C. Masak adonan dengan api sedang.
    D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.

    25. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
    Cara Mematikan Komputer

    1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif
    2. Klik menu “Turn Off Computer”
    3. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop
    4. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.
    5. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off”
    6. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik
    7. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor
    8. Tutup dengan penutup

    Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor….
    A. 1-3-2-4-5-7-6-8
    B. 1-3-2-5-4-7-6-8
    C. 1-2-3-4-5-7-6-8
    D. 1-2-4-3-6-5-7-8

    26. Cermatilah kalimat rumpang berikut!
    Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu ...yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan.
    Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
    A. solusi
    B. alternatif
    C. pemikiran
    D. perkiraan

    27. Cermatilah teks berikut!
    Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula.
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    A. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga.
    B. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
    C. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
    D. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

    28. Bacalah teks berikut!
    Kelebihan novel ini membuat para pembaca dapat mengintrospeksi diri tentang kewajiban seorang anak memuliakan seorang ibu. Pembaca bisa lebih tahu perasaan seorang ibu ketika anak-anaknya tidak berpihak padanya. Novel ini juga dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti sehingga para pembaca tidak sulit untuk memahaminya.
    [...]
    Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan agar semua tahu bahwa ibu adalah satu-satunya orang yang tulus menyayangi kita tanpa pamrih, syarat, dan menerima kita kapanpun. Ibu berkorban tanpa meminta imbalan bahkan kita tidak sadar dan tidak tahu bahwa seorang ibulah yang selalu mendoakan kita di manapun kita berada. Karena seorang ibu selalu menginginkan anaknya sukses. Saat ibu telah  tiada hanya doa anak yang soleh dan solehahlah yang akan selalu menyertainya. Mari kita doakan ibu kita.

    Paragraf berisi kelemahan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
    A. Hanya sangat disayangkan masih terdapat penulisan kata-kata yang kurang tepat. Meskipun begitu novel ini tetap dianjurkan untuk dibaca. Karena dengan membaca novel ini akan menambah rasa sayang kita terhadap seorang ibu.
    B. Pada awal kisah novel ini, sang penulis Wahyu Derapriyangga menceritakan perjuangan seorang ibu yaitu Restiana untuk menghidupi dan mendidik anak- anaknya setelah suaminya meninggal.
    C. Kenyataan pahit yang ia alami itu bermula dari suaminya yang meninggal karena kecelakaan, ketika menyebrangi jalan saat menjemput si Sulung di sekolahnya. Ayahnya menghembuskan nafas terakhirnya di pangkuan si Sulung.
    D. Jangan Buang Ibu Nak, adalah novel karya Wahyu Derapriyangga yang menceritakan tentang perjuangan seorang ibu yang tinggal di Ibu kota. Ia bernama Restiana,ia harus menghidupi ketiga orang anaknya yaitu Sulung,Tengah dan Bungsu.

    29. Bacalah teks berikut!
    Kegiatan belajar merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara rutin oleh pelajar. Dengan kata lain, belajar adalah kegiatan wajib bagi pelajar. Belajar tidak hanya dilakukan di kelas, namun Anda juga bisa melakukannya secara mandiri maupun berdiskusi kelompok di tempat lain.
    Sebagian siswa kesulitan dalam mengatur waktu belajar secara efisien dan efektif dikarenakan ketidaktahuannya dalam mengatur jadwal. Padahal hal ini merupakan suatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika waktu belajar diatur dengan benar, maka belajar pun akan lebih efisien dan efektif.
    Buatlah jadwal belajar. Hal yang terpenting di sini adalah penyusunan jadwal belajar. Cobalah untuk membuat jadwal belajar dan sesuaikan dengan jumlah pelajaran yang akan Anda pelajari. Dengan begitu Anda akan dapat menyusun jadwal belajar yang disesuaikan dengan waktu belajar Anda.
    Tetapkan waktu belajar Anda. Hal yang tak kalah penting adalah menentukan waktu belajar. Cobalah untuk memilih waktu belajar yang sesuai dengan kriteria belajar Anda. Tanyalah pada dirimu sendiri. Untuk pelajaran yang Anda anggap sukar lebih baik pelajari terlebih dahulu dan buatlah porsi belajar yang lebih lama agar Anda bisa memahami pelajaran tersebut. Ulangi pelajaran yang Anda dapat di kelas. Hal ini dilakukan agar pelajaran yang Anda dapat tidak cepat hilang atau Anda lupakan.
    Jangan membuang-buang waktu luang. Manfaatkan waktu luang yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Atur waktu belajar Anda, sesuaikan dengan jumlah pelajaran, gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap pelajaran. Jangan terlalu memforsir waktu Anda untuk belajar. Atur waktu Anda untuk refreshing dan luangkan waktu untuk beribadah dan berdoa.

    Perubahan teks tersebut menjadi teks prosedur yang tepat adalah ...
    A. Langkah-langkah belajar efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jadwal belajar di sekolah!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Jangan lupa berdoa!

    B. Langkah-langkah belajar efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlahjam mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing dan beribadah!

    C. Langkah-langkah belajar efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing, beribadah, dan berdoa!

    D. Langkah-langkah belajar efektif

    1. Susunlah jadwal belajar!
    2. Manfaatkan waktu luang dengan sebaik-baiknya!
    3. Aturlah waktu belajar dengan menyesuaikan jumlah mata pelajaran!
    4. Gunakan batasan waktu dalam mempelajari tiap-tiap mata pelajaran!
    5. Janganlah terlalu memforsir waktu untuk belajar!
    6. Atur waktu untuk refreshing!

    30. Perhatikan data-data berikut!

    1. Anoa hewan endemik Sulawesi
    2. Anoa maskot Sulawesi Tenggara
    3. Anoa tergolong fauna peralihan
    4. Anoa terancam punah
    5. Populasi sekitar 5.000 ekor
    6. Perburuan Anoa untuk diambil kulit, tanduk, dagingnya.

    Teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...

    A. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.

    B. Anoa adalah maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah.Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit dan dagingnya.

    C. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil tanduk dan dagingnya.

    D. Anoa adalah hewan endemik Sulawesi, sekaligus maskot provinsi Sulawesi Tenggara. Berdasarkan letak persebarannya, hewan ini tergolong fauna peralihan. Sejak tahun 1960-an, anoa berada dalam status terancam punah. Dalam lima tahun terakhir populasi anoa menurun secara drastis. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untuk diambil kulit, tanduk dan dagingnya.

    31. Perhatikan kalimat berikut!
    Saya akan cerita tentang pengalaman saya ketika tugas di desa.
    Kesalahan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah kata ....
    A. cerita dan ketika
    B. cerita dan tugas
    C. akan dan tugas
    D. tentang dan ketika

    32. Kalimat yang tidak efektif adalah...
    A. Para penumpang harap membayar dengan uang pas.
    B. Jika ingin membantu orang lain, segerakanlah, jangan kamu tunda-tunda lagi.
    C. Sambil  melepas lelah sejenak,  Yanti membaca buku novel itu hingga tamat.
    D. Pemerintah mengimbau anak balita di lingkungan kita agar tidak lupa diimunisasi.

    33. Perhatikan paragraf berikut!

    (1) Pantai Gili Terawangan berada di wilayah Lombok. (2) Pantai ini memiliki tata keindahan alam laut yang dapat memancing kedatangan wisatawan  yang  mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari hiruk pikuk kota. (3) Khusus bagi mereka yang hobi menyelam, Pantai Gili Terawangan seakan merupakan akuarium  alam ukuran raksasa. (4) Pantai Terawangan tempat yang cocok untuk beternak penyu.

    Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut ditandai nomor....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    34. Perhatikan kalimat berikut!
    Pemerintah akan menggalakkan kembali kegiatan ... agar pembangunan dapat dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
    A. imigrasi
    B. emigrasi
    C. urbanisasi
    D. transmigrasi

    35. Perhatikan kalimat berikut!
    Ilmu yang kita peroleh di lembaga pendidikan, harus kita .....dalam kehidupan sehari- hari.
    Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah….
    A. menterapkan
    B. menerapkan
    C. mengetrapkan
    D. mengeterapkan

    36. Perhatikan kalimat berikut!
    Di kalangan pelajar telah tumbuh kebiasaan ... buku bacaan
    Kata ulang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....
    A. tukar-menukar
    B. tukar-tukaran
    C. menukar-nukar
    D. tukaran-tukaran

    37. Perhatikan kalimat berikut!
    Kita harus dapat merubah kebiasaan yang kurang terpuji, menjadi kebiasaan yang baik.
    Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut adalah ...
    A. mengubah
    B. merubahi
    C. berubah
    D. perubahan

    38. Perhatikan kalimat berikut!
    Juara lomba futsal diduduki oleh tim dari SMP Prestasi.
    Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah ...
    A. Juara lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
    B. Juara dari lomba futsal adalah tim SMP Prestasi.
    C. Juara lomba futsal adalah tim daripada SMP Prestasi.
    D. Juara lomba futsal dimenangkan oleh tim dari SMP Prestasi.

    39. Perhatikan paragraf berikut!
    1) Kenakalan remaja merupakan masalah yang harus menjadi tanggung jawab semua pihak. 2) Pihak yang berkepentingan dan paling utama adalah orang tua. 3) Orang  tua saya sangat memperhatikan awalnya. 4) Selain itu, sekolah juga ikut berperan mengurangi kenakalan remaja, khususnya melalui program bimbingan konseling.
    Agar paragraf tersebut menjadi padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai nomor ....
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 4

    40. Perhatikan kalimat berikut!
    Dewi Sartika meninggal 11 September 1947 dan pemakaman di Tasikmalaya.
    Alasan  ketidaktepatan  penggunaan  kata  yang digaris bawahi pada kalimat tersebut adalah....
    A. kata pemakaman diganti dimakamkan
    B. kata pemakaman diganti penguburan
    C. kata pemakaman diganti dikuburkan
    D. Kata pemakaman diganti diistirahatkan

    41. Perhatikan kalimat berikut!
    Andrea Hirata menulis beberapa buku-buku novel yang sangat laku sekali di pasaran.
    Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah …
    A. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa.
    B. Kata beberapa buku-buku maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata buku-buku.
    C. Kata sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata sangat atau sekali.
    D. Kata beberapa buku-buku dan sangat laku sekali maknanya berlebihan sehingga perlu dihilangkan kata beberapa atau salah satu kata buku dan dihilangkan kata sangat atau sekali.

    42. Perhatikan paragraf yang tidak padu berikut!

    1) Prestasi belajar yang memuaskan dapat diraih oleh setiap siswa jika mereka dapat belajar secara wajar, terhindar dari berbagai ancaman, hambatan, dan gangguan. 2) Salah satu contoh ancaman tersebut adalah kurangnya motivasi belajar siswa. 3) Pada tingkat tertentu memang ada siswa yang dapat mengatasi kesulitan belajarnya, tanpa harus melibatkan orang lain. 4) Akan tetapi, pada kasus-kasus tertentu, karena siswa belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh siswa tersebut.

    Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah....
    A. Kalimat ke-1 tidak berkaitan dengan kalimat ke-2, 3, dan 4.
    B. Kalimat ke-2 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 3, dan 4.
    C. Kalimat ke-3 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 4.
    D. Kalimat ke-4 tidak berkaitan dengan kalimat ke-1, 2, dan 3.

    43. Perhatikan kalimat berikut!
    Kemarin Dea membeli tahu 1) Bandung dan beras 2) cianjur 3) ditoko 4) Harapan.
    Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut ditandai nomor .…
    A. 1 dan 2
    B. 1 dan 3
    C. 2 dan 3
    D. 3 dan 4

    44. Perhatikan kalimat berikut!
    (1) Sebelum mengikuti ujian saya membeli alat-alat menulis, pulpen, penggaris, dan pensil.
    (2) Saya dapat menjawab soal-soal UN itu, karena saya belajar dengan rajin.
    (3) Jumlah soal mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah lima puluh butir soal.
    (4) Soal mata pelajaran Bahasa Indonesia nomor 1, 2, dan 3 termasuk soal yang mudah.

    Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat nomor .…
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    45. Cermati kalimat berikut!
    (1) Mulai bulan Nopember kami mengikuti pendalaman materi ujian.
    (2) Dua hari sebelum pelaksanaan ujian, saya mendapat jadwal ujian.
    (3) Mass media tidak diperbolehkan meliput saat ujian berlangsung.
    (4) Prosentase kehadiran peserta ujian tahun ini lebih baik daripada tahun lalu.

    Penggunaan ejaan yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)

    46. Cermati kalimat berikut!
    Ibu Fat berpesan sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.
    Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
    A. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
    B. Ibu Fat berpesan; “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
    C. Ibu Fat berpesan: “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh.”
    D. Ibu Fat berpesan, “Sebelum mengikuti ujian, Ibu berharap kalian belajar dengan sungguh-sungguh”

    47. Cermati kalimat berikut!
    Kios photo copy dan apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    Perbaikan ejaan pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
    A. Kios photocopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    B. Kios photokopi dan Apotik Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    C. Kios fotocopy dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.
    D. Kios fotokopi dan Apotek Asri beralamat di Jalan Rambutan.

    48. Cermati kalimat berikut!
    Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK, karena mereka melakukan kesalahan.
    Perbaikan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
    A. Tiga orang karyawan perusahaan itu diPHK karena mereka melakukan kesalahan.
    B. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu di-PHK, karena mereka melakukan kesalahan.
    C. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu di-PHK karena mereka melakukan kesalahan.
    D. Tiga  orang  karyawan perusahaan itu, di-PHK karena mereka melakukan kesalahan.

    49. Perhatikan kalimat berikut!
    Kwantitas dan kwalitas padi tahun ini diharapkan lebih baik daripada tahun kemarin.
    Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah …
    A. Kata kwantitas dan kwalitas seharusnya ditulis kuantitas dan kualitas sesuai dengan pedoman EYD.
    B. Kata diharapkan seharusnya ditulis di harapkan karena di adalah sebuah awalan.
    C. Kata kwantitas dan diharapkan seharusnya kuantitas dan di harapkan sesuai dengan pedoman EYD.
    D. Kata diharapkan dan daripada seharusnya ditulis di harapkan dan dari pada sesuai dengan kebiasaan masyarakat saat menulis.

    50. Cermati kalimat berikut!
    Harga novel „Ayah‟ karya Andrea Hirata adalah Rp.100.000,00.
    Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah karena …

    A. Tanda apostrof („...‟) seharusnya diganti garis bawah dan tanda titik (.)di belakang rupiah dihilangkan saja karena tidak sesuai dengan pedoman EYD.
    B. Tanda apostrof („...‟) diganti tanda petik dua (“...”) dan tanda koma (,) pada jumlah uang dihilangkan karena tidak bermakna.
    C. Tanda apostrof dihilangkan dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.
    D. Tanda  apostrof  diganti  tanda  petik dua (“...”) dan tanda titik (.) di belakang singkatan rupiah dihilangkan sesuai dengan pedoman EYD.


    Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMP B. Inonesia Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran B. Indonesia Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .

    loading...

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih