-->

Soal latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru

Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.

Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.


Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.

Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.

Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.

Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.

Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.

Baca Juga :
    Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.

    Soal latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru


    Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran  IPA Kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :


    1. Perhatikan peta berikut :

    Berdasarkan peta di atas, yang tidak termasuk kawasan Asia Tenggara adalah….
    A. China dan India
    B. Filipina dan  Brunei Darussalam
    C. Thailand dan Malaysia
    D. Singapura dan Indonesia

    2. Negara di dunia dapat dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang. Berikut ini yang bukan indikator dari pengelompokan tersebut adalah....
    A. Pendapatan perkapita
    B. Angka kematian bayi dan ibu melahirkan
    C. Tingkat pengangguran
    D. Sumber daya alam

    3. Karakteristik suatu negara dapat dilihat dari unsur geografis, sumber daya alam dan penduduk negara yang bersangkutan. Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur geografis suatu wilayah adalah....
    A. Bentang alam              C.  Flora dan fauna
    B. Jenis tanah               D.  Penduduk

    4. Sebagian besar mata pencaharian penduduk di Asia Tenggara adalah dibidang pertanian. Negara yang mayoritas penduduknya bukan bermata pencaharian dibidang pertanian adalah...
    A. Indonesia                  C.  Singapura
    B. Vietnam                    D.  Thailand

    5. Perhatikan data pada tabel berikut :
    Negara-negara yang berada di benua Afrika ditunjukan pada kolom nomor ….
    A. I                        C.  III
    B. II                       D.  IV

    6. Terdapat beberapa teori yang menjelaskan masuk dan berkembangnya agama Hindu Budha di Indonesia. Teori yang menyatakan bahwa pengaruh Hindu-Budha  dibawa oleh para pedagang India yang singgah ke wilayah Indonesia adalah inti dari teori ....
    A.  Brahmana                  C.  Ksatria
    B.  Waisya                       D.  Arus balik

    7. Salah satu bukti yang menunjukkan masuknya pengaruh Islam sebagai akibat proses perdagangan Internasional ditunjukkan oleh letak kerajaan-kerajaan Islam yang ada di daerah....
    A. Muara Sungai                      C.  Pedalaman
    B. Pesisir Pantai                      D.  Tepi danau

    8. Bentuk permukaan bumi yang kita lihat sekarang adalah hasil proses dari tenaga pembentuk muka bumi ribuan tahun silam. Bentuk permukaan bumi berupa gunung dan pegunungan yang disebabkan oleh tenaga dari dalam bumi merupakan proses dari tenaga ....
    A. Tektonisme                 C.  Vulkanisme
    B. Seisme                        D.  Diatropisme

    9. Pada sebuah peta, jarak Kota Pandeglang dan Kota  Jakarta adalah  9 cm. Jika skala pada peta tersebut    1 : 1.250.000,  maka jarak sebenarnya  kedua kota tersebut adalah ….
    A. 110 km                       C.  112,5 km
    B. 112 km                       D.  125 km

    10. Pak Beny berangkat dari Ambon menuju Jakarta menggunakan pesawat terbang. Jika Pak Beny berangkat dari Ambon pukul 14.30 WIT dan lama perjalanan yang ditempuh selama 2,5 jam. Maka pak Beny  akan tiba di Jakarta pada pukul ….
    A. 15.00 WIB                 C.  17.00 WIT
    B. 16.30 WIB                 D.  12.30 WIT

    11. Kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan oleh Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu….
    A. Merupakan akhir perjuangan bangsa Indonesia
    B. Puncak perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan
    C. Memperkuat kedaulatan bangsa Indonesia
    D. Pelopor bagi bangsa-bangsa di Asia Afrika untuk merebut kemerdekaan

    12. Perang Dunia II tidak hanya terjadi di wilayah Eropa melainkan terjadi pula di wilayah Asia Pasifik. Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik diawali dengan peristiwa ... .
    A. Pendudukan Jepang di Indonesia
    B. Penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
    C. Penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
    D. Penyerangan Jepang atas Pearl Harbour, pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat

    13. Dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dilatar belakangi oleh ....
    A. Pemberontakan di berbagai daerah
    B. Kegagalan Dewan Konstituante membuat UUD
    C. DPR tidak dapat memenuhi keinginan rakyat
    D. Terjadinya perselisihan antara DPR dengan Presiden

    14. Dalam menumpas pemberontakan DI/TII di Jawa Barat, pasukan-pasukan TNI mengalami kesulitan, sebab … .
    A. Keterbatasan persenjataan
    B. Tidak didukung oleh masyarakat setempat
    C. Medan pertempuran yang cukup berat
    D. Kurangnya komunikasi dengan pemerintah pusat

    15. Pada tahun 1965, Indonesia pernah keluar dari keanggotaan PBB. Alasan utama yang mendorong Indonesia keluar dari PBB adalah ... .
    A. Terpilihnya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB
    B. PBB tidak mendukung Indonesia dalam perjuangan pembebasan Irian Barat
    C. Negara-negara anggota PBB belum mengakui kemerdekaan Indonesia
    D. Indonesia menganggap PBB tidak cocok untuk negara-negara komunis

    16. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
    1. Nasionalisasi De Javasche Bank oleh Pemerintah
    2. Pembentukan Propinsi Irian Barat di Soa Siu Maluku
    3. Pemogokan buruh secara total pada perusahaan-perusahaan milik Belanda
    4. Menyampaikan masalah Irian Barat di depan Majelis Umum PBB melalui pidato yang berjudul “To Build World a New”

    Upaya Konfrontasi ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam merebut Irian Barat dari tangan Belanda ditunjukan oleh nomor .....
    A. 1, dan 2                     C.  2, dan 4
    B. 1, dan 3                     D.  3 dan 4

    17. Setelah peristiwa pemberontakan G30S/PKI tahun 1965 para mahasiswa dan elemen masyarakat di Jakarta melakukakan serangkaian aksi. Latar belakang lahirnya kesatuan-kesatuan aksi tersebut  adalah ... .
    A. Presiden belum menyempurnakan Kabinet Dwikora
    B. Presiden tidak segera membubarkan PKI yang telah nyata memberontak
    C. Pasukan Cakrabirawa masih tetap bebas melakukan penembakan
    D. Hubungan diplomasi dengan Cina tidak segera diputuskan

    18. Pernyataan yang bukan menggambarkan kondisi bangsa Indonesia menjelang runtuhnya Orde Baru, adalah ... .
    A. Terjadinya krisis moneter tahun 1997
    B. Ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah
    C. Terjadinya krisis kepemimpinan Presiden Soeharto
    D. Meningkatnya tuntutan internasional untuk memerdekakan Timor Timur

    19. Di kota besar seperti Jakarta percampuran (akulturasi) unsur kebudayaan sering terjadi. Unsur kebudayaan yang tidak mudah diterima dalam proses akulturasi adalah ....
    A. Unsur Mata Pencaharian
    B. Unsur Sistem pemerintahan
    C. Unsur Teknologi
    D. Unsur Kepercayaan

    20. Konflik atau pertentangan sering terjadi di kalangan masyarakat baik di kota maupun di desa. Yang bukan termasuk penyebab terjadinya konflik di masyarakat adalah …
    A. Tidak adanya perubahan dalam masyarakat
    B. Adanya perbedaan kebudayaan
    C. Terjadinya bentrokan kepentingan
    D. Terjadinya perubahan sosial yang sangat cepat

    21. Jika kamu dianggap seorang anak yang berbudi, sopan, patuh pada orang tua, mudah menyesuaikan diri dengan orang lain. Kemudian berubah menjadi suka membolos, merokok, dan tidak sopan. Prosesterjadinya  penyimpangan dalam kasus kamu tersebut  sesuai dengan  ....
    A. Teori Pergaulan Berbeda
    B. Teori Labeling
    C. Teori Merton
    D. Teori Fungsi

    22. Letak geografis adalah letak berdasarkan posisi suatu wilayah terhadap wilayah lain. Pengaruh letak geografis Indonesia terhadap keadaan iklimnya menyebabkan ...
    A. Indonesia beriklim laut sebab merupakan negara kepulauan
    B. Indonesia beriklim darat sebab merupakan negara daratan
    C. Indonesia beriklim gunung sebab merupakan negara yang banyak memiliki pegunungan
    D. Indonesia beriklim hutan sebab merupakan negara yang memiliki hutan terluas di dunia

    23. Untuk mengetahui jumlah penduduk suatu negara atau daerah dilakukan pencatatan penduduk secara berkala, serentak, dan menyeluruh, yang disebut ....
    A. Sensus penduduk
    B. Survey penduduk
    C. Registrasi penduduk
    D. Pendataan penduduk

    25. Di perkotaan, jalur hijau atau taman sangat sedikit jumlah dan luasnya. Jika dikaitkan dengan pelestarian lingkungan, maka taman atau jalur hijau di perkotaan berfungsi sebagai.....
    A. Penampung air hujan
    B. Tempat rekreasi
    C. Tempat perlindungan burung-burung
    D. Mengurangi polusi atau pembersih udara

    25. Perhatikan gambar kontur berikut :
    Berdasarkan gambar  di atas, garis kontur yang menunjukkan tempattertinggi ditunjukkan dengan nomor….
    A. 1                       C.  3
    B. 2                       D.  4

    26. Perhatikan gambar penampang permukaan dasar laut berikut:    

    Yang merupakan palung laut (trench/trough) ditunjukkan dengan nomor….
    A. 1                                  C.  3
    B. 2                                  D.  4



    27. Perhatikan nama-nama tokoh penjelajahan samudera berikut !
    1) Vasco de Gama
    2) Ferdinand Magelhaens
    3) Bartholomeuz Diaz
    4) Alfonso d’Alberquerque
    5) Cornelis de Houtman
    6) Sir Francis Drake
    Tokoh-tokoh penjelajah samudera yang berasal dari negara Portugis adalah....
    A. 1,3,4                        C.  2,4,6
    B. 1,4,5                        D.  4,5,6

    28. Pergerakan Nasional di Indonesia ditandai dengan munculnya organisasi-organisasi modern yang digunakan sebagai alat dalam mencapai kemerdekaan. Organisasi modern yang menjadi pelopor  pergerakan nasional di Indonesia adalah…
    A. Budi Utomo
    B. Partai Nasional Indonesia
    C. Indische Partij
    D. Perhimpunan Indonesia

    29. Salah satu poin penting dalam pergerakan nasional Indonesia adalahdilaksanakannya Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 yang menghasilkan Ikrar Sumpah Pemuda. Adapun pengaruh dari ikrar tersebut bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah ... .
    A. Membangkitkan kesadaran nasional
    B. Belanda mulai bersikap lunak kepada para tokoh nasionalis
    C. Mempercepat proses kemerdekaan
    D. Memperkuat tekad bangsa Indonesia untuk bersatu

    30. Penanaman nilai-nilai persatuan, rasa kesetiakawanan dan cinta perdamaian melalui organisasi kepramukaan merupakan salah satu cara pengendalian sosial yang dilakukan melalui     pranata ....
    A. Agama                      C.  Keluarga
    B. Pendidikan               D.  Politik

    31. Perhatikan gambar berikut!
    Cita-cita dapat dicapai dengan proses sosial yang sistematis. Gambar di atas merupakan contoh dari tindakan sosial yang bersifat …
    A. Rasional                  C.  Irrasional
    B. Tradisional              D.  Proporsional

    32. Globalisasi membawa pengaruh di berbagai bidang kehidupan umat manusia. Pengaruh positif perdagangan bebas  dalam era globalisasidibidang ekonomi adalah ….
    A. Dapat merugikan bangsa Indonesia
    B. Dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan
    C. Dapat mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif
    D. Dapat menghambat pertumbuhan ekonomi nasional

    33. Perhatikan pernyataan berikut ini.
    1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.
    2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional
    3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
    4. Peningkatan masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

    Yang termasuk ciri dari globalisasi dari pernyataan di atas adalah …
    A. 1,2,3                        C.  1,3,4
    B. 1,2,4                        D.  2,3,4

    34. Perubahan sosial budaya dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif. Salah satu dampak negatif dari perubahan sosial budaya di masyarakat adalah ...
    A. Sikap konsumtif
    B. Munculnya nasionalisme
    C. Inovatif
    D. Kreatif

    35. Pranata sosial di masyarakat memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pranata sosial adalah …
    A. Merupakan suatu cara bertindak
    B. Memberi suatu tingkat kekekalan  tertentu
    C. Memberi suatu ikatan terhadap anggota
    D. Mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis

    36. Perhatikan ciri masyarakat berikut :
    1) Terbuka terhadap kritik dan saran
    2) Pola pikirannya bersifat religius
    3) Kontrol sosial bersifat formal
    4) Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
    5) Hubungan dan ikatan sosialnya sangat kuat
    Dari ciri-ciri di atas yang termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah.....
    A. 1, 2, dan 3                 C.  1, 2, dan 4
    B. 1, 3, dan 4                 D.  1, 2, dan 5

    37. Sebuah proses penyebaran berbagai informasi dan pengalaman kepada semua orang di seluruh dunia, misalnya penyebaran teknologi komputer, televisi dan internet adalah kategori globalisasi sebagaiproses …
    A. Internasionalisasi         C.  Universalisasi
    B. Modernisasi                 D.  Liberalisasi                               


    38. Kerjasama antar negara di berbagai bidang sering dilakukan. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan tujuan kerjasama ekonomi antar negara adalah ….
    A. Memenuhi kebutuhan dalam negeri
    B. Meningkatkan produktivitas dalam Negeri
    C. Meningkatkan pendapatan negara melalui pinjaman luar negeri
    D. Memperluas lapangan kerja

    39. Untuk meningkatkan kemakmuran bangsa-bangsa di Asia Tenggara dibentuk kawasan perdagangan bebas  yang disebut ....
    A. Association of South East Asian Nations
    B. ASEAN Free Trade Area
    C. Asia Pasific Economic Community      
    D. Organization of Petroleum Exporting Country

    40. Pernyataan berikut ini yang merupakan pengertian dari prinsip ekonomi adalah  …
    A. Bertindak dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil tertentu.
    B. Bertindak dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
    C. Bertindak dengan pengorbanan sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
    D. Bertindak dengan pengorbanan sebesar-besarnya untuk memperoleh hasil tertentu.

    41. Berikut ini daftar cara-cara meningkatkan jumlah hasil produksi:
    1) Menerapkan jam kerja ganda (double shift)
    2) Memperluas/membuka pabrik baru
    3) Menambah jumlah tenaga kerja
    4) Meningkatkan pendidikan dan keterampilan
    5) Menambah/membeli mesin baru
    Berdasarkan daftar tersebut, yang merupakan cara peningkatan jumlah hasil produksi secara ekstensifikasi  ditunjukkan dengan nomor:
    A. 1, 2 dan 3                  C.  1, 4 dan 5
    B. 1, 3 dan 4                  D.  2, 3 dan 5

    42. Perhatikan tabel kebutuhan manusia di bawah ini! Kelompok pemenuh kebutuhan jasmani terdapat pada   kolom ...












    43. Pajak sangat besar manfaatnya bagi pembangunan bangsa Indonesia. Berikut ini pernyataan yang benar tentang pajak, adalah ... .
    A. Iuran wajib pajak yang dibayar dengan sukarela
    B. Iuran yang harus dibayar wajib pajak dan akan memperoleh balas jasa secara langsung
    C. Iuran yang diatur dengan undang-undang dan bersifat sukarela
    D. Iuran wajib kepada negara berdasarkan undang-undang dan tidak  mendapat balas jasa 
         secara langsung

    44. Daftar Belanja Aisyah dari Minimarket “ALPHABET”

    Berdasarkan daftar di atas, besarnya Pajak Pertambahan Nilai (PPN)yang harus di bayar Aisyah  adalah …
    A. Rp. 5.650,-          C.  Rp. 6.500,-             
    B. Rp. 6.050,-          D.  Rp. 6.560,-

    45. Berikut ini adalah Daftar Harga, Permintaan dan Penawaran barang :

    Dari tabel di atas, harga keseimbangannya  adalah sebesar ...
    A. Rp. 11.000,-               C.  Rp. 13.000,-
    B. Rp. 12.000,-               D.  Rp. 14.000,-

    46. Pada Toko “A” buku paket IPS  dibanderol dengan harga Rp. 40.000,-. Harga yang tertera pada buku tersebut menunjukkan fungsi uang  sebagai ....
    A. Alat Pembayaran
    B. Satuan Hitung
    C. Pemindah Kekayaan
    D. Penunjuk Harga

    47. Salah satu sumber devisa Indonesia adalah dari sektor pajak.  Pernyataan-pernyataan berikut yang bukan merupakan tujuan penggunaan devisa  adalah ….
    A. Membiayai perjalanan dinas pejabat pemerintah ke luar negeri        
    B. Membiayai impor barang modal
    C. Membiayai pengiriman misi kesenian, kebudayaan, olah raga dan lain-lain
    D. Membiayai perjalanan keluarga pejabat ke luar negeri

    48. Lembaga Keuangan Bukan Bank milik pemerintah yang melakukan kegitan usaha pelayanan kesehatan  khususnya kepada aparatur negara (PNS) adalah …
    A. PT. Taspen                 C. Jamkesmas
    B. PT. Askes                   D. PT. Jamsostek

    49. Perhatikan data berikut:
    Daftar Kurs Beli dan Kurs Jual
    Beberapa Mata Uang Asing

    Haji Sulam ingin melaksanakan ibadah Umroh. Untuk biaya umroh tersebut pak Haji Sulam harus menyiapkan uang sebesar 7.500 Riyal Saudi Arabia (SAR). Berapa Rupiah yang harus disediakan oleh Haji Sulam ?
    A. Rp. 10.800.000,-                   C.  Rp.  17.437.500,-
    B. Rp.  10.743.750,-                  D.  Rp. 18.000.000,-            

    50. Tugas pokok perbankan :
    1)   Memberikan kredit kepada Bank Umum
    2)   Menetapkan ketentuan umum tentang tingkat likuiditas
    3)   Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah
    4)   Melakukan penilaian terhadap kemampuan dan kesanggupan debitur
    5)   Memberikan pelayanan jasa perbankan
    Berdasarkan data diatas yang merupakan tugas dari Bank Indonesia adalah …..
    A. 1, 2 dan 3            C.  2, 4 dan 6
    B. 1, 3 dan 4            D.  3, 5 dan 6


    Bagi Sobat Prakata yang memerlukan Soal latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya  dalam bentuk docx, silahkan Download disni


    Demikianlah artikel mengenai Soal Latihan USBN SMP IPS Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran IPS Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
    loading...

    No comments:

    Post a Comment

    Silahkan berkomentar dengan Baik, Terima Kasih