Share & Learn Together
Soal latihan USBN SMP Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMP Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMP Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMP Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :
1. Berikut ini adalah pengertian Seni yang benar.
a. suatu ciptaan manusia yang indah c. suatu yang aneh dan unik
b. suatu yang menarik dan hebat d. suatu ciptaan manusia yang aneh
2. Berikut ini adalah cabang – cabang seni, kecuali :
a. seni rupa c. seni drama
b. seni sastra d. seni dekorasi
3. Cabang seni yang penikmatannya melalui indera penglihatan :
a. seni suara c. seni drama
b. seni sastra d. seni rupa
4. Unsur terkecil dalam seni rupa, adalah :
a. ruang c. garis
b. bidang d. titik
5. Satu bidang atau lebih yang bersinggungan dan tertutup akan membentuk :
a. tekstur c. warna
b. cahaya d. ruang
6. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna primer :
a. merah, jingga, coklat c. merah, kuning, biru
b. hijau, ungu, jingga d. coklat, kuning, hijau.
7. Berikut ini adalah warna yang tergolong dalam warna skunder :
a. merah, jingga, coklat c. merah, kuning, biru
b. hijau, ungu, jingga d. coklat, kuning, hijau.
8. Suatu benda mempunyai ukuran panjang dan lebar, berarti benda tersebut mempunyai perwujudan….
a. 1 dimensi c. 3 dimensi
b. 2 dimensi d. 4 dimensi
9. Suatu benda mempunyai ukuran panjang, lebar dan tinggi serta tebal, berarti benda tersebut mempunyai perwujudan….
a. 1 dimensi c. 3 dimensi
b. 2 dimensi d. 4 dimensi
10. Tabel 1
Perhatikan tabel 1 !
Yang termasuk benda 2 dimensi :
a. 2,4,6,8 & 9 c. 1,6,7 & 8
b. 2,3,4,5 & 9 d. 1,5,8 & 6
11. Perhatikan tabel 1 !
Yang termasuk benda 3 dimensi :
a. 2,3,4,5 & 9 c. 1,6,7 & 8
b. 1,5,8 & 6 d. 2,4,6,8 & 9
12. Kegiatan meniru dan memindahkan benda 3 dimensi kedalam bidang 2 dimensi dengan semirip mungkin menggunakan media dan teknik tertentu disebut .....
a. Menggambar Reklame c. menggambar Illustrasi
b. menggambar bentuk d. menggambar perspektif
13. Menggambar dengan menghadap obyek secara langsung, disebut menggambar :
a. Tanpa obyek c. dengan model
b. tanpa model d. dengan obyek
14. Perhatikan gambar 1 !
Gambar 1 |
Gambar tersebut menerapkan gelap terang dengan teknik :
a. arsir
b. dusel
c. blok
d. pointilis
15. Berikut ini adalah penggolongan bentuk dasar benda, kecuali ……………….
a. kubistis c. sintesis
b. silindris d. bebas
a. kubistis c. sintesis
b. silindris d. bebas
Benda tersebut mempunyai bentuk dasar :
a. kubistis c. sintesis
b. silindris d. bebas
18. Gambar yang sifatnya memperjelas suatu peristiwa atau kejadian adalah...
a. gambar cerita b. ilustrasi c. ilusi d. ilustrator
19. Dalam urutan menggambar, setelah membuat garis tepi pada kertas gambar, yang selanjutnya dilakukan adalah...
a. mewarna gambar c. membuat sket
b. membuat gelap terang d. menyempurnakan sket
20. Salah satu bentuk ilustrasi adalah berupa gambar-gambar yang lucu dan bersifat menghibur, ilustrasi semacam itu dinamakan .....
a. dekoratif b. naturalis c. kartun d. vinyet
21. Ilustrasi yang terdapat di surat kabar berupa gambar-gambar tokoh atau negarawan dalam bentuk yang lucu-lucu dan berisi sindiran dinamakan...
a. kartun b. karikatur c. kritikan d. cover
22. Cerita bergambar, disebut juga :
a. kartun b. karikatur c. komik d. cover
Gambar di samping disebut
a. karikatur c. kartun
b. komik d. illustrasi bacaan
Gambar di samping disebut
a. karikatur c. kartun
b. komik d. illustrasi bacaan
25. Kegiatan yang menunjukkan atau menyajikan karya-karya seni rupa, disebut :
a. pementasan.
b. pameran
c. perencanaan karya
d. penyajian karya.
26. Suatu badan atau wadah, tempat bekerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu, disebut ...............
a. kelompok b. club c. organisasi d. group
27. Orang-orang yang menjalankan program kerja dalam suatu organisasi, disebut............
a. panitia b. pengurus c. pengelola d. pekerja
a. ketua
b. Penanggung jawab
c. Sekretaris
d. bendahara
29. Perhatikan gambar 6 !
Kotak nomor 3 ditempati oleh :
a. ketua
b. Penanggung jawab
c. Sekretaris
d. bendahara
30. Perhatikan gambar 6 !
Kotak nomor 5 ditempati oleh :
a. ketua
b. Seksi - seksi
c. Sekretaris
d. bendahara
31. Dalam susunan kepanitiaan, ketua adalah .........
a. Orang bisa dijadikan sumber informasi, dimintai nasehat dan diajak diskusi.
b. Koordinator dari seluruh kegiatan.
c. Orang yang bertugas membuat tulisan-tulisan, surat- surat dan catatan tertentu.
d. Orang yang bertugas memegang keuangan kegiatan dan mecatat secara teliti dan terperinci
dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan.
dari pemasukkan dan pengeluaran uang kegiatan.
32. Seksi yang bertugas membuat pemberitahuan kepada orang lain akan adanya kegiatan pergelaran dengan cara membuat baliho, poster, spanduk dsb. Adalah seksi......
a. Publikasi
b. Humas
b. Humas
c. Sarana
d. Dekorasi
d. Dekorasi
33. Seksi yang bertugas sebagai penghubung ke masyarakat dengan merencanakan surat-surat ijin kepihak yang berwenang dan mengirimkan atau mengantarkan ke pihak-pihak tertentu adalah seksi.....
a. Publikasi
b. Humas
b. Humas
c. Sarana
d. Dekorasi
d. Dekorasi
34. Seksi yang bertugas menata ruang pergelaran agar tampak menarik dan indah adalah seksi ......
a. Publikasi
b. Humas
b. Humas
c. Sarana
d. Dekorasi
d. Dekorasi
35. Seksi yang bertugas mengadakan peralatan dan sarana yang dibutuhkan dalam melaksanakan pergelaran adalah seksi.......
a. Publikasi
b. Humas
b. Humas
c. Sarana
d. Dekorasi
d. Dekorasi
36. Pamflet adalah sarana publikasi yang berupa ………….. digunakan dengan cara ………..
a. tulisan; dibentang
b. tulisan dan gambar; disebar
b. tulisan dan gambar; disebar
c. tulisan dan gambar; ditempel
d. tulisan dan gambar; dibentang
d. tulisan dan gambar; dibentang
37. Aliran seni lukis yang mengutamakan ekspresi (ungkapan jiwa) senimannya, adalah .....
a. NATURALISME
b. REALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
d. EKSPRESIONISME
38. Aliran seni lukis yang mengambil obyek dari alam mimpi dan khayalan, adalah .......
a. IMPRESIONISME
b. REALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
d. EKSPRESIONISME
39. Aliran seni lukis yang tidak mengambil obyek dari bentuk yang ada di alam, adalah ...........
a. ABSTRAKSIONISME
b. REALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
d. EKSPRESIONISME
40. “PELUKIS CAHAYA” adalah sebutan bagi pelukis yang beraliran .............
a. IMPRESIONISME
b. REALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
d. EKSPRESIONISME
41. Aliran seni lukis yang menitik beratkan pada tema kenyataan hidup sehari- hari adalah ....
a. NATURALISME
b. REALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
d. EKSPRESIONISME
42. Pelukis yang beraliran ekspresionis adalah ........
a. Basuki Abdullah
b. Pablo Picasso
b. Pablo Picasso
c. Affandi
d. Raden Saleh
d. Raden Saleh
43. Pelukis yang beraliran Naturalis adalah......
a. Basuki Abdullah
b. Pablo Picasso
b. Pablo Picasso
c. Affandi
d. Raden Saleh
d. Raden Saleh
44. Lukisan dengan judul “MONALISA”, dibuat oleh ....
a. Basuki Abdullah
b. Pablo Picasso
b. Pablo Picasso
c. Affandi
d. Leonardo Da Vinci
d. Leonardo Da Vinci
Lukisan tersebut tergolong :
a. ABSTRAKSIONISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
46. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. NATURALISME
b. IMPRESSIONISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
47. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. NATURALISME
b. IMPRESSIONISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
48. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. ABSTRAKSIONISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
49. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. ABSTRAKSIONISME
b. KUBISME
c. SUREALISME
d. EKSPRESIONISME
50. Perhatikan gambar lukisan berikut ini !
Lukisan tersebut tergolong :
a. NATURALISME
b. REALISME
c. SUREALISME
d. IMPRESIONISME
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMP Seni Budaya Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sobat praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Seni Budaya Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
loading...
Trimakasih atas soalnya
ReplyDeletecara downloadny bagaimana ?
ReplyDeletecara downloadnya gimana
ReplyDeleteTerimakasih atas jawabannya
ReplyDelete