Share & Learn Together
#Soal latihan USBN Sejarah SMK/SMA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 45 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa 40 soal pilihan ganda serta 5 soal essay dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal USBN yang akan kita bahas pada mata pelajaran Sejarah ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :
A. Soal Pilihan Ganda
1. Anthony H. Johns mengatakan bahwa proses Islamisasi dilakukan oleh para musafir dari Mekkah yang datang ke Kepulauan Indonesia. Teori serupa juga diungkapkan oleh ….
A. Hoesein Djajadiningrat yang mengatakan bahwa Islam berasal dari tanah kelahirannya
B. C. Snouck k Hurgronye yang didasarkan pada batu nisan Sultan Malik Al-Saleh
C. Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) yang mengatakan bahwa Islam masuk sejak abad ke-7 M
D. J.P. Moquetta yang didasarkan pada batu nisan di Pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat tahun 1419 di Gresik
E. Hoesein Djajadiningrat yang didasarkan pada tradisi tabot di Pariaman
2. Jika diperhatikan seni ukir telah ada di Kepulauan Indonesia sejak lama tetapi masuknya pengaruh Islam telah membawa pengaruh besar dalam perkembangan seni ukir. Mengapa demikian?
A. Perkembangan Islam di zaman madya memperbolehkan untuk melukis makhluk hidup
B. Pada zaman Islam madya para seniman mengembangkan seni ukir dengan motif daun-daunan dan bunga-bungaan
C. Para seniman membuat perkumpulan seniman kaligraf
D. Munculnya kreasi baru dengan menyamarkan lukisan makhluk hidup dan menambahkan huruf Arab
E. Pada masa sesudah zaman madya para seniman tidak leluasa mengembangkan kreasinya
3. Bukti bahwa toleransi beragama di Kerajaan Singosari berjalan sangat baik adalah ….
A. jenazah Kertanegara yang dicandikan di Candi Jawi dan Candi Singosari
B. tertulis dalam kitab Pararaton
C. terjadi sinkretisme antara agama Hindu dan Budha menjadi bentuk Syiwa Buddha
D. perkawinan antara Raja Jayasingawarman dengan saudara perempuan Kertanegara
E. dibangunnya sebuah benteng di Canggu Lor
4. Selama periode Hindu-Buddha telah terbentuk kekuatan besar Nusantara yang memiliki kekuatan integrasi secara politik terutama jika dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Singhasari dan Majapahit. Maksud dari kekuatan integrasi politik adalah ....
A. kemampuan kerajaan tradisional dalam menguasai wilayah yang luas dan menempatkan kekuasaannya dalam kesatuan politik
B. pernyataan dari Mohammad Yamin yang mengatakan bahwa ketiganya merupakan suatu bentuk negara nasional
C. kemampuan kerajaan tradisional untuk melakukan perundingan politik dengan kerajaan lain di luar Kepulauan Indonesia
D. ketiga kerajaan tersebut mempunyai ikatan kerjasama politik yang baik
E. kemampuan untuk mengontrol kerajaan-kerajaan kecil dan bisa melindungi kepentingan mereka
5. Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ....
A. relief yang dilukiskan pada candi
B. arca atau patung yang terdapat di candi
C. bentuk stupa
D. bentuk candi yang berupa punden berundak
E. hiasan yang terdapat pada candi
6. Setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis tahun 1911, terjadi perubahan jalur perdagangan laut. Dampak dari perubahan tersebut adalah ....
A. kedatangan pedagang dari Bengal, Turki, Arab, Persia, Gujarat, dan Siam di Aceh
B. munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai barat Sumatra ke Selat Sunda
C. munculnya jalur alternatif dengan melintasi pantai timur Sumatra ke Selat Sunda
D. munculnya pelabuhan perantara baru di Celebes dan Borneo
E. terjadi peningkatan hubungan dagang dengan bangsa Barat
7. Pada masa kekuasaan Sultan Agung, Kerajaan Mataram mengalami masa keemasan terutama dalam bidang budaya. Sultan Agung disebut sebagai seorang budayawan, karena ...
A. Sultan Agung memadukan unsur-unsur budaya Islam dengan budaya Hindu-Buddha
B. Sultan Agung adalah seorang panatagama
C. Sultan Agung menyelenggarakan perayaan sekaten untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW
D. Sultan Agung memadukan unsur-unsur budaya lokal dengan budaya Barat
E. Sultan Agung menerapkan kehidupan masyarakat yang bersifat feodal
8. Sultan Ageng Tirtayasa adalah sosok raja yang dapat membawa Kerajaan Banten mengalami kemajuan. Nilai karakter apa yang menonjol dari Sultan Ageng Tirtayasa?
A. Toleransi beragama
B. Sifat welas asih
C. Kedermawanan yang tinggi
D. Anti kekuasaan asing
E. Rela berkorban
9. Berdasarkan bukti sejarah, Islam sudah masuk ke Papua pada pertengahan abad ke-15. Teori yang mengatakan proses Islamisasi di Papua terutama di pesisir barat disebarkan oleh ....
A. teori yang mengatakan Islam datang disebarkan oleh mubaligh asal Aceh
B. teori yang mengatakan Islam mulai diperkenalkan oleh Syarif Muaz Al-Qathan
C. teori yang mengatakan bahwa Islam dikembangkan oleh pedagang-pedagang Bugis
D. teori yang mengatakan Islam di Papua berasal dari Bacan
E. teori yang mengatakan bahwa Islam di Papua berasal dari Maluku
10. Ancaman disintegrasi dan perpecahan akan menyebabkan sebuah negara mengalami kehancuran seperti yang menjadi salah satu penyebab kemunduran Kerajaan Majapahit yaitu
A. Perang Paregrek
B. semakin meluasnya pengaruh Islam
C. Perang Bubat
D. wafatnya Gajah Mada
E. terjadinya bencana alam
11. Tujuan pemerintah kolonial Belanda melaksanakan sistem tanam paksa adalah ....
A. mengisi kekosongan kas bangsa Indonesia
B. meningkatkan produksi barang ekspor
C. mengatasi kesulitan keuangan kerajaan Belanda
D. membiayai perang yang dilakukan oleh Belanda
E. mengenalkan tanaman ekspor di Indonesia
12. Raja Banten yang gigih menentang VOC adalah ....
A. Sultan Haji
B. Sultan Abdul Mufakir
C. Sultan Ageng Tirtayasa
D. Sultan Maulana Muhammad
E. Sultan Hasanudin
13. Raja berikut ini pernah melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Raffles ialah......
A. Sultan Hamengkubuwono I
B. Sultan Hamengkubuwono II
C. Susuhunan Amangkurat I
D. Susuhunan Amangkurat II
E. Raden Mas Said
14. Gubernur Jenderal Belanda yang ditugaskan Prancis di Indonesia adalah.....
A. Herman Willem Daendels
B. Louis Napoleon
C. Napoleon Bonaparte
D. Francis Drake
E. Thomas Stamford Raffles
15. Berikut ini situasi di Eropa yang mempengaruhi kedatangan bangsa Barat ke dunia Timur, yaitu....
A. jatuhnya kota Konstantinopel
B. masuknya paham merkantilisme
C. jatuhnya kota Lisabon ke tangan Spanyol
D. adanya perang Salib
E. terjadinya Revolusi Prancis
16. Penyambungan jalan raya dari Anyer sampai Panarukan pada masa Kolonial bertujuan untuk .....
A. memperlancar perdagangan
B. memperlancar lalu lintas umum
C. tempat perlindungan dan pelarian
D. mempermudah pergerakan pasukan
E. menyiapkan kedatangan Napoleon Bonaparte
17. Belanda berupaya menguasai Bali dengan menyerang pertama kali Kerajaan....
A. Buleleng
B. Klungkung
C. Badung
D. Menglui
E. Gilariya
18. Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke Dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini.........
A. Vini, Vidi, Vici
B. Liberte, Egalitee, Franternite
C. Gold, Gospel, Glory
D. Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme
E. Devide et Impera, Pak Mcdorlandica
19. Beberapa faktor keberanian bangsa Eropa melakukan pelayaran ke dunia Timur di bawah ini, kecuali .........
A. diciptakannya konpas sebagai penunjuk arah
B. adanya teori dari Paus bahwa bumi itu datar
C. maju dan berkembangnya ilmu perbintangan dan cuaca
D. jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam Turki
E. ditemukannya jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco da Gama
20. Latar belakang dan factor pendorong kedatangan bangsa bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai berikut, kecuali ........
A. Penemuan mesin uap oleh James Watt
B. Keinginan menemukan daerah asal rempah-rempah
C. Keinginan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi bulat
D. Rasa tertarik kepada buku karya Marcopolo berjudul Imago Mundi yang menceritakan kesuburan Asia
E. Runtuhnya Konstamtinopel ke tangan bangsa Turki yang menyebabkan terputusnya hubungan dagang Asia-Eropa
21. Agar VOC leluasa dalam melaksanakan tugasnya, pemerintah Belanda memberikan hak-hak istimewa kepada VOC yang meliputi hak-hak sebagai berikut, kecuali........
A. memiliki tentara sendiri
B. mencetak uang sendiri
C. menyatakan perang dan damai
D. mengangkat dan memberhentikan pegawai
E. mendirikan Negara merdeka di seberang lautan
22. Hak VOC untuk menebang tanaman rempah-rempah di Maluku agar harganya stabil disebut....
A. Eksterpasi
B. Contingenten
C. Ponale Sanctie
D. Pelayaran Hongi
E. Verplihte Leverantie
23. Sistem tanam paksa yang diusulkan Van Den Bosch didorong oleh hal-hal sebagai berikut, kecuali.......
A. Kas Negara yang kosong
B. Utang luar negeri yang berat
C. Perang yang memakan biaya besar
D. Pemasukan uang dari penanaman kopi tidak banyak
E. Keinginan para bupati untuk mendapatkan culture procenten
24. Kebijakan ekonomi merkantilisme yang diterapkan negara-negara Eropa pada abad pertengahan menetapkan standar devisa berupa...
A. Rempah-rempah
B. Batu-batuan
C. Mutiara
D. Berlian
E. Emas dan mutiara
25. Perjanjian yang dibuat antara Portugis dan Spanyol untuk mengakhiri pertikaian mereka di Maluku yaitu perjanjian ........
A. Tordesilas
B. Saragosa
C. Tuntang
D. Bongaya
E. Giyanti
26. Salah satu faktor pesatnya tradisi dan ajaran Islam berkembang di Pulau Jawa adalah....
A. Rakyat Pulau Jawa dengan mudah dan tanpa ragu-ragu memeluk Islam
B. Rakyat Pulau Jawa mengikuti apapun agama yang dipeluk rajanya
C. Peran Wali Songo dalam menyebarkan Islam
D. Penyebaran Islam melalui pemaksaan
E. Upacara keagamaan Islam sangat kompleks
27. terjadinya perang saudara di Banten disebabkan oleh..........
A. Terjadinya perebutan tahta
B. Adanya perbedaan paham antara Sultan Ageng dengan Sultan Haji
C. Adanya rasa tidak puas dari kalangan Mangkubumi
D. Kekhawatiran Belanada dengan kebesaran Kerajaan Banten
E. Karena pelaksanaan politik adu domba Belanda
28. Kerajaan Mataram mencapai kejayaanya pada masa pemerintah raja?
A. Sultan Agung
B. Mas Jolang
C. Martapura
D. Amangkurat I
E. Amangkurat II
29. dibawah ini adalah isi Perjanjian Bongaya (1667 M) , kecuali...
A. VOC memperoleh hak monopoli dagang di Makassar
B. VOC mendirikan benteng di Makassar
C. Makassar melepaskan daerah kekuasannya seperti Bone dan pulau-pulau di luar Makassar
D. Arung Palaka diakui sebagai Raja Bone
E. Makassar sebagai kerajaan yang berdaulat penuh
30. Terjadinya pertikaian bangsa Spanyol dan bangsa Portugis di Maluku, mengakibatkan diadakannya Perjanjian Saragosa dengan tujuan....
A. Membagi daerah Maluku menjadi dua kekuasaan
B. Kedua bangsa tersebut dapat membeli rempah-rempah Maluku
C. Meningkatkan hubungan kedua bangsa tersebut
D. Menetukan batas pengaruh dari kedua bangsa tersebut
E. Kedua bangsa tersebut ditugaskan untuk menyebarkan agama yang diantunya
31. Kabinet wilopo terpaksa harus menyerahkan kembali mandatnya karena dianggap tidak dapat menyelesaikan peristiwa tujuan morawa, yaitu peristiwa bentrok yang terjadi antara polisi dengan ....
A. Masyarakat setempat & para aparat desa
B. Para kepala desa yang berdalih melindungi rakyat
C. Para aparat desa yang bergabung dalam organisasi petani
D. Petani penggarap lahan milik pemerintah
E. Petani yangmilik sendiri
32. Pelaksanaan konferensi Asia-Afrika di Bandung berhasil diselenggarakan pada masa perdana menteri.....
A. Burhanuddin Harahap
B. Muhammad Hatta
C. Amir Syarifudin
D. Ali Sastroamijoyo
E. Natsir
33. Meskipun situasi politik pada masa demokrasi liberal cenderung tidak stabil , namun masa kebinet Burhanudin Harapan pemerintah indonesia berhasil menylenggarakan......
A. Pemilihan Umum
B. Konferensi Inter Indonesia
C. Politik Konfrontasi dengan Malaysia
D. Sidang Konsitituante
E. Konferensi Asia-Afrika
34. Sumitro Djojohadikusumo adalah seorang ahli ekonomi yang berhasil menentukan sistem ekonomi....
A. Nasional
B. Karakyatan
C. Etatisme
D. Republik
E. Negara kesatuan
35. Salah satu faktor yang menjadi penyebab kegagalan pelaksanaan program ekonomi benteng dalam upaya memperbaiki perekonomian nasional adalah ...
A. Terbatasnya kredit pemerintah
B. Banyaknya perusahan swasta yang fiktif
C. Penyaluran kredit yang selalu terhambat
D. Kredit hanya dinikmati oleh para pengusaha kaya
E. Pengusaha pribumi cepat ingin menikmati keuntungan & konsumtif
36. Program perbaikan ekonomi lainya yang dilakukan pemerintah pada masa demokrasi liberal adalah program ekonomi Ali-Baba . kata Ali mereprentasikan.....
A. Pribumi yang bekerja pada penguasa etnis tiongkok
B. Etnis arab yang memiliki modal usaha
C. Para pengusaha peribumi
D. Pribumi yang menyelenggarakan usaha barang-barang impor
E. Pribumi yang memiliki modal untuk usaha
37. Kasus bantuan ekonomi dan persenjataan militer amerika menyebabkan adanya tuduhan kepada pemerintahan dalam pelaksanaan politik luar negeri, Indonesia lebih cenderung ke blok barat yang terjadi pada masa kabinet ....
A. Syahrir
B. Hatta
C. Ali Sastroamijoyo II
D. Wilopo
E. Sukiman
38. Pada masa demokrasi terpimpin terdapat partai politik besar yang berkuasa dalam kabinet,yang tidak termasuk sebagai partai besar tersebut adalah ...
A. Nahdatul Ulama
B. Majelis Syuro Muslim indonesia
C. Partai Sosialis Indonesia
D. Partai Nasional Indonesia
E. Partai Komunis Indonesia
39. Pada pelaksanan demokrasi terpimpin meskipun secara normatif kedaulatan rakyat dilaksanakan sepenuhnya oleh MPR, tetapi kenyataannya kekuasaan sepenuhnya berada ditangan ....
A. Perdana menteri
B. Presiden
C. Ketua MPR
D. Perwakilan partai politik terbesar
E. Wakil presiden
40. Pada masa demokrasi terpimpin, selain mendapat dukungan kuat dari angkatan darat , presiden juga mendapat dukungan penuh dari ....
A. Partai komunis indonesia
B. Partai nasional indonesia
C. Nahdatul ulama
D. Masyumi
E. Partai sosialis indonesia
41. Dalam situasi yang berbeda dalam kondisi yang tidak mampu, presiden kemudian menunjuk ............. untuk membantunya membentuk kabinet baru .
A. Mohammad hatta
B. Syahrir
C. Djuanda
D. Soekiman
E. Wiolop
42. Salah satu program dari kabinet karya adalah membentuk dewan nasional yang bertujuan .....
A. Menggabungkan seluruh kekuatan nasional yang prointegrasi
B. Membangun perekonomian negara agar lebih merata
C. Memilih orang-orang nonpartai untuk menjadi mentri
D. Membentuk kabinet ahli atau zaken kabinet
E. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat daerah
43. Gerakan separatisme yang muncul pada antara 1950-1958 menjadi kuat karena .........
A. Mendapat bantuan persenjataan dari luar negeri
B. Pemerintah pusat lambat dalam bertindak menumpas gerakan
C. Para politis lebih mementingkan kepetinagan golongan/partai
D. Mendapat dukungan dari para pengusaha
E. Negara tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan gerakan
44. Para mantan anggota pasukan Belanda yang tergabung dalam KL dan KNIL turut serta membantu gerakan separatisme sebab .............
A. Keahlian bertempur mereka sangat dibutuhkan
B. Mereka tidak ingin kembali ke negara asalnya
C. Merasa tidak memiliki kepastian akan setatus mereka setelah KMB
D. Mereka dijanjikan untuk mendapat gaji yang tinggi
E. Persenjataan mereka lebih modern & lengkap
45. Abdul Hasir Nasution selain dianggap sebagai perwira senior yang berjasa dalam menumpas pemberontakan , juga dikenal memiliki keahlian dalam .....
A. Hukum militer
B. Perang gerilya
C. Menggunakan senjata
D. Strategi perang
E. Hukum internasional
46. Pembrontakan yang dipimpin oleh Westerling , Andi Aziz, dan Soumokil dilatarbelakangi oleh masalah pokok , yaitu keinginan mereka untuk .....
A. Mempertahankan bentuk negara fedral di indonesia
B. Menjadi pasukan pengamanan sendiri di wilyah konflik
C. Mempunyai pemerintahan sendiri di wilayah konflik
D. Tidak bergabung dengan negara Indonesia Timur
E. Memperoleh status kemiliteran yang jelas dalam NKRI
47. Tokoh belanda yang mengusulkan pembentukan Negara Republik Indonesia Serikat adalah......
A. Ventje Sumual
B. Westerling
C. Dr. Soumokil
D. Howard Wrignis
E. Wiedenreich
48. Berkat perjuangan sejumlah tokoh dalam mewujudkan intergrasi nasional , Indonesia akhirnya kembali menjadi negara kesatuan republik indonesia pada ......
A. 17 Agustus 1949
B. 17 Agustus 1950
C. 18 Agustus 1949
D. 18 Agustus 1950
E. 19 Agustus 1949
49. Setelah melalui pemerintahan sementara PBB dan UNTEA, bendera Merah Putih dapat dikibarkan di Irian Barat pada ......
A. 1961
B. 1962
C. 1963
D. 1964
E. 1965
50. Setelah adanya dekrit presiden 5 Juli 1959 sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia adalah .....
A. Demokrasi pancasila
B. Demokrasi terpimpin
C. Demokrasi liberal
D. Demokrasi gabungan
E. Demokrasi presidensil
B. Soal Essay
51. Salah satu berkembangnya pelabuhan banten makasar dan aceh adalah karena adanya peristiwa ?
Jawab : Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511
52. Tujuan kerajaan Demak mengirim fatahilah ke jawa barat adalah untuk...
Jawab : Menghalangi hubungan antara Bangsa Portugis dengan penjajahan
53. Faktor utama yang menyebabkan agama islam dapat diterima dan berkembang pesat karena ....
Jawab : Islam tidak mengelompokkan masyarakatnya berdasarkan kasta
54. Program perbaikan ekonomi nasional yang dirancang pada masa Kabinet Natsir disebut dengan program ....
Jawab : Kabineet Benteng
55. Ketika Yogyakarta diserbu oleh Belanda dan para pimpinan pemerintah ditangkap dan dipenjarakan, pusat pemerintahan dipindahkan ke Bukit Tinggi yang kemudian dikenal dengan nama....
Jawab : Republik Indonesia Serikat
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMK Mata Pelajaran Sejarah Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sobat prakata yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Sejarah, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, karena pada dasarnya kita sama2 belajar. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih