-->

#Soal latihan USBN Seni Budaya SMK/SMA Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap, Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

Soal latihan USBN SMK/SMA Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


Adapun soal-soal USBN yang akan kita bahas pada mata pelajaran Seni Budaya ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :


1. Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis. Karya seni rupa semacam ini dikategorikan dalam jenis
A. Dua dimensi
B. Terapan
C. Hiburan
D. Tiga dimensi
E. Murni

2. Menurut teori warna Brewster, warna pokok adalah :
A. Merah, kuning, hijau   
B. Merah, kuning, coklat
C. Hijau, kuning, ungu
D. Merah, kuning, biru
E. Merah, ungu, biru        
3. Alat musik kendang, adalah elemen dasar musik dari genre :
A. Keroncong
B. Jaz 
C. Dangdut            
D. Hiphop     
E. Pop
4. Not utuh / penuh yang bernilai 4 ketukan digambarkan :
     

5. Gambar berikut adalah gambar tari Gambyong yang berasal dari daerah...

A. Kalimantan
B. Papua
C. DKI Jakarta
D.  Aceh
E. Jawa Tengah

6. Berdasarkan fungsinya tari-tarian di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 yaitu :
A. Upacara, hiburan/tontonan, pendidikan
B. Hiburan, tontonan, pertunjukan
C. Upacara, meditasi, penyembuhan
D.  Pendidikan, hiburan, sosial
E. Upacara, hiburan, sosial

7. Kekuatan utama yang menjadi daya tarik sebuah pertunjukan teater adalah .... para  pemain dalam memerankan tokoh yang sesuai dengan karakter dalam lakon.
A. Dialog
B. Acting atau tingkah laku
C. Eksresi wajah
D. Sikap
E. Gerakan

8. Naskah drama harus disesuaikan dengan kaidah pentas yang telah mencerminkan,      kecuali….
A. Setting cerita yang kurang jelas
B. Babak dan adegan yang mantap
C. Tema yang jelas
D.  Dialog yang efektif
E. Struktur plot dan konflik yang jelas
9. Gambar di bawah ini adalah gambar patung  pahlawan nasional Indonesia, simbol apa yang ada dalam pembuatan patung tersebut :
A. Simbol kekuatan dan suritauladan
B. Simbol kemenangan                                    
C. Simbol kekuasaan
D. Simbol kepercayaan
E. Simbol keberanian

10. Nilai estetis yang memandang keindahan karya seni rupa berada pada wujud karya seni itu sendiri dan keindahan itu nyata kasat mata adalah termasuk dalam nilai estetis:
A. Obyektif
B. Edukatif     
C. Imitatif
D. Subyektif
E. Primitif

11. Perubahan bunyi yang terdengar keras menjadi semakin lembut dan sebaliknya, tanda        yang digunakan adalah :
A. Tanda tempo 
B. Tanda kress   
C. Tanda pugar
D. Tanda dinamik   
E. Tanda mol     

12. Gambar disamping adalah gambar untuk menunjukan kunci .....
A. Kunci F           
B. Kunci F       
C. Kunci  C       
D.  Kunci Kress 
E. Kunci G         

13. Ada dua jenis gerak dalam seni tari, gerak yang dilakukan oleh penari yang hanya       bernilai indah tanpa ada maksud tertentu adalah....
A. Gerak maknawi
B. Gerak imitasi   
C.Gerak tradisi
D. Gerak murni
E. Gerak primitif   

14. Jenis tari berdasarkan penyajiannya  terbagi menjadi dua yaitu :
A. Tradisional dan klasik     
B. Tradisional dan primitif
C. Tradisional dan kreasi baru
D. Tradisional dan kerakyatan
E.  Tradisional dan modern
       
15. Musik dalam sebuah tarian, selain memiliki fungsi sebagai pengiring dan pembuat ritme,        juga berfungsi sebagai.......
A. Pembuat  ketegangan
B. Pembuat  suasana
C. Mempertegas  makna
D. Mencari  kemungkinan
E.  Membantu  umum 

16. Kendang, kenong, gong termasuk dalam alat musik....
A. Melodis         
B. Elektronik       
C. Ekspresif 
D. Perkusi         
E. Sederhana         

17. Gerak merupakan substansi dasarnya, merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan      yang akan disampaikan, merupakan seni....
A. Tari                 
B.Teater 
C. Rupa
D. Musik       
E.Drama             

18. Gerak samber melayang dalam tari Sembah/Sigeh Pengunten dari Lampung merupakan       ragam gerak yang menggerakan ........
A. Kaki
B. Tangan                 
C. Leher
D. Kepala         
E. Badan         

19. Pengaturan tinggi rendah actor diatas panggung disebut…
A. Blocking
B. Balancing
C. Run – thorugh   
D. Dekorasi
E. Leveling
  
20. Suatu yang mengandung nilai pesan moral yaitu ajaran tentang cara bersikap dan        bertingkah laku yang baik dan bertangung jawab sesuai hukum dan norma-norma        kehidupan yang berlaku dimasyarakat merupakan….
A. Peranan teater
B. Pesan moral teater
C. Makna teater
D. Fungsi teater
E. Tujuan teater

21. Gambar disamping ini termasuk dalam karya seni terapan yang memiliki fungsi :
A. Benda hias 
B. Benda mahal   
C. Benda pakai   
D.  Benda antik
E. Benda keramat        
                   
22. Garis dapat juga kalian gunakan untuk mengomunikasikan gagasan dan mengekspresikan diri. Garis tebal tegak  dapat memberi kesan :
A. Tegas dan kuat             
B. Patah dan kecewa
C. Tegas dan lembut
D. Lemah dan lembut               
E. Kasar dan memutar     

23.   
Gambar diatas adalah lagu yang dinyanyikan dengan cara :
A. Dari lembut ke keras               
B. Tembut seterusnya
C. Keras seterusnya
D. Keras semakin lembut 
E.  Dari lembut semakin keras

24. Berimajinasi, merasakan dan merespon suatu obyek, merupakan proses berpikir  dalam       penyusunan karya dari pada tahapan.....
A. Eksplorasi          
B. Ekspedisi
C. Imitasi     
D. Evaluasi
E. Penajaman    

25. Tingkat jangkauan gerak atau tinggi rendahnya gerak adalah.....
A. Komposisi   
B. Level   
C. Volume
D. Arah hadap   
E. Pola lantai    

26. Perilaku dramatis yang mengambarkan adat istiadat perilaku dan kebiasaan-kebiasaan       hidup manusia disuatu daerah adalah nilai…..
A. social
B. pendidikan
C. kemanusiaan
D. budaya
E. sejarah

27. Apa tujuan melakukan eksplorasi bunyi ?
A. Mengembangkan usaha agar berbunyi                
B. Mengembangkan sumber bunyi dan  simbol.
C. Mengembangkan ketrampilan simbol
D. Mengembangkan warna suara hati
E. Memeriahkan suasana
28. Garis memiliki dimensi memanjang dan mempunyai arah serta bersifat khusus, untuk        membentuk sebuah persegi panjang diperlukan garis :
A. Panjang dan pendek     
B. Vertikal   
C. Melengkung
D. Pendek   
E. Diagonal   

29. Yang termasuk dalam penggunaan teknik warna Heraldis adalah :
A. Warna hijau untuk daun                   
B. Warna murni untuk keaslian
C. Warna gelap terang                           
D.  Warna monokromatik
E. Warna merah untuk keberanian

30. Alat musik yang tidak  terbuat dari tembaga/besi adalah.......
A. Gong
B. Kolintang
C. Kenong
D. Symbal
E. Bonang        

31. Gerak spontan yang sederhana yang memiliki kebebasan, yang dikembangkan, adalah proses pembuatan karya tari pada tahap....
A. Eksplorasi     
B. Komposisi     
C.Distorsi
D. Improvisasi     
E. Imitasi      

32. Tari pendet dari Bali dan tari sembah/sigeh pengunten dari Lampung memiliki fungsi sebagai......
A. Hiburan   
B. Pendidikan   
C. Pertunjukan
D. Tontonan   
E. Upacara adat    

33. Penari melakukan gerak dengan duduk dilantai, maka penari tersebut berada pada level...
A. Tinggi       
B. Sedang     
C. Rendah
D. Santai       
E. Merendah        

34. Teater tradisional merupakan …..
A. Cerminan budaya masyarakat setempat
B. Cerminan perasaan dan budaya masyarakat setempat
C. Kekayaan budaya setempat
D. Cerminan tingkah laku masyarakat setempat
E. Kebudayaan yang luhur suatu masyarakat

35. Berikut ini peranan pertunjukkan teater tradisional , kecuali sebagai…
A. Sarana control terhadap prilaku
B. Sarana pendidikkan
C. Kritik 
D. Hiburan
E. Wadah cerminan budaya masyarakat setempat

36. Unsur yang menonjol pada topeng raksasa adalah :
A. Tekstur halus dan penggunaan warna merah
B. Bentuk mata kecil dan warna putih
C. Bentuk alis tebal, bibr tebal, mata besar
D. Bibir lebar, gigi besar, mata kecil
E. Pipi tebal, hidung besar dan bibir kecil

37. Tekstur bahan yang nampak/terkesan tidak rata pada permukaan objek disebut :
A. Tekstur kasar    
B. Tekstur asli
C. Tekstur terkesan 
D. Tekstur buatan
E. Tekstur nyata                                        

38. Kentongan, botol, gelas, sendok yang dipukul menggunakan ritme yang berbeda namun      berirama dapat membentuk sebuah permainan musik :
A. Kolaborasi   
B. Insidental   
C. Pemukulan
D. Dadakan   
E. Pengkotakan    

39. Penari membuat garis – garis yang dilihat penonton baik diatas lantai atau yang       disebabkan gerakan tubuh, disebut
A.Property     
B. Komposisi       
C. Improvisasi
D. Desain lantai       
E. Level       

40. Kedudukan pemain , gerak pemain dari satu tempat ke tempat lain disebut..
A. Setting
B. Blocking
C. Balancing
D. Property
E. Desain lantai


Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMK Mata Pelajaran Seni Budaya Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat sobat prakata yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Seni Budaya, Mohon Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya Silahkan untuk dikoreksi, karena pada dasarnya kita sama2 belajar. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih   
loading...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih