Share & Learn Together
Soal latihan USBN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 40 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran IPA Kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :
1. Perhatikan gambar alat dan bahan serta data pengukurannya berikut!
Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
Besaran fisika
Nilai pengukuran
A.Volume zat cair = 79,6 cm³
B.Volume zat cair = 204,6 cm³
C. Massa zat cair = 79,6 gram
D. Massa zat cair = 204,6 gram
2. Perhatikan tabel berikut
Pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
3. Perhatikan tabel sifat benda berikut!
Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 4, 3 dan 2
D. 4, 2 dan 3
4. Perhatikan pernyataan berikut!
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
5. Berikut ini adalah nama beberapa zat.
A. 1, dan 3
B. 2 dan 4
C. 4 dan 5
D. 1 dan 2
6. Dua mobil A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan mobil B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua mobil mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua mobil saling berpapasan pada detik ke ….
A. 20
B. 24
C. 30
D. 40
7. Pada benda yang memiliki massa 4 kg bekerja gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah....
A. 0,5 m/s²
B. 2 m/s²
C. 4 m/s²
D. 12 m/s²
8. Perhatikan gambar !
Sopir mobil sedan ingin memarkir mobilnya tepat 3 m di depan mobil truk yang mula-mula berjarak 10 m dari kedudukan sedan.
Berapa usaha yang dilakukan oleh mobil sedan tersebut ?
A. 30 J
B. 150 J
C. 350 J
D. 500 J
9. Sebuah mobil bergerak dari titik A ke titik B dan ke titik C seperti gambar.
Jika kecepatan mobil dari titik A ke titk B 20 km/jam dan kecepatan dari titik B ke titik C 40 km/jam maka perbandingan energi kinetik yang dimiliki mobil sewaktu bergerak antara titik A ke B dengan antara titik B ke C adalah ….
A. 1 : 4
B. 1 : 2
C. 2 : 1
D. 4 : 1
10. Perhatikan pesawat sederhana berikut !
Jika AB = 1/3 BC, maka besar gaya F minimum yang bekerja pada alat tesebut adalah ....
A. 10 Newton
B. 27 Newton
C. 33 Newton
D. 90 Newton
11. Pada saat kita berada di dalam ruangan tertutup dengan suhu 59 0 F, maka kita merasakan ….
A. Sangat Panas
B. Panas
C. Hangat
D. Dingin
12. Es sebanyak 500 gram bersuhu –5oC dipanaskan sehingga mengalami proses seperti pada grafik.
Untuk mengubah semua es menjadi air diperlukan kalor sebanyak ….
A. 170.000 J
B. 175.250 J
C. 164.750 J
D. 15.750 J
13. Perhatikan gambar empat balok berikut.
Urutan tekanan terbesar ke terkecil yang disebabkan oleh balok adalah
A. 2-4-1-3
B. 3-2-1-4
C. 4-3-1-2
D. 3-1-4-2
14. Perhatikan pernyataan tentang planet berikut.
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
15. Perhatikan gambar bandul yang berayun dari A-O-B-O-A secara terus menerus. Jika waktu yang diperlukan dari A ke B 0,25 sekon, berapa frekuensi bandul tersebut?
A. 0.25 Hz
B. 0.50 Hz
C. 2 Hz
D. 4 Hz
16. Jika gelombang P-Q terjadi selama 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang ini?
A. 1 m/s
B. 8 m/s
C. 4 m/s
D. 16 m/s
17. Dari sebuah kapal dipancarkan bunyi ke dasar laut dan ternyata bunyi pantul terdeteksi setelah 2 sekon. Jika kecepatan bunyi di air laut 1400 m/s, maka dalamnya laut adalah ….
A. 350 m
B. 700 m
C. 1400 m
D. 2800 m
18. Sebuah benda terletak di depan lensa positip dengan jarak titik 6 cm seperti gambar berikut.
Bayangan yang terbentuk adalah ….
A. Nyata, 4,5 cm di belakang lensa.
B. Maya, 9 cm di depan lensa.
C. Maya, 9 cm di belakang lensa.
D. Nyata, 9 cm di belakang lensa.
19. Pada rangkaian listrik berikut lampu L1, L2, L3, dan L4 adalah sama. Pernyataan yang benar untuk rangkaian tersebut adalah :
A. Jika saklar saklar S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 yang menyala.
B. Jika saklar S1 dan S3 ditutup, maka lampu L1 dan L2 menyala.
C. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L3 dan L4 menyala.
D. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 menyala.
20. Tiga magnet cincin dipasang pada batang kayu sehingga dapat melayang seperti gambar. Urutan yang benar kutub-kutub magnet tersebut adalah ....
Besaran fisika yang terukur sesuai dengan data yang diperlihatkan tersebut adalah....
Besaran fisika
Nilai pengukuran
A.Volume zat cair = 79,6 cm³
B.Volume zat cair = 204,6 cm³
C. Massa zat cair = 79,6 gram
D. Massa zat cair = 204,6 gram
2. Perhatikan tabel berikut
Pasangan besaran pokok, satuan SI dan alat ukur yang benar ditunjukkan oleh ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4
3. Perhatikan tabel sifat benda berikut!
Benda padat, cair dan gas berturut-turut adalah....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 4, 3 dan 2
D. 4, 2 dan 3
4. Perhatikan pernyataan berikut!
- Nasi menjadi basi
- Es mencair
- Besi berkarat
- Kaca pecah
- Air menguap
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
5. Berikut ini adalah nama beberapa zat.
- udara
- gula pasir
- air laut
- air murni
- emas
A. 1, dan 3
B. 2 dan 4
C. 4 dan 5
D. 1 dan 2
6. Dua mobil A dengan B saling mendekati dari jarak 600 m. Mobil A bergerak lurus dengan kecepatan 10 m/s dan mobil B bergerak dengan kecepatan 15 m/s. Jika kedua mobil mulai bergerak pada waktu yang sama, kedua mobil saling berpapasan pada detik ke ….
A. 20
B. 24
C. 30
D. 40
7. Pada benda yang memiliki massa 4 kg bekerja gaya sebesar 8 newton, percepatan yang dialami benda tersebut adalah....
A. 0,5 m/s²
B. 2 m/s²
C. 4 m/s²
D. 12 m/s²
8. Perhatikan gambar !
Sopir mobil sedan ingin memarkir mobilnya tepat 3 m di depan mobil truk yang mula-mula berjarak 10 m dari kedudukan sedan.
Berapa usaha yang dilakukan oleh mobil sedan tersebut ?
A. 30 J
B. 150 J
C. 350 J
D. 500 J
9. Sebuah mobil bergerak dari titik A ke titik B dan ke titik C seperti gambar.
Jika kecepatan mobil dari titik A ke titk B 20 km/jam dan kecepatan dari titik B ke titik C 40 km/jam maka perbandingan energi kinetik yang dimiliki mobil sewaktu bergerak antara titik A ke B dengan antara titik B ke C adalah ….
A. 1 : 4
B. 1 : 2
C. 2 : 1
D. 4 : 1
10. Perhatikan pesawat sederhana berikut !
Jika AB = 1/3 BC, maka besar gaya F minimum yang bekerja pada alat tesebut adalah ....
A. 10 Newton
B. 27 Newton
C. 33 Newton
D. 90 Newton
11. Pada saat kita berada di dalam ruangan tertutup dengan suhu 59 0 F, maka kita merasakan ….
A. Sangat Panas
B. Panas
C. Hangat
D. Dingin
12. Es sebanyak 500 gram bersuhu –5oC dipanaskan sehingga mengalami proses seperti pada grafik.
Untuk mengubah semua es menjadi air diperlukan kalor sebanyak ….
A. 170.000 J
B. 175.250 J
C. 164.750 J
D. 15.750 J
13. Perhatikan gambar empat balok berikut.
Urutan tekanan terbesar ke terkecil yang disebabkan oleh balok adalah
A. 2-4-1-3
B. 3-2-1-4
C. 4-3-1-2
D. 3-1-4-2
14. Perhatikan pernyataan tentang planet berikut.
- Merkurius merupan Planet paling kecil.
- Sabuk Asteroid terletak antara palnet Mars dan Bumi.
- Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi.
- Uranus terkenal sebagai planet bercincin.
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
15. Perhatikan gambar bandul yang berayun dari A-O-B-O-A secara terus menerus. Jika waktu yang diperlukan dari A ke B 0,25 sekon, berapa frekuensi bandul tersebut?
A. 0.25 Hz
B. 0.50 Hz
C. 2 Hz
D. 4 Hz
16. Jika gelombang P-Q terjadi selama 0,5 sekon. Berapakah cepat rambat gelombang ini?
A. 1 m/s
B. 8 m/s
C. 4 m/s
D. 16 m/s
17. Dari sebuah kapal dipancarkan bunyi ke dasar laut dan ternyata bunyi pantul terdeteksi setelah 2 sekon. Jika kecepatan bunyi di air laut 1400 m/s, maka dalamnya laut adalah ….
A. 350 m
B. 700 m
C. 1400 m
D. 2800 m
18. Sebuah benda terletak di depan lensa positip dengan jarak titik 6 cm seperti gambar berikut.
Bayangan yang terbentuk adalah ….
A. Nyata, 4,5 cm di belakang lensa.
B. Maya, 9 cm di depan lensa.
C. Maya, 9 cm di belakang lensa.
D. Nyata, 9 cm di belakang lensa.
19. Pada rangkaian listrik berikut lampu L1, L2, L3, dan L4 adalah sama. Pernyataan yang benar untuk rangkaian tersebut adalah :
A. Jika saklar saklar S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 yang menyala.
B. Jika saklar S1 dan S3 ditutup, maka lampu L1 dan L2 menyala.
C. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L3 dan L4 menyala.
D. Jika saklar S2 dan S3 ditutup, maka hanya lampu L1 dan L2 menyala.
20. Tiga magnet cincin dipasang pada batang kayu sehingga dapat melayang seperti gambar. Urutan yang benar kutub-kutub magnet tersebut adalah ....
A. X Y Z
U U S
B. X Y Z
S U S
C. X Y Z
U S S
D. X Y Z
S U U
21. Sekelompok siswa sedang mengadakan observasi di sebuah kolam dan di dapatkan data berikut :
1. air
2. tanaman eceng gondok
3. lumpur
4. ikan mas
5. lele
6. gelembung udara
Komponen biotik di tunjukkan oleh nomor ....
A. 2, 4 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 1, 3 dan 5
22. Perhatikan gambar berikut!
Urutan langkah cara mengunakan mikroskop yang benar adalah ....
A. 2, 3, 4, 5, 6, dan 1
B. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
23. Perhatikan gambar berikut!
Ciri hidup yang di tunjukkan oleh gambar tersebut adalah ....
A. bergerak
B. peka terhadap rangsang
C. tumbuh
D. berkembang biak
24. Perhatikan pernyataan berikut!
1. memiliki akar tunggang dan besar
2. tulang daun lurus berbentuk pita
3. batang memiliki jaringan kambium
4. perhiasan bunga jumlahnya berkelipatan 3
5. biji berkeping dua
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari tumbuhan dikotil adalah ....
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
25. Perhatikan gambar berikut!
Bagian sel yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan interaksi antara kedua mahluk hidup tersebut adalah ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
27. Perhatikan gambar berikut!
Interaksi antara makluh hidup pada gambar tersebut adalah ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
28. Perhatikan gambar berikut!
Usaha yang dapat dilakukan agar tidak terjadi pencemaran seperti ditunjukkan oleh gambar adalah....
A. membuang limbah ke laut dalam sehingga aman bagi penduduk
B. melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang ke perairan
C. membuat sumur yang dalam untuk menampung limbah tersebut
D. menanami jenis tanaman paku untuk menguraikan limbah tersebut
29. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan antar tulang yang di tunjuk oleh huruf Z dapat digerakan ....
A. ke segala arah
B. satu arah dampai 180 o
C. memutar
D. ke dua arah
30. Perhatikan gambar berikut!
Enzim yang berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
31. Perhatikan gambar berikut!
Pada bagian yang ditunjuk dengan huruf X udara pernafasan akan mengalami proses....
A. pertukaran antara gas O2 dan CO2
B. pengaturan kelembaban dengan peningkatan gas O2
C. pengaturan suhu udara yang masuk di dalam
D. perubahan kejenuhan udara yang masuk
32. Perhatikan gambar berikut!
proses peredaran darah kecil adalah....
A. 1 – 4 - 2 – 3 - 5
B. 2 - 3 – 4 - 5 - 6
C. 3 – 5– 1 – 5 – 8
D. 5 – 8 – 10 – 9 – 1
33. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk olehHuruf A berfungsi ....
A. menyimpan udara hasil respirasi
B. melindungi jaringan di bawahnya
C. menyimpan cadangan makanan
D. tempat berlangsungnya proses fotosintesis
34. Perhatikan gambar percobaan berikut!
Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah....
A. tanaman Hydrilla sangat penting dalam proses fotosintesis
B. hasil proses tersebut dihasilkan gas CO2 dalam air
C. gas O2 menjadi bahan dasar dalam proses fotosintesis
D. air dalam tabung tidak berpengaruh dalam fotosintesis
35. Perhatikan gambar!
Pada bagian yang ditunjuk dengan tanda panah berlangsung ....
A. Filtrasi darah sehingga terbentuk filtral glomerulus
B. Penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan
C. Reabsorbsi oleh dinding tubulus kontortus proksimal
D. augmentasi, sehingga terbuangnya seluruh zat sampah
36. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh huruf P adalah....
A. menghasilkan hormon testeteron
B. memproduksi hasil estrogen dan progesteron
C. tempat terjadinya proses pembuahan
D. tempat berkembangnya janin
37. Persilangan antara tanaman ercis berbatang tinggi dengan tanaman ercis berbatang pendek menghasilkan tanamana ercis (F1) berbatang tinggi. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, berapa persenkah F2 yang berbatang tinggi heterozigotik?
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
38. Kemajuan bioteknologi mampu mengubah peradaban dunia sehingga menyejahterakan kehidupan manusia. Namun sesuai dengan perkembangannya pemanfaatan bioteknologi telah berdampak pada kualitas lingkungan dimana manusia hidup didalamnya. Berikut contoh dampak negatif terhadap lingkungan dari pemanfatan bioteknologi :
A. Dikembangkannya tanaman transgenik yang tahan terhadap hama
B. Pengolahan biji besi dengan memanfaatkan bakteri Thiobacillus ferrookxidans
C. Ditemukan serangga mutan yang tahan terhadap insektisida
D. Meningkatnya keanekaragaman hayati dalam lingkungan
39. Contoh produk makanan bertuliskan komposisi bahan produk tersebut diantaranya: sakarin, karamel, erythrosine, NaCl, susu skim nabati, NaHCO3. Termasuk bahan kimia alami yang ditambahkan pada produk makanan tersebut adalah....
A. Sakarin dan susu skim nabati
B. NaHCO3 dan karamel
C. Karamel dan NaCl
D. erythrosine dan susu skim nabati
40. Rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen merupakan kelompok zat adiktif yang mengganggu kerja sistem saraf pusat. Berdasar kandungan zat tersebut maka efek yang diakibatkan bagi pengguna adalah....
A. menimbulkan efek ketagihan dan ketergantungan
B. mengurangi rasa sakit pada pasca operasi
C. menimbulkan efek halusinasi yang berlebih
D. mengurangi perasaan depresi dan menenangkan
U U S
B. X Y Z
S U S
C. X Y Z
U S S
D. X Y Z
S U U
21. Sekelompok siswa sedang mengadakan observasi di sebuah kolam dan di dapatkan data berikut :
1. air
2. tanaman eceng gondok
3. lumpur
4. ikan mas
5. lele
6. gelembung udara
Komponen biotik di tunjukkan oleh nomor ....
A. 2, 4 dan 5
B. 2, 4 dan 6
C. 3, 5 dan 6
D. 1, 3 dan 5
22. Perhatikan gambar berikut!
Urutan langkah cara mengunakan mikroskop yang benar adalah ....
A. 2, 3, 4, 5, 6, dan 1
B. 3, 1, 2, 5, 4, dan 6
C. 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
D. 1, 2, 6, 3, 4, dan 523. Perhatikan gambar berikut!
Ciri hidup yang di tunjukkan oleh gambar tersebut adalah ....
A. bergerak
B. peka terhadap rangsang
C. tumbuh
D. berkembang biak
24. Perhatikan pernyataan berikut!
1. memiliki akar tunggang dan besar
2. tulang daun lurus berbentuk pita
3. batang memiliki jaringan kambium
4. perhiasan bunga jumlahnya berkelipatan 3
5. biji berkeping dua
Pernyataan yang merupakan ciri-ciri dari tumbuhan dikotil adalah ....
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 3, 4 dan 5
25. Perhatikan gambar berikut!
Bagian sel yang berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
26. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan interaksi antara kedua mahluk hidup tersebut adalah ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
27. Perhatikan gambar berikut!
Interaksi antara makluh hidup pada gambar tersebut adalah ....
A. mutualisme
B. komensalisme
C. parasitisme
D. antibiosis
Usaha yang dapat dilakukan agar tidak terjadi pencemaran seperti ditunjukkan oleh gambar adalah....
A. membuang limbah ke laut dalam sehingga aman bagi penduduk
B. melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang ke perairan
C. membuat sumur yang dalam untuk menampung limbah tersebut
D. menanami jenis tanaman paku untuk menguraikan limbah tersebut
29. Perhatikan gambar berikut!
Hubungan antar tulang yang di tunjuk oleh huruf Z dapat digerakan ....
A. ke segala arah
B. satu arah dampai 180 o
C. memutar
D. ke dua arah
30. Perhatikan gambar berikut!
Enzim yang berfungsi mengubah amilum menjadi glukosa dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
31. Perhatikan gambar berikut!
Pada bagian yang ditunjuk dengan huruf X udara pernafasan akan mengalami proses....
A. pertukaran antara gas O2 dan CO2
B. pengaturan kelembaban dengan peningkatan gas O2
C. pengaturan suhu udara yang masuk di dalam
D. perubahan kejenuhan udara yang masuk
32. Perhatikan gambar berikut!
proses peredaran darah kecil adalah....
A. 1 – 4 - 2 – 3 - 5
B. 2 - 3 – 4 - 5 - 6
C. 3 – 5– 1 – 5 – 8
D. 5 – 8 – 10 – 9 – 1
33. Perhatikan gambar berikut!
Bagian yang ditunjuk olehHuruf A berfungsi ....
A. menyimpan udara hasil respirasi
B. melindungi jaringan di bawahnya
C. menyimpan cadangan makanan
D. tempat berlangsungnya proses fotosintesis
34. Perhatikan gambar percobaan berikut!
Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah....
A. tanaman Hydrilla sangat penting dalam proses fotosintesis
B. hasil proses tersebut dihasilkan gas CO2 dalam air
C. gas O2 menjadi bahan dasar dalam proses fotosintesis
D. air dalam tabung tidak berpengaruh dalam fotosintesis
35. Perhatikan gambar!
Pada bagian yang ditunjuk dengan tanda panah berlangsung ....
A. Filtrasi darah sehingga terbentuk filtral glomerulus
B. Penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan
C. Reabsorbsi oleh dinding tubulus kontortus proksimal
D. augmentasi, sehingga terbuangnya seluruh zat sampah
36. Perhatikan gambar berikut!
Fungsi bagian yang ditunjuk oleh huruf P adalah....
A. menghasilkan hormon testeteron
B. memproduksi hasil estrogen dan progesteron
C. tempat terjadinya proses pembuahan
D. tempat berkembangnya janin
37. Persilangan antara tanaman ercis berbatang tinggi dengan tanaman ercis berbatang pendek menghasilkan tanamana ercis (F1) berbatang tinggi. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk sendiri, berapa persenkah F2 yang berbatang tinggi heterozigotik?
A. 25%
B. 50%
C. 75%
D. 100%
38. Kemajuan bioteknologi mampu mengubah peradaban dunia sehingga menyejahterakan kehidupan manusia. Namun sesuai dengan perkembangannya pemanfaatan bioteknologi telah berdampak pada kualitas lingkungan dimana manusia hidup didalamnya. Berikut contoh dampak negatif terhadap lingkungan dari pemanfatan bioteknologi :
A. Dikembangkannya tanaman transgenik yang tahan terhadap hama
B. Pengolahan biji besi dengan memanfaatkan bakteri Thiobacillus ferrookxidans
C. Ditemukan serangga mutan yang tahan terhadap insektisida
D. Meningkatnya keanekaragaman hayati dalam lingkungan
39. Contoh produk makanan bertuliskan komposisi bahan produk tersebut diantaranya: sakarin, karamel, erythrosine, NaCl, susu skim nabati, NaHCO3. Termasuk bahan kimia alami yang ditambahkan pada produk makanan tersebut adalah....
A. Sakarin dan susu skim nabati
B. NaHCO3 dan karamel
C. Karamel dan NaCl
D. erythrosine dan susu skim nabati
40. Rokok, minuman keras, serta alkohol yang mengandung etil etanol, inhalen merupakan kelompok zat adiktif yang mengganggu kerja sistem saraf pusat. Berdasar kandungan zat tersebut maka efek yang diakibatkan bagi pengguna adalah....
A. menimbulkan efek ketagihan dan ketergantungan
B. mengurangi rasa sakit pada pasca operasi
C. menimbulkan efek halusinasi yang berlebih
D. mengurangi perasaan depresi dan menenangkan
Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan USBN SMP IPA Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPA Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
loading...
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih